Tips Self-Care di Rumah

Tips Self-Care di Rumah

Apakah kamu mendapati diri hanya memiliki sedikit waktu pribadi karena terlalu sibuk dengan hal-hal yang kamu lakukan? Sebut saja, apakah itu karier, keluarga, pendidikan, atau kamu memiliki banyak hal yang harus diselesaikan dengan waktu yang sangat sedikit. Istilah perawatan diri berarti kamu melakukan aktivitas yang membantu kamu memulihkan energi dengan menjaga kesehatan fisik, mental, dan emosional kamu. Namun, jangan salah bahwa perawatan diri berarti kamu “menghargai” diri sendiri dengan mengendur dan merasa malas lalu menunda-nunda tugas kamu. Itu hanya berarti kamu meluangkan waktu untuk aktivitas kamu untuk merayakan diri sendiri. Tidak ada cara pasti untuk berpikir tentang apa yang akan kamu lakukan untuk menjaga diri sendiri karena setiap orang itu unik. Kami di sini untuk membagikan 10 ide teratas kami yang dapat kamu terapkan sebagai metode perawatan diri di rumah.

1. Menjadi Kutu Buku

Sumber

Luangkan waktu untuk membaca buku-buku yang selalu ingin kamu baca. Membaca merupakan salah satu cara untuk mengurangi stres. Tidak ada yang lebih baik daripada melarikan diri dari kenyataan dan memasuki dunia tentang bagaimana Sherlock Holmes memecahkan misteri, atau menyelidiki dunia middle earth dan politiknya, atau bahkan belajar sihir di Hogwarts. kamu bisa berbelanja buku di toko online atau pergi ke toko buku di Jakarta atau bahkan ke perpustakaan umum seperti Perpustakaan Nasional. Ada baiknya kamu mencoba menghabiskan waktu dan mendapatkan wawasan atau hiburan baru terkait buku yang kamu baca.

2. Matikan

Sumber

Luangkan waktu untuk menjauh dari ponsel cerdas kamu. Luangkan waktu tanpa mengkhawatirkan email dan notifikasi media sosial kamu. Mereka akan menunggumu pada akhirnya. Bacalah buku, lakukan olahraga, atau mainkan permainan untuk menjernihkan pikiran dari jadwal bisnis kamu yang padat.

3. Gerakkan Badanmu

Sumber

Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga akan membuat kamu merasa lebih baik tentang tubuh kamu [1].  Temukan jenis olahraga yang kamu sukai. Ini bisa menjadi latihan dansa kardio yang energik atau sesi yoga yang menenangkan.

4. Lakukan Pesta Menonton

Sumber

Saksikan acara favorit kamu, terutama yang membuat kamu tertawa. Gelitik perut kamu dengan menonton film klasik seperti Friends untuk meredakan ketegangan. Netflix biasanya merupakan sumber terbaik untuk pesta-pesta menonton acara bagus apapun, namun penggemar anime juga dapat menonton anime favorit mereka di Crunchyroll, salah satu platform streaming anime terbaik.

5. Lakukan Makeover

Sumber

Mandi air hangat, mani-pedi, kenakan masker, kenakan pakaian yang merangkul kecantikan kamu dan lakukan hal-hal untuk merasa nyaman dengan diri sendiri. Eksperimen sendiri untuk mencoba gaya rambut berbeda untuk menyegarkan penampilan kamu. Cobalah kombinasi berbeda dari maskara, alas bedak, pewarna bibir, dll. Untuk memberikan tampilan lebih baik yang sesuai dengan gaya dan kepribadian kamu. Pastikan sudah dilengkapi dengan baju yang sesuai dengan penampilan wajah kamu. Jangan lupa untuk menunjukkannya kepada teman-teman kamu!

Baca juga : Hal yang Harus Dilakukan Selama Masa Karantina

6. Apakah Kamu Masterchef Selanjutnya?

Sumber

Memesan mungkin cara termudah, tetapi bukankah menyenangkan untuk menguji kemampuan kamu? Coba resep baru dari Tasty atau Buzzfeed dan tingkatkan keterampilan memasak kamu. Jika kamu menyukai makanan manis, cobalah memanggang kue chocolate chip yang terkenal, atau kue red velvet, atau bahkan hidangan favorit kamu. Kamu juga bisa mencoba menyajikannya dengan beberapa makanan penutup!

7. Dear Diary,

Sumber

Mulailah membuat jurnal untuk merefleksikan diri kamu sebagai bentuk perawatan diri. Catat pemikiran kamu dan jawab permintaan penjurnalan yang dapat kamu temukan di Pinterest untuk mengenal diri kamu lebih baik. Menulis buku harian juga dapat meningkatkan keterampilan menulis naratif dan mendongeng yang dapat berguna jika kamu mengejar karir novelis. Penelitian  telah menunjukkan bahwa hal itu juga dapat meningkatkan kesehatan mental kamu dengan mengekspresikan diri kamu dalam jurnal.

8. Dalami Mimpimu

Sumber

Nikmati tidur 8 jam tanpa gangguan sebagai metode perawatan diri. Selain itu, 20 menit tidur siang di tengah jadwal sibuk kamu adalah cara yang baik untuk mengisi ulang energi kamu. Tidur malam yang cukup juga dapat meningkatkan kesehatan fisik karena dapat menurunkan tekanan darah [2]. Namun terlalu banyak tidur dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kematian [3]. Jadi mungkin lebih baik jika kamu mengatur jam tidur kamu untuk menjaga kesehatan.

9. Rapikan Ruanganmu

Sumber

Kapan terakhir kali kamu mengganti seprai dan mengepel lantai? Mulailah merapikan barang-barang kamu dan masukkan ke dalam kompartemen. Donasikan barang-barang yang tidak lagi kamu butuhkan karena sampah satu orang adalah harta orang lain. Namun, jika kamu masih membutuhkan barang-barang ini, kamu dapat mulai mengatur dan membersihkannya. Setiap ruang kerja yang tertata dan bersih dapat meningkatkan produktivitas, sehingga kamu dapat bekerja secara efektif [4].

10. Menginspirasi Diri Sendiri

Sumber

Mendengarkan podcast yang menginspirasi swadaya dan menonton TED Talks yang memotivasi akan memperluas pengetahuanmu secara menghibur. Spotify telah menyediakan ruang bagi podcaster untuk berkembang dan kamu dapat mendengarkan konten aspiratif mereka kapan saja. Youtube juga memberikan ruang bagi tim TED untuk mengupload rekaman beberapa seminar mereka. Dengan akses ke internet, kamu dapat mengakses sepenuhnya semua itu sesuai keinginan kamu.

Coba terapkan aktivitas ini secara teratur untuk memberikan efek signifikan pada kesejahteraan kamu. Selalu ingat untuk menjaga diri kamu sendiri tidak peduli bagaimana dunia membuat kamu gila.

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Olahraga Mudah di Rumah

Olahraga Mudah di Rumah

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *