Tips Tinggal Bersama Teman Sekamar

Di beberapa keputusan dalam hidup, jika kamu memilih untuk mencoba berbagi apartemen, kemungkinan besar kamu akan tinggal dengan orang lain sebagai teman sekamar. Jika kamu seperti kebanyakan profesional muda di luar sana, kamu harus mencari teman sekamar untuk menghemat uang. Apakah mereka temanmu atau orang asing yang kamu temui di internet, akan ada ekspektasi tertentu yang dimiliki setiap orang ketika tinggal bersama orang lain.

Karena hidup bersama orang lain mengungkapkan banyak hal tentang diri kita sendiri, akan ada beberapa hal yang perlu kita awasi agar tidak membuat orang lain tidak nyaman; sedangkan jika terjadi kegagalan dalam membangun hubungan dapat mengakibatkan ketegangan yang melelahkan antara kamu dan teman sekamarmu. Berikut adalah beberapa tips tinggal bersama teman sekamar untuk menjamin kamu mendapatkan pengalaman coliving yang menyenangkan. 

1. Buat Perjanjian Teman Sekamar

tinggal bersama teman sekamar

Tips tinggal bersama yang pertama adalah perjanjian teman sekamar harus didiskusikan sebelum kamu resmi pindah dan ditandatangani oleh semua pihak yang terlibat. Perjanjian ini harus menyatakan beberapa aturan yang disetujui semua orang yang akan tinggal bersama. Perjanjian ini menetapkan harapan yang jelas dan menghemat banyak konflik di kemudian hari. Diskusi harus pada topik area komunal, bagaimana orang lain dapat bermalam dan area lain yang mungkin perlu dibicarakan.

Lebih baik untuk menyetujui secara eksplisit sebelumnya daripada hanya berasumsi bahwa setiap orang memiliki ide atau sudut pandang yang sama tentang suatu topik / aturan. Selain itu, disarankan juga jika kamu bisa saling bercerita tentang hal-hal yang dilarang atau tidak boleh dilakukan di apartemen. Itu lebih baik daripada menunggu seseorang melewati batas dan memicu pertengkaran.

Perjanjian tidak akan efektif tanpa adanya konsekuensi yang terlibat. Dalam dunia yang ideal, orang mengikuti aturan dan melakukan bagian mereka, sayangnya, tidak selalu demikian. Jika orang mengabaikan kesepakatan, tidak hanya mengganggu, tetapi juga tidak sopan. Solusinya adalah dengan menetapkan sistem yang baik atau konsekuensi lain bila suatu kesepakatan telah dilanggar. Hal tersebut bisa berupa denda atau hukuman lainnya.

2. Menentukan Barang Yang Bisa Dimiliki Bersama

Penting untuk mengetahui barang mana yang bersifat pribadi dan mana yang tidak. Jika orang memiliki ekspektasi yang berbeda tentang apa yang dianggap milik bersama, yang terbaik adalah mendiskusikannya secara terbuka. Jika kamu setuju dengan ketentuan barang milik bersama, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat anggaran barang rumah tangga bersama.

Diskusikan jenis barang apa yang harus kamu bagikan. Biasanya, itu akan menjadi barang-barang seperti perlengkapan mandi dan bahan makanan. Kemudian, lakukan pembagian secara adil. Kamu tidak ingin siapapun mengambil terlalu banyak dan membiarkan orang lain tanpa berkontrubusi apapun. Mereka mungkin merasa telah dimanfaatkan. Setelah kamu menetapkan anggaran, semoga tidak ada yang melihat jajanan mereka hilang dari kulkas. Bagi sebagian orang, barang yang hilang mungkin tampak bukan masalah besar. Namun, hal itu bisa berkembang menjadi kebiasaan yang mengganggu dan mungkin menimbulkan pertengkaran di masa mendatang. 

3. Membangun Hubungan Baik Sejak Dini

Bagi sebagian orang, bertemu orang baru bisa menjadi tantangan, terlebih lagi jika mereka harus hidup bersama dan rukun. Kamu bisa menjadi orang yang memulai percakapan terlebih dahulu: tanyakan tentang kehidupan mereka, tentang hari mereka, mengapa mereka pindah ke kota, dll. Semakin cepat kamu dapat membangun hubungan yang baik dengan teman sekamarmu, semakin baik. Kamu dapat melakukan ini sebelum tinggal bersama secara resmi, pada akhir pekan atau di waktu luangmu.

Tidak apa-apa untuk menanyakan tentang kebiasaan mereka untuk mengetahui keanehan seperti apa yang harus kamu hadapi dan melihat apakah mereka sesuai dengan milikmu. Meskipun mereka adalah temanmu (atau bahkan sahabat) dan kamu merasa sudah mengenal mereka dengan baik, kamu tetap harus berdiskusi karena sangat berbeda untuk mengenal seseorang dan tinggal bersama mereka.

Ingat, jika sejak awal kamu menyendiri atau tampak tidak tertarik, begitu pula teman sekamarmu. Kemudian, nanti kamu dan teman sekamarmu tidak dapat melakukan diskusi terbuka, akhirnya memiliki hubungan pasif-agresif.

4. Amati Jam-jam Tenang

Tidak ada yang bisa kita lakukan tentang kebiasaan orang lain. Sulit untuk mengetahui siapa yang suka bernyanyi di kamar mandi di pagi hari atau mendengkur keras di tengah malam. Sejak awal, penting untuk membahas bagaimana mengelola kebiasaan ini di lingkungan yang dekat. Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada harus mendengarkan percakapan telepon teman sekamar saat kamu tertidur. Di sisi lain, kamu tidak dapat meminta mereka untuk berhenti karena ini adalah rumah mereka juga. Jadi, lebih baik untuk menetapkan beberapa aturan dasar tentang kebisingan dari awal, kompromi dengan kebiasaanmu, dan hormati saat-saat tenang orang lain.

Baca juga Tanda-Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Alternatifnya adalah memasang musik tenang di spotify yang dapat menenggelamkan suara yang dibuat teman sekamarmu. Musik dari spotify akan memberikan suara ombak yang menenangkan atau hujan lebat, sehingga kamu dapat kembali beraktivitas tanpa terganggu. Ini adalah cara yang damai dan baik untuk menghadapi suara-suara yang tidak diinginkan jika kamu adalah tipe non-konfrontatif.

5. Buat Bagan Tugas

Bagan tugas mungkin tidak cocok untuk semua orang. Namun merupakan pengingat yang baik siapa gilirannya yang harus membuang sampah atau mencuci piring, terutama bagi mereka yang cenderung lupa. Memiliki bagan fisik untuk memetakan pekerjaan rumah tangga akan memberi setiap orang alasan yang baik untuk tidak pernah melupakan peran mereka dalam membuang sampah, membersihkan jendela, mengepel lantai, dll. Ini juga merupakan cara yang baik untuk memastikan setiap orang memiliki kesamaan beban kerja dimasukkan untuk membuat rumahmu bersih dan nyaman.

Ada banyak situs web yang memiliki beberapa desain bagan tugas. Kamu dapat membuka Pinterest atau Instagram yang menawarkan bagan tugas yang siap dibuat, atau bahkan membuatnya sendiri di Canva. Ada baiknya juga menggunakan alat seperti Google docs atau Google Calendars untuk mengelola pekerjaan rumah.


Pada awalnya, memiliki teman sekamar adalah pengalaman yang menantang. Lagi pula, tidak ada yang suka orang asing di rumah yang menyerang ruang pribadi mereka. Namun seiring berjalannya waktu, kamu mungkin menemukan dukungan, dan persahabatan di dalamnya yang tidak ingin kamu tinggalkan. Inilah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui cara mengelola hubungan teman sekamar secara efektif. Kami harap tips tinggal bersama teman sekamar akan membantu kamu sebagai arahan perjalanan baru ini bersama mereka.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *