Transportasi Dari dan Ke Bandara Soekarno-Hatta

Transportasi Dari dan Ke Bandara Soekarno-Hatta

Kebanyakan orang yang bepergian ke Jakarta akan datang dari Bandara Internasional Soekarno Hatta yang merupakan bandara utama di kota Jakarta. Saat ini, terdapat 3 terminal yang beroperasi di Bandara Soekarno Hatta. Jika kamu datang ke Jakarta dari luar Indonesia, kamu akan tiba di Terminal 2 atau Terminal 3. Yang menentukan apakah kamu tiba di Terminal 2 atau Terminal 3 adalah maskapai penerbangan yang kamu gunakan saat bepergian ke Jakarta. Jika kamu terbang dengan Low-Cost Carrier (LCC), kamu akan tiba di Terminal 2 dan jika kamu terbang dengan Garuda Indonesia atau maskapai layanan penuh lainnya, kamu akan tiba di Terminal 3. Jika ini pertama kali kamu ke Jakarta, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menuju ke kota. Ada banyak cara untuk pergi dari bandara ke kota, seperti dengan taksi, bus, dan kereta api. Dengan artikel ini, kami ingin memandu kamu untuk pergi ke kota dari bandara agar kamu tidak tersesat!

1. Kereta Railink

mrt
Kereta Railink

Bandara Internasional Soekarno-Hatta akhirnya telah membuka kereta bandara berkecepatan tinggi yang disebut dengan Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta. Kereta bandara dibuka pada Desember 2017 dan telah membuktikan bahwa kereta tersebut menarik banyak penumpang baik itu penduduk lokal maupun wisatawan. Rute perjalanan dimulai dari Stasiun Bekasi, Sudirman Baru / Stasiun BNI City, Batuceper, dan berakhir di Soekarno-Hatta. Tetapi dengan menggunakan Kereta Api Soekarno Hatta, kamu mungkin perlu terhubung di salah satu stasiun jalur untuk menyelesaikan perjalanan kamu karena halte agak terbatas. Nah, jika kamu tidak terbiasa berkeliling Jakarta dan khawatir tersesat, mungkin sebaiknya hindari menggunakan Kereta Api Soekarno Hatta sebagai pilihan.

Kereta pertama dari Bandara Soekarno-Hatta berangkat pada pukul 06:20 WIB dan yang terakhir pukul 23:20 WIB. Sedangkan dari Sudirman Baru / Stasiun BNI City, KA pertama berangkat pukul 03:21 WIB dan KA terakhir berangkat pukul 22:51 WIB. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Sudirman Baru ke bandara. Sedangkan untuk tiketnya biayanya sekitar Rp70.000 / orang untuk rute Sudirman Baru – Bandara yang cukup terjangkau. Tiket bisa dibeli secara online atau dari stasiun itu sendiri. Namun, jika kamu berencana langsung ke Bekasi dari bandara, hanya ada 4 kereta api per hari yang berangkat ke Bekasi atau berangkat dari Bekasi. Sedangkan untuk tiketnya biayanya sekitar Rp100.000 / orang untuk rute Bandara Soekarno Hatta – Bekasi.

Jadwal Railink Soekarno Hatta dari Bandara Soekarno-Hatta ke Bekasi

  • 07:50 WIB (Soekarno Hatta) – 08:02 WIB (Batuceper) – 08:36 WIB (Sudirman Baru) -09:20 WIB (Bekasi) 
  • 08:50 WIB (Soekarno Hatta) – 09:02 WIB (Batuceper) – 09:36 WIB (Sudirman Baru) – 10:15 WIB (Bekasi)
  • 10.50 WIB (Soekarno Hatta) – 11:02 WIB (Batuceper) – 11:36 WIB (Sudirman Baru) -12:10 WIB (Bekasi) 
  • 11:50 WIB (Soekarno Hatta) – 12:02 WIB (Batuceper) – 12:36 WIB (Sudirman Baru)- 13:15 WIB (Bekasi) 

Jadwal Railink Soekarno Hatta dari Bekasi ke Bandara Soekarno-Hatta

  • 10:05 WIB (Bekasi) – 10:47 WIB (Sudirman Baru) – 11:24 WIB (Batuceper) – 11:37 WIB (Soekarno Hatta)
  • 11:10 WIB (Bekasi) – 11:47 WIB (Sudirman Baru) – 12:24 (Batuceper) – 12:37 WIB (Soekarno Hatta)
  • 13:13 WIB (Bekasi) – 13:47 WIB (Sudirman Baru) – 14:24 WIB (Batuceper) – 14:37 WIB (Soekarno Hatta) 
  • 14:11 WIB (Bekasi) – 14:47 WIB (Sudirman Baru) – 15:24 WIB (Batuceper) – 15:37 WIB (Soekarno Hatta)

2. Taksi

taxi
Taksi

Taksi adalah pilihan yang paling mahal untuk masuk ke Jakarta, tetapi kamu akan diturunkan di lokasi yang kamu inginkan dan akan menjadi perjalanan yang nyaman karena taksi dilengkapi dengan AC. Jika kamu ingin bepergian ke kota dengan taksi, kamu dapat menemukan jajaran taksi di luar semua terminal bandara. Saat kamu keluar dari terminal, akan ada banyak sekali supir taksi tidak resmi yang menawarkan jasa. Kami menyarankan kamu menggunakan layanan taksi resmi daripada ‘taksi hitam’ karena mereka sering menipu pengunjung dengan berpikir bahwa mereka menawarkan layanan yang lebih murah, padahal sebenarnya tidak.

Perusahaan taksi yang paling direkomendasikan adalah Blue Bird Group. Kamu dapat melihat perusahaan ini melalui stiker di samping mobil mereka dan dari warna kendaraan mereka, tetapi berhati-hatilah agar tidak tertipu karena ada banyak perusahaan yang mencoba meniru tampilan mobil Blue Bird Group. Jika kamu menginginkan peningkatan pada perjalanan kamu, maka kamu mungkin ingin mencari Silver Bird yang merupakan versi kelas atas Blue Bird. Jika kamu mencari layanan limosin untuk pergi dari bandara, kamu juga dapat mencoba kelas Golden Bird.

Baca juga: Panduan Singkat Melatih Perjalanan di Indonesia

3. Bus

bus sinar jaya
Bus

Jika kamu mencari pilihan yang lebih terjangkau untuk pergi ke Jakarta, kamu mungkin ingin mempertimbangkan pilihan untuk menggunakan bus. Destinasi terpopuler adalah Stasiun Gambir yang terletak tepat di tengah kota, di mana kamu juga bisa berganti moda transportasi alternatif. Namun, terdapat destinasi lain juga, seperti Terminal Bus Blok M, Terminal Bus Lebak Bulus, Terminal Bus Kampung Rambutan, Terminal Bus Bekasi, dan banyak lagi lainnya. Transportasi ke kota dengan bus adalah pilihan yang paling hemat dengan harga mulai dari Rp 20.000,00 / orang.

Selain transportasi dengan bus sangat terjangkau, ini adalah pilihan perjalanan yang cukup fleksibel. Cari tanda Bus Bandara DAMRI setelah kamu keluar dari terminal. Bus biasanya lewat setiap 15 menit atau lebih. Kamu bisa membeli tiketnya di loket tiket yang terletak di halte bus, sehingga tidak perlu memesan terlebih dahulu. Bus mulai beroperasi saat subuh hingga larut malam. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir jika tiba di Jakarta pada pukul 03.00 WIB dini hari. Meski tujuan akhir bus adalah halte bus, kamu juga bisa meminta sopir bus untuk berhenti di gerbang tol terdekat untuk kamu berjalan kaki menuju tempat tujuanmu. Itulah mengapa kami mengatakan bahwa bepergian dengan bus lebih fleksibel.

Itulah beberapa pilihan transportasi dari dan ke Bandara Soekarno Hatta ke kota. Kami harap artikel ini dapat membantu kamu mencapai Jakarta!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Best Kos-kosan Near Semanggi

Best Kos-kosan Near Semanggi

Coworking Space Terbaik di BSD

Coworking Space Terbaik di BSD

Apartemen Murah untuk Sewa Bulanan di Jakarta

Apartemen Murah untuk Sewa Bulanan di Jakarta

Coworking Space Terbaik di Sekitar Kuningan

Coworking Space Terbaik di Sekitar Kuningan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *