Tipe Apartemen di Jakarta

Tipe Apartemen di Jakarta

Apakah kamu berpikir untuk pindah ke apartemen? Sebelum memutuskan untuk pindah ke sebuah apartemen, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu menetapkan prioritas dan ekspektasi sebuah apartemen. Hal-hal tersebut dapat membantu kamu untuk mengidentifikasi tipe apartemen mana yang paling cocok untuk kamu. Ada banyak jenis apartemen di seluruh dunia yang bervariasi dari ruangan kecil untuk ditinggali seseorang sampai yang sangat luas yang dapat menampung seluruh keluarga atau sekelompok teman. Masyarakat di Indonesia biasanya tinggal sendiri di kamar studio atau tinggal bersama di apartemen 1 Bedroom – 3 Bedroom (1BR-3BR) karena relatif lebih murah. Penthouse dan loft juga bisa ditemukan di beberapa tempat di Jakarta sehingga harus menjadi pertimbangan jika kamu mencari hunian luas. Kami akan membantu kamu memutuskan tipe apartemen mana yang paling cocok untuk kamu.

Apartemen Studio

This image has an empty alt attribute; its file name is 53d12bfa9a6e939c3515b3d208d349c4-1.jpg
Studio Apartment

Apartemen studio adalah apartemen terlaris nomor satu di Indonesia. Alasannya? Karena itu tipe apartemen paling terjangkau dan tempat tinggal paling praktis. Masyarakat yang sering tinggal di apartemen studio kebanyakan adalah mahasiswa, fresh graduate, dan single worker. Ini merupakan tipe apartemen terkecil dengan luas mulai dari 25m2 hingga 35m2.

Dilengkapi dengan kamar mandi dan dapur, apartemen studio adalah tempat yang tepat untuk orang-orang yang tinggal sendirian dengan kantong terbatas. Keunggulan hunian di apartemen ini adalah multifungsi ruangannya, dimana kamar tidur, ruang tamu, dan dapur ditempatkan pada satu ruang yang sama sehingga memudahkan untuk menata dan membersihkan ruangan. Kekurangan dari tinggal di studio adalah keterbatasan ruang di dalam ruangan, sehingga tidak memungkinkan untuk menaruh banyak furnitur dan barang. Tetapi jika kamu mencari tempat tinggal yang praktis, apartemen studio adalah jawaban terbaik untuk kamu.

Apartemen 1,2 dan 3 Kamar

This image has an empty alt attribute; its file name is 2074eb5095325b60139fc3c68af3a026-1.jpg
1, 2, and 3-bedroom Apartment

Apartemen jenis ini merupakan tempat tinggal paling umum bagi beberapa orang untuk tinggal bersama. Kalau apartemen studio menggabungkan kamar tidur, ruang tamu, dan dapur menjadi satu tempat, tipe 1 kamar tidur menawarkan ruang yang lebih privat bagi orang untuk beristirahat dengan memisahkan kamar tidur dan kamar lainnya. Hal yang sama berlaku untuk tipe 2 kamar tidur dan tipe 3 kamar tidur. Perbedaannya adalah jumlah kamar tidur dan kamar mandi di sebuah apartemen. Luas untuk tipe 1 kamar tidur biasanya sekitar 25m2, 30m2 untuk tipe 2 kamar tidur, dan 85m2 untuk tipe 3 kamar tidur. Ukurannya tidak sebesar penthouse, jadi lebih mudah bagi kamu untuk mengurus apartemen jika tidak ada helper atau asisten. Jika kamu memiliki kantong yang moderat dan memutuskan untuk tinggal bersama dengan orang lain, tipe ini paling cocok untuk kamu.

Apartemen Loft

This image has an empty alt attribute; its file name is f19a4049cd04eee696c9198f9dfdcb88-1.jpg
Loft Apartment

Apartemen loft atau apartemen berloteng adalah apartemen yang luas dengan ruang terbuka dan langit-langit yang lebih tinggi dibandingkan jenis apartemen lainnya. Tujuan dibuatnya ruang terbuka dan langit-langit yang lebih tinggi adalah untuk memaksimalkan ruang yang ada agar tempat tinggal bisa lebih fungsional. Orang yang tinggal di loteng dapat menyulap ruangannya menjadi beberapa bagian, terdiri dari lantai satu dan mezzanine.

Biasanya, mezzanine menjadi kamar tidur terbuka atau tempat orang menyalurkan hobinya. Misalnya membuat perpustakaan mini atau tempat bermain game, sedangkan lantai pertama adalah dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan lemari. Jika kamu memiliki banyak barang dan furniture, apartemen loteng bisa menjadi jawaban atas kekhawatiran kamu. Mereka memberikan ruang yang besar di mana kamu dapat meletakkan banyak barang untuk menghiasi ruangan kamu. Apartemen jenis ini cocok untuk orang yang tinggal sendiri dengan budget yang banyak karena menyediakan tempat tinggal yang lebih luas dan nyaman.

Apartemen Penthouse

This image has an empty alt attribute; its file name is a420fe34a3e8e00534da2dc240a375c5-1.jpg
Penthouse Apartment

Dibandingkan dengan tipe apartemen lainnya, tipe ini unggul dalam hal ukuran dan aspek kemewahan. Tinggal di penthouse akan memberikan sensasi tinggal di rumah yang terletak di atas sebuah bangunan. Ukuran penthouse sangat besar dibandingkan jenis apartemen lainnya. Mulai dari 200m2, pemilik memiliki keleluasaan untuk mendekorasi ruangan dengan banyak furniture dan tempatnya akan tetap super luas untuk ditinggali beberapa orang.

Perbedaan utama antara penthouse dan loft adalah jumlah ruangannya, di mana penthouse memiliki beberapa ruangan terpisah, sedangkan loft merupakan ruang terbuka yang multifungsi. Penthouse akan lebih mahal daripada sebuah studio, 1BR-3BR, dan loteng, tetapi pemandangan menakjubkan dari tempat tertinggi gedung, fitur mewah, dan ukuran apartemen yang besar akan terasa sebanding. Jika kamu memiliki anggaran yang tinggi dan tertarik untuk tinggal bersama dengan beberapa orang lain, kamu harus mempertimbangkan penthouse sebagai tempat tinggal baru!

Sekarang kamu tahu beberapa jenis apartemen. Semoga artikel ini dapat memudahkan kamu dalam menentukan tipe apartemen yang cocok untuk kamu tinggali. Perhatikan setiap pertimbangan dan juga persiapkan semuanya sebelum pindah ke apartemen baru. Selain itu, jangan lupa untuk melihat rekomendasi lainnya di blog kami yang menyediakan banyak artikel untuk memudahkan kamu menjelajah dan menikmati tinggal di Jakarta.

Avatar

Hello Flokq

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *