Untung Rugi Bekerja di Coworking Space

Untung Rugi Bekerja di Coworking Space

Coworking space menjadi pilihan global dan trendi di dunia bisnis. Di kota-kota besar, tidak jarang melihat coworking space di mana-mana. Ini menjadi pilihan praktis dan lebih disukai dibandingkan dengan kantor perusahaan biasa, terutama untuk bisnis kecil, pengusaha muda, pemula, freelancer, apa saja. Namun, seperti banyak hal lain pada umumnya, coworking space juga memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri. Dengan kata lain, meskipun coworking space adalah pilihan yang lebih disukai sebagai tempat bekerja, bukan berarti coworking space adalah solusi yang tepat untuk semua. Ingin tahu lebih banyak tentang coworking space sebelumnya atau kamu sedang bersiap untuk bekerja di sana segera? Nah, ini artikel yang sempurna untuk kamu. Kami akan menjelaskan beberapa keuntungan dan kerugian bekerja di coworking space.

source: ekonomi.bisnis.com

Keuntungan

1. Tingkatkan rasa kebersamaan

Keuntungan dan Kerugian Bekerja di Coworking Space
source: coworker.com

Jika kamu bekerja di coworking space, kemungkinan besar kamu akan bertemu orang-orang yang memiliki pemikiran yang sangat mirip denganmu. Meskipun demikian, kamu juga dapat bertemu orang-orang dengan keterampilan penting atau berharga tertentu yang dapat kamu pelajari. Hal tersebut akan sangat membantu tujuan perusahaanmu. Kamu juga dapat membuat daftar klien baru dengan menjadi seseorang yang penting bagi mereka. Selain itu, kamu sangat tidak mungkin merasa terisolasi saat bekerja di coworking space. Ada banyak acara, sesi, atau pertemuan untuk membantumu lebih mengenal orang-orang di sekitar yang akan membuat kamu tetap didampingi. Dengan begitu, kamu tidak hanya akan mendapatkan lebih banyak koneksi, tetapi kamu juga akan mendapatkan banyak kesenangan.

2. Fasilitas dan layanan

Keuntungan dan Kerugian Bekerja di Coworking Space
source: trendhunter.com

Saat kamu bekerja di coworking space, kamu tidak perlu khawatir tentang internet, air atau kopi, listrik, atau keperluan administratif dan operasional apa pun. Coworking space sering kali dilengkapi dengan fasilitas dan layanan yang dapat kamu gunakan. Terlebih lagi, mereka juga menawarkan dapur dan ruang istirahat. Jika kamu ingin membuat makan siang kecilmu sendiri. Begitu juga jika kamu ingin istirahat sejenak dari tanggung jawabmu jauh dari meja kerja.

3.  Motivasi, kolaborasi, dan kreatifitas

Untung Rugi Bekerja di Coworking Space
source: missmalini.com

Saat kamu menemukan coworking space yang sesuai dengan suasana dan gaya kerjamu, hal itu juga akan merangsangmu dengan lebih banyak motivasi. Kemudian, akhirnya menjadi sumber inspirasi saat kamu dikelilingi orang-orang yang pada dasarnya memiliki maksud atau tujuan yang sama seperti kamu di dunia kerja. Pada akhirnya, itu menciptakan lingkungan kreativitas dan kerja keras sekaligus. Kamu bisa menjadikan kejadian seperti itu sebagai dasar budaya kerjamu. Itu juga penting untuk pertumbuhan pribadi jika kamu memiliki rencana menuju sesuatu yang lebih besar dari yang sudah kamu miliki.

4. Kerja terstruktur

Keuntungan dan Kerugian Bekerja di Coworking Space
source: entrearchitect.com

Kurang terstruktur adalah sesuatu yang dapat kamu alami jika kamu bekerja di rumah. Kamu dapat merencanakan hari produktif dengan melakukan ini dan itu, tetapi pada akhirnya tidak akan berarti apa-apa jika kamu terganggu oleh tidur atau menonton film favoritmu. Jadi, bekerja di tempat seperti coworking space pasti akan membantumu menyelesaikan semuanya. Di sini, kamu dapat bertemu orang-orang yang berpikiran sama dan fokus pada pekerjaan tanpa gangguan apa pun. Hal itu membuat kamu tetap pada jalur tentang pekerjaan yang perlu kamu lakukan. Dengan kata lain, itu juga membuatmu bertanggung jawab dan fokus pada tanggung jawabmu.

Kerugian

1. Kamu perlu mengorbankan privasi

source: shareyouroffice.com

Saat kamu bekerja di tempat kerja bersama seperti coworking space, pada akhirnya kamu harus mengorbankan tingkat privasi yang bisa kamu dapatkan. Dengan mengingat hal itu, kamu mungkin juga harus terbiasa mendengar panggilan telepon, pembicaraan, atau diskusi orang lain yang pada akhirnya dapat mengganggumu. Beberapa coworking space menggunakan pembatas kaca atau furnitur akustik sebagai solusinya, tetapi beberapa juga tidak. Jadi, jika kamu adalah tipe orang yang mudah teralihkan, sebaiknya berhati-hati dengan situasi ini.

2. Distraksi

source: finance.yahoo.com

Bekerja di coworking space tidak menjaminmu bebas dari gangguan apapun yang biasanya kamu alami di rumah. Gangguan akan tetap ada, tetapi dalam bentuk yang berbeda. Suara bising yang kamu dengar dari orang lain, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, adalah salah satu dari sedikit contoh. Jika kamu memiliki ruang bisnis, tentu kamu memiliki kendali penuh atas hal-hal yang tidak boleh dilintasi. Namun, karena kamu bekerja di ruang bersama, ada hal-hal yang mungkin berubah menjadi gangguan potensial yang juga tidak dapat kamu kendalikan.

3. Ruang terbatas dan kemungkinan adanya peraturan tertentu

source: medium.com

Karena coworking space adalah lingkungan kerja yang memiliki fasilitas lengkap, kamu juga perlu menjaga barang-barang di sekitarmu agar tetap terkendali atau jauh dari kerusakan. Ada kemungkinan kamu juga tidak dapat menyesuaikan atau mendekorasi meja sesuai dengan keinginanmu, karena beberapa coworking space memiliki aturan tertentu terkait masalah tersebut. Meskipun demikian, kamu juga harus terbiasa dengan beberapa batasan yang dimiliki coworking space tempatmu berada, karena kamu juga berurusan dengan orang lain. Dengan adanya pembatasan tersebut, mungkin juga ada peraturan yang perlu kamu ikuti, bergantung pada coworking space tempatmu berada.

Penting untuk mengetahui keuntungan dan kerugian bekerja di coworking space untuk memutuskan apakah sesuai dengan gaya dan budaya kerjamu. Beberapa opsi lain, selain coworking space, pasti menawarkan lebih banyak privasi, keamanan, dan ruang. Namun, jika kamu baru mengenal bisnis atau baru mulai bekerja, coworking space bisa menjadi awal yang baik untukmu. Tidak ada salahnya mencoba, bukan? Jangan lupa untuk memeriksa artikel lain di blog ini. Kamu dapat menemukan tips, rekomendasi, dan informasi berharga lainnya yang dapat kamu coba praktikkan secara nyata. Jangan lupa untuk membagikannya kepada orang-orang yang menurutmu membutuhkan.

Cek coworking space terbaik di area terdekatmu di blog kami!

Baca juga tentang Produk fashion dan kecantikan ramah lingkungan dari Indonesia

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

A Perfect Guide to Rent a Cozy Room in Bali

A Perfect Guide to Rent a Cozy Room in Bali

9 Fakta Perjalanan Hidup Pangeran Philip yang Harus Kamu Ketahui!

9 Fakta Perjalanan Hidup Pangeran Philip yang Harus Kamu Ketahui!

4 Produk Alternatif Pengganti Rokok Tanpa Asap

4 Produk Alternatif Pengganti Rokok Tanpa Asap

Kumpulan Fakta Unik Dibalik Perayaan Chuseok yang Wajib Diketahui

Kumpulan Fakta Unik Dibalik Perayaan Chuseok yang Wajib Diketahui

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *