Tips untuk Ekspatriat: Menemukan Tempat Tinggal di Jakarta

Tips untuk Ekspatriat: Menemukan Tempat Tinggal di Jakarta

Jakarta adalah rumah bagi banyak perusahaan multinasional di Indonesia. Selain itu, ekonomi yang terus berkembang menarik ekspatriat untuk menaruh uang mereka atau bahkan pindah ke kota itu sendiri. Para profesional, pebisnis, dan banyak jenis pekerjaan lain sama-sama berkumpul di Jakarta untuk hidup. Karena permintaan akan perumahan di Jakarta meningkat pesat sepanjang tahun, biaya hidup dan perumahan juga meroket. Namun perlu diingat, meski harganya naik, namun tinggal di Jakarta masih relatif lebih murah dibandingkan kota besar lainnya jika dibandingkan dengan Tokyo dan New York.

Menemukan akomodasi jangka panjang di Jakarta bisa menjadi tantangan, terutama bagi ekspatriat. Sama seperti di tempat lain di dunia, pindah ke negara lain untuk pertama kalinya akan membuat kamu gugup dari waktu ke waktu. Kepadatan penduduk yang tinggi dan peraturan yang rumit hanyalah salah satu dari sedikit masalah yang akan kamu hadapi saat pindah ke Jakarta.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Flokq hadir untuk memberi panduan dengan langkah-langkah dasar mencari akomodasi jangka panjang di Jakarta. Dari pilihan hunian, lokasi terbaik hingga kearifan lokal yang harus kamu waspadai sebelum pindah ke sini. Jadi, inilah panduan menemukan tempat tinggal jangka panjang di Jakarta, khusus untuk kamu.

Peraturan Pembelian dan Sewa untuk Ekspatriat

house with pool jakarta long term accommodation guide

Meski terdapat banyak kompleks perumahan dan apartemen di seluruh Jakarta, kami menyarankan kamu untuk mencari yang ramah ekspatriat dan juga terletak di lokasi yang strategis. Menjadi orang asing di Jakarta mungkin tidak mudah untuk pertama kalinya karena tidak semua orang di sini berbicara bahasa Inggris dengan baik. Selain itu, kamu mungkin perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidup dan budaya kota ini.

Jika kamu ingin membeli rumah atau apartemen di Jakarta, kamu harus terlebih dahulu mengetahui peraturan Hak Pakai yang dikenal secara lokal. Peraturan ini mengakomodasi kondisi ekspatriat untuk dapat membeli properti perumahan di Indonesia. Peraturannya adalah sebagai berikut:

  1. Kumpulan harga minimum tetap untuk properti per wilayah
  2. Properti dapat dibeli dari penjual bekas dengan kriteria tertentu
  3. Orang asing dan keluarganya hanya diperbolehkan memiliki maksimal satu properti
  4. Luas tanah (untuk rumah) dibatasi hingga 2000 meter persegi
  5. Properti dapat digadaikan di bank atau lembaga keuangan Indonesia mana pun
  6. Orang asing diharuskan untuk mempertahankan visa izin tinggal mereka selama masa kepemilikan properti mereka
  7. Ketika meninggalkan Indonesia, Orang Asing harus melepaskan atau mengalihkan Hak Pakai kepada orang lain yang memenuhi semua persyaratan untuk memiliki properti di Indonesia (Orang Asing lain atau Warga Negara Indonesia) dalam waktu satu tahun setelah keberangkatannya dari Indonesia.
  8. Orang asing dapat membeli rumah di Indonesia untuk jangka waktu awal 30 tahun, yang dapat diperpanjang selama 20 tahun lagi dan kemudian dapat diperpanjang selama 30 tahun lagi.

Namun, karena ekspatriat biasanya bekerja atau tinggal di Jakarta hanya untuk beberapa bulan atau tahun, mereka biasanya memilih untuk menyewa daripada membeli rumah atau apartemen. Apartemen di Jakarta relatif mahal jika dibandingkan dengan jenis hunian lainnya. Namun, hal tersebut hadir dengan keunggulan fasilitas yang canggih dan lokasi yang strategis. Sebagian besar ekspatriat memilih tinggal di distrik teratas Jakarta. Salah satu contohnya adalah Kemang dengan banyak tempat hiburan dan Sudirman karena hanya beberapa menit dari Central Business District tersibuk di Jakarta.

Baca Juga: Things You Need to Know about Rented Houses in Jakarta

Jika kamu menyewa apartemen yang dimiliki perorangan dan bukan merupakan unit dari pengembang aslinya, kamu akan menyewa dari pemilik sebelumnya. Selain itu, semua transaksi legal akan dilakukan dengan mereka. Biasanya, perusahaan sponsor dan / atau perusahaanmu akan menyewa apartemen atas nama karyawan. Jadi, perusahaan tersebut akan menjadi “penyewa” dan kamu sebagai ekspatriat, akan terdaftar sebagai penyewa. Ini adalah salah satu cara paling nyaman untuk melewati dokumen sewa apartemen. Padahal, bisa butuh waktu lebih lama untuk pekerjaan administrasi bagi orang asing untuk menyewa apartemen di Jakarta.

Wilayah

Secara teknis, Jakarta lebih dari sekadar kota. Jika kamu belum menyadarinya, Jakarta adalah provinsi tersendiri dan memiliki 5 kota administratif dan satu badan administratif. Berikut adalah list area di Jakarta dan lokasi terbaik untuk kamu menginap nanti.

Jakarta Pusat

central jakarta jakarta long term accommodation guide

Jakarta Pusat bisa dibilang pusat administrasi, politik, distrik keuangan Jakarta. Sebagian besar gedung pencakar langit Jakarta dan pusat perbelanjaan modern terletak di daerah ini. Beberapa orang akan mengatakan bahwa infrastruktur sosial di Jakarta Pusat lebih baik daripada di tempat lain di kota.

Jakarta Selatan

jakarta long term accommodation guide

Bagian Jakarta ini mungkin tempat paling asyik untuk nongkrong. Kamu dapat menemukan pusat perbelanjaan kelas atas, gedung perkantoran, sekolah internasional papan atas, dan real estate yang sangat mahal.

Jakarta Barat

west jakarta jakarta long term accommodation guide

Daerah ini kurang populer bagi ekspatriat, tetapi memiliki mal dan kantor mutakhir sendiri. Daerah ini biasa dikenal dengan komunitas Tionghoa-Indonesianya.

Jakarta Utara

north jakarta jakarta long term accommodation guide

Area lain yang kurang populer untuk ekspatriat karena sebagian besar merupakan kawasan industri dan rumah bagi pelabuhan terpenting Jakarta.

Jakarta Timur

east jakarta jakarta long term accommodation guide

Area yang kurang ramah hunian untuk ekspatriat. Di daerah ini, ini terutama merupakan kawasan industri. Wilayah ini memiliki bandara sendiri (Halim Perdana Kusuma).

Kepulauan Seribu

pulau seribu jakarta long term accommodation guide

Area daratan yang terpisah dari Jakarta dengan banyak pulau dan tempat liburan yang indah. Namun, tempat ini umumnya untuk tujuan liburan daripada tempat tinggal yang ideal untuk ekspatriat.

Mencari Hunian Yang Tepat

Mencari penginapan di Jakarta tidaklah sulit. Setelah kamu mendapatkan dokumen dan mengetahui lokasi ideal di mana kamu akan tinggal, sisanya akan baik-baik saja. Kamu dapat mulai memilih tempat menginap yang tepat dengan menjelajahi internet. Jika kamu belum menyadarinya, Flokq dapat membantu mengatasi masalah ini. Kunjungi situs web kami untuk melihat apartemen paling ramah ekspatriat. Kamu juga bisa menemukan komunitas yang akan meringankan kesulitanmu untuk menetap di Jakarta. Namun, jika perusahaanmu terkenal memiliki ekspatriat yang bekerja di Jakarta sebelumnya atau jika kamu memiliki teman sendiri di kota, sebaiknya kamu juga memiliki beberapa referensi orang dalam untuk mencari tempat tinggal di kota.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Kost Eksklusif di Jakarta Selatan Dengan Harga Yang Terbaik

5 Kost Eksklusif di Jakarta Selatan Dengan Harga Yang Terbaik

Rent an Apartment in South Jakarta: Luxury Apartment Under 20 Million!

Rent an Apartment in South Jakarta: Luxury Apartment Under 20 Million!

Rent An Apartment Monthly In Jakarta That Allows Pets

Rent An Apartment Monthly In Jakarta That Allows Pets

Monthly Rental Jakarta: 6 Monthly Rental Apartments With Fully Equipped Gym

Monthly Rental Jakarta: 6 Monthly Rental Apartments With Fully Equipped Gym

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *