Tips Mengubah Apartemen Menjadi Eco-Friendly

Tips Mengubah Apartemen Menjadi Eco-Friendly

Sangat penting untuk menjaga Ibu Pertiwi. Hal mudah yang bisa kita lakukan untuk melindungi bumi adalah dengan mulai mengurangi dampak kantong plastik makanan atau fast-fashion favorit kita telah merusak bumi. Dengan kata lain, menerapkan gaya hidup baru yang lebih mempertimbangkan keseluruhan ekosistem yang terjadi di bumi adalah salah satu kunci untuk memadamkan api yang membuat pabrik-pabrik tidak bertanggung jawab yang terus menyala dan menghasilkan lebih banyak awan hitam untuk mencemari tidak hanya udara kita tetapi juga fauna dan flora. Mari kita mulai dari saat kamu bangun di pagi hari dan berakhir di malam hari — ya, hunianmu. Berikut ini adalah daftar sepuluh cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk membuat apartemenmu lebih ramah lingkungan. Jangan khawatir, selangkah demi selangkah lebih baik daripada tidak sama sekali.

1. Belanja dalam jumlah besar

bulk shoppinf for eco friendly apartment

Membeli bahan makanan dalam jumlah besar bisa meminimalkan pemborosan kemasan yang tidak perlu yang dilakukan oleh sebagian besar supermarket eceran, seperti Hypermart atau Carrefour. Ya, mungkin saat kemasan ini pertama kali ditemukan, reaksi awal semua orang sangat antusias karena aspek kerapihan dan efektivitasnya. Namun, ketika mereka sekarang hanya menjadi sampah, penemuan ini harus selalu berakhir di tempat sampah. Tidak bisa terurai sepenuhnya, mereka akan tinggal di sana selamanya. Kalau kita tidak memiliki keterampilan dan kreativitas untuk mengolahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat, maka bumi kita akan tenggelam di dalamnya.

Baca juga: Toko Grosir Online di Jakarta

Alternatif belanja dalam jumlah besar pasti menarik banyak penggemar hidup berkelanjutan. Jadi, jika kamu menelusuri “toko massal di dekat saya” atau “toko tanpa limbah di dekat saya”, kamu mungkin akan menemukan hasil untuk membantu mewujudkan gaya hidup ramah lingkungan ini karena kamu akan lebih mempertimbangkan jumlah kemasan yang akan kamu buang. Selain itu, sebagian besar toko massal atau toko tanpa limbah mengharuskanmu membawa wadah sendiri untuk setiap barang yang dibeli. Jadi, ini benar-benar belanja tanpa limbah!

2. Buat eco-enzyme

Tahukah kamu bahwa kamu bisa mendaur ulang sampah dapur organik dan menjadikannya disinfektan eco-enzyme dengan memfermentasinya dalam wadah yang rapat dengan sedikit gula dan air? Selain itu, disinfektan ini akan melepaskan ozon yang dibutuhkan untuk mengurangi efek rumah kaca, cara yang luar biasa untuk menyelamatkan Ibu Pertiwi! Coba cari pengukuran yang sempurna secara online karena ini sedang ramai-ramainya.

3. Buat kopimu sendiri

Sungguh gila memikirkan bagaimana kedai kopi membuatmu betah berlama-lama di dalam ruang mereka yang nyaman. Namun, toko-toko ini sering kali meninggalkan banyak gelas plastik setiap bulannya karena gelas keramik mudah pecah dan membutuhkan waktu untuk dibersihkan terutama ketika pelanggan sedang mengantre panjang. Ditambah lagi, rata-rata pengeluaran setiap milenial sekitar Rp 1.000.000 per bulan hanya untuk kopi! Dengan jumlah uang yang sama, kamu bisa membuat kopi dengan jumlah yang sama bahkan lebih banyak dan sedikit amal untuk orang yang tidak beruntung. Ada banyak kopi signature dari kedai kopi favoritmu yang diperjualbelikan secara online saat ini, mengapa tidak mencobanya? Jadilah baristamu sendiri dan selesaikan deadline pekerjaanmu tanpa harus meninggalkan gelas dan sedotan plastik!

4. Tanam tanaman herbalmu sendiri

plant own herbs

Menanam pot kecil tanaman herbal, seperti mint, rosemary, dill, atau basil di ambang jendelamu adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dengan Ibu Pertiwi. Menanam tanaman herbal sendiri juga membantu meminimalkan limbah, karena sebagian besar supermarket sudah menyiapkannya dalam kemasan plastik rapi yang sulit dibuang. Selain itu, memiliki beberapa tanaman hijau di rumah bisa menghilangkan stres karena tinggal di ruang sempit karena menambahkan ilusi dimensi agar terlihat lebih luas. Tidak hanya lebih ramah lingkungan, apartemenmu juga akan menjadi lebih bersahaja.

5. Belanja barang bekas

Daripada mendukung merek furnitur yang perlahan tapi pasti menumbangkan setiap pohon yang tersisa di bumi, berbelanja barang furnitur di toko barang bekas bisa menjadi alternatif yang bagus. Kita semua telah belajar tentang 3R untuk membantu meminimalisir sampah non-organik. Untuk berbelanja barang bekas termasuk dalam poin REUSE — menggunakan kembali barang-barang yang masih berfungsi dan tampak bagus, sehingga tidak berakhir di TPA. Selain itu, manfaat lain berbelanja barang bekas adalah menemukan barang-barang vintage yang unik dengan harga terbaik. Jadi, apartemenmu bisa menjadi one of a kind dan ramah lingkungan pada saat yang sama!

6. Siapkan filter air

Jika keran airmu tidak aman untuk diminum, maka membeli filter air adalah cara yang bagus untuk mengurangi jumlah galon atau botol air yang digunakan untuk air minum. Kita semua tahu bahwa sampah plastik adalah musuh nomor satu kita saat ini. Jadi, sebelum semuanya terlambat, mari kita meminimalkan sampah plastik yang tidak perlu yang biasa dihasilkan rumah tangga. Kamu juga bisa mendaur ulangnya menjadi sesuatu yang fungsional.

7. Sediakan tempat sampah daur ulang

recycle bins for eco-friendly apartment

Menyediakan tempat sampah khusus untuk botol air atau sampah plastik lainnya adalah langkah yang cerdas. Melakukannya akan mengingatkan dirimu sendiri tentang berapa banyak alternatif lain yang bisa kamu buat atau pilih mengenai botol plastik itu. Selain itu, biasanya ada beberapa pemulung sampah plastik di lingkunganmu, tetapi pastikan kamu mengetahui dengan jelas ke mana perginya!

8. Gunakan kain, bukan tisu

Tisu adalah salah satu dari banyak penemuan tak tergantikan dalam masyarakat saat ini. Tapi, tahukah kamu bahwa kamu bisa mengganti tisu dengan handuk atau kain? Mereka bisa dicuci dan pasti bisa digunakan kembali setelah dibersihkan dan dikeringkan. Jelas lebih ramah lingkungan! Kekurangannya, kamu membutuhkan waktu ekstra untuk membersihkannya. Namun, apakah kelestarian bumi sebanding dengan mendukung penebangan liar selamanya hanya untuk memenuhi kebutuhanmu akan tisu?

9. Kurangi dan berikan

declutter for eco-friendly apartment

Bereskan barang-barangmu setiap minggu adalah cara yang bagus untuk memilah barang-barang tidak perlu yang kamu beli saat lapar mata. Ingat, jangan langsung membuang semua ini. Kamu juga selalu bisa memberikan yang tidak kamu butuhkan ke rumah-rumah amal yang bertujuan membuat dunia jauh lebih baik bagi mereka yang tidak beruntung.

10. Hemat air dan hemat energi

Ya, kamu pasti sudah sering mendengar hal ini. Tetapi sungguh, ayo jadikan hal ini sebagai sebuah kebiasaan. Jangan biarkan airmu mengalir begitu saja saat keramas atau menyabuni tubuhmu dengan sabun atau saat mencuci piring. Jadi, hidupkan kembali hanya saat kamu ingin membilasnya. Selain itu, jangan nyalakan lampu pada siang hari karena itu tidak perlu. Selalu sadar akan konsumsi energi apartemenmu sangat penting untuk membuatnya menjadi ramah lingkungan.

Daftar di atas adalah hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk mulai membuat perubahan bagi ibu pertiwi dengan menjadikan apartemenmu lebih ramah lingkungan. Kamu tidak wajib langsung mencoba semua, kamu bisa mencobanya satu per satu. Menumbuhkan gaya hidup baru juga membutuhkan waktu. Kuncinya adalah selalu melakukan segala hal dengan hati yang tulus. Semoga berhasil!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Pesan Makanan Online untuk Membuat Liburan Anda di Bali Lebih Mudah

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *