8 Tips Dekorasi Rumah yang Sangat Mudah

8 Tips Dekorasi Rumah yang Sangat Mudah

Mendekorasi rumah bisa menjadi hal yang menyenangkan, tetapi juga sangat menakutkan. Banyak sekali kesalahan yang bisa dilakukan, oleh karena itu ada baiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu. Salah satunya adalah tentang bagaimana membuat rumahmu terlihat lebih baik sekaligus mencerminkan selera gayamu. Maka dari itu kamu pasti memerlukan tips dekorasi rumah yang tepat!

Lakukan dengan baik dan kamu akan mendapatkan rumah yang nyaman. Jadi, penting untuk mengetahui beberapa aturan sederhana dalam mendekorasi rumah. Kamu akan dengan mudah membuat rumahmu terlihat indah dan nyaman. Nah berikut ini 9 tips dekorasi rumah yang sangat mudah unutk kamu!

1. Jangan Mulai Di Toko Furnitur

Kita sering mendengar anjuran untuk menghindari belanja bahan makanan saat sedang lapar, karena bisa menyebabkan pembelian berlebihan. Hal yang sama terjadi untuk membeli furnitur. Sudah pasti kamu memerlukan furnitur dan salah satu tempat terbaik untuk berbelanja furnitur ada di Ikea, tapi jangan berbelanja dengan panik, hanya karena kamu memiliki rumah kosong.

Solusi: mulailah di ruangan yang ingin kamu lengkapi dan pikirkan apa yang perlu dibeli, buat beberapa palet warna, dan buat konsep tentang gaya yang kamu inginkan.

Baca juga furniture stores jakarta

2. Ukur Terlebih Dahulu

Menyesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran ruangan sangatlah penting. Sebelum kamu mulai membeli atau mendesain, sangat penting untuk mengukur panjang dan lebar setiap ruangan yang ingin kamu dekorasi. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengukur tinggi langit-langit dan elemen-elemen yang bisa menghalangi seperti tangga, kolom, radiator, dan lain-lain. Ada baiknya juga mengukur bukaan jendela, dinding di atas, di bawah, dan ke sisi masing-masing.

3. Buat Denah

Denah lantai akan memberimu gambaran seluruh rumah. Ada tiga opsi untuk membuatnya. Yang pertama adalah menggambar denah dengan menggunakan kertas, pensil, dan penggaris. Kedua adalah menggunakan software drafting seperti AutoCAD. Sebagian besar desainer profesional lebih suka menggunakan opsi ini. Terakhir, opsi ketiga menggunakan aplikasi seperti Magicplan, Floor Plan Creator, dan RoomScan Pro. Ini dimaksudkan untuk memudahkan pemilik rumah karena bisa diakses dengan menggunakan kamera smartphone.

4. Putuskan Bagaimana Kamu Ingin Hidup

Home decorating visual

Di bagian ini, tidak ada yang namanya jawaban benar atau salah. Ruangan dapat berupa apa saja, klasik atau modern, formal atau santai, dan secara visual hangat atau sejuk. Misalnya, seseorang yang sering mengadakan pesta makan malam besar harus memiliki pilihan yang berbeda dari orang yang makan di restoran setiap malam. Orang yang berencana mengadakan penggalangan dana yang mewah harus memiliki ruang tamu yang berbeda dengan orang yang sering tidur di depan TV.

5. Tiru Profesional

Untuk lebih meningkatkan gayamu, lihat di buku dan majalah desain, serta sumber lain, seperti Pinterest, Instagram, dan Behance. Setelah memiliki gambar yang kamu sukai, pelajari detailnya dan buat moodboard. Dengan melihat kelebihannya, kamu bisa memutuskan desain mana yang bisa diwujudkan.

6. Rekatkan

Untuk mendapatkan ide pada denah selangkah lebih maju, kamu bisa menggunakan selotip di ruanganmu. Kemudian, buat garis besar di mana kamu ingin meletakkan furnitur. Kamu bisa menguraikannya di lantai dan juga dinding jika ingin menempatkan gambaran. Dengan merekam, kamu bisa memiliki gambaran yang lebih jelas tentang desain yang kamu inginkan.

7. Tentukan Anggaran Rumah

Source: unsplash.com

Inilah tips dekorasi rumah yang terpenting karena jika kamu berbelanja secara royal untuk sofa mahal yang tak terduga, kamu tidak akan punya cukup uang untuk melengkapi yang lainnya. Dengan anggaran, kamu bisa mengalokasikan uang untuk setiap ruang dan barang yang diinginkan. Kamu masih bisa membuat pengecualian jika kamu menemukan furnitur yang benar-benar kamu sukai.

Orang-orang juga membaca Cara Membuat Ruang Kerja di Apartemenmu

8. Rencanakan Dekorasi

Bagian dari proses ini adalah menyelesaikan drywall, menyempurnakan lantai, dan mengecat langit-langit. Jika memungkinkan, akan lebih baik jika jenis pekerjaan ini diselesaikan terlebih dahulu, baru memindahkan furnitur dan aksesori ke dalam ruangan. Namun jika kamu tidak dapat menghindarinya, tutupi furnitur dan aksesori di bawah dengan kain penutup/selotip untuk melindunginya.

Baca juga Benefits of Getting a Furnished Apartment in Jakarta

Kesimpulannya: Dalam mendekorasi rumah, buat anggaran dana, tentukan gaya mana yang kamu inginkan, dan ukur dulu sebelum membeli atau membuat furnitur itu akan sangat membantu proses dekorasi dan meminimalisir kesalahan yang akan membuat rumahmu terlihat aneh.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *