Tips Belanja Mingguan dan Bulanan di Jakarta

Tips Belanja Mingguan dan Bulanan di Jakarta

Jakarta merupakan salah satu kota metropolis paling ramai di dunia, sehingga berbelanja bahan makanan sangatlah mudah. Mungkin pindah ke kota baru membuatmu bingung memilih tempat terbaik untuk berbelanja. Atau cara berbelanja. Jadi harap perhatikan lima tips dari kami tentang berbelanja bahan makanan di Jakarta!

Tip #1: Bawalah tas belanjaan sendiri

Konsumsi plastik sekali pakai yang berlebihan terjadi di kota-kota besar di seluruh dunia. Jakarta pasti salah satunya. Bali baru-baru ini memberlakukan larangan plastik pada tahun 2019. Peraturan ini berlaku untuk supermarket besar, minimarket, restoran, dan bahkan toko. Jika kamu memesan makanan melalui layanan pengiriman, kamu tidak akan melihat mereka membungkus makananmu dengan kantong plastik seperti dulu.

Rumornya, Jakarta akan segera memberlakukan larangan plastik ini pada 2021. Meski belum sepenuhnya melarang kantong plastik, masih ada biaya yang harus dibayarkan saat menggunakan kantong plastik (200 rupiah per kantong). Oleh karena itu, menggunakan tas belanjaan yang bisa digunakan kembali tidak hanya akan membantu menyelamatkan bumi, tetapi juga lebih hemat biaya. Sebelum semuanya terlambat, mengapa tidak menjadi trendsetter dengan membawa tas belanjaan sendiri setiap kali berbelanja? Pasti lebih modis dari pada kantong plastik!

Tip #2: Pergi ke pasar tradisional lokal untuk mendapatkan barang yang lebih murah

Ada banyak petani lokal di seluruh Indonesia, karena di tanah tropis ini kamu bisa menanam banyak hal. Jika kamu pernah membaca tentang sejarah kolonial di negara ini, maka kamu pasti pernah mendengar tentang betapa kaya negeri ini karena rempah-rempahnya. Orang Eropa membawa teknik pertanian yang lebih modern yang telah berguna bagi setiap petani hingga sekarang.

Petani yang tidak menjual barang sendiri biasanya datang pagi-pagi sekali untuk mengantarkan bahan makanan segar ke pasar tradisional bagi penduduk kota yang sering mengunjungi pasar tersebut. Meskipun terdapat toko bahan makanan yang lebih nyaman, seperti Carrefour atau Hypermart, banyak yang masih pergi ke pasar tradisional ini karena hanya di sana mereka bisa mendapatkan bahan makanan segar dengan harga yang jauh lebih murah. Di sini kamu juga bisa menawar harganya menjadi lebih murah. Alasan lain mengapa pasar tradisional masih ramai hingga saat ini dikarenakan jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau bahkan karena para pedagang telah menjadi toko favorit keluarga secara turun temurun. Jadi kualitasnya tidak perlu dipertanyakan!

Tip #3: Belanja bahan makanan secara online

Jika pergi ke pasar tradisional belum membuatmu percaya diri atau mungkin jadwalmu terlalu padat untuk berbelanja secara rutin, silakan coba belanja bahan makanan secara online. Ada beberapa toko grosir online bagus yang hampir selengkap itu. Semua produk mereka segar dan siap dikirim. Keuntungan lain dari berbelanja bahan makanan secara online adalah hemat waktu dan kamu bisa menemukan lebih banyak pilihan internasional dibandingkan pergi ke pasar tradisional.

Tip #4: Pergi ke toko terdekat

Local mini-marts
Alfamart

Jakarta adalah kota yang sangat padat dengan kemacetan lalu lintas di mana-mana — lebih parah lagi pada jam-jam sibuk. Ini akan menjadi masalah jika kamu hanya memiliki satu tugas untuk diselesaikan. Harus menunggu dalam 30 menit lalu lintas membuatmu layak mendapatkan beberapa makanan ringan dan buah-buahan. Di sinilah Google Maps berguna karena membantumu menemukan toko grosir terdekat.

Jika tidak terlalu mendesak, kamu bisa pergi ke supermarket besar, seperti Carrefour, atau cobalah ke Indomaret atau Alfamart (yang mungkin tersedia beberapa meter dari satu sama lain) karena sekarang mereka menjual bahan makanan lengkap, termasuk sayuran, telur, dan buah-buahan.

Pilihan lainnya adalah dengan mengunjungi toko kelontong, yang juga buka hingga malam hari. Namun, jangan mencari daging di sini karena kecil kemungkinannya mereka menyediakannya. Terakhir, pergi ke pasar tradisional adalah pilihan yang bagus jika kamu terbiasa bangun pagi. Kamu akan melihat banyak bahan makanan segar dan super murah.

Tip # 5: Membeli dalam jumlah besar

Save money by buying your groceries in bulk!

Membeli dalam jumlah besar memiliki banyak keuntungan, itulah mengapa ini menjadi salah satu tips di postingan ini. Selain meminimalkan sampah plastik, harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli bahan makanan di supermarket secara ecer. Beberapa toko grosir menyediakan wadah untuk setiap barang, sehingga pelanggan bisa membeli sebanyak yang mereka butuhkan. Membeli bahan makanan dalam jumlah besar sangat cocok jika kamu adalah orang yang sibuk dan ingin menghemat uang tanpa mengurangi belanjaan. Kamu bisa dengan mudah membeli beberapa bahan makanan dasar seperti beras, pasta, bumbu, sampo, atau sabun cair setiap bulan, bukan setiap minggu.

Nah itulah lima tips untukmu. Semua tentang melatih keterampilan bertahan hidup di Jakarta tercinta. Kamu harus memiliki pemahaman tentang cara melakukannya. Hal pertama yang pertama, tentu saja, berburu bahan makanan. Berangkat!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

The Best Apartments near Halim Perdanakusuma Airport

The Best Apartments near Halim Perdanakusuma Airport

Apartemen Terbaik Dekat Bandara Soekarno Hatta

Apartemen Terbaik Dekat Bandara Soekarno Hatta

How to Make a Soundproof Apartment Room

How to Make a Soundproof Apartment Room

Kos Kosan Terbaik Dekat Kalibata

Kos Kosan Terbaik Dekat Kalibata

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *