Tips Mencari Apartemen di Jakarta

Tips Mencari Apartemen di Jakarta

Pindah ke kota metropolitan seperti Jakarta bisa menjadi hal yang menakutkan, terutama jika kamu harus mencari apartemen sendiri. Jika kamu seorang pemula yang sedang berburu apartemen di Jakarta (atau di mana pun) dan tidak punya tempat untuk meminta nasihat, kami memiliki daftar yang kamu perlukan saat mencari apartemen baru. Berikut ini beberapa tips yang akan memudahkanmu mencari apartemen yang sempurna di Jakarta!

Baca lebih lanjut tentang Tips Mencari Roommate

1. Menentukan Apartemen

Sama seperti saat memutuskan akan memelihara hewan peliharaan, kamu perlu memahami jenisnya dulu. Mulailah dari meneliti dan mengetahui apartemen yang kamu inginkan dari A hingga Z. Kami memiliki beberapa petunjuk untuk membantumu memulainya.

Pertama, ketahui ukuran apartemen. Biasanya, unit apartemen hadir dalam empat ukuran: Studio, 1BR, 2BR, dan 3BR. Jika kamu seorang pelajar atau lulusan baru dengan anggaran kecil, kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih Studio karena ukurannya yang lebih ringkas dan kisaran harga yang lebih rendah.

Selanjutnya, kamu harus memilih antara apartemen berperabot dan tanpa perabotan. Kebanyakan orang menyewa apartemen berperabot karena mereka ingin mengurangi anggaran dan waktu untuk desain interior. Tapi, jika kamu ingin mendesain ruanganmu sendiri, kamu memilih ruangan tanpa perabotan.

Saat ini sedang tren apartemen berlayanan, yaitu unit yang dibersihkan setiap minggu oleh manajemen apartemen. Pihak apartemen biasanya menyewa kru pembersih untuk memelihara unitnya. Apartemen berlayanan ini layak untuk dicoba jika kamu tidak keberatan mengalokasikan anggaran lebih.

Terakhir, ada fasilitas yang mungkin kamu harapkan di apartemenmu. Apartemen biasanya memiliki fasilitas yang sama: kolam renang, pusat kebugaran, keamanan 24 jam dengan CCTV (terkadang dengan kartu akses), dan tempat parkir. Namun, kamu perlu memperhatikan fasilitas yang lebih mendasar seperti, minimarket, laundry, dan pusat ATM. Pertimbangkan untuk menanyakan detailnya kepada agen atau coba kunjungi sendiri gedung apartemennya jika memungkinkan.

2. Memilih Lingkungan

Memilih apartemen bisa sangat sulit, terutama tanpa pengetahuan sebelumnya tentang lingkungan di Jakarta. Jika kamu tidak memiliki referensi untuk dikunjungi atau masih memiliki pertanyaan setelah membaca tentang pengalaman orang lain yang tinggal di Jakarta, kami punya saran yang bagus untukmu.

Aturan praktis saat mencari apartemen adalah memilih yang paling dekat dengan tempat utamamu, baik itu kantor atau sekolah. Namun, beberapa orang mengatakan bahwa akomodasi di sekitar tidak ramah di dompet jika bekerja di kawasan bisnis kelas atas seperti SCBD dan Thamrin.

Kawasan bisnis tersebut juga dikenal dengan pilihan transportasi umum yang luas: bus Transjakarta, kereta komuter, MRT, apa saja! Kemungkinannya, kamu bisa menemukan pilihan transportasi yang bisa membawamu ke berbagai tempat lain di Jakarta, termasuk pemukiman di kawasan lain.

Untuk melakukan ini, pertama, buka tempat kerja di Google Maps dan temukan halte transportasi terdekat. Kemudian lihat rutenya dan catat stasiun dengan jarak terdekat dan tarif termurah. Setelah itu, cari nama stasiun ini dan cari akomodasi di sekitar area tersebut.

Tips di atas juga berlaku ketika kamu berencana untuk bepergian menggunakan ojek online. Jika kamu tidak keberatan menghabiskan uang lebih untuk menghindari bus dan kereta yang padat, harga mungkin bisa lebih tinggi. Jadi, alokasikan anggaran untuk transportasi dengan baik.

Beberapa aplikasi membantu calon penyewa menemukan akomodasi yang sesuai dengan mengurutkannya menurut kawasan bisnis terdekat, universitas, dan bahkan mal. Contohnya adalah Orento, yang tersedia untuk diunduh di iOS dan Android.

Cari tahu lebih lanjut tentang Lingkungan Strategis untuk Tinggal di Jakarta

3. Menggunakan Aplikasi dan Situs Web Pencari Apartemen

Kamu bisa menemukan daftar apartemen dari banyak situs web, termasuk Craigslist versi Indonesia. Masalah dengan situs web ini adalah agen independen di balik daftar ini tidak selalu bisa dipercaya. Bahkan agen real estate bisa terkena atau gagal dalam berbagai hal. Untuk menghindari masalah di masa mendatang, kami sarankan untuk melihat situs web dengan filter ‘agen bersertifikat’ seperti Airbnb dan fitur ‘HosTeladan’.

Jika kamu ingin lebih yakin bahwa kamu tidak memberikan uang ke tangan yang salah, pilih situs web yang menangani pembayaran langsung melalui situs web tersebut. Selain itu, situs web ini biasanya memungkinkan kamu untuk membayar bulanan dengan berbagai metode pembayaran (bahkan tanpa menggunakan kartu kredit!). Lebih baik lagi, mereka mengelola apartemen sendiri, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan atau layanan lainnya. Website bebas repot yang bisa kamu pilih, seperti Travelio dan Jendela360

Tips: Jika kamu khawatir tertipu dengan gambar yang dipamerkan, sebaiknya kamu memeriksa situs web, seperti Jendela360 dan Flokq di atas yang menampilkan tur kamar virtual.

4. Memeriksa Keamanan Lingkungan

Satu hal terpenting yang perlu dipastikan adalah keamanan apartemen. Saat melihat-lihat daftar yang dipilih, lihat langkah-langkah keamanan apa yang tersedia. Meskipun apartemen biasanya menjamin fasilitas yang standarnya seperti layanan keamanan 24 jam, kartu akses, dan CCTV, tidak ada salahnya menghubungi agen atau layanan pelanggan dari situs web untuk informasi yang lebih detail.

Cara lain untuk mengetahui keamanan lingkungan apartemen adalah dengan melihat ulasan listingan. Penyewa saat ini atau sebelumnya akan memberi tahu atau memperingatkan orang lain tentang pengalaman mereka yang kurang baik saat tinggal di daerah tersebut.

Artikel pada Jendela360 juga menyarankan agar kamu mengunjungi properti pada malam hari. Kamu akan mengetahui tingkat keramaian lingkungan tersebut pada malam hari dan kondisi tempat parkir, tetapi kamu juga bisa melihat apakah lingkungan apartemen tetap aman bahkan setelah malam tiba.

Begitulah tips mencari apartemen di Jakarta, kami harap kamu menemukan apartemen yang kamu butuhkan! Terakhir, libatkan teman dan keluarga dalam mencari apartemen. Semoga masukan-masukan ini membantu kamu dalam memilih apartemen yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan anggaranmu.

Baca lebih lanjut tentang Situs Web Terbaik untuk Mencari Apartemen

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Tips untuk Tetap Produktif Saat Banyak Deadline

Tips untuk Tetap Produktif Saat Banyak Deadline

7 Coliving Space Terbaik di Bali

7 Coliving Space Terbaik di Bali

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *