Tips Sebelum Pindah ke Jakarta

Tips Sebelum Pindah ke Jakarta

Kamu mungkin memiliki teman ekspatriat yang mengharuskannya tinggal di Jakarta. Banyak ekspatriat yang memilih pindah ke Jakarta bahkan menegaskan bahwa kota ini sangat bersahabat dan terasa homey banget. Kamu bisa membantu mereka mempersiapkan diri untuk tinggal di sini. Mulai dari budaya, biaya hidup, orang, makanan, aturan, dan dokumen hukum perlu disiapkan.

Kesalahpahaman yang Umum tentang Indonesia

Hal yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Pindah ke Jakarta

Jakarta merupakan kota multikultural. Kamu bisa melihatnya dari orang-orangnya, jenis makanannya, hiburannya, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu pasti akan bertemu banyak etnis yang tinggal di kota ini dari masyarakat lokal, Tionghoa, Arab, India, Perancis, Amerika, Australia, dan lain-lain. Tapi tetap saja, mayoritas penduduk setempat beragama Islam. Jadi, perlu diingat bahwa negara ini masih memegang teguh nilai-nilai agama ini.

Memang bukan hal yang mudah untuk pindah ke kota besar seperti Jakarta. Tapi jangan khawatir! Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk temanmu yang berkewarganegaraan asing saat berencana tinggal di Jakarta. Lihatlah!

Visa

passport visa moving to jakarta

Dokumen hukum ini sangat dibutuhkan. Pilih yang sesuai dengan tujuan. Ada beberapa jenis, seperti turis, pebisnis, dan ekspatriat. Sebenarnya, mendapatkan izin kerja atau visa di Indonesia dianggap ketat karena tingginya angka pengangguran di Jakarta. Temanmu bisa menghubungi Kedutaan Besar Indonesia atau Kementerian Luar Negeri di Indonesia untuk mendaftarkan diri. Plus, akan sangat membantu jika kamu mengunjungi forum online ekspatriat di Jakarta. Kamu mungkin akan mendapatkan informasi yang lebih detail yang memudahkan temanmu mengajukan visa.

Kami juga telah menulis artikel tentang cara mendapatkan izin kerja di Indonesia

Panduan Izin Kerja di Indonesia

Rekomendasi Agensi KITAS di Jakarta

Bahasa

Bahkan ketika bepergian ke luar negeri, lebih baik untuk mempelajari Bahasa Indonesia, meskipun kemampuan berbahasa Inggris orang Indonesia cukup fasih. Ajari temanmu kata-kata atau kalimat berbahasa Indonesia yang cukup mudah. Kamu juga bisa menyuruhnya untuk belajar melalui berbagai platform. Dari situs web, buku, atau bahkan tutor yang menyediakan kursus bahasa Indonesia untuk orang-orang yang mau belajar. Ada beberapa bahasa Indonesia informal atau kata-kata gaul yang digunakan sehari-hari. Bahasa gaul ini mungkin menantang karena setiap daerah memiliki bahasa gaulnya sendiri. Coba ajarkan kata-kata gaul itu kepada teman asingmu.

Kursus Bahasa Indonesia Terbaik di Jakarta

Budaya

Sebagian besar negara Asia masih memegang nilai-nilai konservatif yang tidak terucapkan. Misalnya, saat pertama kali bertemu orang baru, dimulai dengan jabat tangan. Dalam hal pakaian, pastikan kamu dan temanmu mengenakan sesuatu yang tidak terlalu terbuka. Karena cuaca panas dan lembab, pakaian berbahan dasar katun yang nyaman sangat disarankan.

Katakan kepada temanmu untuk lebih berhati-hatilah pada barang-barang saat berada di tempat umum. Jika kamu ingin mengajak teman agar mengetahui lebih banyak tentang budaya dan memiliki pengalaman yang lebih baik, ada beberapa festival seni yang bisa disaksikan, seperti dari Java Jazz Festival, Jakarta International Film Festival, dll.

Tingkat kejahatan di negara ini cukup tinggi, jadi lebih baik jaga barang-barang dengan lebih baik. Namun, kebanyakan orang Indonesia dianggap ramah dan rendah hati. Jadi, kamu akan lebih mudah bergaul.

Pilih Tempat untuk Tinggal

Ketika pindah ke sini, kamu pasti tidak ingin temanmu menjadi tunawisma pada saat kedatangannya. Rencanakan dan pesan dulu tempat tinggal pilihannya. Ada berbagai pilihan hidup di sini. Dari kost, apartemen, atau rumah. Istilah co-living mulai cukup umum di sini. Ini akan sangat membantu temanmu jika kebetulan dia adalah seorang ekspatriat. Komunitas yang disediakan oleh tipe co-living ini bisa membantu temanmu menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggal di Jakarta. Kost adalah yang paling terjangkau. Di sisi lain, apartemen menawarkan berbagai fasilitas dan tipe mulai dari yang mahal hingga yang terjangkau. Jika mungkin temanmu tertarik dengan opsi rumah, ia harus memberikan perhatian ekstra dan uang ekstra untuk perijinan, utilitas, renovasi, pemeliharaan, dan lain-lain.

Panduan Lingkungan Hunian Terbaik di Jakarta

Situs Web untuk Menemukan Apartemen di Jakarta

Amankan Pekerjaan

Jika alasan utama temanmu yang berkewarganegaraan asing itu pindah adalah karena mendapatkan pekerjaan kontrak di sini, dia aman. Jika ia masih harus mencari pekerjaan di sini, ada beberapa situs web yang bisa membantunya mencari pekerjaan baru. Situs web tersebut adalah Linkedin.com, Indeed.com, glassdoor.com, glints.com, dll. Teman asingmu memerlukan visa kerja dan izin kerja yang membuatnya bisa bekerja secara legal di sini.

Jam kerja di Jakarta biasanya dari pukul 9-5 pada hari Senin sampai dengan Jumat. Namun, opsi jam kerja yang fleksibel juga semakin populer di beberapa perusahaan. Terkadang, atasan yang mempekerjakan karyawan dari luar negeri juga memberikan fasilitas ekstra dan menyediakan perumahan serta mobil untuk ekspatriat.

Jelajahi Lebih Banyak

jakarta streetview

Jakarta adalah rumah bagi berbagai hiburan yang tidak bisa dilewatkan. Mulai dari mal elit hingga mal yang lebih terjangkau. Kamu bisa mengajak temanmu mencoba berbagai macam restoran yang menawarkan makanan Indonesia, makanan barat, makanan cina, makanan pecampuran, dan masih banyak lagi! Kehidupan malam dan klub juga cukup populer. SCBD di Jakarta Selatan dan Senopati populer dengan klub, kehidupan malam, dan bar dengan kualitas terbaik.

Jika teman asingmu menginginkan gaya hidup yang lebih sehat, kamu bisa mengajaknya mencoba beberapa kelas kebugaran menggunakan Guavapass atau Classpass. Pusat perbelanjaan tersebar luas dari seluruh Jakarta. Dari kelas tinggi hingga yang lebih terjangkau. Ajak juga teman asingmu mencoba transportasi, lokal seperti busway, MRT, taksi, dan ojek online (ojol).

Ada pula beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan, seperti Monumen Nasional, Taman Mini Indonesia Indah (memberi pengalaman lebih mengenal budaya Indonesia), Bundaran HI, dan lain-lain. Ada juga city tour yang bisa dicoba, jika teman asingmu ingin menjelajah lebih jauh tentang Jakarta lebih sederhana. Jakarta terbagi menjadi 5 wilayah, yaitu Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat. Setiap daerah memiliki hiburan dan tempat wisata yang bisa dicoba. Ada juga beberapa forum ekspatriat yang akan membantu teman asingmu beradaptasi dengan situasi barunya.

Kunci untuk pindah ke negara atau kunjungan lain adalah membuat rencana yang baik dan mempertajam keterampilan adaptif. Dengan bergulirnya waktu, teman asingmu pasti akan merasa nyaman. Semoga berhasil!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Sekolah Highscope TB Simatupang, Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Sekolah Highscope TB Simatupang, Jakarta Selatan

10 Rekomendasi Kost Eksklusif Dekat Wisma 46 Sudirman di Bawah Rp5 Juta!

10 Rekomendasi Kost Eksklusif Dekat Wisma 46 Sudirman di Bawah Rp5 Juta!

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Senayan City Jakarta

10 Rekomendasi Apartemen Dekat Senayan City Jakarta

10 Pilihan Apartemen Dekat Equity Tower Sudirman

10 Pilihan Apartemen Dekat Equity Tower Sudirman

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *