18 Tips Menulis Kreatif Agar Tulisan Tidak Biasa-Biasa Saja

18 Tips Menulis Kreatif Agar Tulisan Tidak Biasa-Biasa Saja

Menulis adalah salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan di waktu luang. Kegiatan ini tak hanya baik untuk mengeluarkan isi pikiran namun juga bisa melatih kepekaan Anda terhadap lingkungan di sekitar. Menulis dengan tipe ini bisa menjadi bagian dari menulis kreatif dimana Anda bisa mengeksplorasi tulisan Anda tanpa batas. Namun begitu ada kalanya Anda bisa saja melupakan sisi teknikal dari menulis kreatif. Berikut ini adalah 18 tips menulis kreatif yang bisa Anda terapkan agar tulisan Anda tidak terlihat biasa-biasa saja!

Baca juga : Toko Buku Terbaik di Jakarta

tips menulis kreatif
Pexels

1. Gunakan Panca Indera

Panca indera berperan penting saat Anda menulis karena karena membangun imajinasi dari kepekaan Anda terlihat apa yang pernah Anda lihat, dengar, sentuh, cium, atau kecap. Anda bisa mengingat hal-hal penting yang bisa menjadi bagian dari proses kreatif Anda.

2. Jangan Gunakan Kata Sifat

Penggunaan kata sifat memang umum digunakan saat menulis apalagi jika Anda ingin menuliskan sesuatu yang lebih spesifik. Namun begitu, ada baiknya untuk tidak terlalu sering menggunakan kata sifat agar tidak tulisan Anda tidak monoton. Anda bisa menggantinya dengan frasa-frasa yang sekiranya lebih menarik.

3. Gunakan Kata Benda

Penggunaan kata benda adalah salah satu tips menulis kreatif yang sangat penting dalam sebuah tulisan kreatif. Hal ini penting karena kata benda mengacu pada hal-hal yang akan Anda bahas dalam menulis seperti nama orang, nama tempat, atau benda-benda yang menjadi objek tulisan Anda.

4. Jangan Gunakan Kata Keterangan

Tidak terlalu sering menggunakan kata keterangan adalah salah satu tips menulis kreatif. Menggunakan kata keterangan juga seringkali kurang menarik di dalam penulisan kreatif. Kata keterangan umumnya digunakan untuk menjelaskan kata kerja, kata sifat, atau keterangan lain yang masih berhubungan. Namun begitu, terlalu banyak menggunakan kata keterangan akan membuat tulisan Anda terkesan kaku dan tidak menarik.

5. Gunakan Teknik Deskriptif

Menulis dengan Teknik deskriptif artinya Anda bisa menuangkan tulisan Anda yang memberikan kesan adanya kejadian atau gagasan tertentu. Teknik ini bisa membantu Anda untuk berimajinasi mengenai apa yang pernah terjadi pada Anda atau pernah Anda lihat dan mengaplikasikannya dalam bentuk tulisan.

tips menulis kreatif
Pexels

6. Gunakan Metafora atau Perumpamaan

Penulisan kreatif identic dengan eksplorasi berbagai jenis kalimat dan frasa-frasa untuk mempercantik tulisan. Salah satu tips menulis kreatif yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik tulisan Anda adalah dengan menggunakan metafora atau perumpamaan. Gunakan metafora untuk bagian-bagian tertentu yang sekiranya cocok ditambahkan. Jangan menggunakannya secara berlebihan karena tulisan Anda akan terlihat klise.

7. Gunakan Dialog

Penggunaan dialog dalam penulisan kreatif bisa memberikan warna yang cantik agar tulisan Anda tidak terkesan menonton. Selain itu Anda bisa bereksplorasi dengan dialog yang bisa saja memberikan efek nyata kepada pembaca. Hal ini sangat menarik mengingat penulisan kreatif selalu bisa menghadirkan sesuatu yang tidak biasa.

8. Tentukan Arah Tulisan

Menentukan arah tulisan adalah sebuah tips menulis kreatif yang bisa Anda aplikasikan saat menulis. Hal ini sangat penting dilakukan agar tulisannya Anda tidak memberikan kesan sembrono dan tidak teratur. Renungkan arah tulisan Anda dan coba buat kerangka tulisan Anda dengan memberikan poin-poin.

9. Ungkapkan Emosi dalam Tulisan

Mengungkapkan emosi dalam tulisan bukan berarti Anda menulis sesuatu dengan perasaan meledak-ledak. Anda bisa menyampaikan apa yang Anda rasakan atau opini pribadi Anda dalam penulisan kreatif ini. Gunakan frasa-frasa cantik yang tidak berlebihan agar tulisan Anda enak dibaca namun juga pemikiran Anda bisa tersampaikan.

10. Lakukan Riset Sebelum Menulis

Penulisan kreatif juga membutuhkan riset agar tulisan yang Anda hasilkan masuk akal dan tidak terkesan mengada-ngada. Riset juga penting dilakukan untuk mengasah kemampuan Anda dalam membentuk gagasan cerita atau topik yang ingin dibahas. Melakukan riset adalah salah satu tips menulis kreatif yang membantu Anda menulis tulisan yang baik.

tips menulis kreatif
Pexels

11. Eksplorasi Ide Lebih Dalam

Setelah melakukan riset dan sudah menentukan tema besar dari tulisan Anda, Anda bisa mengeksplorasi ide dengan menambahkan berbagai referensi yang terkait dengan tema besar yang sudah Anda miliki.

12. Tetapkan Waktu Terbaik Untuk Menulis

Jika Anda ingin memiliki kebiasaan menulis kreatif, sediakanlah waktu beberapa menit sampai beberapa jam setiap harinya untuk menulis. Ini adalah salah satu tips menulis kreatif yang wajib Anda lakukan. Waktu yang Anda sediakan bisa saja sehabis pulang kerja atau di malam hari tergantung keinginan Anda. Usahakan menetapkan waktu menulis di saat Anda bisa berkonsentrasi penuh dengan tulisan Anda.

13. Tetapkan Tempat Terbaik Untuk Menulis

Selain waktu, tempat yang kondusif juga sangat penting untuk diperhitungkan saat Anda ingin mulai menulis. Menulislah di tempat yang sekiranya nyaman dan memiliki gangguan kecil sehingga Anda bisa memiliki fokus yang untuk tulisan Anda. Ini adalah salah satu tips menulis kreatif yang wajib Anda lakukan.

14. Buat Judul yang Menarik

Judul adalah salah satu bagian tulisan yang sangat penting untuk diperhatikan mengingat bagian ini bisa memberikan kesan pertama bagi pembaca Anda. Memilih judul yang menarik bisa memudahkan pembaca untuk tertarik dengan tulisan Anda.

15. Jangan Berlebihan

Ada kalanya Anda ingin menyampaikan banyak hal dalam satu kali menulis hanya saja hal ini tidak perlu dan akan mengganggu keutuhan tulisan Anda. Selain itu pembaca Anda juga akan cepat bosan dengan apa yang mereka baca. Maka dari itu, jangan berlebihan dalam menulis dan simpan ide Anda untuk tulisan selanjutnya.

tips menulis kreatif
Pexels

16. Jangan Lupakan Koreksi

Saking niatnya menulis, Anda bisa saja sudah puas saat menyelesaikan sebuah tulisan kreatif. Hal ini kurang baik karena ada satu proses yang tidak boleh Anda lupakan saat menulis yaitu mengoreksi tulisan Anda. Anda bisa memulainya dengan membaca ulang, merevisi bagian yang kurang bagus, bahkan meminta orang lain untuk membantu Anda dalam mengoreksi tulisan Anda. Koreksi adalah salah satu tips menulis kreatif yang bisa Anda lakukan.

17. Buat Karya Orisinal, Bukan Hasil Plagiat

Di jaman yang serba cepat ini, Anda akan menemukan banyak tulisan yang bisa Anda jadikan referensi. Namun begitu, jangan sampai salah kaprah dan Anda malah meniru tulisan-tulisan yang Anda. Buatlah tulisan yang orisinal dari diri Anda sendiri.

18. Miliki Komunitas Menulis

Dengan adanya komunitas, Anda bisa mendapatkan tips menulis kreatif dari teman-teman yang juga memiliki tujuan yang sama dengan Anda. Ikutilah komunitas yang tersebar di internet dan carilah yang sesuai dengan keinginan Anda.

Baca juga : 8 Rekomendasi Novel Remaja Cocok untuk Me-Time Kamu

Itulah 18 tips menulis kreatif yang bisa Anda terapkan agar tulisan Anda tidak terlihat biasa-biasa saja! Selamat menulis!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *