Tempat Ibadah di Depok

Tempat Ibadah di Depok

Praktik agama adalah budaya yang cukup besar di mana pun di Indonesia. Tak terkecuali Depok sebagai daerah dengan begitu banyak penduduk yang beragam. Entah kamu sedang lewat Depok atau tinggal di sana, pasti kamu bisa dengan mudah menemukan tempat ibadah untuk mengamalkan agamamu.

Baca juga: Hal-hal yang Kamu Bisa Temukan di Depok

Kalau kamu ingin memiliki hunian dekat dengan tempat ibadah, kami hadir untuk menunjukkan tempat ibadah yang ada di Depok!

1. Masjid Baitul Kamal, Margonda Raya

Masjid Baitul Kamal – Depok, Jawa Barat – PT Anugerah Kubah Indonesia
Google Images

Agama Islam memiliki pengikut terbanyak di Indonesia, dengan sekitar 87% penduduk Indonesia beragama Islam. Hal tersebut membuat masjid sangat mudah ditemukan bagi umat Islam di Depok. Setiap destinasi populer biasanya dilengkapi dengan musala bagi siapa saja yang ingin melaksanakan sholat di waktu sholat. Ruang sholat juga biasanya tersedia di sekolah umum dan universitas.

Namun, masjid yang lebih besar juga bisa ditemukan di sekitar area tersebut yang digunakan saat sholat Jumat atau perayaan keagamaan, seperti Masjid Baitul Kamal. Dibangun pada tahun 1999, masjid cantik ini terletak di dekat Balai Kota Depok dan sering digunakan sebagai tujuan wisata religi.

Jalan Margonda Raya adalah pusat populer bagi penduduk setempat untuk bersosialisasi, dengan banyak pusat perbelanjaan, restoran, dan kedai kopi berjejer di jalan. Hal tersebut menjadikan Masjid Baitul Kamal sangat tepat dibangun di sini, sehingga strategis untuk dijangkau dengan kendaraan umum. Jadi, kamu bisa datang untuk menunaikan sholat di masjid ini saat berada di Jalan Margonda Raya.

2. GBI Kamboja, Pancoran Mas

Ada banyak jenis gereja untuk penganut Kristen di Jabodetabek. Biasanya, beberapa gereja melakukan penyesuaian bahasa yang mereka gunakan dalam kebaktian sesuai dengan budaya yang berbeda di Indonesia, seperti Jawa, Batak, dan sebagainya.

Gereja Bethel Indonesia (GBI) berhasil menemukan jalan tengah yang baik dimana tidak ada budaya tertentu yang dominan, menjadikan gereja seinklusif mungkin. Ibadah pada hari Minggu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa mereka. Jadi, tidak perlu membiasakan diri dengan dialek baru. GBI Kamboja juga merupakan salah satu gereja terbesar di wilayah Depok, dengan pelayanan yang diperuntukkan bagi orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak. Gereja tersebut bisa kamu temukan di kawasan Pancoran Mas, sebuah kawasan yang masih dekat dengan Margonda.

Ada beberapa kebaktian yang diadakan setiap hari Minggu, sehingga kamu bisa memilih layanan terbaik yang sesuai dengan jadwal yang kamu miliki. Jika kamu mencari gereja yang memiliki komunitas dengan rasa persaudaraan yang kuat, GBI Kamboja memastikan bahwa mereka memenuhi kebutuhanmu dengan mengadakan berbagai kegiatan yang menekankan pada rasa kekeluargaan, kerja tim, dan komunitas.

3. Paroki Santo Paulus, Pancoran Mas

Sejarah Paroki – Paroki St. Paulus Depok
Google Images

Paroki Santo Paulus adalah gereja cantik yang berada di kawasan Pancoran Mas. Tempat peribadatan ini dibangun pada tahun 1927 dengan arsitektur yang indah dan ketenangan bisa dirasakan di sini. Dengan misa yang mereka adakan setiap hari Minggu, gereja ini bertujuan untuk membangun komunitas berdasarkan iman katolik.

Gereja ini juga menawarkan bimbingan bagi umat Katolik untuk memperdalam iman dan pengetahuan gereja dan komunitas Katolik, seperti baptisan, komuni, misa, pernikahan, dan beberapa bentuk ibadah dan devosi. Gereja ini ingin memastikan bahwa setiap orang yang datang ke gereja ini bisa menumbuhkan iman mereka sebagai individu dan komunitas, menyediakan bantuan dan bimbingan bagi siapa saja yang mencarinya.

4. Vihara Gayatri, Tapos

vihara gayatri depok worship place
Vihara Gayatri/Radar Depok

Vihara Gayatri di Depok ini merupakan salah satu vihara paling ramai di Jabodetabek. Saat perayaan Imlek, banyak orang berkumpul di vihara ini untuk berdoa kepada Dewa dan leluhur sebagai bagian dari tradisi dan budaya mereka.

Ada 7 sumur di vihara ini. Jadi, orang bisa mandi sendiri dengan air di dalam sumur sebagai bagian dari ritual. Setiap sumur memiliki representasi berkat yang berbeda. Ada Sri Kunaratih Kumadjaya (belahan jiwa), Sri Rezeki (kekayaan), Dewi Sri Mulyasari (obat untuk gangguan kesehatan), Sri Pontjo Warno (mencegah kesialan), Sri Ningsih (cahaya dan petunjuk), Sri Waras (kesehatan dan kebugaran), dan Sri Lungguh (kemakmuran dan jabatan). Karena budaya yang juga disediakan vihara ini, banyak orang juga yang datang untuk melihat vihara ini sebagai tujuan wisata.

5. Pura Tribhuana Agung, Sukmajaya

Pura Tribhuana Agung, Depok Timur, Jawa Barat worship place
Sumber: Google Maps

Pura Tribhuana Agung adalah sebuah pura indah yang terdapat di daerah Sukmajaya, banyak umat Hindu Depok datang dan menjalankan ibadahnya di sini. Kamu bisa merasakan adanya pengaruh budaya Bali dalam arsitekturnya.

Pura ini dibangun pada tahun 1994 dengan upacara Linggih Tengah untuk mengucapkan rahmat dan syukur atas bangunan ini. Tribhuana Agung berarti tiga jalan untuk mencapai Moksa: Dharma (kebenaran, nafas kehidupan), pendekatan kepada Widji Wasa, (pelatihan spiritual), dan kemurnian atau puncak Moksa, di mana manusia berhasil menyatu dengan Sang Hyang Widhi (Tuhan).

Ada banyak ritual agama Hindu yang diadakan di pura ini setiap hari dalam suatu perayaan, termasuk Nyepi yang paling terkenal. Setiap tahun, banyak penganut agama Hindu berkumpul untuk berdoa dan melakukan pujian di sini.

6. Kong Miao Genta Kebajikan, Pancoran Mas

Usai HKBP, Nur Mahmudi resmikan kelenteng : Okezone Otomotif
Google Images

Kong Miao Genta Kebajikan, bisa kamu temukan di kawasan Pancoran Mas yang diresmikan oleh Wali Kota Depok saat perayaan Cap Go Meh pada Minggu, 5 Februari 2012. Pembangunannya ditujukan untuk menampung warga beragama Kong Hu Cu untuk menjalankan ibadah di Depok.

Sebagai bangunan yang terbilang baru di Depok, tak diragukan lagi kelenteng ini dibangun dengan kualitas yang prima. Bangunan yang berdiri di atas tanah seluas 447 meter persegi yang terdiri dari dua lantai ini, memiliki lebih dari 150 anggota aktif untuk melaksanakan ibadah yang dilaksanakan di Depok.

Banyaknya tempat ibadah di Depok akan memastikanmu menemukan komunitas dan tempat untuk menyambutmu, apapun keyakinan agamamu. Jika memiliki tempat peribadatan merupakan hal yang penting bagimu, kami jamin akan selalu ada jawabannya tinggal ketika di kota Depok yang indah.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *