8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

8 Tips Menabung yang Bisa Anda Coba Lakukan Mulai Hari Ini

Semua orang tahu bahwa uang adalah bagian penting dari kehidupan kita. Sebagai alat tukar yang sah, manusia membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, kita perlu menggunakan uang dengan bijak terlepas dari seberapa banyak uang yang kita miliki. Namun, tidak jarang terjadi di masyarakat kita bahwa orang masih merasa tidak memiliki cukup uang meskipun memiliki penghasilan yang cukup besar dari pekerjaannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita perlu belajar bagaimana mengelola uang kita dengan benar. Dan salah satu cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menyisihkan sebagian uang kita untuk ditabung. Sayangnya, banyak orang merasa cukup sulit untuk melakukan itu. Mereka sering menghabiskan lebih banyak dari yang semula mereka maksudkan. Karena itulah kami telah menyusun 8 tips menabung ini yang bisa Anda coba lakukan mulai sekarang.

Baca juga: Tips Interview Kerja dan Cara Menjawab Pertanyaan Jebakan HRD

Anda harus ingat bahwa tips menabung ini akan berhasil jika Anda memiliki kemauan yang kuat untuk mengendalikan keinginan Anda. Juga, konsistensi pasti diperlukan agar Anda berhasil dalam hal ini. Nah, yuk simak 8 tips menabung berikut dalam daftar di bawah ini!

1. Pisahkan keinginan dari kebutuhan

Hal yang paling terutama, Anda perlu memisahkan keinginan Anda dari kebutuhan Anda. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat daftar prioritas. Letakkan semua kebutuhan penting yang harus dipenuhi terlebih dahulu di bagian atas daftar, kemudian lanjutkan dengan menempatkan yang kurang penting di bagian bawah daftar. Setelah itu, Anda dapat membuat daftar barang-barang yang Anda inginkan tetapi tidak benar-benar membutuhkannya. Dengan melakukan ini, Anda akan memiliki perkiraan berapa banyak uang yang harus dibelanjakan dalam satu bulan secara wajar. Dari semua tips menabung ini, tips yang satu ini mungkin terlihat sangat sederhana tetapi bisa sangat membantu ketika Anda menyadari berapa banyak uang yang sebenarnya dapat Anda tabung saat Anda hanya membeli barang-barang yang Anda butuhkan.

2. Gunakan prinsip “tabung lebih dahulu, belanjakan kemudian”

Semua tips menabung yang telah kami kumpulkan untuk Anda mungkin tidak akan berhasil jika Anda tidak memiliki prinsip dan kemauan yang kuat untuk mulai menabung. Karena itu, Anda perlu membangun prinsip dasar untuk menabung terlebih dahulu sebelum membelanjakannya. Setiap kali Anda menerima gaji, pastikan untuk menghitung persentase uang yang harus Anda simpan. Secara umum, menurut aturan 50/30/20 yang populer, akan ideal jika Anda dapat menghemat 20% dari penghasilan Anda setiap bulan. Setelah itu, Anda dapat membelanjakan 50% dari anggaran Anda untuk kebutuhan penting dan mencadangkan 30% terakhir untuk pengeluaran yang tidak perlu. Dengan mengikuti aturan ini secara konsisten, Anda akan dapat menabung uang dengan lebih konsisten.

3. Catat pengeluaran Anda

Ini adalah salah satu tips menabung paling penting yang mungkin ingin Anda ikuti. Ketika Anda mengetahui uang yang akan masuk dan yang akan keluar, Anda memiliki kendali yang lebih menonjol atas kondisi keuangan Anda. Seringkali, ketika orang tidak mencatat pengeluaran mereka, mereka tampaknya lupa atau bingung ke mana perginya uang mereka dan untuk tujuan apa. Dan hal inilah yang membuat menabung semakin sulit dilakukan, apalagi jika sudah menjadi kebiasaan. Namun demikian, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mencatat di mana dan untuk apa Anda menghabiskan uang. Mencatat pengeluaran Anda akan membuat Anda sepenuhnya menyadari berapa banyak uang yang telah Anda keluarkan. Nantinya, akan lebih mudah bagi Anda untuk menghitung pengeluaran dan memutuskan berapa banyak uang yang harus masuk ke rekening tabungan Anda.

4. Buat tujuan menabung yang jelas sebagai motivasi lebih untuk menabung

Orang sering mengabaikan salah satu tips menabung yang paling sederhana: menetapkan tujuan menabung yang jelas. Ini mungkin tampak seperti tip yang tidak penting, tetapi tujuan yang jelas memainkan peran besar dalam mendorong Anda untuk menyimpan lebih banyak uang. Jika Anda hanya menabung uang tanpa mengetahui tujuan melakukan itu, Anda mungkin meremehkan cara Anda membelanjakan uang tanpa kendali. Namun, ketika Anda memiliki tujuan yang jelas, cara Anda memandang uang kemungkinan besar akan berubah. Anda akan memikirkan kembali setiap keputusan yang akan Anda buat dalam hal membelanjakan uang. Tujuan tersebut dapat memotivasi Anda untuk menabung lebih banyak karena Anda tahu persis apa yang Anda inginkan dengan uang tersebut nantinya.

5. Tetapkan anggaran untuk segala kebutuhan

Tips menabung yang sangat penting berikutnya adalah menetapkan anggaran Anda untuk semuanya. Ini mungkin terlihat cukup merpeotkan, tetapi begitu Anda memulai dan menjadikan tip ini sebagai kebiasaan, Anda akan terkejut dengan jumlah uang yang dapat Anda tabung setiap bulan. Sebagai permulaan, Anda menentukan berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Selanjutnya, Anda dapat melakukan hal yang sama untuk ongkos transportasi Anda ke dan dari tempat kerja. Selain itu, Anda juga bisa mengatur anggaran yang ketat untuk keperluan hiburan di akhir pekan. Dengan menetapkan anggaran Anda, Anda akan memiliki kontrol lebih sebelum Anda memutuskan untuk membelanjakan uang Anda karena Anda telah menetapkan standar sendiri.

6. Hindari membayar belanjaan menggunakan kartu kredit

Kebanyakan orang berpikir menggunakan kartu kredit untuk membayar tagihan dan belanjaan akan menyederhanakan hidup mereka. Meskipun pada titik tertentu mungkin benar, penggunaan kartu kredit yang tidak terkontrol dapat menyebabkan pemborosan. Karena biasanya, Anda tidak merasa mengeluarkan uang sama sekali saat membayar dengan kartu kredit. Hingga kemudian, Anda menyadari bahwa pembayaran bulanan Anda di masa depan meningkat pesat karena penggunaan kartu Anda yang berlebihan. Jika ini berlanjut dalam jangka panjang, Anda akan lebih sulit untuk menabung. Jadi, mulai dari sekarang, cobalah untuk membayar tagihan Anda dengan uang tunai atau kartu debit Anda, sehingga Anda akan lebih sadar terhadap pengeluaran Anda.

7. Lunasi hutang-hutang Anda

Banyak orang yang tidak menyadari hal ini, padahal hutang adalah salah satu hal yang membuat menabung terasa sulit. Apalagi hutang biasanya sudah termasuk dengan bunga, dan jumlah uang yang harus dibayar justru lebih besar dari jumlah yang Anda pinjam. Daripada berlama-lama dan memperpanjang jangka waktu cicilan untuk membayar hutang Anda, akan lebih baik jika Anda bisa melunasi hutang Anda sesegera mungkin. Ketika semua hutang Anda pada akhirnya dihapuskan, akan jauh lebih mudah bagi Anda untuk memasukkan uang Anda ke dalam tabungan.

8. Turunkan/kurangi fasilitas layanan Anda

Ini mungkin sulit pada awalnya karena ini sangat berkaitan dengan gaya hidup Anda sehari-hari. Namun, menurunkan versi layanan Anda adalah salah satu tips penghematan paling efektif bagi semua orang untuk menghemat lebih banyak uang. Anda dapat memotong langganan yang tidak perlu, atau mencoba mengurangi pemesanan take-out karena lebih mahal dibandingkan dengan memasak makanan sendiri. Jika memungkinkan, coba gunakan kipas angin sebagai pengganti AC untuk mengurangi tagihan listrik. Melakukan hal ini dalam jangka panjang dapat mengakibatkan Anda membayar lebih sedikit untuk layanan bulanan dan menabung lebih banyak uang.

Itulah beberapa tips menabung yang bisa Anda coba ikuti dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda berhasil mengikuti satu atau dua atau lebih tips ini, Anda seharusnya dapat menyimpan banyak uang lebih dari yang Anda kira sebelumnya. Juga, Anda perlu ingat bahwa konsistensi dan ketekunan sangat penting dalam hal menabung uang ini.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *