Tips untuk Ekspatriat: Menemukan Teman Baru di Jakarta

Tips untuk Ekspatriat: Menemukan Teman Baru di Jakarta

Jika kamu baru di Jakarta dan sedang mencari sesama ekspatriat atau teman lokal, kamu datang ke tempat yang tepat. Kami memahami betapa sulitnya pindah ke kota yang benar-benar baru tanpa mengenal siapapun. Bertemu orang baru mungkin tidak semudah kedengarannya, terutama jika kamu bekerja dari pukul 9-5 setiap Senin hingga Jumat. Dengan kesibukanmu, sepertinya mustahil untuk terhubung dengan orang baru di Jakarta.

Untungnya, kami memiliki beberapa tips bagi kamu untuk memulai perjalanan mencari teman baru. Jadi, buanglah rasa khawatirmu dan coba tips ini!

Bergabung Komunitas

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan teman baru di Jakarta adalah bergabung dengan komunitas. Setiap orang memiliki minat, tidak diragukan lagi. Meskipun tidak, kamu selalu dapat menemukan yang baru. Bergabung dengan klub tidak hanya dapat membantumu berbagi minat dengan sesama orang yang memiliki pemikiran serupa sepertimu, tetapi kamu juga dapat terhubung dengan mereka di tingkatan yang baru.

soroptimistinternational.org

Salah satunya adalah Soroptimist International. Didirikan pada tahun 1921, klub ini menghubungkan lebih dari 72.000 anggota di 121 negara. Kegiatan utamanya berkaitan dengan masalah hak asasi manusia dan kesetaraan gender untuk membantu perempuan dan anak perempuan mencapai potensi individu mereka, mewujudkan aspirasi dan memiliki kesempatan yang sama di dunia. Kamu dapat memeriksa situs web mereka di soroptimistinternational.org  untuk informasi lebih lanjut

Jika kamu tidak tertarik dengan masalah humaniora dan sedang mencari klub lain yang berhubungan dengan olahraga, kuliner, negara asalmu atau apa pun, kamu dapat menemukannya dengan mudah di angloinfo.com. Di klub & Asosiasi Expat mereka, kamu akan menemukan daftar panjang klub, organisasi, dan komunitas dari berbagai latar belakang yang mungkin sesuai dengan minatmu. Selain itu, mereka juga melampirkan tautan situs web dan alamat email masing-masing klub jika kamu mencari pertanyaan lebih lanjut. Atau kamu bisa langsung klik di sini untuk melihat kompilasi klub-klub hebat yang kami buat.

.

Pergi Ke Bar

EP Kemang

Mereka bilang bar adalah tempat terbaik untuk jatuh cinta, tapi kami bilang bar juga salah satu tempat terbaik untuk berteman. Perhatian, kami tidak menyarankan kamu pergi keluar dan minum setiap malam (tetapi jika kamu melakukannya, siapa yang menilai?) Tapi pergi ke bar bersama rekan kerja adalah awal yang baik untuk membangun persahabatan. Tidak hanya dengan orang-orang yang ikut serta bersamamu, tetapi kamu juga dapat berteman dengan wajah baru yang akan kamu temui di bar.

Bar favorit kami kebanyakan berada di Kemang, Jakarta Selatan. Banyak ekspatriat pergi ke sini dan beberapa bahkan tinggal di daerah ini. Sports dan bir biasanya datang sebagai satu paket, jadi kamu akan melihat banyak yang ada di sekitarnya. Eastern Promise (EP) Kemang dielu-elukan oleh penduduk lokal dan ekspatriat. Di dalam, kamu mungkin menemukan 4 area berbeda; Bar, restoran, sport cafe, dan beer garden dengan live music. Saat akhir pekan, tempat ini dipenuhi ekspatriat, terutama pada musim kompetisi olahraga seperti Piala Dunia. Kamu juga dapat mengklik di sini untuk melihat daftar bar terbaik di Jakarta.

Tidak ada yang lebih mudah daripada bergaul dengan orang asing selama olahraga. Kunjungi situs web mereka epjakarta.com untuk informasi lebih lanjut.

Ikuti Pelajaran Bahasa Indonesia

BIPA LBI FIB UI

Belajar Bahasa Indonesia mungkin bukan hal termudah bagi banyak orang (bahkan penduduk lokal). Tetapi seperti bahasa lainnya, ini akan membantumu berkomunikasi lebih baik dengan orang-orang serta berlatih dengan sesama ekspatriat yang sedang belajar. Lebih lanjut, Presiden Joko Widodo baru-baru ini menyampaikan bahwa pekerja asing atau pemilik bisnis harus mahir berbahasa Indonesia, jadi ini hanya satu lagi alasan mencari teman melalui pembelajaran bahasa.

Dari semua kursus bahasa Indonesia yang ditawarkan di Jakarta, BIPA University of Indonesia adalah institusi mapan yang sangat kami rekomendasikan untuk kamu periksa. Program ini biasanya berlangsung selama 16 minggu dan terdiri dari kelas-kelas dan karyawisata satu hari. Kamu akan disuguhi kesempatan besar untuk mengunjungi tempat-tempat dan institusi publik seperti sekolah, stasiun TV, kantor pemerintahan, bahkan penjara Jakarta – Menarik bukan? Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat memeriksa situs web mereka di: http:// lbifib.ui.ac.id 

Kegiatan Amal

Komunitas Taufan

Pekerjaan amal lebih dari sekadar melakukan hal-hal baik untuk orang lain; ini juga tentang refleksi diri dan dapat membantumu mencapai tujuan, seperti menemukan teman. Kegiatan amal di Jakarta pasti akan membuat kamu bersyukur karena disparitas pendapatan dan kemiskinan di kota ini masih sangat parah. Ada banyak sekali orang, termasuk sesama ekspatriat, yang berwisata dan menetap di Jakarta hanya untuk membantu orang-orang yang kesulitan. Dengan mengikuti salah satu kegiatan ini, ada peluang besar bagi kamu untuk bertemu dan terhubung dengan sesama relawan ekspatriat.

Rumah Taufan menawarkan peluang relawan yang luar biasa. Komunitas ini didirikan oleh Yeni Mulyangsih yang kehilangan anaknya karena Leukemia. Komunitas tersebut merupakan “safe haven” bagi keluarga dengan masalah keuangan yang menghadapi kondisi serupa. Relawan dipersilakan untuk membantu secara finansial atau dukungan lainnya, seperti bimbingan belajar atau kunjungan rumah. Jika kamu pemain gitar berbakat atau suka melakukan stand-up comedy, kamu dipersilakan untuk bergabung.

Tertarik untuk mengikutinya? Kunjungi situs web mereka di komunitastaufan.org atau hubungi mereka melalui email; e.info@komunitastaufan.org

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Olahraga Mudah di Rumah

Olahraga Mudah di Rumah

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *