12 Warna Cat Dinding Kamar Mandi Terbaik

Cat dinding kamar mandi harus ditentukan dengan baik guna mengingkatkan estetika rumah. Walaupun tidak langsung terlihat ataupun menjadi bagian yang menyatu dengan rumah secara keseluruhan, warna cat dinding kamar mandi bisa memberikan keserasian warna rumahmu. Berikut 12 warna cat dinding kamar mandi terbaik rekomendasi Flokq, diikuti dengan panduan untuk memilih warna cat untuk melengkapi desain kamar mandi kamu.

Baca juga: Warna Cat Terbaik untuk Rumahmu

Panduan untuk Memilih Cat Dinding dan Desain Kamar Mandi

1. Identifikasi Warna Utama Kamar Mandi

Pertama, kamu perlu menentukan warna utama kamar mandi kamu. Ini kemungkinan besar akan sama dengan warna ubin di kamar mandi. Perlengkapan kamar mandi kamu mungkin juga berwarna ini. Pada dasarnya warna utama adalah warna yang merupakan warna paling menonjol dari elemen-elemen dalam ruangan yang melekat dan tidak mudah diubah.

Desain kamar mandi di atas, merupakan contoh perpaduan yang cocok antara hiasan ubin dan cat tembok abu-abu. Dapat dilihat bahwa ubin motif marble putih dan abu-abu mendominasi keseluruhan warna pada kamar mandi. Hal inilah yang yang pertama kali harus diidentifikasi sebelum memilih cat tembok kamar mandi kamu. 

2. Identifikasi Aksen Warna lain yang Perlu Diperhitungkan

Jika kamu memiliki warna lainnya di kamar mandi (dalam proporsi yang lebih kecil dari warna utama, sering disebut warna sekunder), warna tersebut harus diperhitungkan.

Kamar mandi bernuansa emas dan hitam ini sebagai contohnya. Dapat kamu lihat kalau si pemilik hunian menggunakan ubin lantai berwarna putih dan abu-abu serta perlengkapan kamar mandi yang mencolok dengan warna emas. Maka dari itu, memperhitungkan kedua warna sekunder yang ada di kamar mandi, akan sangat cocok di mix dengan dinding berwarna hitam. 

3. Satukan Warna Utama Dalam Satu Aksesoris Patterned

Setelah kamu berhasil mengidentifikasi warna utama dan warna sekunder kamar mandi, sekarang saatnya untuk menyatukan dua (atau lebih) warna menjadi satu bagian berpola. Hal ini dapat membantu menyatukan ruangan dan menentukan aksen warna untuk ruangan kamu. Kamu pasti ingin menemukan wallpaper, tirai kamar mandi, atau hiasan dinding yang memiliki kesamaan warna dengan tema kamar mandi.

Contoh di atas merupakan inspirasi desain kamar mandi yang apik, dengan menambahkan aksen pola pada salah satu elemen kamar mandi – namun tetap mempertimbangan keselarasan antara warna primer dan sekunder. Tips dari kami, selain mengidentifkasi warna yang cocok, perhatikanlah ukuran kamar mandi kamu sebelum melakukan pemilihan pola. Untuk kamar mandi dengan ukuran kecil, hindarilah motif yang terlalu besar, untuk mengurangi resiko kamar mandi kamu terasa sumpek

4. Pilih Warna Cat

Jika kamu tidak akan menggunakan wallpaper di kamar mandi, kamu harus memilih warna cat yang sesuai dengan tema warna kamar mandi. Setelah kamu menemukan peralatan yang bermotif – seperti tirai kamar mandi atau lukisan kecil – bawa ke kamar mandi sehingga kamu bisa melihatnya di samping ubin, lantai, dll. Tarik satu warna dari tirai kamar mandi atau lukisan untuk diselaraskan dengan warna cat dinding kamu. 

Dapat dilihat dari desain kamar mandi di atas, bahwa sang pemilik dengan apik memadupadankan warna peralatan kamar mandi, lantai, lukisan kecil dengan warna dinding yang dipilih. Cantik, bukan?

5. Gunakan Warna Aksen Pada Aksesoris Pelengkap

Selanjutnya, apakah warna “ketiga” dari potongan peralatan kamar mandi yang dapat kamu gunakan sebagai aksen? Ini adalah tempat yang baik untuk pengaplikasian elemen kontras (berlawanan dengan bidang ubin) untuk dinamisme visual alias “pop“. Gunakan warna ini untuk aksen seperti handuk, rugs, atau tempat sabun. Tapi ingat, ya, jangan berlebihan! Ikuti aturan 60-30-10.

Aturan Proporsi 60-30-10

Dalam hal penerapan warna berbeda atau kontras, aplikasikan menggunakan metode 60-30-10. Yaitu:

  • 60% warna utama/primer (misalnya warna ubin).
  • 30% warna sekunder (warna cat atau warna bidang wallpaper).
  • 10% warna aksen (untuk keberhasilan desain, batasi hanya dua warna aksen). 

Rekomendasi Warna Dinding Kamar Mandi yang Cocok untuk Kamu

1. Warna Cat Dinding Hitam

Untuk warna klasik yang elegan dan tetap terlihat mewah, warna hitam adalah warna cat dinding kamar mandi yang mungkin cocok untuk kamu. Kombinasikan warna hitam dengan warna putih atau perak dan jangan terlalu banyak menggunakan warna hitam. Campurkan dengan warna lain untuk hasil maksimal. Gunakan dekorasi kamar mandi metalik untuk pantulan warna hitam yang elegan.

2. Warna Cat Dinding Hijau Lembut

Untuk nuansa yang dekat dengan alam, warna cat dinding kamar mandi yang satu ini bisa kamu pilih. Warna hijau lembut akan menambah tekstur di kamar mandimu, juga memberi kesan kalem dan tenang. Kamu bisa kombinasikan dengan cat tembok dan perabotan warna putih atau coklat tua. Warna seperti ini juga akan mengingatkan kamu ke era 60an, dimana warna seperti ini cukup sering ditemukan, terutama di film-film Hollywood!

3. Warna Cat Dinding Lavender

Untuk kesan feminim, pilih lavender untuk warna cat dinding kamar mandi kamu. Warna ini juga bisa menunjukkan kemewahan atau keanggunan. Hindari warna pastel sebagai aksen tambahan untuk kamar mandi berwarna lavender untuk hasil maksimal. Cocok untuk kamu yang mencari warna kalem dan menenangkan. Tambahkan wewangian lavender agar makin sesuai tema!

4. Warna Cat Dinding Oranye

Cat dinding warna oranye untuk kamar mandimu bisa membawa kesan natural, terutama untuk oranye rustik. Perabotan coklat tua dan mengarah ke warna kayu bisa menambahkan kesan alami kamar mandi kamu . Untuk menambahkan kontras, beri warna putih di perabotan yang ada.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Dinding untuk Luar Rumah selain Putih

5. Teal

Warna cat dinding kamar mandi yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki kamar mandi yang kecil. Warna ini dapat memberikan kesan trendi ke kamar mandi kecilmu. Kombinasikan dengan keramik dan perabotan berwarna berbeda, seperti warna putih.

6. Warna Cat Dinding Kuning

warna cat dinding kamar mandi kuning
Memberi kesan hangat dan cerah

Warna yang satu ini dapat memberi kesan hangat dan cerah untuk kamar mandi kamu. Tone yang cukup pop ini bisa memberi nuansa nyaman ke kamar mandi yang cenderung sempit. Warna kuning tidak perlu dicat menyeluruh, hanya perlu ke beberapa bagian sampai kamar mandi kamu terasa cukup nyaman. Akan cocok juga dengan mainan bebek khas kamar mandi jika kamu mempunyainya!

7. Ungu tua

Warna yang satu ini juga bisa membuat ruangan yang sempit terasa lebih nyaman dan luas. Sama seperti warna lavender, ungu tua memberi kesan feminim yang khas namun elegan dan sederhana. Agar tidak terlalu terasa gelap, kamu bisa mengecat tembok bagian lain atau menaruh perabotan warna putih. Tentu pilihan yang cocok dan cukup nyentrik untuk beberapa orang!

8. Putih dan Abu-abu

warna abu

Kedua warna ini tentu bisa dibilang merupakan dua dari sekian warna favorit bagi orang-orang yang mengecat kamar mandi. Kesan luas dan netral dibawa oleh warna putih. Sedangkan warna abu-abu memberi kesan mewah dan modern. Keduanya bisa dicampur dengan komposisi yang tepat, entah secara berimbang, atau secara timpang. Perabotan berwarna kekayuan akan menjadi pengimbang yang cocok untuk kamu yang memilih kedua warna ini.

Baca juga: 10 Cara Mengecat Tembok Sendiri

9. Krem

Warna cat dinding yang satu ini cocok untuk kamu yang mencari warna minimalis yang cukup terang dan sedikit mencolok. Untuk kamu yang memiliki bathtub, kamu akan merasakan ketenangan yang akan membuat aktivitas berendam lebih menyenangkan. Dekorasi warna coklat akan menambahkan aksen dan memberi rasa hangat di kamar mandimu.

Tambahkan pengharum ruangan peppermint untuk memaksimalkan nuansa yang menenangkan di kamar mandimu. Aksen hitam di perabotan juga bisa menjadi tambahan yang menarik untuk palet warna kamu.

10. Light Sage

kamar mandi light sage

Warna yang satu ini termasuk warna pudar yang mungkin cocok untuk kamu yang ingin warna yang lebih modern, minimalis, dan tidak terlalu mencolok. Warna light sage akan cocok dipadukan dengan warna putih atau abu-abu dalam hal campuran warna cat yang akan ada di kamar mandi kamu. Dekorasi kekayuan juga dapat membantu aksen kamar mandi agar terasa lebih homey. Warna putih di dekorasi juga bisa membuat warna pudar kamar mandi terasa lebih menenangkan dan minimalis.

11. Baby Blue

warna cat kamar mandi baby blue

Untuk warna yang bebas dari kesuraman dan keseriusan yang berlebihan, warna baby blue bisa kamu pilih. Memang belum terlalu sering dipakai orang untuk kamar mandi, namun bisa cocok untuk kamu yang lagi-lagi mencari warna kalem dan modern. Kesegaran juga merupakan efek psikologis yang akan kamu dapat jika menggunakan warna ini. Pastikan juga dekorasi dan perabotan kamar mandi memiliki warna yang kalem untuk dikombinasikan dengan baby blue.

12. Baby Pink

Baby pink

Warna terakhir ini bisa dikombinasikan dengan warna baby blue sebelumnya. Juga memberi kesan kalem, minimalis, modern, ceria, dan mungkin sedikit feminim, tergantung jenis yang dipilih.

Baca juga: Cara Mengecat Pintu dan Jendela

Merk Cat Dinding Kamar Mandi Terbaik 

1. Dulux

Sejak lama, Dulux dikenal sebagai merk cat terbaik yang menggunakan material berkualitas dan ramah lingkungan. Setiap produk dihasilkan menggunakan teknologi modern yang membuat warnanya terlihat lebih indah. Hadir dalam beragam varian, kamu dapat memilih Dulux untuk menjadi cat dinding kamar mandimu. Seperti Dulux AquaShield, yang memiliki sifat anti-bocor, anti-air serta memiliki kandungan bebas jamur. Apabila kamu menginginkan warna yang tidak tersedia dalam kaleng siap beli, kamu dapat request warna langsung di toko. Mulai dari Rp57.000 per 1kg, kamu sudah bisa memiliki warna cantik yang tahan lama untuk kamar mandi di hunianmu.

2. Jotun

Selain Dulux, merk cat tembok lainnya yang popular adalah Jotun. Ia cukup bersaing dengan Dulux, meski di Indonesia merk Dulux lebih dikenal. Cat tembok Jotun punya kualitas baik dan awet, cocok untuk melapisi dinding kamar mandi. Salah satunya adalah jenis Jotun Essence Easy Wipe. Jenis ini merupakan cat dengan teknologi anti jamur, rendah bau, dan bisa dibersihkan – sangat cocok untuk digunakan di kamar mandi yang seringkali kotor dan lembab. Dengan kandungan VOC yang rendah, Jotun juga banyak menjadi pilihan karena aman untuk keluarga. Selain itu, Jotun juga menyediakan cat lapisan anti-air dan anti-bocor yaitu edisi Jotun WaterGuard. Jenis ini cocok untuk melapisi dinding di bagian luar yang lebih rentan terhadap perubahan cuaca. Dengan kualitas setara dengan Dulux, Jotun bisa jadi alternatif dengan harga lebih rendah, hanya dengan Rp125.000 per 3.5kg dan dapat ditemui disini.

3. Nippon Paint

Nama cat Nippon Paint juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ia terhitung sebagai merk cat dengan kualitas baik dan juga lebih dulu dikenal ketimbang dua merk cat di atas. Nippon Paint memiliki keunggulan warna cat yang tidak mudah pudar, cocok sekali untuk tembok di dalam maupun di luar rumah. Untuk cat dinding kamar mandi, Nippon Paint Vinilex dan Nippon Paint Water Repellant Solution dapat menjadi pilihan. Nippon Paint Vinilex mudah dibersihkan dan tahan disikat hingga 1200 kali. Sementara, untuk edisi Water Repellant Solution dapat diaplikasikan menjadi clear coat yang mampu melapisi pori-pori dinding sehingga air tidak mudah menyerap. Cat ini bisa didapatkan disini dengan harga mulai dari Rp40.000 per 1kg, lebih terjangkau dari dua merk cat sebelumnya! 

Demikian warna cat dinding kamar mandi rekomendasi Flokq, beserta tips memilih warna cat dan desain kamar mandi. Pilihlah sesuai dengan keserasian warna rumahmu secara keseluruhan. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan penjual cat dinding untuk hasil yang maksimal. Taruh juga artikel ini di bookmark kamu agar bisa menjadi referensi sewaktu-waktu!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *