Tips Untuk Tetap Produktif Selama Work From Home

Tips Untuk Tetap Produktif Selama Work From Home

Akibat pandemi COVID-19, pemerintah telah memerintahkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran virus. Akibatnya, masyarakat terpaksa tinggal di rumah untuk melanjutkan studi dan bekerja. Bagi sebagian orang, tinggal di rumah dapat mempengaruhi produktivitas mereka, karena lebih mudah bermalas-malasan di sekitar zona nyaman mereka. Jika kamu salah satu dari orang-orang itu, jangan khawatir. Saatnya mengubah diri dan menjadi lebih produktif meskipun kamu harus melakukan segalanya di rumah. Berikut beberapa tips untuk tetap produktif selama Work From Home yang bisa kamu coba.

Untuk membaca tentang apartemen berperabotan lengkap yang terjangkau di Jakarta klik di sini

1. Buat atau Siapkan Ruang Kerja Sendiri 

Tips tetap produktif selama WFH: Siapkan ruang kerja
source: archify.com

Agar kamu dapat fokus pada pekerjaan, terutama di rumah dimana zona nyamanmu berada, penting untuk membuat ruang khusus yang didedikasikan untuk menyelesaikan tugasmu. Mungkin bisa saja hanya terdiri dari meja dan kursi, sesederhana itu. Kamu juga bisa mendekorasinya agar terlihat lebih bagus. Pastikan luas dan nyaman sesuai dengan keinginanmu. Lebih baik jika kamu memiliki ruang di mana kamu dapat menutup pintu untuk mencegah agar tidak terganggu dan lebih produktif.

2. Membuat To-Do List

Tips tetap produktif saat work from home: buat to-do list
source: mentalfloss.com

To-Do list di sini dimaksudkan untuk mengingatkan kamu tentang apa yang perlu kamu lakukan setiap hari dan untuk membuat kamu tetap pada jalur aktivitas yang seharusnya. To-Do list juga akan bermanfaat karena kamu juga dapat merencanakan waktu pada setiap aktivitas yang perlu kamu lakukan, sehingga kamu dapat menyelesaikan semuanya di penghujung hari sebelum istirahat. Karena itu, cara ini juga untuk mencegah kamu bekerja terlalu banyak. Bagaimanapun, perencanaan dan manajemen waktu masih sama pentingnya dalam melakukan pekerjaanmu.

3. Olahraga 

Tips tetap produktif saat work from home: berdiskusi dengan keluarga
source: verywellfit.com

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kamu harus berolahraga sementara kamu memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Namun, olahraga di sini bertujuan untuk melatih pikiran dan tubuhmu agar menjadi lebih baik. Olahraga tidak hanya membuat tubuh tetap bugar, membantumu tetap sehat dan fit, namun terbukti secara ilmiah bahwa orang yang rutin berolahraga juga cenderung fokus pada sesuatu yang lebih baik, dan mereka cenderung lebih produktif. Tidak harus olahraga yang berat, kamu bisa melakukan olahraga favorit (segala jenis olahraga) sendiri atau bersama keluarga selama 10-30 menit di tengah-tengah jadwal aktivitasmu.

Baca juga: olahraga yang mudah di rumah untuk kamu coba.

4. Berdiskusi dengan keluarga di rumah

the value of family meetings
source: childandfamilymentalhealth.com

Agar kamu bisa lebih nyaman dalam melakukan kegiatan produktif selama work from home (WFH), orang atau keluarga kita secara umum mungkin menjadi gangguan terbesar yang kita miliki selama WFH atau bekerja dari rumah. Oleh karena itu, penting untuk kamu berdiskusi dan meminta kerja sama mereka setiap kali kamu memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Kamu harus membuat mereka mengerti tentang apa yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugasmu. Ini bukan berarti kamu harus mengisolasi diri dari orang-orang di sekitarmu. Misalnya, minta pengertian mereka agar tidak mengganggu di sekitar jam-jam tertentu karena kamu bekerja di sekitar periode waktu tersebut.

5. Mendengarkan musik instrumental

listen to some intrumental music
source: wellandgood.com

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa mendengarkan musik instrumental sangat membantu untuk membuatmu tetap fokus daripada mendengarkan jenis musik lain pada umumnya. Karena musik instrumental tidak memiliki lirik apa pun, hal itu tidak akan mengalihkan konsentrasimu. Ini akan sangat berdampak jika kamu dapat mendengarkannya melalui headphone, menjaga kebisingan lain yang dapat mengalihkan perhatianmu. Namun, jika kamu merasa bekerja lebih baik tanpa suara atau musik di sekitar, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk mendengarkan musik instrumental. Beberapa orang lebih suka mendengarkan sesuatu saat bekerja karena mereka menikmatinya, sedangkan beberapa tidak. Setiap orang berbeda.

6. Jaga Kesehatan

eat healthy foods
source: sharktales.weebly.com

Kamu tidak dapat melakukan pekerjaan sebaik mungkin, bahkan ketika kamu melakukannya dari rumah, jika kamu sakit. Sekalipun kamu bisa, kemungkinan hasilnya akan berbeda jika dibandingkan saat kamu sehat. Terus-menerus di rumah seharusnya tidak menghentikan kamu dari mempertahankan gaya hidup atau makan sayuran dan buah-buahan untuk menjaga kebutuhan vitaminmu tetap utuh. Ini tidak hanya berlaku untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mentalmu. Agar kamu tidak kehabisan tenaga, boleh saja untuk istirahat sejenak, istirahat yang cukup, dan melakukan hobimu sesekali.

7. Jauhi Media Sosial

source: in.mybookshow.com

Batasi durasi ketika kamu dapat mengakses media sosial, karena sulit untuk menyangkal bahwa media sosial dapat paling mengalihkan perhatian kita dari kegiatan produktif kita selama work from home. Kita dapat terus menelusuri media sosial tanpa menyadari bahwa waktu telah berlalu. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu dapat mengalokasikan waktu untuk mengecek media sosial hanya pada saat kamu sedang istirahat. Dengan begitu, jam kerja tidak akan terpengaruh dan kamu tetap dapat mengetahui pemberitahuan penting dari teman dan keluarga. Beberapa orang bahkan lebih suka benar-benar menjauh dari ponsel mereka.

Kamu mungkin juga ingin membaca tentang cara-cara memiliki hubungan yang sehat dengan media sosial di sini.

8. Istirahat

Take a Break!
source: freepik.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penting juga untuk beristirahat di antara setiap aktivitas yang kita lakukan dalam sehari. Ini akan membuat pikiranmu terbebas dari tekanan atau stres untuk sesaat, yang penting untuk menjaga ide tetap mengalir. Sejujurnya, kamu mungkin merasa sulit mendapatkan inspirasi atau ide saat merasa stres atau tertekan. Itu sebabnya, cobalah untuk mengalokasikan waktu tertentu yang didedikasikan untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiranmu. Jika kamu terlalu memaksakan diri, tidak hanya akan mempengaruhi tubuhmu, tetapi juga akan mempengaruhi hasil kerjamu sehingga lebih produktif selama work from home. Jadi, pastikan untuk mengetahui batasanmu sendiri dan kapan kamu perlu istirahat.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu coba di tengah pandemi ini sembari tetap produktif selama work from home. Ingatlah untuk menyesuaikan diri masing-masing dengan dirimu sendiri. Jangan lupa untuk memeriksa tips dan hacks lainnya di blog kami

baca juga tentang hak-hak dasar penyewa apartemen di sini.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Panduan Sewa Apartemen di Thamrin

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

10 Aplikasi Kesehatan Terbaik di Indonesia untuk Menjaga Kesehatan serta Pencegahan Pandemi

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

8 Resep Rice Bowl dengan Berbagai Lauk: Cocok untuk Bekal

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *