8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Hampir semua orang jatuh cinta dengan traveling. Bahkan, menurut penelitian, traveling bisa membuatmu lebih bahagia. Kamu bisa rehat sejenak dan menjauh dari pekerjaan, teman, maupun keluarga. Saat kamu melakukan traveling, kamu bisa ‘me-recharge’ dirimu dan beristirahat sejenak dari kegiatan yang membuatmu stres. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana traveling yang baik. Mungkin saja karena mereka belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya. Apabila kamu tidak memiliki pengalaman traveling sebelumnya, kamu bisa saja melakukan banyak kesalahan seperti tertinggal dari bus, berpakaian tidak sesuai, mengalami culture shock, dan banyak kesalahan kecil lainnya. Tak perlu khawatir, kami punya 8 tips bagi kamu yang ingin pergi traveling!

Baca juga: 9 Tempat Wisata di Indonesia yang Tak Boleh Anda Lewatkan!

Buat Rencana Perjalananmu

rencana perjalanan untuk traveling

Pertama, buatlah rencana perjalananmu. Membuat rencana perjalanan tidak harus rumit, yang terpenting adalah kamu memasukkan destinasi yang ingin kamu tuju. Pastinya, kamu tidak ingin melewatkan segala kesempatan saat traveling, bukan? Itu sebabnya rencana perjalanan akan membantumu agar tidak melewatkan satu pun rencanamu. Langkah utama membuat rencana perjalanan adalah melakukan riset mengenai destinasimu terlebih dahulu. Kedua, buat daftar hal-hal yang harus kamu lakukan. Selain tempat-tempat yang ingin Kamu kunjungi, kamu juga harus mempertimbangkan transportasi pilihan untuk menuju ke tempat tersebut. Kamu juga bisa membuat draf kalender agar rencana perjalananmu lebih rapih.

Tetapkan Anggaran

anggaran traveling

Traveling adalah hal yang menarik! Namun, jangan sampai traveling membuatmu menghabiskan uangmu dan mengeluarkan pengeluaran untuk hal-hal yang tidak penting. Seperti sebelumnya, hal yang harus kamu lakukan adalah menentukan transportasi pilihan ketika berada di destinasi wisata. Hal yang juga tidak kalah penting adalah mempertimbangkan biaya hotel selama kamu traveling! Saat memilih hotel, kamu pasti akan menemukan beragam bervariasi hotel baik dari segi biaya dan kualitas. Jadi, pertimbangkan hotel yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pertimbangkan juga anggaran yang akan kamu keluarkan untuk menginap di hotel.

Dapatkan Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan adalah hal yang paling penting untuk menjagamu tetap aman selama perjalanan. Apabila kamu mengalami kecelakaan atau sesuatu yang buruk terjadi, Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tagihan. Asuransi perjalanan bisa menjamin perjalananmu jika kamu mengalami sakit atau terluka saat sedang traveling.

Berkomunikasi Melalui Aplikasi Penerjemah

Tantangan terbesar jika Kamu bepergian ke luar negeri, adalah perbedaan bahasa. Kesalahpahaman adalah hal paling sering kamu hadapi ketika kamu bepergian ke negara dengan bahasa yang berbeda denganmu. Untungnya, saat ini ada begitu banyak pilihan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Aplikasi terjemahan dan teknologi yang telah berkembang semakin canggih ini sangat berguna bagimu yang ingin melakukan traveling ke luar negeri. Ada begitu banyak pilihan aplikasi terjemahan, seperti Google Translate, Microsoft Translator, Pleco, Papago, dan masih banyak lagi.

Menghormati Budaya Lokal

Saat kita mengunjungi tempat baru, kita harus belajar tentang budaya dan adat istiadat mereka. Sebelum memulai perjalanan, pastikan kamu melakukan sedikit riset tentang cara berpakaian atau perilaku yang umumnya dilakukan di daerah tersebut. Kamu akan merasa lebih nyaman apabila kamu bisa berbaur dengan mereka, bukan? Selain itu, ini juga akan membantumu untuk tidak melakukan sesuatu yang memalukan di depan umum.

Jadilah Fleksibel!

Sebelumnya kita membahas tentang membuat rencana perjalanan. Nah, dalam melakukan traveling, kamu juga harus siap dalam menghadapi banyak tantangan dan kendala yang bisa saja terjadi. Ini bisa saja membuat perjalananmu terhambat dan membuat rencanamu menjadi gagal. Untuk itu, berusahalah untuk tetap fleksibel dalam menentukan rencana perjalanan. Sehingga, travelingmu tidak harus selalu berpegangan pada rencana perjalanan. Bisa saja, destinasi yang tidak kamu tentukan sebelumnya justru menjadi kesempatan bagimu untuk memiliki momen luar biasa yang belum direncanakan sebelumnya, kan?

Ketahui Pakaian dan Makanan

makanan saat traveling

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu perlu mengetahui apa yang harus dikenakan saat bepergian ke tujuan yang kamu pilih sesuai dengan budaya dan adat istiadat di daerah sana. Selain menghormati warga lokal, berpakaian dengan baik dan sesuai juga membuatmu tidak ‘salah kostum. Selain berpakaian, kamu juga harus mengetahui makanan di tempat yang akan kamu kunjungi. Setiap tempat pasti memiliki selera dan makanan yang berbeda. Untuk itu, penting untuk memastikan apakah kamu bisa memakan makanan di sana atau tidak.

Bawa Pakaian Yang Sesuai

Jika Kamu melakukan perjalanan petualangan ke destinasi yang memiliki musim panas, maka kamu sama sekali tidak membutuhkan jaket atau topi yang tebal. Jangan mengemas barang-barang yang tidak perlu untuk dibawa. Cukup bawalah pakaian yang dirasa sesuai pada musim di daerah tersebut. Sehingga kamu harus mengetahui terlebih dahulu cuaca dan musim apa yang akan terjadi di tempat tujuanmu. Hal paling penting selanjutnya adalah bawalah handuk dan jangan membawa banyak produk pembersih rambut atau tubuh. Barang-barang tersebut bisa dengan mudah dijumpai dimana-mana, kecuali apabila kamu memiliki kondisi kulit tertentu. Dan terakhir, jangan lupa untuk selalu membawa tabir surya dimanapun kamu akan bepergian, ya!

Nah, itu dia 8 tips untuk kamu yang ingin melakukan traveling! Tips ini bisa kamu ikuti agar perjalananmu menjadi lebih aman dan tetap mengasyikkan. Jika tips ini bermanfaat bagimu; sama-sama, ya!

Baca juga: Asuransi untuk Ekspatriat di Indonesia

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *