Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

Tips untuk Tetap Produktif Dengan Banyak Deadline

Bagi kamu yang memiliki banyak deadline pekerjaan, kamu akan merasa tertekan dengan banyaknya tumpukan pekerjaan sementara waktu yang tersedia hanya sedikit untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Oleh karena itu, menjaga efektivitas dan efisiensi waktu menjadi salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan, terutama dalam bekerja. Manajemen waktu diperlukan agar kamu bisa lebih produktif dalam bekerja meski memiliki deadline. Kami punya tips untuk kamu yang ingin tetap produktif dengan memiliki banyak deadline.

Baca Juga: Easy Workout at Home

1. Membuat To-Do List

make a to do list
Source: medium.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan agar lebih produktif di tempat kerja adalah membuat to-do list daftar tugas. Dengan membuat daftar tugas, kamu dapat memprediksi dan mengatur jadwal dengan baik. Setiap hari kamu akan memiliki tugas yang harus kamu lakukan. Hal tersebut bisa dilakukan agar kamu memiliki manajemen waktu yang baik dan produktif.

2. Buat Manajemen Prioritas

create priority management
Source: themusebox.net

Tips berikutnya agar lebih produktif di tempat kerja adalah belajar cara membuat jadwal sesuai prioritas. Dengan begitu, pekerjaanmu akan selesai sesuai jadwal yang telah kamu buat, tentunya selesai sebagaimana mestinya. Tidak ada deadline yang terlambat, dan semacamnya. Buatlah dari yang paling penting hingga yang paling tidak penting. Dalam membuat jadwal sesuai dengan prioritas, perlu dipahami tugas masing-masing yang harus kamu lakukan. Itu sebabnya prioritas kerjamu hanya kamu yang mengetahuinya.

3. Kenali Waktu Produktif

Source: Naijazzy.com

Setiap orang memiliki waktu produktifnya masing-masing. Beberapa orang lebih produktif saat bekerja di pagi hari, beberapa lebih produktif di malam hari. Jika kamu memiliki waktu produktif bekerja di pagi hari, maka maksimalkan waktu tersebut untuk bekerja. Menyadari saat-saat kamu lebih produktif adalah salah satu poin penting, hal ini tidak dapat disangkal. Seseorang akan lebih produktif jika merasa nyaman melakukan pekerjaan. 

4. Mulai Bekerja Lebih Awal

Source: brightermonday.co.tz

Mulai bekerja lebih awal tidak akan merugikan. Jika biasanya kamu mulai bekerja pada jam 9 pagi, tidak ada salahnya memulai satu atau setengah jam lebih awal untuk mengerjakan pekerjaanmu. Pertama, kamu bisa menyelesaikan pekerjaan lebih awal dari biasanya. Kalau nanti ternyata ada pekerjaan yang masih belum selesai, kamu bisa kerjakan juga dengan memanfaatkan waktu yang tersisa.

5. Jangan Menunda Pekerjaan

Tips untuk tetap produktif saat banyak deadline: Jangan menunda pekerjaan
Source: tipsmake.com

Jika kamu memiliki kebiasaan menunda pekerjaan karena terasa berat, sulit, atau hanya sekedar malas mengerjakannya, cobalah melakukan pekerjaan yang dirasa sulit terlebih dahulu atau mengerjakan pekerjaan yang mungkin kamu sukai terlebih dahulu baru selesaikan pekerjaan yang lebih mudah. Jika ini berhasil, maka yang lainnya akan terasa mudah dan cepat diselesaikan. Menggunakan manajemen waktu dan disiplin terhadap diri sendiri adalah kunci untuk tetap produktif.

6. Fokus Saat Bekerja

Tips untuk tetap produktif saat banyak deadline: Fokus
Source: timeday.com

Fokus adalah salah satu kunci dari tips untuk tetap produktif dengan banyak deadline. Sebisa mungkin, fokuslah pada pekerjaan yang sedang dilakukan saat ini. Hindari melakukan lebih dari satu pekerjaan (multitasking) karena akan menghalangimu menyelesaikan tugas pada waktu yang bersamaan. Hindari dan jauhkan hal-hal yang dapat mengganggu atau mengurangi konsentrasi saat bekerja seperti telepon atau media sosial. Jika kamu fokus pada pekerjaan, waktumu akan lebih efektif, efisien, dan tentunya kamu akan lebih produktif dalam pekerjaan yang kamu jalani.

7. Minimalisir Bagian Detail Pekerjaan

Source: sciencemag.org

Melihat pekerjaan yang banyak dan sangat menumpuk akan membuatmu semakin banyak mengeluh. Melakukan pekerjaan besar satu per satu dan selangkah demi selangkah akan membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat tanpa merasa terbebani. Usahakan untuk tidak melihat keseluruhan banyaknya pekerjaan, tetapi melihatnya secara bertahap. Selesaikan dengan pelan-pelan mulai dari pekerjaan pertama, maka kamu akan tidak terlalu merasa terbebani.

8. Menyediakan Waktu Istirahat

Tips tetap produktif saat deadline: Luangkan waktu istirahat
Source: istockphoto.com

Jika kamu merasa memiliki manajemen waktu yang baik, seharusnya kamu tidak pernah merasa lelah, karena kamu memiliki jadwal istirahat yang baik. Namun jika kamu merasa tidak punya waktu untuk istirahat, itu artinya jadwal dan manajemen waktumu kurang baik. Kamu mungkin perlu beberapa perbaikan.

Istirahat yang cukup memungkinkanmu untuk menggunakan waktu dengan lebih produktif. Beristirahat juga menciptakan stabilitas untuk berpikir bahwa kamu bisa tetap terjaga dan merasa lebih baik. Setelah kita istirahat, pikiran akan menjadi lebih tenang dan rileks. Luangkan waktu 30 menit saja di antara kesibukanmu, sehingga kecemasan yang muncul akan berkurang dengan sendirinya.

Baca juga: Rekomendasi Podcast Anti Bosan di Rumah

9. Konsumsi Makanan Bergizi

Tips untuk tetap produktif saat banyak deadline
Source: nutriciously.com

Memiliki banyak deadline akan sangat membuat stress, sehingga tubuh membutuhkan banyak nutrisi. Agar tubuh tidak mudah lelah dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, makan yang bergizi sangat penting untuk dikonsumsi. Apalagi jika kamu memiliki banyak aktivitas atau deadline yang harus dikerjakan. Jangan lupa untuk menghindari makanan tidak sehat seperti junk food.

Baca juga: 8 Makanan Untuk Imunitas Tubuh

10. Merencanakan Liburan Setelah Deadline Berakhir 

Source: huffpost.com

Untuk membaca tentang agen travel terbaik di Indonesia klik di sini

Dari daftar tadi, kamu dituntut untuk fokus pada manajemen waktu agar lebih produktif dalam bekerja. Namun hal tersebut akan sulit terjadi jika kamu berada dalam kondisi yang buruk, baik secara fisik maupun psikis.

Untuk menjaga semangat kerja, membuat rencana liburan menjadi hal yang menarik. Liburan menjadi alasan yang tepat untuk membuat tubuh segar kembali dari penat. Kamu bisa merencanakan liburan singkat dengan melihat-lihat tempat wisata terdekat, berbelanja di mall, piknik, dan banyak lagi. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, yang penting bisa menghilangkan penat.

Memiliki banyak deadline sangat membingungkan dan membuat stres. Meski demikian, kita harus tetap produktif walaupun dengan memiliki banyak deadline agar tidak ada pekerjaan yang tertinggal. Dengan melakukan 10 tips di atas, semoga kamu bisa tetap produktif meskipun dengan banyak deadline. Jangan lupa cek tips lainnya di blog kami. Semoga bisa membantu!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Sewa Apartemen Bulanan di Jakarta

Sewa Apartemen Bulanan di Jakarta

10 Desain Ruangan dengan Cat Dinding Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!

10 Desain Ruangan dengan Cat Dinding Warna Kuning, Cerah dan Bikin Semangat!

Kost Sekitar Fatmawati

Kost Sekitar Fatmawati

7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara dengan Mudah

7 Cara Membuat Ruangan Kedap Suara dengan Mudah

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *