21 Tips Belajar Efektif yang Bisa Diterapkan Pada Saat Belajar

21 Tips Belajar Efektif yang Bisa Diterapkan Pada Saat Belajar

Belajar bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan atau membosankan tergantung cara Anda melihatnya. Belajar tak hanya untuk anak sekolahan, namun bagi Anda yang sedang meniti karir, belajar adalah sebuah kata wajib yang tidak boleh dilupakan. Maka dari itu, belajar adalah sebuah kegiatan penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Walaupun begitu, banyak yang mengeluhkan cara belajar yang efektif agar pelajaran bisa masuk ke otak. Maka dari itu, simaklah 21 tips belajar efektif yang bisa diterapkan di bawah ini.

Baca juga : 12 Tips Dekorasi Meja Belajar

1. Gunakan Cara Belajar yang Berbeda dari Sebelumnya

Cara belajar sangat mempengaruhi bagaimana kemampuan otak Anda menyerap informasi. Jika sebelumnya Anda merasa cara belajar Anda kurang efektif, cobalah cara belajar lain yang sekiranya cocok untuk Anda. Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda sering belajar melalui membaca buku namun materinya terasa tidak masuk ke otak, Anda bisa mencoba menggantinya dengan cara belajar lain seperti menonton video, mendengarkan podcast, atau mempraktekkan langsung.

2. Jangan Menghafal Materi Pelajaran

Sebagian besar dari Anda yang pernah duduk di bangku sekolah pasti sangat sering menghafalkan pelajaran khususnya saat ulangan. Hal ini tidak terlalu efektif karena otak bisa kelebihan informasi di satu masa namun akan cepat kehilangan informasi tersebut karena tidak memiliki pondasi yang kuat. Cobalah untuk memahami materi pelajaran sedikit demi sedikit dan hindari menghafal.

3. Buatlah Rencana Belajar yang Efektif

Salah satu hal yang bisa membantu Anda dalam belajar adalah membuat rencana belajar yang efektif. Ini sangat berguna untuk melihat perkembangan belajar Anda dan mempertahankan porsi belajar agar tidak terlalu banyak atau sedikit. Anda bisa memprioritaskan pelajaran-pelajaran yang mendesak khususnya tugas lalu beralih ke pelajaran yang lebih santai.

4. Istirahat yang Cukup

Belajar tentu menguras tenaga dan memerlukan istirahat agar otak Anda mampu menyerap pelajaran dengan baik. Anda bisa mengatur waktu belajar dengan memberikan jeda istirahat yang cukup agar tidak terlalu kelelahan atau terlalu santai dalam belajar. Sebagai contoh Anda bisa menerapkan Teknik Pomodoro atau belajar selama 1 jam dengan jeda istirahat kurang lebih 15 menit.

5. Belajar Kelompok Bersama Teman

Belajar kelompok dengan diskusi dan interaksi adalah salah satu tips belajar efektif yang cocok untuk Anda yang tidak suka belajar sendirian. Hal ini akan sangat menyenangkan dan membuat Anda tidak merasa terisolasi saat belajar. Namun begitu, fokuskanlah belajar kelompok bersama teman untuk belajar bukan mengobrol atau bahkan bergosip.

tips belajar efektif
Pexels

6. Pelajari 1 Topik untuk 1 Hari

Mempelajari beberapa topik dalam sehari bisa membuat Anda kelelahan dan materi pelajaran Anda juga tidak bisa sepenuhnya masuk ke otak. Hal ini bisa dihindari dengan mempelajari 1 topik untuk 1 hari. Otak manusia umumnya mengalami kesulitan jika menerima terlalu banyak informasi. Maka dari itu, gunakanlah rencana belajarmu dengan menuliskan 1 topik untuk 1 hari sehingga waktu belajar bisa menjadi lebih efektif.

7. Gunakan Catatan dan Ulasan Untuk Mengingat Kembali

Jika Anda adalah tipe pembelajar yang suka menulis, gunakanlah catatan dan ulasan mengenai pelajaran yang Anda buat sebagai alat bantu ingat. Anda bisa mencatat hal-hal penting yang perlu diingat dan mengulas materi-materi pelajaran untuk memudahkan Anda memahami materi tersebut.

8. Jauhkan Diri Dari Distraksi Saat Belajar

Salah satu masalah klasik yang dihadapi seseorang yang sedang belajar adalah adanya distraksi dari luar. Salah satu distraksi terdekat yaitu smartphone Anda. Jauhkanlah benda-benda yang mungkin menjadi distraksi saat Anda belajar sehingga Anda bisa tetap focus pada pelajaran dan tidak memperdulikan distraksi tersebut.

9. Buat Catatan Dengan Tulisan Tangan

Menulis dengan tangan sudah jarang dilakukan oleh mahasiswa atau Anda yang sudah terbiasa bekerja dengan laptop. Namun begitu menulis dengan tangan adalah salah satu tips belajar efektif yang bisa Anda lakukan untuk mengingat materi-materi pelajaran yang sedang Anda pelajari.

10. Latihan Berkala Saat Menghadapi Ujian

Jika Anda ingin belajar untuk ujian, siapkan diri dari jauh-jauh hari agar persiapan Anda bisa matang dan tidak terburu-buru. Hal ini bisa dimulai dengan Latihan soal setiap minggu atau beberapa hari dalam seminggu. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengetahui kemampuan Anda. Jika Anda merasa kesulitan, jangan segan untuk meminta bantuan orang lain.

buat catatan tips belajar efektif
Pexels

11. Bangun Suasana Yang Nyaman Untuk Belajar

Membangun suasana yang nyaman untuk belajar adalah salah satu hal wajib yang Anda harus lakukan. Anda bisa memulainya dengan menyiapkan semua bahan yang Anda perlukan dalam belajar. Selain itu, jika ruang belajar atau kamar Anda kurang bersih dan tidak rapi, coba bersihkan terlebih dahulu agar nantinya Anda bisa fokus pada pelajaran yang ingin Anda pelajari.

12. Berfokuslah Dahulu Pada Proses Bukan Hasil

Mulai belajar secara efektif membutuhkan waktu dan tidak bisa dilakukan secara instan. Hal ini tentu harus Anda ingat agar Anda bisa menikmati proses belajar tersebut dan mendapatkan manfaat dari sana. Selain itu, Anda bisa mengesampingkan keinginan Anda untuk menjadi juara atau lulus dengan nilai terbaik saat baru memulai cara belajar yang baru. Disini Anda perlu focus untuk bisa memahami pelajaran, melatih otak berpikir kritis, serta mengaplikasikan ilmu yang Anda dapatkan di kehidupan sehari-hari.

13. Buatlah Rangkuman Pelajaran Yang Berkaitan

Setelah Anda terbiasa mencatat pelajaran yang sedang Anda pelajari, membuat rangkuman bisa menjadi salah satu cara yang juga efektif untuk belajar. Anda bisa merangkum beberapa materi yang sekiranya berkaitan sehingga Anda bisa lebih mudah mempelajarinya. Selain itu rangkuman juga berfungsi sebagai pengingat sehingga Anda tidak perlu mengulangi membaca materi keseluruhan.

14. Siapkan Air Putih di Meja Belajar Anda

Belajar adalah sebuah kegiatan yang menguras tenaga dan focus Anda pada pelajaran bisa hilang kapan saja. Saat Anda merasa kekurangan cairan tubuh dan focus terasa hilang, jangan lupa untuk menyiapkan air putih di meja belajar Anda. Siapkan satu gelas atau sebuah botol air minum agar fokus Anda pada pelajaran tetap terjaga.

15. Hidupkan Musik Untuk Meningkatkan Konsentrasi

Menghidupkan music yang bisa meningkatkan konsentrasi adalah salah satu hal yang cocok untuk Anda yang tidak bisa belajar di situasi yang terlalu tenang tanpa suara. Music latar ini bisa memberikan suasana yang nyaman dan menenangkan. Carilah referensi music instrumental yang cocok untuk Anda.

fokus tips belajar efektif
Pexels

16. Tenangkan Diri Sebelum Belajar

Menenangkan diri sebelum mulai belajar menjadi sesuatu yang penting agar Anda siap memulai pelajaran. Anda bisa melakukan Gerakan-gerakan ringan untuk melemaskan otot-otot Anda agar tidak terlalu tegang saat belajar.

17. Berikan Hadiah Untuk Diri Sendiri Saat Berhasil Mencapai Target

Memberikan hadiah untuk diri sendiri adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghargai usaha Anda dalam berproses selama waktu tertentu. Anda bisa memberikan hadiah kepada diri sendiri dengan beristirahat selama sehari, makan makanan enak, atau menonton drama Korea favorit Anda.

18. Melatih Cara Berpikir Kritis

Melatih cara berpikir kritis adalah salah satu tips belajar efektif yang bisa Anda terapkan untuk belajar. Metode belajar yang dimiliki setiap orang bisa berbeda-beda, hal ini tidak akan mengganggu Anda jika Anda bisa menerapkan cara belajar yang sesuai dengan minat dan bakat Anda. Berpikir kritis perlu dilatih agar Anda bisa menikmati proses belajar Anda sebelum menyimpulkan sesuatu.

19. Jangan Khawatir Berlebihan

Memiliki rasa khawatir khususnya saat akan menghadapi ujian atau ulangan adalah sesuatu yang wajar namun jangan sampai berlebihan. Ingatlah bahwa tujuan Anda belajar tidak hanya untuk memiliki nilai yang bagus namun juga memiliki berbagai skill dan kemampuan yang bisa membantu Anda untuk menghadapi kehidupan di masa yang akan dating.

20. Jalani Pola Hidup Yang Sehat

Menjaga Kesehatan adalah salah satu tips belajar efektif yang harus Anda lakukan. Tubuh yang sehat sangat mempengaruhi bagaimana Anda bisa menyerap pelajaran yang sedang Anda pelajari. Anda bisa menjaga Kesehatan dengan memilih makanan yang sehat dan berolahraga teratur.

buat rangkuman
Pexels

21. Buatlah Target yang Realistis dan Mudah Dicapai

Memiliki target belajar yang realistis dan mudah dicapai sangat penting untuk menjaga motivasi Anda dalam mempelajari sesuatu. Anda bisa membuat target-target kecil yang bisa bisa diperbesar di waktu tertentu sehingga Anda bisa melihat perkembangan belajar Anda.

Baca juga : Cara Terbaik untuk Belajar Bahasa Indonesia

Itulah 21 tips belajar efektif yang bisa diterapkan bagi Anda yang mengalami kesulitan saat belajar. Proses belajar memerlukan waktu dan hasilnya mungkin tidak akan terlihat instan. Maka dari itu sangat penting untuk bersabar dan tetap berusaha. Selamat mencoba!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *