Panduan Lengkap Tips Menjaga Kesehatan Mental Anda

Panduan Lengkap Tips Menjaga Kesehatan Mental Anda

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kesehatan sebagai “keadaan sejahtera fisik, mental, sosial, dan spiritual bukan hanya bebas dari penyakit atau kelemahan”. WHO mendefinisikan kesehatan mental sebagai kesejahteraan mental di mana seorang individu menyadari kemampuannya sendiri, dapat mengatasi tekanan hidup yang normal, dapat bekerja secara produktif dan mampu memberikan kontribusi kepada komunitasnya.

Hal tersebut akan memengaruhi cara seseorang berpikir, merasa, dan bertindak. Kesehatan mental juga membantu Anda menentukan bagaimana langkah yang tepat dalam menangani stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan yang sehat.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, Anda tidak bisa hanya berfokus pada kesehatan fisik saja, melainkan kesehatan mental juga memiliki peranan yang besar dalam kehidupan sehari-hari. Kesehatan mental sebagai kemampuan diri sendiri untuk Anda mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan sehari-hari.

Dengan melakukan perubahan tersebut, maka dapat dipastikan bahwa kesehatan mental akan dapat memengaruhi seluruh aspek kehidupan. Dengan memperhatikan dan menjaga kesehatan mental, maka Anda pun akan merasakan beberapa manfaat positifnya, seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan setiap harinya.

Apa itu kesehatan mental?

Mental merupakan segala hal yang berkaitan dengan batin dan watak manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental merupakan suatu kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang, sehingga seseorang tersebut dapat menjalankan seluruh kegiatan dan menikmati kehidupan sehari-harinya.

Untuk memahami lebih dalam, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan bahwa kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial manusia. Hal-hal ini akan membantu manusia untuk berpikir, merasa, bertindak, menghadapi stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat keputusan yang tepat.

Sebaliknya, seseorang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk akan sulit mengendalikan emosi, stres, tidak dapat berpikir, merasa, bertindak, dan membuat keputusan dengan tepat. Bahkan, seseorang dengan kondisi kesehatan mental yang buruk pun cenderung memiliki hubungan yang tidak baik dengan orang di sekitarnya atau kerap menarik diri dari kehidupan sehari-harinya.

Meskipun demikian, CDC juga menegaskan bahwa kondisi kesehatan mental yang buruk dan gangguan mental (mental illness) merupakan dua hal yang berbeda. Seseorang dapat mengalami kondisi kesehatan mental yang buruk, akan tetapi belum tentu dapat didiagnosis dengan jenis gangguan mental tertentu. Sebaliknya, seseorang yang didiagnosis memiliki mental illness pun dapat mengalami periode mental, fisik, dan sosial yang baik.

Baca juga: Layanan Kesehatan di Indonesia

Mengapa kesehatan mental itu penting?

Kesehatan mental merupakan salah satu komponen yang penting dalam setiap jenjang kehidupan manusia, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Bahkan, seringkali disebutkan, kondisi kesehatan mental pada masa kanak-kanak dapat memengaruhi perkembangan kejiwaan seseorang hingga dewasa nantinya.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki mental yang sehat sejak kecil. Dengan memiliki mental yang sehat, Anda dapat merasakan berbagai manfaat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, diantaranya:

  • Lebih mampu mengatasi tingkat stres dan tekanan hidup
  • Sehat secara fisik dan jasmani
  • Dapat menjalin hubungan yang baik dengan sesama
  • Dapat berkontribusi bagi masyarakat
  • Daapt bekerja secara produktif
  • Sadar terhadap potensi yang dimiliki

Tak hanya itu, kesehatan mental dan fisik pun sangat erat kaitannya. Seseorang yang memiliki gangguan mental, terutama depresi, dapat meningkatkan risiko berbagai masalah fisik pada masa mendatang, seperti misalnya stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Sebaliknya, kondisi fisik yang kronis pun dapat meningkatkan risiko gangguan mental (mental illness) pada seseorang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental dan fisik sangat penting untuk dilakukan guna mencegah berbagai penyakit yang tentu akan mengganggu kehidupan Anda nantinya.


Hal apa saja yang dapat memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang?

Kesehatan mental seseorang dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal tersebut tergantung pada banyaknya faktor yang Anda temui atau alami selama menjalani kehidupan.

Umumnya, perubahan kondisi mental ini terjadi ketika Anda dihadapi dengan berbagai tuntutan atau beban yang melebihi sumber daya dan kemampuan Anda. Pada kondisi ini, kondisi mental Anda dapat memburuk dan Anda pun menjadi rentan terhadap stres.

Tak hanya itu, hal-hal lainnya pun dapat menyebabkan mental Anda menjadi terganggu. Berikut merupakan beberapa kondisi yang mungkin akan memengaruhi kondisi kesehatan mental seseorang, antara lain:

  • Faktor biologis, seperti genetik atau ketidakseimbangan kimiawi di otak
  • Pengalaman hidup yang pahit, seperti trauma, kekerasan, atau pelecehan
  • Riwayat keluarga dengan masalah gangguan mental
  • Gaya hidup, seperti pola makan yang buruk, aktivitas fisik yang kurang, mengonsumsi alkohol berlebihan, atau menggunakan narkoba

Meskipun dapat berubah menjadi buruk, Anda pun dapat memperbaiki kondisi mental yang Anda miliki. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti meditasi, teknik relaksasi, atau mungkin menjalani terapi dan pengobatan tertentu, terutama jika terkait dengan gangguan mental (mental illness).


Bagaimana cara menjaga kesehatan mental?

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya bahwa menjaga kesehatan mental itu sangat penting untuk dilakukan oleh siapapun termasuk Anda. Dengan menjaga kondisi kesehatan mental, Anda dapat menjalani dan menikmati kehidupan sehari-hari serta terhindar dari berbagai penyakit di masa mendatang.

Bagi Anda yang merasa mudah mengalami stres atau bahkan gangguan kecemasan (mental illness), berikut di bawah ini beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan kesehatan mental.

1. Olahraga

Olahraga
Ilustrasi Olahraga

Tubuh Anda akan melepaskan hormon endorfin yang akan membantu menyingkirkan rasa stres dan meningkatkan suasana hati Anda baik sebelum maupun sesudah berolahraga. Oleh karena itu, olahraga merupakan salah satu cara ampuh guna penangkal stres, kecemasan, dan depresi sekalipun.

Jika Anda merupakan seseorang yang jarang dalam melakukan olahraga, maka Anda dapat mencoba beberapa cara sederhana berikut, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat. Untuk mendapatkan manfaat berolahraga secara optimal, Anda dapat melakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap harinya di luar ruangan karena paparan sinar matahari pada pagi hari juga dapat membantu tubuh Anda dalam menghasilkan vitamin D, yang mana akan meningkatkan hormon serotonin di otak Anda.

2. Mengendalikan tingkat stres

Stres
Ilustrasi Stres

Mengendalikan tingkat stres juga merupakan cara lain untuk menjaga kesehatan mental Anda. Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan yaitu, penting untuk mengenali hal apakah yang menjadi sumber stres. Peristiwa seperti kematian orang yang dicintai, memulai pekerjaan baru atau pindah rumah tentu dapat membuat Anda menjadi merasa stres atau tertekan.

Namun, sebagian besar rasa stres biasanya muncul dari dalam diri. Bagaimana Anda dapat menafsirkan sesuatu seperti percakapan, tinjauan kinerja, bahkan pandangan, menentukan apakah sesuatu menjadi pemicu stres.

Pembicaraan diri yang negatif, di mana Anda berfokus pada kritik diri dan analisis berlebihan yang pesimistis, dapat mengubah komentar yang tidak bersalah menjadi sumber utama stres sehingga memahami darimana sumber stres Anda berasal sangat penting untuk membantu mengambil suatu tindakan atau keputusan.

Tujuan mengelola dan mengendalikan tingkat stres yang Anda miliki yaitu untuk memberikan sebuah isyarat “respon relaksasi”. Hal ini merupakan sebuah proses menenangkan fisiologis dan psikologis yang dialami tubuh ketika Anda merasakan bahwa bahaya, atau peristiwa yang membuat Anda menjadi stres, telah berlalu atau sudah selesai.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat
Ilustrasi Istirahat

Ketika seluruh pekerjaan terasa seperti terlalu berat, maka Anda dapat istirahat sejenak, setidaknya sampai Anda dapat merasa sedikit lebih baik. Anda dapat mencoba latihan pernapasan sederhana berikut: pejamkan mata dan tarik nafas dalam-dalam selama sepuluh kali. Untuk masing-masing tarikan nafas, hitung sampai empat saat menarik napas, tahan selama empat hitungan, dan buang napas untuk empat hitungan. Hal tersebut akan bekerja dengan baik untuk membantu Anda dalam melawan tingkat stres yang dimiliki.

4. Tulis hal apa saja yang patut disyukuri

Menulis Jurnal
Ilustrasi Menulis

Berbicara rasa syukur dapat dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Salah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan rasa bersyukur yaitu membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal apa saja yang patut Anda syukuri setiap harinya.

Secara umum, merenungkan rasa syukur juga efektif, akan tetapi Anda juga perlu untuk berlatih menulis jurnal secara teratur guna mendapatkan manfaat dalam waktu jangka panjang. Mulai sekarang, temukan segala sesuatu untuk Anda syukuri dan nikmati perasaan tersebut di dalam hati Anda.

5. Fokus pada satu hal pada satu waktu

Fokus
Ilustrasi Fokus

Fokus kepada satu tujuan mampu melepaskan emosi negatif yang Anda miliki dari pengalaman masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membangun kesadaran bahkan ketika Anda sedang melakukan hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini akan membantu Anda untuk tetap fokus. Ketika pikiran Anda terbang melayang hingga menyebabkan Anda menjadi overthinking, maka Anda dapat membawa kembali kepada apa yang kini Anda tengah lakukan.

Setelah membaca artikel ini, Anda sudah memiliki pemahaman apa itu kesehatan mental, pentingnya menjaga kesehatan mental, hal-hal apa saja yang dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang, hingga 5 tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Keseluruhan hal tersebut tidaklah sulit untuk dilakukan, melainkan Anda hanya perlu menerapkannya secara bertahap dan penuh ketelatenan agar Anda mendapatkan manfaat dalam waktu jangka panjang.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *