Tips untuk Mengatasi Homesick

Tips untuk Mengatasi Homesick

Pergi jauh dari rumah untuk hidup terpisah dari keluarga akan menjadi pengalaman yang menarik. Baik kamu tinggal sendiri atau bersama teman sekamar, kamu harus merasakan kemandirian dan kebebasan yang kamu dambakan sejak SMA. Tetapi begitu rasa rindu akan rumah muncul, kamu mungkin merasa tidak nyaman, cemas, dan sangat ingin pulang bahkan ketika kamu tahu kamu tidak bisa. Jangan khawatir, karena kami punya 5 tips untuk membantu kamu mengatasi kerinduan kamu. Simak berikut ini!

Baca juga: Tips Hidup dengan Teman Sekamar

1. Tetap Berhubungan Secukupnya

keep in touch puzzle homesickness

Berada jauh dari orang yang kita cintai dan terus-menerus menghabiskan sebagian besar waktu bersama mungkin menjadi salah satu hal terbesar yang membebani kita selama waktu berpisah. Di era teknologi seperti ini, jarak bukanlah sesuatu yang menghalangi kita untuk bersentuhan satu sama lain. Melalui media sosial, panggilan suara dan video, kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja dengan mudah, kapanpun kita mau. Jika kamu merasa perlu untuk mendengarkan suara ibu kamu, atau mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh sahabat kamu, jangan ragu untuk menelepon dan berbicara.

Tetap terhubung dengan keluarga dan teman di rumah sangatlah penting. Namun, jangan biarkan diri kamu menjadi terlalu bergantung padanya atau sebaliknya, itu akan membuat usaha kamu untuk melupakan rasa rindu rumah kamu semakin keras. Atur panggilan telepon mingguan, mungkin setiap akhir pekan, sehingga kamu memiliki banyak hal untuk dibicarakan dan tetap kuat dalam adaptasi kamu dengan lingkungan baru kamu.

2. Jelajahi Lingkungan Kamu

Bagian paling menarik tentang pindah ke tempat baru adalah mengenal lingkungan sekitar kamu dan mempelajari sesuatu yang baru. Dengan cara ini, kamu dapat menemukan hal-hal yang mungkin tidak pernah kamu ketahui tentang tempat tersebut, atau bahkan membuat kamu semakin tertarik dengan area baru tersebut. Entah itu kedai kopi yang bagus di ujung jalan, restoran favorit yang selalu dikunjungi orang, atau rutinitas unik yang dilakukan banyak tetangga kamu akan menjadi sesuatu yang cukup menarik untuk kamu pikirkan. Lakukan sedikit riset tentang tempat tinggal kamu, apa yang spesial dari tempat itu, dan temukan beberapa bangunan terkenal yang pasti layak dikunjungi oleh pendatang baru. Kemudian, kamu tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan apa yang terjadi di rumah dan mulai memikirkan apa yang ada di depan kamu. Jadilah turis yang suka berpetualang!

3. Buat Diri Kamu Seperti di Rumah

Salah satu alasan mengapa kita mengalami rindu rumah adalah karena tempat baru kita belum terasa seperti rumah sendiri bagi kita. Itulah sebabnya, satu hal yang harus diselesaikan adalah membuat diri kamu seperti di rumah sendiri, dimulai dengan mendekorasi tempat baru kamu agar lebih terasa seperti kamar kamu di rumah. Bawalah pakaian yang akan mengingatkan kamu pada bau rumah atau suasana ruang tamu, dan letakkan di tempat tidur baru kamu. Atau, masak tiruan masakan ibumu. Ini akan memberi kamu perasaan seperti di rumah dan membawa kenyamanan bagi diri kamu sendiri. Kemudian, bertemanlah dengan tetangga kamu atau temukan komunitas di sekitar yang akan membuat kamu merasa didukung. Cara lain adalah menemukan ruang yang memberikan rasa keakraban, baik itu kafe, perpustakaan, taman, atau di mana pun yang dapat membuat kamu merasa di rumah.

4. Buat Rutinitas Baru

Baca juga: Rutinitas Sehat di Jakarta

Rutinitas Pagi Terbaik untuk Tetap Bugar

Terkadang, segala sesuatunya tiba-tiba menjadi sangat membosankan, bahkan saat melakukan hal-hal yang selalu kamu nikmati selama bertahun-tahun. Mungkin tempat kamu telah meredupkan semangat kamu karena kerinduan. Salah satu cara untuk melawan kebosanan ini adalah dengan menemukan rutinitas baru, harian atau mingguan. Ini tidak hanya berarti melakukan hal-hal dasar seperti bangun pada waktu yang sama atau memasak sarapan setiap pagi, tetapi lebih merupakan aktivitas yang menyenangkan dan interaktif. Rencanakan belanja bahan makanan dengan menu khusus untuk dibuat setiap minggu atau atur malam bersama teman-teman kamu setiap Jumat malam atau akhir pekan untuk bersenang-senang bersama.

5. Olahraga Secara Rutin

exercise yoga during homesickness

Beberapa orang menganggap olahraga sebagai coping mechanism. Ini mengalihkan pikiran mereka ke sesuatu yang tidak hanya membawa kesenangan dan membuat mereka sibuk selama waktu senggang, tetapi juga membantu mereka menjadi bugar dan mempertahankan gaya hidup sehat. Setelah kamu terbiasa dengan rutinitas dan lingkungan baru, kamu dapat mengetahui jenis olahraga apa yang dapat kamu lakukan atau jelajahi dari gym terdekat. Atau, sesi latihan rutin di rumah dari tutorial Youtube juga akan sempurna untuk membuat kamu bugar dan cukup sibuk dari merenungkan kampung halaman kamu. Dapatkan ototmu sekarang, oke!

Temukan Studio Butik Fitness Terbaik Di Jakarta

6. Treat Yourself

Adaptasi bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh kebanyakan orang. Dibutuhkan usaha, untuk membiasakan diri dengan rutinitas baru, mengenal orang baru, sekaligus mengatasi perasaan rindu rumah dan merindukan teman di rumah. Proses ini dapat membawa kamu ke keadaan stres dan bahkan memperburuk rasa rindu rumah kamu. Jadi, sekali atau dua kali penting bagi kamu untuk memanjakan diri sendiri. Jenis camilan apa, kamu mungkin bertanya. Bisa apa saja, selama itu terasa seperti hadiah yang bermanfaat buat kamu! Mungkin liburan  singkat ke pantai terdekat, perawatan salon dan spa, atau makan malam mewah ke restoran favorit kamu. Apapun yang membuat kamu merasa bahagia dan puas lagi, kamu pantas mendapatkannya!

7. Tetap Positif 

Kerinduan adalah salah satu bentuk kecemasan. Ini memberi kamu perasaan tidak nyaman, mematikan semangat kamu untuk melakukan apa saja, bahkan membuat kamu merasa mual-mual. Itulah mengapa kamu bisa mengatasi perasaan itu dengan tidak membiarkan diri kamu dan pikiran dikonsumsi oleh energi negatif. Tetaplah positif dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, bersyukur setiap hari, tetap termotivasi oleh orang yang kamu cintai atau impian yang kamu kejar. Jangan biarkan hal baru menghalangi kamu untuk menjadi versi terbaik dari diri kamu sendiri. Ingat, setiap hal besar terjadi melalui kesulitan. Berfokus pada hal kamu dan selalu mendorong akan membawa kamu ke tempat yang kamu inginkan. Kerinduan tidak berarti apa-apa bagi kamu!

Kami harap kamu dapat mengatasi kerinduan dengan lebih baik setelah membaca artikel ini. Mungkin butuh waktu, tetapi kami sangat yakin kamu pasti akan melewati ini!

Avatar

Hello Flokq

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *