Tempat Ibadah di Bogor

Tempat Ibadah di Bogor

Kamu pasti berpikir bahwa bangunan keagamaan itu sakral. Lalu, berpikir bahwa kamu tidak boleh mengunjungi mereka. Ya, tempat-tempat keagamaan memang suci, tapi bukan berarti kamu tidak bisa menikmati pesonanya selama kamu mengikuti aturannya! Desain yang mempesona, eksterior yang bercahaya, dan ukurannya yang besar, tempat ibadah dianggap sebagai bangunan terindah.

Temukan berbagai tempat ibadah di Jakarta, mulai dari gereja, kuil, hingga masjid. Berkat keragaman agama kota.

Tempat Ibadah di Jakarta Selatan
Tempat Ibadah di Jakarta Utara
Tempat Ibadah di Jakarta Pusat

Tempat Ibadah di Tangerang Selatan

Terlepas apapun agamamu, jika kamu seorang penjelajah sejati, kamu akan mengagumi fasad arsitektur dan sejarah panjang tempat ibadah. Masing-masing tempat peribadatan ini memiliki kemegahan yang tak terlukiskan melampaui keyakinan apapun dan menyatukan pengunjung dari setiap kepercayaan dan budaya.

Bogor dikenal sebagai kota bersejarah dengan ribuan artefak. Tempat peribadahan terkenal menjadi tujuan wisatawan di Kota Hujan. Nah, tempat ibadah apa saja yang wajib kamu kunjungi jika datang ke Bogor? Flokq punya beberapa rekomendasi untukmu!

Baca juga: Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Bogor
Hal-hal yang Kamu Bisa Temukan di Bogor

1. Pura Parahyangan Bogor Agung Jagakarsa

Menyambangi Pura Tersembunyi di Kaki Gunung Salak nan Sejuk - Lifestyle  Liputan6.com
Sumber: Google Maps

Pura Parahyangan dipercaya sebagai pura Hindu terbesar di Jawa dan terbesar kedua di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Dibangun di atas tanah seluas 2,5 hektar di lereng Gunung Salak, di atas tanah suci yang konon merupakan cikal bakal Prabu Siliwangi dari Kerajaan Pajajaran, Pura Parahyangan terletak di 3 desa, yaitu Warung Loak, Taman Sari, Ciapus. Jaraknya sekitar 13 kilometer dari pusat kota Bogor. Pura ini dibangun pada tahun 1995 dan merupakan tempat utama untuk menyelenggarakan beberapa ritual keagamaan Hindu, misalnya Upacara Siwa Ratri. Keberadaannya merupakan tempat peribadahan umat Hindu dan terbuka untuk agama lain sebagai tempat wisata.

Sebagai tempat peribadatan, tentunya kamu harus mengikuti peraturan yang ada di sana. Misalnya, perempuan tidak boleh masuk jika sedang haid, anak-anak yang berusia kurang dari 42 hari juga tidak diizinkan masuk, kamu tidak diperbolehkan masuk jika menggunakan memakai celana pendek dan sandal jepit. Tapi, jangan khawatir! Pengelola pura akan menyediakan sarung untukmu yang menggunakan celana pendek. Setelah semua persyaratan terpenuhi, kamu akan diberikan kain kuning untuk diikat di pinggang.

Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang menakjubkan mulai dari lapangan hijau, gunung Salak, cuaca sejuk, dan banyak patung Hindu! Jika kamu ingin melepaskan diri sejenak dari kehidupan duniawi di kota dan bersemedi, kamu wajib mengunjungi Pura Parahyangan Bogor!

Alamat: Tamansari, Kec. Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610

Telepon: +6287711066823 / +6281297456588

Email: info@puragunungsalak.or.id

2. Masjid Raya Bogor

Masjid Raya Bogor, Wisata Religi dengan Bangunan Unik dan Tua
Sumber: Google Maps

Jika bosan ke Puncak dan ingin menikmati suasana berbeda di Bogor, kamu bisa mengunjungi Masjid Agung Bogor kali ini. Masjid ini telah menjadi ikon di Bogor sebagai tujuan wisata religi. Masjid Raya Bogor merupakan tempat peribadahan yang bisa kamu kunjungi sebagai tempat wisata selama berada di Bogor. Kamu bisa menemukan pemandangan alam yang indah dan tempat kuliner yang instagramable di sekitar masjid. Secara historis, masjid ini sangat kuno. Dibangun pada tahun 1970 dan diumumkan pada tahun 1979. Keistimewaan bangunan masjid ini dilengkapi dengan Gedung Pusat Studi dan Pengembangan Islam Bogor yang dapat diakses di depan sisi kanan, serta perpustakaan umum yang ada di serambi gedung. mesjid.

Saat berada di sini, kamu akan dibuat takjub dengan desain masjid yang cukup unik dan menarik. Ada lampu kristal yang tergantung tepat di tengahnya. Setelah dilakukan revitalisasi total, Masjid Raya Bogor kini memiliki kubah besar yang diapit oleh dua kubah kecil, bangunan atap masjid yang sebelumnya didesain oleh dua buah piramida yang saling tumpang tindih. Setiap sudut Masjid Raya Bogor punya keunikannya masing-masing, jadi pasti punya banyak spot untuk selfie!

Alamat: Jl. Raya Pajajaran No.10, RT.02 / RW.6, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143

Telepon: +622518323344

Jam Buka: Tutup pukul 23.00

3. Gereja Katedral Bogor

Keuskupan Bogor worship place
Sumber: Wikipedia

Penyebaran agama Kristen di Indonesia memegang peran sejarah yang terintegrasi di Indonesia, tidak hanya dalam keagamaan, tetapi juga dalam pembangunan negara. Bukti sejarah penyebaran ajaran Kristen di Indonesia masih terlihat dari kokohnya bangunan gereja bersejarah ini. Tak hanya memiliki nilai sejarah, bangunan gerejanya juga memiliki nilai arsitektur yang menjadikan Gereja Katredal Bogor layak disebut sebagai salah satu gereja terindah di Indonesia.

Gereja yang dibangun di bawah pemerintahan kolonial bernama Buitenzorg dan berlokasi di Bogor ini merupakan gereja bersejarah di Indonesia. Dikenal sebagai Gereja Katedral Bogor, gereja yang dibangun pada tahun 1896 ini memiliki nama resmi Gereja Katedral Santa Perawan Maria. Bangunan kokoh dengan arsitektur yang indah menjadikan gereja ini aman sekaligus sebagai gereja terindah dan termegah di kota Bogor. Kamu akan dibuat takjub saat mengunjungi Gereja Katedral Bogor, kamu bisa membawa kamera dan nikmati momen menenangkanmu di sana!

Alamat: Jl. Kapten Muslihat No.22, RT.04 / RW.01, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122

4. Kelenteng Hok Tek Bio

Klenteng Hok Tek Bio worship place bogor
Sumber: Google Maps

Jika ingin tahu seperti apa budaya Tionghoa, kamu bisa mengunjungi Bogor. Kelenteng tertua di Bogor bernama Hok Tek Bio yang merupakan tempat peribadatan bagi umat Khonghucu. Kebanyakan wisatawan tidak mengunjungi kelenteng ini hanya untuk beribadah, tetapi mereka berfoto selfie dan menjelajahi makanan enak di sekitarnya. Ada banyak pedagang kuliner yang beragam di sekitar kelenteng. Berlokasi di Jalan Suryakencana yang terkenal sebagai kawasan Pecinan Bogor, Kelenteng Hok Tek Bio ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara karena area sekitar kelenteng yang berada tegak lurus dari gerbang depan Kebun Raya Bogor, sepanjang satu kilometer yang tidak pernah tidur seperti surga wisata Kota Bogor.

Wisatawan bisa melihat bangunan bergaya Cina kuno, desa Totok Cina, pertokoan, makanan Cina hingga makanan jalanan yang berpusat di Aut Aut. Dilihat dari sejarahnya, banyak yang mengatakan bahwa kelenteng ini sudah berusia lebih dari 3 abad, dibangun oleh warga Tionghoa yang berprofesi sebagai pedagang. Pada tahun 1960, bangunan kelenteng dipugar hingga berdiri megah tepat di sebelah Pasar Bogor. Wisatawan bisa mengenal budaya masyarakat Tionghoa khususnya yang berdomisili di Bogor. Biasanya para penganut Khonghucu di sini menyebutnya Kuil Dhanagun. Kelenteng ini juga ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya di Kota Bogor.

Jangan sungkan jika ingin masuk ke ruang utama yang merupakan tempat sembahyang. Saat kamu tiba di ruang utama, kamu akan disuguhi oleh patung dewa, lilin, kemenyan, sesaji, dan benda sakral lainnya. Tentu saja, kamu bisa berfoto sebanyak yang kamu mau, tetapi jangan mengganggu orang yang sedang berdoa!

Kelenteng ini ramai dikunjungi orang yang beribadah pada hari Sabtu dan Minggu. Jika kamu ingin lebih tahu tentang seluk beluk kelenteng, akan ada pemandu wisata yang menceritakan sejarahnya; kamu akan diajak berjalan-jalan di sekitar kelenteng. Kelenteng ini bukan sekedar tempat ibadah, setiap hari beberapa orang dengan santai berkumpul di halaman belakangnya. Terlebih, jika kamu menyukai pengobatan Tiongkok, tempat ini dibuat untukmu! Ada pusat kesehatan yang terbuka untuk umum yang bisa kamu coba!

Alamat: RT.03 / RW.07, Babakan Ps., Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16126

Telepon: (0251) 8381650

Jam Buka: 08.00 – Selesai

5. Vihara Buddha Dharma dan 8 Pho Sat

Perjalanan Mencari Kitab Suci ke Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat -  Kompasiana.com
Sumber: Google Maps

Jika kamu mengunjungi Vihara Buddha Dharma dan 8 Pho Sat, kamu akan dikejutkan dengan keberadaan Buddha Tidur di dalamnya. Vihara Buddha Dharma dan 8 Pho Sat merupakan salah satu obyek wisata religi di Bogor. Patung Buddha Tidur sangat besar, panjangnya 18 meter dan tinggi 5 meter. Maklum saja, patung ini menjadi daya tarik wisatawan untuk dikunjungi. Patung raksasa bertubuh emas ini tampak sedang tidur dengan tangan kanan di bawah pelindung atap salah satu bangunan vihara. Di sisi kiri dan kanan Buddha Tidur, miniatur Buddha sedang duduk berjajar di lemari kaca. Patung-patung kecil ini merupakan bentuk kenangan dari para donator vihara ini.

Meskipun disebut Buddha Tidur, namun posisi patung Buddha tersebut bukanlah sedang tidur melainkan sedang bersemedi. Dikatakan sebagai Buddha Tidur karena dibangun dengan posisi tidur menghadap ke kanan. Ada filosofi dibalik posisi tidur menghadap kanan, yaitu posisi terbaik untuk jantung karena tidak terbebani berat tubuh. Jadi, kamu tidak perlu pergi ke Cina, Thailand, dan Malaysia untuk melihat Buddha Tidur dengan mata kepalamu sendiri; kamu cukup mengunjungi Bogor!

Alamat: Jl. PWRI Kampung Jati, Jalan Raya Parung RT. 02 / RW. 06, Tonjong, Tajur Halang, Tonjong, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat 16320

Telepon: +6282297921995

Itulah rekomendasi tempat ibadah di Bogor; kamu bisa berdoa dan berkunjung sebagai turis. Sungguh menakjubkan mengetahui Bogor memiliki harta karun yang terpendam – tempat ibadah di Kota Hujan yang memukau sebagai tempat ibadah! Kamu tidak perlu mengeluarkan uang jika memutuskan untuk mengunjungi tempat ibadah yang mengagumkan di Bogor. Kota ini menunggumu untuk datang!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *