Simak 7 Tips Agar Tetap Produktif Selama Berpuasa

Simak 7 Tips Agar Tetap Produktif Selama Berpuasa

Ketika menjalankan puasa, Anda akan dilarang untuk makan dan minum selama kurang lebih 13 jam yang mana peraturan ini berlaku khususnya di Indonesia. Selama kurun waktu tersebut, tubuh Anda akan terasa lemas karena tidak mendapat asupan gizi selama berjam-jam setelah selesai makan dan minum saat sahur. Perubahan terhadap pola makan saat puasa juga mengharuskan tubuh untuk mulai beradaptasi.

Selain itu, Anda juga mungkin merasakan kantuk saat berpuasa, bahkan bisa sampai mengganggu fokus kegiatan sehari-hari Anda. Kurangnya asupan karbohidrat saat sahur dan berbuka puasa juga menyebabkan tubuh Anda mudah kehilangan energi dan menjadi terasa lemas di siang hari. Hal tersebut tentunya sangat mengganggu fokus dan konsentrasi Anda saat bekerja maupun dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan agar tetap produktif dan fokus selama berpuasa di bulan Ramadhan? Simak tips produktif selengkapnya dalam artikel ini!

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Rumah Sejuk dan Tips Memilihnya

Secara umum, produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha. Produktif disini memiliki arti yaitu fokus pada hasil yang dicapai, sementara untuk usaha pengerjaan biasanya lebih fleksibel.

Untuk bisa produktif tidak harus mengerjakan pekerjaan ringan dan sibuk mencari alat bantu untuk meringankan suatu pekerjaan berat dan sulit. Hanya saja jika memang menjumpai solusi untuk membuatnya lebih mudah, maka bisa diutamakan.


Alasan mengapa Anda perlu tetap produktif selama berpuasa

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa masih banyak yang menganggap bulan Ramadhan ini merupakan bulan dengan makna bulan kebebasan. Kebebasan yang dimaksud bisa seperti meringankan beban, pekerjaan, dan menyederhanakan aktivitas agar ibadah puasa lancar. Kunci untuk bisa menikmati ibadah puasa dan mendapatkan pahala sebesar-besarnya adalah dengan tidak mengeluh dengan sensasi haus dan lapar.

Supaya sensasi tersebut tidak terlalu terasa dan menyiksa, maka usahakan tidak hanya duduk manis atau tidur dari waktu subuh sampai waktu buka puasa tiba. Gunakan waktu Anda untuk melakukan kegiatan produktif selama seharian, dijamin puasa Anda akan lancar tanpa keluhan. Simak 5 alasan mengapa Anda dituntut untuk tetap produktif selama berpuasa.

1. Efektif melancarkan ibadah puasa

Seperti yang telah dijelaskan di awal, jika ibadah puasa Anda diisi dengan banyak kegiatan maka menunggu jam berbuka pasti tak akan terasa. Jadi, dengan produktif maka Anda bisa menjadikan ibadah puasa menjadi lebih lancar.

2. Menghindari banyaknya beban pekerjaan

Jika Anda termasuk seseorang yang masih sibuk sekolah, kuliah, maupun bekerja selama bulan Ramadhan, secara otomatis maka Anda akan melakukan kegiatan yang produktif sehari-harinya. Jika Anda lebih produktif lagi, maka pekerjaan Anda pun bisa selesai tepat waktu, sehingga terhindar dari beban pekerjaan yang menumpuk karena akan semakin banyak hingga bebannya lebih berat berkali-kali lipat.

3. Selalu semangat dan tidak mudah menyerah

Seseorang yang produktif cenderung mempunyai mood baik dan selalu menyebarkan vibes yang positif. Sebab mereka terbiasa untuk disiplin, tidak ada beban pekerjaan menumpuk, dan selalu mampu dalam mengerjakan apapun, sehingga dengan melakukan kegiatan produktif di bulan Ramadhan maka Anda bisa selalu semangat dan tidak mengenal menyerah pada kesulitan atau tantangan yang sedang Anda hadapi.

4. Bangun tidur lebih awal

Saat Anda bangun terlalu siang, maka ada banyak hal sudah Anda lewatkan. Mulai dari sahur, sholat subuh berjamaah, olahraga di pagi hari yang menyegarkan, dan kegiatan produktif lain sebagainya.

Jika ingin selalu bangun lebih awal, maka usahakan menjadi tetap produktif dengan melakukan kegiatan yang produktif saat bulan Ramadhan. Sebab dengan produktif, maka Anda akan lebih disiplin dan membuat hidup Anda lebih teratur. Termasuk jam tidur sehingga bisa selalu bangun pagi.

5. Lebih banyak pahala

Produktif di bulan Ramadhan biasanya akan melibatkan kegiatan ibadah, misalnya sholat sunnah sampai mengaji Al-Quran sepanjang pagi. Artinya, jika bisa produktif selama bulan Ramadhan, maka ada banyak pahala bisa Anda raih.


Tips agar Anda tetap produktif selama berpuasa

Banyak manfaat yang bisa didapatkan selama bulan Ramadhan jika Anda mengisinya dengan berbagai kegiatan produktif. Jadi, jangan ragu untuk lebih produktif di tengah menjalankan ibadah puasa Anda. Berikut 7 tips yang dapat Anda terapkan agar tetap produktif selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan.

1. Buat rencana harian

Rencana Harian
Unsplash

Tips produktif yang pertama agar Anda tetap merasa sehat dan bugar selama berpuasa yaitu siapkan rencana harian Anda. Dengan berkurangnya fokus dan sakit kepala, Anda akan merasa bahwa lebih baik merencanakan apa yang akan Anda lakukan setiap harinya. Membuat rencana harian akan membantu Anda tetap teratur dan Anda harus fokus pada pekerjaan itu sendiri, bukan pada bagaimana hari Anda akan berjalan dan apa yang akan Anda lakukan.

2. Sesuaikan jam tidur

Waktu Tidur
Unsplash

Tips agar tetap produktif selama Anda berpuasa yang berikutnya yaitu menyesuaikan jam tidur Anda. Waktu tidur biasanya cenderung kacau selama bulan Ramadhan. Kebanyakan orang menderita kurang tidur selama bulan ini, karena mereka cenderung tidur tepat setelah shalat subuh. Itulah sebabnya mengapa menyesuaikan jam tidur Anda penting untuk dilakukan.

Anda dapat mencoba dua cara untuk menyesuaikan jam tidur; cara pertama, Anda dapat makan sahur lebih awal atau dengan cara yang kedua yaitu Anda bisa tidur dan bangun terlebih dahulu untuk makan sahur dan kemudian kembali tidur. Selain itu, Anda juga bisa tidur sebentar pada waktu siang hari untuk membantu Anda agar memiliki waktu tidur yang cukup. Anda membutuhkan seluruh fokus dalam melakukan kegiatan sehari-har, oleh karena itu cukup tidur akan sangat membantu dalam menyelesaikan produktivitas Anda.

3. Makan makanan yang sehat

Makanan Sehat
Unsplash

Ada jenis makanan yang bisa membantu Anda agar tetap kenyang dan fokus selama berpuasa. Selain kacang dan telur, Anda disarankan untuk menambahkan alpukat saat sahur. Alpukat merupakan buah yang mengandung kaya serat (sebagai tambahan informasi untuk Anda bahwa serat tidak dapat dicerna sehingga dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama dan energi Anda akan dilepaskan secara perlahan).

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk menghindari konsumsi kafein karena jika Anda meminumnya setelah berbuka puasa, maka akan memengaruhi waktu tidur Anda seperti mengalami kesulitan tidur dan akhirnya Anda akan tidur larut malam. Hal ini juga meningkatkan buang air kecil, oleh karena itu, akan menguras cairan tubuh Anda dan akan merasa haus keesokan harinya.

4. Istirahat

Istirahat
Unsplash

Selama menjalani bulan puasa, Anda dapat menggunakan waktu istirahat Anda untuk mendapatkan kembali fokus dan menyegarkan diri. Jika Anda merasa mengantuk atau sulit untuk fokus, cobalah untuk istirahat sejenak.

Anda dapat menggunakan waktu istirahat Anda dengan berjalan-jalan karena udara segar dapat mengurangi rasa kantuk Anda dan dalam sekejap Anda pun akan terasa kembali segar dan siap untuk melanjutkan kegiatan produktif Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan waktu istirahat Anda dengan tidak melakukan apa pun hanya untuk menenangkan diri.

5. Tetap Terhidrasi

Tetap Terhidrasi
Unsplash

Anda dianjurkan untuk minum setidaknya sebanyak 8 gelas air setiap harinya dan hindari makan makanan pedas. Selain itu, jangan menambahkan terlalu banyak garam ke dalam makanan Anda karena akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air. Makan lebih banyak buah dan sayuran segar, karena kaya akan air dan serat. Anda juga bisa memakan tomat, mentimun, ataupun semangka.

Hindari duduk di tempat yang panas karena akan membuat Anda berkeringat dan kehilangan cairan tubuh. Hal ini akan membuat Anda merasa haus selama menjalankan puasa. Jika Anda bekerja dari kantor atau rumah, pastikan AC di tempat Anda berada menyala atau pilih tempat yang memungkinkan dengan udara segar yang masuk.

6. Kontrol Keinginan

Kontrol Keinginan
Unsplash

Beberapa orang cenderung merasa ingin memakan semuanya sebelum berpuasa keesokan harinya. Hal tersebut merupakan pernyataan yang salah, jangan mendorong perut Anda melebihi batasnya. Karena itu akan menyebabkan masalah pencernaan dan Anda bahkan mungkin akan merasa mual yang akan mempengaruhi kinerja kerja Anda keesokan harinya. Sebaliknya, jika Anda memakan makanan yang sehat, makanlah secara perlahan, dan berikan perut Anda waktu untuk memproses makanan yang ada di dalamnya.

7. Berolahraga

Olahraga
Unsplash

Berolahraga akan membantu Anda tetap berenergi karena dengan melakukan olahraga akan melepaskan hormon endorfin dalam tubuh dan akan meningkatkan mood Anda. Hal tersebut akan membantu Anda agar tetap produktif dan fokus sehingga membuat Anda akan merasa termotivasi.

Agar Anda tetap produktif, maka keseharian di bulan Ramadhan pun perlu diperkaya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Semoga penjelasan mengenai alasan dan tips produktif selama berpuasa dapat Anda terapkan ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *