9 Tempat Wisata di Indonesia yang Tak Boleh Anda Lewatkan!

Melakukan perjalanan ke luar daerah untuk berlibur adalah salah satu hal menarik bagi Anda yang hendak melepas penat di tengah tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi. Indonesia memiliki berbagai macam tempat menarik yang wajib Anda kunjungi minimal sekali seumur hidup. Tempat-tempat wisata di Indonesia umumnya terkenal dengan tempat wisata hijau dan dekat dengan alam mengingat Indonesia adalah negara tropis dimana banyak ditumbuhi pepohonan besar serta memiliki curah hujan tinggi. Berikut ini adalah 9 tempat wisata di Indonesia yang wajib Anda kunjungi!

Baca juga: Joger, Baju Kaos Khas Bali Incaran Para Wisatawan

tempat wisata di Indonesia
Unsplash

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah sebuah candi Buddha dengan banyak stupa yang didirikan oleh penganut Buddha Mahayana. Candi ini dibangun sekitar abad ke 8 Masehi di masa pemerintahan wangsa Syailendra. Ia disebut sebagai candi Buddha serta salah satu monument Buddha terbesar di dunia. UNESCO telah menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia di tahun 1991. Candi ini cocok dikunjungi sebelum matahari terbit sehingga Anda bisa menyaksikan keagungan dan keindahannya.

2. Candi Prambanan

Tak jauh dari Candi Borobudur, Anda juga bisa mengunjungi Candi Prambanan. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu yang dibangun di abad ke-9 Masehi dibawah pemerintahan Wangsa Sanjaya. Yang dipuja di candi ini adalah Trimurti yaitu tiga dewa utama dalam agama Hindu yaitu, Dewa Brahma, Dewa Wisnu, dan Dewa Siwa. Sama seperti Borobudur, UNESCO telah menetapkan Candi Prambanan sebagai salah satu warisan dunia di tahun 1991. Yang menarik dari candi ini adalah Anda bisa menikmati pertunjukkan sendratari Ramayana.

3. Ubud

Ubud adalah salah satu daerah di Pulau Bali yang sangat terkenal sebagai pusat tarian dan kerajinan tradisional. Kawasan Ubud dikelilingi oleh hutan hujan dan terasering padi serta adanya pura menambah kecantikan lanskap di Ubud. Jika Anda berminat untuk melihat situs suci kuno, Goa Gajah bisa menjadi salah satu pilihan And ajika berkunjung ke Ubud. Selain itu Anda bisa menemukan banyak restoran dan tempat wisata lain yang menarik di Ubud.

tempat wisata di Indonesia
Unsplash

4. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) adalah sebuah taman nasional yang terletak di Bali bagian barat tepatnya mencakup Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng. Taman ini terdiri dari habitat hutan dan sabana yang ditengahnya didominasi oleh sisa empat gunung berapi dari Zaman Pleitocene. Terdapat sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan yang dillindungi di taman nasional ini seperti banteng, rusa, kalong, lutung, serta berbagai jenis burung. Selain itu, taman nasional ini juga menjadi habitat bagi hewan endemic Bali yang hampir punah seperti Jalak Bali.

5. Labuan Bajo

Jika Anda ingin menikmati pengalaman berlibur dengan berbagai foto estetik, Labuan Bajo bisa menjadi pilihan yang tepat. Kota ini terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terdapat berbagai suku yang mendiami daerah ini, mayoritasnya berasal dari Suku Manggarai . Sebagian besar dari mereka bekerja dengan menanam berbagai sayuran dan beternak berbagai hewan. Terdapat berbagai tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di daerah ini seperti Air Terjun Cunca Wulang, Wae Rebo, Sawah Lingko, Goa Batu Cermin, Gua Rangko, dan masih banyak lagi.

6. Sumba

Sumba adalah sebuah pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berbatasan dengan pulau besar lain di Nusa Tenggara Timur seperti Sumbawa dan Flores. Sama seperti Labuan Bajo, pulau ini juga terkenal dengan kecantikan alamnya yang indah. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di pulau ini seperti air terjun Matayangu, situs kuno, Pantai Walakiri, air terjun Kanabu Wai, Bukit Wairinding, Weekuri Lagoon, desa adat tradisional, Pantai Bawana, air terjun Waimarang, air terjun Tanggedu, dan Nihiwatu.

7. Kawah Ijen

Kawah Ijen adalah sebuah danau kawah yang bersifat asam dan menjadi bagian dari puncak Gunung Ijen. Danau ini memiliki kedalaman 200 meter dengan luas kawah sebesar 5.466 hektar. Danau ini juga menjadi salah satu danau air asam kuat terbesar di dunia. Selain itu, ia termasuk dalam kawasan Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso serta Kabupaten Banyuwangi.  Yang menarik dari kawah ini adalah fenomena alam Api Biru yang hanya bisa dilihat saat malam hari. Hal ini unik mengingat fenomena ini hanya ada di dua tempat di dunia yaitu di Indonesia dan Islandia.

tempat wisata di Indonesia
Unsplash

8. Gunung Bromo

Gunung Bromo yang juga disebut sebagai Kaldera Tengger adalah sebuah gunung berapi yang masih aktif dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Kemegahan Gunung Bromo menjadi salah satu daya Tarik wisata yang tak boleh dilewatkan. Pemandangan gunung ini seperti negeri di atas awan, yang dilengkapi dengan pemandangan kawah Bromo yang luar biasa.

9. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih adalah sebuah tempat wisata yang terletak di Desa Alam Indah, Bandung dimana ia merupakan danau yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Yang menarik dari kawah ini adalah terkadang airnya terkadang berubah warna dan ia juga memiliki tanah campuran belerang yang berwarna putih di sekitar kawah. Perubahan warna air di kawah ini terjadi karena perubahan cuaca. Perpaduan warna air dan pasir putih halus memberikan kesan dunia lain bagi para pengunjung.

Itulah 9 tempat wisata di Indonesia yang wajib Anda kunjungi! Indonesia sangat kaya akan tempat wisata dari ujung Sabang hingga Merauke. Anda bisa mengunjungi salah satu atau semua yang tempat wisata di atas. Selamat berlibur!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *