8 Tips Menjadi Roommate yang Baik

8 Tips Menjadi Roommate yang Baik

Bagi mereka yang belum pernah tinggal dengan orang lain selain anggota keluarga, pasti bingung ketika melihat teman sekamar tiba-tiba kesal atau menghindar darimu, bahkan diam-diam pindah – seperti yang dilakukan Phoebe pada Monica di “Friends”.

Tidak semua dari kita diberkahi kepekaan hebat untuk bersikap ketika tinggal dengan manusia lain. Beberapa dari kita perlu diingatkan secara eksplisit jika kita memiliki kebiasaan yang mengganggu atau pernah melakukan kecerobohan kepada teman sekamar. Nah, sekarang kami punya beberapa tips agar kamu bisa menjadi roommate atau teman sekamar yang baik dan ideal.

1. Bayar Bagian Sewamu Tepat Waktu

Is struggling to pay the rent making people sick? - MarketWatch

Kamu harus selalu tepat waktu (atau bahkan lebih awal) membayar bagian sewamu. Wajib dan terpenting. Kamu memiliki sebagian tanggung jawab atas keuangan yang menyertai apartemen. Jangan sampai kamu membuat teman sekamarmu berada dalam posisi yang sulit dan meminta mereka membayar bagianmu. Kamu pasti tidak ingin diberi label sebagai freeloader oleh roommate, kan? Ingat juga, jika kamu adalah tipe orang yang terus-menerus menyalakan lampu atau cenderung sering mandi dan menghabiskan tagihan air, jangan lupa untuk membayar biaya tambahan.

2. Minta Izin

Between Yes/no Checklist, 'Yes' Was Chosen. Main Focus On The.. Stock  Photo, Picture And Royalty Free Image. Image 3956372.

Saat berbagi tempat tinggal, terkadang tidak dapat dipungkiri untuk menggunakan barang milik satu sama lain. Tapi, jangan lupa untuk meminta izin. Jika teman sekamarmu memberi izin untuk makan sereal mereka satu kali, bukan berarti kamu bisa melakukannya kapanpun semaumu (kecuali mereka sendiri yang mengatakannya). Jangan marah atau tersinggung ketika mereka mengatakan tidak. Hormati pilihan mereka. Kamu tidak ikut membeli susu itu? Jangan meminumnya! Kamu kehabisan make up? Jangan gunakan milik teman sekamarmu, belilah sendiri! Termasuk mencuri jika kamu tidak menganggap penolakan mereka.

Selain itu, tanpa perlu diminta, kamu bertanggung jawab untuk mengurus barang yang mereka pinjamkan kepadamu. Jika ada sesuatu yang tumpah pada sweater yang kamu pinjam, bawalah ke laundry atau ganti dengan yang baru. Dengan menghargai barang miliknya, kamu juga menunjukkan bahwa kamu menghormati mereka dan sebaliknya.

3. Bersihkan Sampahmu

Trash Compactors: Everything You Need to Know

Jujur saja, tidak banyak dari kita yang suka bersih-bersih. Tetapi jika kamu tinggal dengan orang lain, itu bukan pilihan. Jika kamu menumpahkan popcorn di sofa, segera bersihkan. Atau setelah selesai makan, bersihkan piringmu. Pada dasarnya, jika kamu yang membuat kekacauan, kamulah yang harus membersihkannya. Jangan berharap teman sekamarmu membersihkannya. Selain itu, Kamu juga tidak ingin melihat wadah makanan yang berantakan atau rusak di mejamu, kan?

Kamu juga tidak boleh meninggalkan kekacauan itu terlalu lama dan menganggu teman sekamarmu. Mungkin sekali atau dua kali akan baik-baik saja, tetapi jangan terlalu lama sebelum mereka menyimpan dendam terhadap sifatmu yang kurang diinginkan. Jadi, ambil handuk dan deterjen pembersih, mulailah menggosok!

4. Miliki Kebersihan yang Baik

Intelligence For Your Life - What Does Taking Long Showers Say About You?

Kita semua tahu bahwa setiap orang mempunyai hari di mana kita hanya ingin bermalas-malasan dan tidak ingin mandi. Tetapi, jika kamu mengenakan kemeja yang sama setiap hari selama dua minggu terakhir atau memiliki bau badan yang tidak sedap, itu bisa jadi masalah. Jadi tolong, ayo segera mandi!

Menjaga kebersihan dengan baik memang diperlukan, terlebih ketika kamu tinggal bersama teman sekamar. Mandi setiap hari sangat penting jika kamu tidak ingin teman sekamar lari menjauh darimu. Jadi, mandi secara teratur, gosok gigi dua kali sehari, dan yang terpenting deodoran bisa menjadi pilihan. Ketika kamu tidak bisa menjaga kebersihan diri dengan baik, teman sekamarmu (dan orang lain di sekitarmu) yang akan menderita.

Baca juga Tips Menghadapi Masalah Dengan Teman Sekamar

5. Hormati Batasan Mereka

Sleeping Group Of Young People On The Bed. Stock Photo - Image of lying,  culture: 155365406

Setiap orang membutuhkan privasi dan ruang pribadi, jadi yang terbaik adalah tidak mengganggu masalah pribadi orang lain atau terlalu bergantung pada teman sekamar Anda. Jangan pernah memeriksa barang-barang mereka, masuk ke kamar tanpa mengetuk, atau melalui telepon. Menetapkan batasan sejak dini mungkin bermanfaat bagi kamu dan teman sekamar kamu dalam jangka panjang. Ini adalah cara yang lebih sehat untuk menghindari masalah di masa depan yang mungkin muncul. Jika kamu menemukan bahwa kamu mulai terlalu terikat padanya dan mereka tampak tidak nyaman karenanya, mungkin yang terbaik adalah meluangkan waktu berpisah.

6. Berkomunikasi dengan Jujur

tips roommate - komunikasi

Komunikasi adalah kunci hubungan yang baik, termasuk dengan teman sekamar. Jika ada sesuatu yang mengganggumu, katakan segera daripada menguburnya dan membiarkan masalah itu menumpuk. Pada akhirnya, kamu akan meledak dan mulai berdebat sengit hingga kepercayaan yang telah dibangun runtuh. Penting juga untuk tetap memperhatikan apa yang akan kamu katakan kepada orang lain. Bicaralah dengan jelas dan tenang. Pada awalnya, mungkin sulit bagi kedua belah pihak, tetapi pasti akan membantu situasi dan berdampak positif pada hubunganmu dengan teman sekamar dalam jangka waktu yang lama.

7. Sharing is Caring

Sharing is Caring - tips roommate

Kualitas diri paling menarik yang bisa kamu miliki adalah bersikap penuh perhatian, terutama saat tinggal bersama orang lain. Saat sekamar dengan orang lain, kamu pasti akan berbagi banyak hal dengan mereka, mulai dari makanan hingga tanggung jawab keuangan, bahkan pikiran kotor di otakmu. Saling berbagi membuat hidup bersama orang lain menjadi lebih berharga. Bersikaplah murah hati, berbagi makanan sesekali dan bersosialisasi dengan mereka. Siapa tahu, kamu bisa membangun persahabatan seumur hidup dengan teman sekamarmu.

8. Jangan Mengambil Semua Ruang

tips roommate - jangan mengambil semua ruang

Satu hal lagi yang perlu diingat dalam menjalani hidup dengan roommate berarti kamu harus berbagi tempat. Jangan menggunakan terlalu banyak ruang tamu atau dapur seperti yang kamu yang memilikinya sendiri. Hormati peraturan kamar yang telah dibuat dan cobalah untuk tidak menjadi orang yang selalu nongkrong di ruang tamu dan memonopoli sofa. Jika kamu terus melakukannya, kamu akan membuat teman sekamarmu tidak nyaman dengan kebiasaanmu ini.

Kami berharap beberapa tips di atas akan membantumu menjadi roommate atau teman sekamar yang baik. Selalu bersikap waspada satu sama lain dan tetap positif!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

7 Apartemen Studio Murah di Jakarta Pusat untuk Mahasiswa

7 Apartemen Studio Murah di Jakarta Pusat untuk Mahasiswa

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

5 Kost Eksklusif di Jakarta Selatan Dengan Harga Yang Terbaik

5 Kost Eksklusif di Jakarta Selatan Dengan Harga Yang Terbaik

Sewa Apartemen Bulanan Di Jakarta Barat Di Bawah 4 Juta Rupiah: Rekomendasi Kami

Sewa Apartemen Bulanan Di Jakarta Barat Di Bawah 4 Juta Rupiah: Rekomendasi Kami

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *