Tips Kerja dari Rumah

Tips Kerja dari Rumah

Kantor di seluruh dunia telah menugaskan karyawannya untuk bekerja jarak jauh karena pandemi COVID-19. Bekerja dari rumah adalah pedang bermata dua. Kamu bisa bebas dari kepadatan kereta di pagi hari dan memiliki lebih banyak waktu dengan keluarga, untuk tidur, atau bahkan berolahraga. Di sisi lain, akan lebih sulit untuk fokus pada pekerjaanmu. Membersihkan kamar tampak lebih menarik daripada spreadsheet-mu. Atau mungkin pesta menonton serial Netflix  yang akan berlangsung hingga tengah malam. Tetap produktif di rumah membutuhkan usaha ekstra, jadi penting untuk mengetahui beberapa tips tentang bekerja dari rumah.

Sekarang kamu bisa menyelamatkan dunia dengan mempraktikkan social distancing dan bekerja dari rumah menjadi norma baru. Tetapi karena kita tetap tinggal dengan keluarga, tempat tidur, dan TV yang bisa sangat menggoda, bagaimana kita tetap fokus dan produktif selama jam kerja?

Jadi, hal pertama yang pertama, kamu mungkin harus duduk tegak, mandi, kemudian sarapan. Bagaimana lagi kamu bisa tetap fokus pada pekerjaan sambil bekerja dari jarak jauh? Berikut adalah beberapa ide tentang cara memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Ciptakan Ruang yang Nyaman

Tempat yang nyaman untuk bekerja di rumah adalah salah satu tip utama untuk bekerja dari rumah. Investasi ruang kerja di rumah akan selalu bermanfaat. Ciptakan ruang kerja yang memberimu kenyamanan dengan desain yang menenangkan dan pencahayaan yang cukup, pastikan meja dan kursi diatur dengan nyaman. Hal ini pasti membantu jika kamu memiliki ruang khusus untuk bekerja dari rumah, kamu bisa menutup pintu sehingga meminimalisir gangguan. Beli kursi kerja yang nyaman untuk dirimu sendiri, sehingga kamu akan lebih produktif.

Create Your Comfy Office
Tata secara bersih dan rapi untuk meningkatkan produktivitas

Gunakan Aplikasi Manajemen Waktu

Media sosial bisa menjadi musuh terbesarmu. Biasakan mematikan notifikasi media sosial di siang hari. Menonaktifkan notifikasi ponsel juga merupakan ide bagus. Jika kamu kesulitan fokus pada pekerjaan saat bekerja dari rumah, kamu mungkin perlu menggunakan aplikasi manajemen waktu. Dengan menggunakan aplikasi manajemen waktu, kamu bisa melihat tingkat produktivitasmu setiap hari dan minggu. Aplikasi ini juga akan menunjukkan seberapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk setiap tugas atau aktivitas. Harvest atau Toggl dapat membantumu melacak jumlah waktu yang dihabiskan dan meminimalkan gangguan. Jika kamu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk tugas yang relatif mudah, mungkin inilah saatnya untuk mencari solusi yang lebih efisien untuk produktivitas yang lebih tinggi!

Use a Time Management App
Gunakan aplikasi manajemen waktu

Mengetik sepanjang hari bisa jadi sangat melelahkan. Beri istirahat dirimu istirahat untuk makan siang dan pada jam 3 sore. Rehat sejenak untuk minum kopi. Selain itu, gunakan sistem penghargaan untuk membantumu menyelesaikan sesuatu. Misalnya, gunakan Teknik Pomodoro, yaitu metode manajemen waktu di mana kamu harus fokus pada pekerjaan selama 25 menit dan beristirahat selama lima menit, lakukan secara berulang-ulang. Beristirahatlah dengan mencicipi camilan sehat, sedikit peregangan, cuci muka, dan lain-lain. Setelah menyelesaikan rapat online, kamu bisa menyirami tanamanmu. Meskipun terlihat sederhana, menggunakan sistem penghargaan akan memotivasimu untuk menyelesaikan berbagai hal.

Berolahraga Secara Teratur

Kamu mungkin akan terjebak di kursi sepanjang hari saat bekerja dari rumah, tetapi penting untuk terus bergerak sesering mungkin. Tingkatkan energimu dengan melakukan olahraga singkat di pagi hari. Lakukan meditasi pagi untuk menjernihkan pikiran dan membantumu tetap fokus. Beberapa aplikasi bisa membantu memonitor progress latihanmu, seperti Fitbit dan Sworkit. Kamu juga bisa berjalan-jalan santai di sekitar rumah. Selain itu, cobalah naik turun tangga untuk meningkatkan aliran darah.

Exercise regularly
Gunakan 30 menit atau 1 jam per hari untuk melakukan olahraga ringan

Gunakan Agenda

Selain membuat daftar tugas, gunakan agenda untuk menuliskan semua tugas dan aktivitasmu untuk melaihat tenggat waktu, rapat online, dan tugas. Jangan takut! Ada banyak aplikasi yang tersedia untuk membantumu. Asana, Basecamp, Trello, dan Freedcamp sangat cocok ketika kamu bekerja dari rumah. Sebagian besar aplikasi ini memiliki versi gratis, beberapa bahkan bisa disambungkan dengan aplikasi lain.

Use a planner
Membuat jadwal akan membantu kamu untuk fokus pada pekerjaan secara efektif

Berpakaian

Saat bekerja dari rumah, sangat mudah untuk bangun dari tempat tidur dengan piyamamu dan mulai mengerjakan tugas. Tetapi berpakaian rapi akan membuatmu merasa seperti bekerja di kantor sungguhan. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa bersiap-siap dan berpakaian membantu produktivitasmu. Jadi, mandi pagi dan kenakan pakaian yang biasa kamu kenakan ke kantor setiap hari.

Get dressed
Mandi dan memakai pakaian segar akan menambah produktivitas kamu berjuta kali lipat

Semoga tips bekerja dari rumah ini bermanfaat bagimu. Tetap kuat dan tetap aman semuanya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

8 Sikap Ramah Lingkungan yang Akan Membantu Menjaga Bumi Kita Tetap Aman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *