Tips Merawat Furnitur

Tips Merawat Furnitur

Berinvestasi datang dalam berbagai metode dan cara. Salah satu cara berinvestasi yang mengambil porsi terbesar dari anggaran rumah adalah furnitur. Menyadari bahwa biaya untuk melengkapi sebuah rumah cukup tinggi, maka sangatlah bijaksana untuk memastikan bahwa furnitur tersebut dirawat dengan baik. Menjaga kondisi furnitur yang baik dapat menghasilkan kualitas yang tahan lama dan kamu akan menghemat uang karena tidak perlu membeli yang baru! Kualitas yang baik dapat dilihat sebagai salah satu bentuk investasi. Jadi berikut adalah beberapa tips bagi kamu untuk menjaga furnitur kamu dalam kondisi yang baik.

Baca lebih lanjut tentang hal-hal yang perlu diperiksa saat memilih apartemen baru

Pelajari label perawatan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca dan memahami instruksi perawatan. Ingatlah bahwa tidak setiap furnitur memiliki petunjuk perawatan yang sama. Apalagi, ada beberapa simbol yang harus kamu pahami untuk merawat furnitur. Kamu dapat menggunakan Google untuk mencari arti simbol yang belum kamu ketahui. Informasi ini sangat penting karena khusus untuk barang yang kamu beli. Tampilan baru furnitur kamu tergantung pada seberapa baik kamu merawatnya. Oleh karena itu, langkah pertama untuk melakukannya adalah memahami label perawatan. Namun demikian, jika furnitur kamu tidak memiliki label, jangan ragu untuk bertanya kepada orang di tempat yang kamu beli atau agen penjual untuk instruksi perawatan khusus.

Hindari paparan sinar matahari

Benar bahwa langkah ini, dalam banyak kasus, tidak bisa dihindari. Namun, ada dua kondisi khusus paparan sinar matahari yang harus kamu hindari untuk furnitur kamu. Mereka adalah sinar matahari langsung dan terlalu banyak eksposur. Furnitur yang terlalu sering terkena sinar matahari langsung dapat menyebabkan warna memudar dan struktur yang rentan untuk jenis kayu. Dalam kasus terburuk, ini menghasilkan fenomena yang disebut ‘bercak’ di mana bintik terang dan gelap muncul di seluruh penampang. Hal-hal inilah yang menjadi musuh kamu dalam hal kualitas furnitur. Cara mengatasi sinar matahari adalah dengan menggunakan kaca film atau tirai dan taplak meja untuk meja kayu. Dengan melakukan itu, kamu dapat mengurangi sinar matahari yang berbahaya.

Debu

Furnitur kayu, figur, vas, miniatur, atau lainnya dapat dengan mudah dibersihkan dengan debu. Selain itu, jangan lupa untuk memastikan bahwa kotoran yang lepas tidak menempel pada furnitur sehingga membentuk lapisan yang pada akhirnya akan menempel padanya. Ini adalah hal terakhir yang ingin kamu temui. Kamu juga bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan debu. Penyedot debu mungkin lebih mudah dipasang, tetapi bukan berarti kamu tidak perlu berhati-hati. Selain itu, ini membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Lebih lanjut, tips untuk membersihkan debu secara efektif adalah dengan menggunakan kain yang lembab agar depu dapat menyerap, bukan menyebarkannya ke udara. Penelitian menunjukkan bahwa ini adalah salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pemilik rumah. Masalah umum lainnya adalah memecahkan barang saat jatuh, jadi menggunakan kain lembab mengurangi kemungkinan pecah.

Putar furnitur

Orang memiliki kebiasaan dan cenderung duduk di tempat yang sama di sofa atau kursi kita setiap hari. Dengan memutar bantal, maka akan menguntungkan mereka karena kehilangan bentuknya. Menjaga furnitur kamu dalam bentuk atau ukuran sebenarnya adalah sesuatu yang harus kamu lakukan. Cara lain adalah mencoba mengubah kebiasaan kamu. Cara ini bagus untuk merasakan atmosfer baru untuk kamu! Selain bantal berputar, jangan lupa juga untuk memutar kasur atau sofa kamu. Selain menjaga bentuknya tetap bagus, memutar furnitur juga bisa memberikan tampilan baru pada furnitur kamu. Memberikan hasil akhir yang estetis.

Membersihkan secara teratur

Tidak peduli seberapa tertutup rapatnya tempat kamu, furnitur kamu pada akhirnya akan kotor di penghujung hari. Masalahnya adalah, setelah menjadi sangat kotor, akan membutuhkan banyak pekerjaan untuk membersihkannya hingga dalam. Hal lain yang harus kamu pertimbangkan adalah tidak mengganggu finishing. Carilah deterjen yang benar dan alat pembersih yang khusus dibuat untuk jenis furnitur, misalnya kayu. Bahan pembersih ini bermanfaat karena melindungi kayu saat kamu membersihkannya. Perhatikan bahwa tidak ada frekuensi minimum atau maksimum tentang seberapa banyak kamu harus membersihkan furnitur kamu. Itu semua tergantung kondisi dan lingkungan tempat kamu. Tapi, membersihkan tempat kamu seminggu sekali adalah keputusan yang bagus. Ini membantu mencegah penumpukan kotoran. Selain itu, berhati-hatilah untuk tidak menggunakan air berlebih saat membersihkan. Pembersihan yang baik tidak selalu berarti mengkonsumsi air dalam jumlah besar.

Perhatikan suhu

Benda panas dan dingin yang ekstrim dapat menyebabkan kerusakan parah pada furnitur. Karena cenderung meninggalkan kesan yang dapat merusak tekstur asli permukaan. Ketika permukaannya rusak, cukup sulit untuk diperbaiki. Apalagi bila hanya menimbulkan kerusakan sebagian. Karena mencari bagian yang rusak cukup sulit dan kemungkinan besar tidak tersedia. Karenanya, kamu akan menemukan diri kamu bertanya apakah akan mengganti furnitur atau tidak. Oleh karena itu, hindari penggunaan benda yang dapat menyebabkan kerusakan agar perawatannya lebih baik.

Beri perlindungan

Ada berbagai cara untuk memastikan furnitur kamu memiliki perlindungan yang tepat. Cara dasar untuk melindungi adalah dengan menambahkan taplak meja atau penutup mata untuk furnitur umum dan pemolesan atau waxing untuk furnitur kayu. Misalnya, mengaplikasikan penutup lengan memberikan cara yang efektif untuk furnitur yang rentan terhadap tingkat abrasi dan kotoran yang lebih tinggi.

Menggunakan slipcovers adalah cara lain untuk melindungi furnitur kamu. Slipcovers adalah sarung jok yang bisa dicuci. Mereka melindungi furnitur berlapis kain dari minyak, keringat, dan noda lain yang tidak diinginkan. Ini sederhana karena kamu hanya perlu melepas slipcovers setelah kotor dan mencucinya. Dalam beberapa kasus, orang mengaplikasikan penutup pada furnitur mereka saat furnitur tidak digunakan. Atau saat kamu memiliki anak di rumah, menggunakan sarung tangan di sofa kamu mungkin merupakan ide bagus untuk mencegah mereka mendapatkan kotoran lain-lain oleh anak-anak. Disisi lain, memoles furnitur membuat furnitur terlihat elegan dan menjaganya tetap bersih.

Kamu dapat mencegah furnitur kamu rusak dengan mempraktekkan petunjuk di atas. Pada skenario terburuk, jika furnitur sudah rusak, berikut beberapa tip yang patut dicoba:

  • Sidik jari berminyak – seka dengan kain yang agak lembab, dibasahi dengan larutan air sabun yang sangat lembut dan hangat.
  • Noda noda pada kayu yang tidak diolah (tanpa wax dan tidak diminyaki) – taburi permukaan dengan sedikit bedak. Letakkan kantong kertas di atasnya, dan letakkan setrika hangat di atas kertas. Kertas akan menyerap minyak.
  • Tumpahan air – gosokkan krim, semir logam untuk menghaluskan permukaan, lalu gosokkan sedikit semir sepatu atau lilin berwarna ke permukaan.

Merawat furnitur kamu mungkin menantang. Itulah mengapa kami memberimu cara mendasar dan mudah tertentu untuk melakukannya. Perlu diingat bahwa melakukan semua upaya ini pada dasarnya tidak hanya menguntungkan furnitur saja. Namun, demi kemakmuran investasi kamu.

Ingin mengadakan pesta di rumah? Berikut beberapa panduan untuk kamu!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Tips untuk Tetap Produktif Saat Banyak Deadline

Tips untuk Tetap Produktif Saat Banyak Deadline

7 Coliving Space Terbaik di Bali

7 Coliving Space Terbaik di Bali

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Kos-kosan Terbaik di Kebayoran Lama

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

Apartemen Terbaik di Pasar Minggu

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *