Tempat Ibadah di Tangerang Selatan

Tempat Ibadah di Tangerang Selatan

Jika kamu sedang berlibur, kamu tidak harus selalu pergi ke tempat-tempat hiburan dan destinasi wisata alam yang menarik. Jika ingin menikmati liburan berbeda di  Tangerang Selatan, berbagai wisata religi berikut ini juga cukup menarik untuk dijadikan pertimbangan! Mulai dari nilai sejarah yang kaya, keindahan arsitektur, hingga nilai sakral tempat ini akan membuat liburanmu anti-mainstream!

Temukan berbagai tempat ibadah di Jakarta, mulai dari gereja, kuil, hingga masjid. Berkat keragaman agama di kota.

Tempat Ibadah di Jakarta Selatan
Tempat Ibadah di Jakarta Utara
Tempat Ibadah di Jakarta Pusat

1. Masjid Agung Al Jihad

Jika kamu ingin mengunjungi masjid bersejarah di Tangerang Selatan, Masjid Al-Jihad cocok untukmu. Masjid yang terletak tak jauh dari Pasar Ciputat, Tangerang Selatan ini dianggap masjid pertama di Ciputat. Dari informasi yang kami himpun, Masjid Al-Jihad bermula dari sebuah masjid kecil atau mushalla yang dibangun sekitar tahun 1940. Seiring berjalannya waktu, Masjid Al-Jihad terus berkembang dari mushalla menjadi masjid. Cendekiawan, sastrawan, dan aktivis Buya Hamka dinilai tak lepas dari berdirinya Masjid Al-Jihad. Masjid Al-Jihad menjadi pusat dakwah dan peribadahan di Ciputat dan sekitarnya. Masjid ini tidak pernah sepi dan selalu ramai dikunjungi oleh umat Islam yang beribadah dan melakukan aktivitas spiritual disana.

Alamat: Jl. H. Usman No.1, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten 15411

Nomor Telepon: (021) 7430751

Jam Buka: 24 jam

2. Gereja Bethel Indonesia WTC Serpong

GBI WTC Serpong adalah sebuah gereja Kristen yang terletak di Tangerang Selatan. Gereja ini selalu ramai oleh umat Kristen pada hari Minggu. Banyak orang yang mengatakan bahwa gereja ini memiliki jumlah jemaah yang sangat banyak. Gereja ini sangat nyaman dan para pendeta sangat menyambut mereka yang baru saja mengunjungi gereja maupun anggota lama. GBI WTC Serpong menjadi salah satu tempat ibadah terfavorit di Tangerang Selatan karena lokasinya yang strategis, isi dakwah, dan lingkungan yang damai. Gereja ini dinilai positif oleh jemaatnya. Jadi, jika kamu ingin menemukan ketenangan jiwa, kamu harus mengunjungi GBI WTC Serpong untuk membuat harimu menyenangkan.

Jadwal kebaktian GBI Wtc Serpong – BSD | netly.win
Sumber: Google Images

Alamat: Golden Boulevard, Jl. Pahlawan Seribu No.29, Lengkong Karya, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Nomor Telepon: (021) 53155701

Jam Buka: Minggu (07.00, 09.00, 11.00, 14.30, 18.00)

3. Pura Parahyangan Jagat Guru

Pada tanggal 25 Agustus 2009, Parahyangan Jagat Guru dibangun di atas tanah Bumi Serpong Damai (BSD) melalui Pemerintah Kabupaten Tangerang seluas 2.200 m2 di Nusa Loka, Sektor 14.6, Bumi Serpong Damai, Desa Rawa Mekar, Serpong Distrik.

Pura Parahyangan Jagat Guru merupakan tempat peribadahan umat Hindu. Tidak terbatas pada sembahyang, tempat ini merupakan tempat umat memperkuat sraddha Hindu dan pengabdiannya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa. Pura ini juga ditujukan untuk pengembangan masyarakat untuk mempererat ikatan antar umat Hindu.

Pura Parahyangan Jagat Guru (Serpong) - 2020 All You Need to Know BEFORE  You Go (with Photos) - Tripadvisor
Sumber: Google Images

Pura ini juga menyelenggarakan pendidikan budaya dan ekonomi dengan membentuk unit usaha yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan operasional Pura. Dengan berkumpul di dalam pura ini, umat Hindu akan lebih mengenal sesama pemeluknya. Sebagai sarana pendidikan dan kebersamaan sosial, seseorang bisa mengenal kegiatan kesenian dan ritual senior yang berlangsung secara berkala di Pura, serta sarana pendidikan yang sangat berguna untuk memajukan pendidikan agama Hindu, pendidikan yang mengutamakan kebutuhan spiritual. Jadi, kamu akan mendapatkan lebih dari sekadar beribadah jika mengunjungi pura ini!

Alamat: Nusa Loka, BSD City, Serpong, Sektor 14 – 6, Rw. Mekar Jaya, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

Nomor Telepon: +628119824886

Jam Buka: Senin – Jumat (20.00 – 17.00) & Sabtu – Minggu (09.00 – 15.00)

4. Vihara Boen Hay Bio/Vihara Karuna Jala

Vihara Boen Hay Bio merupakan salah satu vihara tertua di Tangerang Selatan. Umur vihara ini diperkirakan telah mencapai tiga ratus tahun. Vihara Boen Hay Bio dibuat pada tahun 1694 sebagai tempat peribadahan umat Buddha. Hari ke-24 dari bulan keenam dalam kalender Tiongkok dirayakan sebagai ‘hari jadi’ kuil. Biasanya kuil dipadati pengunjung yang datang untuk berdoa. Ulang tahun vihara juga kerap dimeriahkan dengan pertunjukan barongsai, gambang kromong, dan nonton lenong.

Tempat Wisata Terbaik di Tangerang

Alamat: Jl. Pasar Lama Serpong, RT. 14 / RW.05, Cilenggang, Serpong, Cilenggang, Tangerang Selatan

Nomor Telepon: (021) 5388860

Jam Buka: Setiap hari (08.00 – 20.00)

5. Vihara Avalokitesvara Pondok Cabe & Klenteng Kwan Im Thang

Vihara ini dibangun pada abad ke-16. Pembangunan vihara ini tidak lepas dari campur tangan Sunan Gunung Jati, salah satu dari sembilan wali penyebar agama Islam di Indonesia. Vihara Avalokitesvara memiliki luas sekitar 10 hektar. Di altarnya terdapat patung Dewi Kwan Im yang sudah ada sejak bangunan kuil didirikan. Selain itu, pada sisi kanan dan kiri terdapat 16 patung dewa dan lukisan naga merah.

Kelenteng ini menganut konsep Tri Darma yang artinya kelenteng ini bisa menjadi tempat ibadah tiga agama yang berbeda, yaitu Kong Hu Cu, Tao, dan Buddha. Kalau kamu bukan penganut ketiga agama tersebut, jangan khawatir! Kamu masih bisa mengunjungi kuil ini sebagai turis!

Alamat: Jl. Pd. Cabe Raya No.64, Pd. Cabe Udik, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten 15148

Nomor Telepon: (021) 7401177

Jam Buka: Setiap hari (08.00 – 19.00)

Itulah destinasi religi di Tangerang Selatan yang paling recommended. Jadi, jika kamu bingung ke mana harus menghabiskan waktu liburanmu, kamu bisa mengunjungi tempat-tempat ibadah tersebut untuk berdoa dan mempelajari agama lebih dalam!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Rekomendasi Drama Korea Romance Comedy

Rekomendasi Drama Korea Romance Comedy

Rekomendasi Drama Korea Terkini

Rekomendasi Drama Korea Terkini

Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Tangerang

Hal-hal yang Kamu Bisa Lakukan di Tangerang

Pet Shop Terbaik di Jakarta

Pet Shop Terbaik di Jakarta

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *