8 Cara Keliling Bali dengan Transportasi Umum

8 Cara Keliling Bali dengan Transportasi Umum

Ketika mendengar tentang pariwisata Indonesia, tentunya yang pertama terlintas di benak Anda adalah Bali. Bali merupakan pulau kecil yang memiliki pesona wisata kelas dunia. Setiap tahunnya, Bali tidak akan pernah kehabisan wisatawan yang berkunjung untuk liburan. Mulai dari pantai Kuta, Jimbaran, Nusa Penida, Garuda Wisnu Kencana, Pura Besakih, hingga Waterbom Bali selalu menjadi tujuan wisata. Untuk menjangkau semua tempat wisata pulau Bali, maka anda membutuhkan jenis transportasi darat yang tepat di Bali.

Namun setelah memutuskan mau kemana selama di Bali, masalah selanjutnya adalah kendaraan apa yang ingin kamu tumpangi selama di Bali? Ada banyak pilihan transportasi di Bali yang bisa Anda gunakan. Mulai dari angkutan umum di Denpasar hingga kendaraan pribadi, semuanya tersedia penuh.

Harga yang ditawarkan untuk setiap jenis transportasi juga bervariasi. Anda hanya perlu menentukannya berdasarkan kebutuhan Anda, dan anggaran liburan Anda. Berikut jenis transportasi di Bali yang akan Anda temui:

1. Trans Sarbagita

Jika Jakarta punya Trans Jakarta, maka Bali punya Trans Sarbagita. Angkutan umum yang resmi beroperasi sejak 2011 ini masuk dalam kategori Bus Rapid Transit (BRT). Pengguna Trans Sarbagita terdiri dari masyarakat sekitar dan wisatawan. Umumnya wisatawan yang menggunakan Trans Sarbagita adalah mereka yang menyukai liburan ala backpacker. Pasalnya, harga tiket Trans Sarbagita relatif murah. Tarif tiket untuk dewasa adalah Rp 3.500, sedangkan untuk pelajar hanya Rp 2.500.

Trans Sarbagita Transportasi Bali

Berdasarkan informasi dari situs resminya, Trans Sarbagita mulai beroperasi dari pukul 06.15 hingga 14.00. Nomor call center juga tertera di halaman resmi jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang rute Trans Sarbagita. Namun perlu diingat, kondisi transportasi di Bali yang sering macet, serta jumlah armada bus yang terbatas membuat frekuensi kedatangan Trans Sarbagita seringkali terlambat.

Perbedaan kedatangan antar bus bisa mencapai 30 hingga 60 menit. Jadi, jika Anda ingin merasakan sensasi berkeliling Bali dengan harga murah, dan tidak bermasalah dengan durasi perjalanan yang lama, Trans Sarbagita adalah transportasi yang tepat untuk Anda.

Rute

KoridorRuteStatus
1Kota – Garuda Wisnu KencanaBeroperasi
2Batubulan – Sentral Parkir Kuta – Nusa DuaBeroperasi
3Sanur – Renon – PetitengetDalam Perencanaan
4Batubulan – Gatsu – BandaraDalam Perencanaan
5Sanur – Kedewatan – UbudDalam Perencanaan
6Mengwi – Kota – Pelabuhan BenoaDalam Perencanaan
7Tabanan – Mengwi – BandaraTutup
8Sentral Parkir Kuta – Tanah LotDalam Perencanaan
9Batubulan – Kota – Sentral Parkir KutaDalam Perencanaan
10Sanur – Bandara – Nusa DuaDalam Perencanaan
11Mahendradatta – Sanur – LebihTertutup
12Sanur – Kota – CangguDalam Perencanaan
13Gianyar – Mengwi – TabananDalam Perencanaan
14Ubung – Buluh Indah – Sentral Parkir KutaDalam Perencanaan
15Mengwi – Dalung – BatubulanDalam Perencanaan
16Tegal – MambalDalam Perencanaan
17Mengwi – Darmasaba – BatubulanDalam Perencanaan
Trans Sarbagita’s Route

Di terminal Di terminal bus seperti Batubulan, penumpang Trans Sarbagita dapat beralih menggunakan layanan angkutan umum lainnya untuk menjangkau tempat-tempat yang belum terjangkau atau berada di luar jangkauan Trans Sarbagita seperti Ubud dan K lungkung. Sistem pembayaran antara kedua moda tersebut tidak terintegrasi.

2. Bus Kura-Kura (Turtle Bus)

Jika Anda merasa Trans Sarbagita kurang cocok sebagai transportasi wisata di Bali, maka Anda harus mencoba yang satu ini yaitu Bus Kura-Kura. Bus Kura-Kura merupakan angkutan umum berupa bus berwarna hijau dan kuning menggemaskan yang menyerupai motif cangkang penyu. Jenis armada terbagi menjadi 3 yaitu, Bus Mini Pendek (12 kursi), Bus Mini Panjang (15 kursi), dan Bus Sedang (29 kursi).

Tidak sedikit wisatawan yang memilih menggunakan Bus Kura-Kura karena fasilitas yang ditawarkan di setiap bus sangat lengkap. Mulai dari AC, Free WiFi, LCD, bagasi, hingga colokan listrik. Penumpang juga akan mendapat tempat duduk, jadi tidak ada yang namanya berdiri berdesak-desakan.

Kura-Kura Bus Transportasi Bali

Variasi harga Bus Kura-Kura berkisar antara Rp 20.000 – Rp 80.000 tergantung antrean. Bus Kura-Kura memiliki 2 jenis tiket yaitu Single / Trip Ticket dan Day Pass. Untuk Single / Trip Tickets, setiap penumpang bisa memilih tiket seharga Rp 20.000 atau Rp 80.000 untuk satu trip di setiap jalur. Namun, Anda tidak bisa menggunakan tiket seharga Rp80.000 untuk perjalanan melalui jalur yang harganya Rp20.000.

Sedangkan untuk Day Pass, setiap penumpang bisa memilih untuk membeli 1 Hari (Rp 100.000), 3 Hari (Rp 150.000), atau 7 Hari (Rp 250.000). Jenis tiket ini cocok untuk Anda yang ingin menjelajah berbagai lokasi di Bali sekaligus tanpa harus repot membeli tiket. Menariknya, proses pembayaran untuk pembayaran tiket relatif mudah. Dengan Paypal atau kartu kredit, tiket Bus Kura-Kura sudah siap di tangan Anda.

Bus Kura-Kura juga termasuk asuransi perjalanan pada setiap tiket yang Anda beli. Selain itu, untuk menambah kemudahan dalam menggunakan Bus Kura-Kura, kamu bisa mendownload aplikasi Bus Kura-Kura di Play Store atau App Store. Tujuan dari penggunaan aplikasi ini adalah untuk memantau pergerakan bus yang akan sampai di halte dan untuk mengetahui lokasi halte yang terdekat dengan anda.

Bus Kura-Kura cocok untuk anda yang ingin mencoba transportasi umum di Bali, mengedepankan faktor kenyamanan dan kepraktisan dalam urusan transportasi, serta budget lebih hemat.

Rute

Selain itu, rute Bus Kura-Kura juga cukup lengkap karena terdiri dari 12 jalur yang berbeda. 12 baris tersebut adalah:

  • LINE 1 A [NUSA DUA → KUTA → LEGIAN → NUSA DUA]
  • LINE 1 B [NUSA DUA → SEMINYAK → LEGIAN → NUSA DUA]
  • LINE 1 C [NUSA DUA → UBUD → NUSA DUA]
  • LINE 2 A [JIMBARAN → KUTA → LEGIAN → JIMBARAN]
  • GARIS 2 B [JIMBARAN → SEMINYAK → LEGIAN → JIMBARAN]
  • GARIS 2 C [JIMBARAN → UBUD → JIMBARAN]
  • GARIS 3 A [DFS → KUTA → LEGIAN → SEMINYAK → DFS]
  • GARIS 3 B [KUTA → LEGIAN → UBUD → SANUR → DFS → KUTA → LEGIAN]
  • LINE 3 C [KUTA → LEGIAN → DFS → SANUR → UBUD → SANUR → DFS → KUTA → LEGIAN]
  • LINE 4 A [DFS → SEMINYAK → LEGIAN → KUTA → DFS]
  • LINE 4 B [SEMINYAK → DFS → SANUR → UBUD → SANUR → DFS → SEMINYAK]
  • LINE 4 C [SEMINYAK → SANUR → UBUD → SANUR → DFS → SEMINYAK]

Info lebih lanjut kunjungi: http://in.kura2bus.com/page/bus- garis

3. Dokar Hias Denpasar Heritage City Tour

Melihat tingginya antusias wisatawan saat berkunjung ke pulau Bali, tidak membuat pemerintah daerah tinggal diam. Dengan misi melestarikan transportasi tradisional Bali, pemerintah mencanangkan program Dokar Hias Heritage City Tour.

Dokar adalah gerbong yang ditarik oleh seekor kuda. Transportasi ini masih umum di Bali meski jumlahnya hanya sedikit. Berdasarkan hal tersebut, pemerintah akhirnya mencanangkan program tersebut agar wisatawan lebih mengenal sisi tradisional Bali.

Dokar Bali Transportasi

Rute yang ditempuh oleh Dokar Hias Denpasar Heritage City Tour dimulai dari Kantor TIC Denpasar, kemudian Museum Bali, dilanjutkan ke Pura Jagatnatha, Puri Agung Jrokuta, Pasar Badung, Jalan Gajah Mada, Catur Muka area, Hotel Inna Bali, kemudian berakhir di kantor TIC.

Dokar yang menjadi anggota program ini juga dihiasi semenarik mungkin dengan ornamen Bali. Dikutip dari Dinas Pariwisata setempat, pemerintah bahkan menyediakan angkutan kereta hias ini secara gratis pada hari Sabtu dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WITA.

Jika Anda tertarik berkeliling kota Denpasar dengan Dokar Hias Heritage City Tour, Anda bisa langsung mendatangi kantor Tourist Information Center untuk proses pendaftaran.

4. Bus Antar-Jemput Komotra

Bali memiliki bus antar-jemput mini yang disebut Komotra. Jika Anda melihat bus kecil ini melintas di depan mata Anda, Anda akan langsung tahu bahwa itu adalah Komotra. Mini Bus Komotra memiliki cat berwarna di sepanjang badan bus yang menggambarkan objek wisata Bali, dengan pintu dan jendelanya terbuka tanpa kaca. Sebuah Komotra dapat memuat hingga 20 orang, tetapi tidak jarang Anda menemukan Komotra dengan hingga 30 penumpang.

Komotra Transportasi Bali

Komotra hadir untuk mengantarkan wisatawan yang terdiri dari rombongan besar jika ingin ke pantai Kuta. Karena Tempat Parkir Kuta dan Pantai Kuta berjarak kurang lebih 3 kilometer, maka Komotra biasa digunakan sebagai transportasi.

Banyak wisatawan yang memilih menggunakan Komotra saat ke pantai Kuta karena bisa turun langsung di depan gerbang pantai selatan. Tak hanya itu, harga tiket untuk satu penumpang Komotra hanya dipatok Rp 10.000. Tak heran jika komotra ini selalu laris manis terutama dari sore hingga malam hari. Tidak hanya kawasan Kuta, Komotra juga melewati jalur terminal Legian, Seminyak dan Bali.

5. Taksi Konvensional

Berbagai armada taksi banyak tersedia di pulau Bali. Jenis transportasi ini cukup laris karena bisa mengantar Anda kemana saja di Pulau Dewata. Jika Anda berlibur dengan budget lebih dan mengutamakan efisiensi waktu perjalanan, maka taksi bisa menjadi pilihan yang tepat. Umumnya, Anda dapat memesan taksi dari loket resmi di hotel, restoran, pusat perbelanjaan, atau melalui telepon. Beberapa armada bahkan menyediakan operator yang bisa berbahasa Inggris untuk memudahkan Anda memesan taksi.

Transportasi Taksi Bali

Pilihan jenis mobil taksi tidak hanya sedan, tetapi juga disesuaikan dengan model mobil terbaru saat ini. Tarif meteran yang ditetapkan juga tergolong terjangkau. Dengan tarif argo mulai dari Rp. 4.000 – Rp. 5.000, anda bisa berwisata ke segala pelosok, bahkan taksi konvensional juga cocok untuk anda yang membutuhkan transportasi dari ubud ke kuta misalnya. Jenis armada taksi konvensional yang ada di Bali adalah Blue Bird, Taksi Komotra Bali, Taksi Lovina, Yuli Trans, Wahana Dharma Taksi, dan masih banyak lagi.

6. Transportasi Online Transportasi

online di Bali peminatnya cukup banyak. Nama-nama besar seperti Go-Jek atau Grab di Bali umumnya juga mudah ditemukan di sini. Transportasi online terdiri dari 2 jenis yaitu ojek dan ojek online. Bagi Anda yang bepergian sendirian, dan mengedepankan kepraktisan dalam berkendara, naik ojek online adalah keputusan yang bijak. Variasi harga yang ditawarkan untuk beberapa kilometer pertama cukup murah, mulai dari Rp 10.000.

Transportasi Online Bali - Gojek atau Grab

Sedangkan bagi anda yang sedang berlibur bersama teman atau keluarga, maka anda membutuhkan taksi online. Harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan tarif ojek online. Keistimewaan menggunakan transportasi online adalah kemudahan memesan armada dari sentuhan jari di layar ponsel. Selain itu, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan biaya meteran yang membengkak selama perjalanan. Pasalnya, total ongkos perjalanan sudah terlihat dari awal pemesanan.

Namun transportasi online masih memiliki beberapa kekurangan akibat bentrok dengan taksi dan ojek konvensional. Salah satunya, pengemudi dilarang menjemput penumpang di tempat-tempat tertentu seperti terminal atau area sentral terkenal lainnya. Biasanya solusi yang digunakan adalah agar pengemudi dan penumpang sepakat bertemu di titik yang agak jauh dari kawasan terlarang. Jadi memang butuh tenaga ekstra jika ingin menggunakan transportasi online di tempat-tempat vital sebuah kota.

7. Sewa Motor

Sewa motor di Bali bisa menjadi solusi alternatif bagi anda yang tidak ingin terjebak kemacetan dan sangat mengutamakan efisiensi waktu. Bahkan banyak turis mancanegara memilih menyewa motor di Bali. Syarat menyewa motor cukup mudah. Hanya dengan menggunakan KTP dan SIM C Anda, Anda dapat menyewa unit motor selama yang dibutuhkan.

Sewa Motor - Transportasi Bali

Harga yang dipatok untuk menyewa motor bervariasi pada kisaran harga Rp35.000 hingga Rp60.000 per hari. Tidak hanya sewa harian, Anda juga bisa menyewa secara mingguan, atau bahkan bulanan. Motor yang disewakan biasanya dilengkapi dengan helm dan jas hujan. Pilihan motor yang disewakan umumnya tipe matik karena kemudahan pengoperasiannya. Namun Anda juga bisa memilih menyewa motor manual jika lebih mudah digunakan.

Baca juga: Panduan Lengkap Sewa Motor di Bali

8. Sewa Mobil

Driveinbali.com

Sewa mobil di Bali adalah solusi paling favorit di antara mayoritas wisatawan. Jika anda liburan ke Bali dengan jumlah anggota keluarga yang banyak, maka rental mobil adalah jawabannya. Anda bisa menentukan sendiri jenis mobil yang tersedia berdasarkan kapasitas atau yang sesuai dengan selera Anda. Dengan kisaran harga mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 1.000.000 dan masa sewa harian atau mingguan, menyewa mobil ternyata bisa menghemat biaya transportasi Anda selama berada di Bali.

Tidak hanya itu, pada umumnya perusahaan rental memberikan pilihan sewa mobil dengan kunci, atau ditemani oleh supir yang juga bisa berperan sebagai pemandu wisata yang ramah. Saat memutuskan untuk menyewa mobil di Bali, sederet rental mobil hadir untuk membantu Anda memilih mana yang terbaik.


Itulah 8 jenis transportasi di Bali untuk berkeliling. Setiap transportasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Hal terpenting adalah Anda dapat memutuskan sambil menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda. Semoga artikel ini membantu Anda dalam merencanakan kunjungan atau liburan di Bali. Semoga perjalanan Anda menyenangkan dan sampai jumpa di Bali, Flokqers!


The Ambengan Tenten Apartment, Denpasar

Sedang mencari pilihan sewa untuk liburan Anda di Bali? Flokq punya banyak pilihan kamar dan coliving di Bali dengan fasilitas beragam dan harga yang terjangkau! Klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Click Here to Check Out More Flokq’s Homes

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *