9 Tips Skincare untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

9 Tips Skincare untuk Mendapatkan Hasil Maksimal

Menggunakan skincare adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Rutinitas menggunakan skincare sudah sering dilakukan oleh banyak orang namun tak banyak yang mengetahui tips agar perawatan wajah ini mendapatkan hasil maksimal. Banyak juga yang menyepelekan penggunaan skincare karena dianggap sudah cukup untuk merawat wajah. Nah berikut ini adalah 9 tips skincare yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal.

Baca juga : 6 Rekomendasi Brand Skincare Lokal Terbaik

tips skincare
Unsplash

1. Double Cleansing

Double Cleansing adalah salah satu tips skincare yang bisa Anda lakukan dengan menghapus make up dengan menggunakan micellar water dan dilanjutkan dengan mencuci wajah. Menghapus make up sangat penting untuk dilakukan agar kulit Anda bisa menyerap produk skincare dengan baik. Formula make up yang berada di lapisan luar kulit juga akan menghalangin skincare yang akan Anda gunakan untuk meresap lebih dalam ke kulit wajah Anda. Setelah menggunakan micellar water, Anda bisa lanjutkan proses ini dengan membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah untuk membersihkan sisa make up yang mungkin masih tertinggal di wajah Anda.

2. Gunakan produk paling tipis ke yang paling tebal

Tips kedua yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal adalah dengan menggunakan urutan produk skincare dari yang paling tipis ke yang paling tebal. Anda bisa mendahulukan produk-produk dengan formula tipis seperti serum, toner, dan essence karena ketiganya bersifat cairan yang mudah meresap ke dalam kulit wajah Anda. Selanjutnya Anda bisa menambahkan produk skincare yang lebih tebal seperti pelembab dan sunscreen untuk melembabkan kulit.

3. Lakukan eksfoliasi yang benar

Eksfoliasi adalah salah satu tahap penggunaan skincare yang tak boleh dilupakan. Proses ini sangat penting untuk dilakukan untuk membantu menghilangkan sel-sel mati di kulit wajah Anda. Eksfoliasi sebaiknya dilakukan sebanyak 2 kali dalam satu minggu. Hal ini baik untuk menghindari kulit yang terlalu banyak terkikis dan akan menyebabkan iritasi. Selain itu, pilihan skincare yang cocok untuk eksfoliasi adalah skincare yang mengandung AHA dan BHA yang diformulasikan untuk digunakan dalam proses pengelupasan kulit wajah. Dalam hal ini AHA berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di permukaan dan BHA berfungsi untuk melarutkan sebum yang berlebih.

tips skincare
Unsplash

4. Memijat wajah secara teratur

Tips skincare keempat yang tak kalah penting untuk dilakukan adalah memijat wajah secara teratur. Tips ini sangat penting karena bisa membuat kulit wajah Anda menjadi sehat dan lebih rileks. Selain itu dengan memijat wajah secara perlahan, elastisitas kulit Anda bisa meningkat dan jaringan kulit yang kendur juga bisa menjadi lebih kencang. Hal ini juga bisa mengurangi rasa sakit pada wajah yang mengalami bengkak dan bisa menstimulasi sistem kekebalan kulit wajah Anda.

5. Tidur yang cukup

Tips skincare selanjutnya yang jarang diperhatikan adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Kurangnya waktu tidur ini berdampak pada kulit Anda yang menjadi nampak keriput dan kusam. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, kulit Anda bisa melakukan tugasnya dalam meregenerasi sel-sel kulit mati secara alami di malam hari. Waktu tidur yang sedikit juga akan membuat kulit tidak melakukan proses regenerasi ini secara maksimal. Sebagai tambahan, menggunakan sarung bantal sutra juga dapat membantu kulit wajah Anda untuk mempertahankan kelembamannya.

6. Perhatikan gerakan tangan saat mencuci wajah

Mencuci wajah adalah salah satu tahap penggunaan skincare yang umumnya dilakukan asal-asalan. Padahal proses ini seharusnya dilakukan dengan lembut. Menggosok wajah sebaiknya dilakukan dengan menggunakan ujung jari selama satu sampai dua menit. Anda bisa mengoleskan sabun pembersih wajah di tangan lalu melakukan gerakan memutar dengan ujung jari. Setelah selesai, bilaslah wajah sampai bersih dan tepuk halus wajah Anda menggunakan handuk.

tips skincare
Unsplash

7. Perhatikan waktu dalam menggunakan skincare

Memperhatikan waktu yang tepat dalam menggunakan skincare sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Contohnya adalah Anda bisa menggunakan skincare pada pukul 4 sore saat kulit mengalami dehidrasi dan terasa lebih kencang. Itu tandanya kulit Anda sedang membutuhkan hidrasi yang tepat. Selain itu, proses eksfoliasi bisa Anda lakukan di malam hari agar bisa mendapatkan hasil maksimal karena pergantian sel tertinggi terjadi di malam hari. Untuk di pagi hari Anda bisa menggunakan produk skincare dengan kadar air yang agak tinggi seperti produk yang mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

8. Gunakan skincare semenit setelah mencuci wajah

Tips skincare selanjutnya yang juga patut Anda perhatikan untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah dengan menggunakan skincare semenit setelah mencuci wajah. Hal ini penting karena jika wajah Anda sudah cukup kering, hasil dari penggunaan skincare menjadi kurang maksimal dan tidak terserap sempurna. Anda bisa mengaplikasi toner setelah Anda mencuci wajah walaupun banyak yang menganggap penggunaan toner bersifat keras dan mengiritasi kulit. Sesuaikanlah kebutuhan Anda agar hal ini tidak mengganggu proses perawatan kulit wajah Anda. Pelembab juga sangat penting untuk digunakan mengingat kulit membutuhkannya agar tidak mengalami kerutan dan dehidrasi.

9. Simpan produk skincare dengan benar

Setelah Anda menggunakan produk skincare dengan benar, jangan lupa untuk meletakkannya di tempat yang benar juga. Hal ini sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga kandungan skincare agar tidak rusak atau bahkan hilang. Salah satu contohnya adalah hindarkan produk yang mengandung antioksidan dan ekstrak tumbuhan dari sinar matahari langsung. Simpan produk skincare Anda di tempat yang agak lembab dan tidak terkena matahari langsung.

Nah itulah 9 tips skincare yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal. Produk skincare harus Anda jaga dengan baik agar bisa memberikan hasil maksimal untuk kulit Anda. Selamat mencoba!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *