12 Warna Cat Dinding Kamar Mandi Terbaik

12 Warna Cat Dinding Kamar Mandi Terbaik

Memilih warna cat dinding kamar mandi adalah salah satu proses yang penting dalam menentukan estetika rumah. Walaupun tidak langsung terlihat ataupun menjadi bagian yang menyatu dengan rumah secara keseluruhan, warna cat dinding kamar mandi bisa memberikan bagian yang menarik untuk keseluruhan keserasian warna rumahmu. Berikut 12 warna cat dinding kamar mandi terbaik rekomendasi Flokq, diikuti dengan panduan untuk memilih warna cat dinding untuk melengkapi desain kamar mandi Anda.

Baca juga: Warna Cat Terbaik untuk Rumahmu

Panduan untuk Memilih Warna dan Desain Kamar Mandi

1. Identifikasi Warna Utama Kamar Mandi

Pertama, Anda perlu menentukan warna utama kamar mandi Anda. Ini kemungkinan besar akan menjadi warna ubin dinding yang ada di kamar mandi Anda, karena bagian ini menutupi lebih dari setengah total permukaan dinding di ruangan itu. Anda dapat “memainkannya” atau mencoba “mengecilkannya”, tetapi Anda tidak dapat menyiasatinya. Ubin lantai atau perlengkapan kamar mandi Anda mungkin juga berwarna ini. Pada dasarnya warna utama Anda adalah warna yang merupakan warna paling menonjol dari elemen-elemen dalam ruangan yang melekat dan tidak mudah berubah.

Desain kamar mandi diatas, merupakan contoh padupadan yang cocok antara hiasan ubin dinding dan cat tembok abu-abu.Dapat dilihat bahwa ubin dinding motif marble putih dan abu-abu mendominasi keseluruhan warna pada kamar mandi. Hal inilah yang yang pertama kali harus diidentifikasi sebelum memilih cat tembok kamar mandi kamu. 

2. Identifikasi Aksen Warna lain yang Perlu Anda Perhitungkan

Jika Anda memiliki warna tetap lainnya (dalam proporsi yang lebih kecil dari warna tetap utama Anda, sering disebut warna sekunder) di kamar mandi Anda, warna tersebut harus diperhitungkan. Warna aksen tetap sering ditemukan di perlengkapan, bullnose dan lantai. Jika demikian, kemungkinan ini harus menjadi bagian dari keseluruhan palet warna Anda.

Kamar mandi bernuansa emas dan hitam ini sebagai contohnya. Dapat Anda lihat kalau si pemilik hunian menggunakan ubin lantai berwarna putih dan abu-abu serta perlengkapan kamar mandi yang mencolok dengan warna emas. Maka dari itu, memperhitungkan kedua warna sekunder yang ada di kamar mandi, akan sangat cocok di mix dengan dinding berwarna hitam. 

3. Satukan Warna Utama Dalam Satu Aksesoris Patterned

Setelah Anda berhasil mengidentifikasi warna utama dan warna sekunder kamar mandi, sekarang saatnya untuk menyatukan dua (atau lebih) warna ini menjadi satu bagian berpola yang akan membantu menyatukan ruangan dan bahkan dapat membantu Anda menentukan satu atau dua warna aksen untuk ruangan Anda. Anda pasti ingin menemukan wallpaper, tirai kamar mandi, atau seni dinding yang berisi semua warna yang akan Anda gunakan di kamar mandi Anda.

Contoh diatas merupakan inspirasi desain kamar mandi yang apik, dengan menambahkan aksen pattern pada salah satu elemen kamar mandi – namun tetap mempertimbangan keselarasan antara warna primer dan sekunder sebuah kamar mandi. Tips dari kami, selain mengidentifkasi warna yang cocok, perhatikanlah ukuran kamar mandi Anda sebelum melakukan pemilihan pattern. Untuk kamar mandi dengan ukuran kecil, hindarilah motif yang terlalu besar, sehingga mengurangi resiko kamar mandi Anda terasa sumpek

4. Pilih Warna Cat

Jika Anda tidak akan menggunakan wallpaper di kamar mandi, Anda harus memilih warna cat yang sesuai dengan skema warna kamar mandi Anda. Setelah Anda menemukan peralatan yang bermotif – seperti tirai kamar mandi atau lukisan kecil – bawa ke kamar mandi Anda sehingga Anda bisa melihatnya di samping ubin, lantai, dll. Tarik satu warna dari tirai kamar mandi atau lukisan untuk warna cat dinding Anda. 

Dapat dilihat dari desain kamar mandi diatas, bahwa sang pemilik dengan apik memadupadankan warna peralatan kamar mandi, lantai, lukisan kecil dengan warna dinding yang dipilih. Cantik, bukan?

5. Gunakan Warna Aksen Pada Aksesoris Pelengkap

Selanjutnya, apakah warna “ketiga” dari potongan peralatan kamar mandi yang dapat Anda gunakan sebagai aksen? Ini adalah tempat yang baik untuk pengaplikasian elemen kontras (berlawanan dengan bidang ubin Anda) untuk dinamisme visual alias “pop“. Gunakan warna ini untuk aksen seperti handuk, rugs, atau tempat sabun. Tapi ingat, ya, jangan berlebihan! atau itu bukan lagi menjadi aksen – lihat aturan 60-30-10.

Aturan Proporsi 60-30-10

Dalam hal penerapan warna berbeda atau kontras, aplikasikan menggunakan metode 60-30-10. Yaitu:

  • 60% warna utama/primer (misalnya warna ubin dinding Anda).
  • 30% warna sekunder (warna cat atau warna bidang wallpaper).
  • 10% warna aksen (untuk keberhasilan desain, batasi hanya dua warna aksen). 

Rekomendasi Warna Dinding Kamar Mandi yang Cocok untuk Anda

1. Warna Cat Dinding Hitam

Untuk warna klasik yang elegan dan tetap terlihat mewah, warna hitam adalah warna cat dinding kamar mandi yang mungkin cocok untuk kalian. Kombinasikan warna hitam dengan warna putih atau perak dan jangan terlalu banyak menggunakan warna hitam; campurkan dengan warna lain untuk hasil maksimal. Gunakan dekorasi kamar mandi metalik untuk pantulan warna hitam yang elegan.

2. Warna Cat Dinding Hijau Lembut

Untuk nuansa yang dekat dengan alam, warna cat dinding kamar mandi yang satu ini bisa kalian pilih. Warna hijau lembut akan menambah tekstur di kamar mandimu, juga kesan kalem dan tenang. Kalian bisa kombinasikan dengan cat tembok warna putih di sisi lain dan juga perabotan warna putih dan coklat tua. Warna seperti ini juga akan mengingatkan kalian ke era 60an, dimana warna seperti ini cukup sering ditemukan, terutama di film-film Hollywood!

3. Warna Cat Dinding Lavender

Untuk kesan feminim, pilih lavender untuk warna cat dinding kamar mandi kalian. Warna ini juga bisa menunjukkan kemewahan atau keanggunan. Hindari warna pastel sebagai aksen tambahan untuk kamar mandi berwarna lavender agar hasilnya maksimal. Cocok untuk kalian yang mencari warna yang terkesan kalem dan menenangkan. Tambahkan wewangian lavender agar makin sesuai tema!

4. Warna Cat Dinding Oranye

Cat dinding warna oranye untuk kamar mandimu bisa membawa kesan natural, terutama untuk oranye rustik. Perabotan coklat tua dan mengarah ke warna kayu bisa menambahkan kesan alami kamar mandi kalian. Untuk menambahkan kontras, beri warna putih di perabotan yang ada.

Baca juga: 10 Ide Warna Cat Dinding untuk Luar Rumah selain Putih

5. Teal

Warna cat dinding kamar mandi yang satu ini cocok untuk kalian yang memiliki kamar mandi yang sedikit kecil. Warna ini dapat memberikan kesan trendi ke kamar mandi kecil kalian. Kombinasikan dengan keramik dan perabotan berwarna berbeda, seperti warna putih.

6. Warna Cat Dinding Kuning

warna cat dinding kamar mandi kuning
Memberi kesan hangat dan cerah

Warna yang satu ini dapat memberi kesan hangat dan cerah untuk kamar mandi kalian. Tone yang cukup pop ini bisa memberi nuansa nyaman ke kamar mandi yang cenderung sempit. Warna kuning tidak perlu dicat menyeluruh, hanya perlu ke cukup banyak bagian sampai kamar mandi kalian terasa cukup nyaman. Akan cocok juga dengan mainan bebek khas kamar mandi jika kalian mempunyainya!

7. Ungu tua

Warna yang satu ini juga bisa membuat ruangan yang sempit terasa lebih nyaman dan luas. Sama seperti warna lavender, ungu tua memberi kesan feminim yang khas namun elegan dan sederhana. Agar tidak terlalu terasa gelap, kalian bisa mengecat tembok bagian lain dengan warna putih atau menaruh perabotan warna putih. Tentu pilihan yang cocok dan cukup nyentrik untuk beberapa orang!

8. Putih dan Abu-abu

warna abu

Kedua warna ini tentu bisa dibilang merupakan dua dari sekian warna favorit bagi orang-orang yang mengecat kamar mandi. Kesan luas dan netral dibawa oleh warna putih, sedangkan kesan mewah dan modern akan dibawakan oleh warna abu-abu. Keduanya bisa dicampur dengan komposisi yang tepat, entah secara berimbang, atau secara timpang. Perabotan berwarna kekayuan akan menjadi pengimbang yang cocok untuk kalian yang memilih kedua warna ini.

Baca juga: 10 Cara Mengecat Tembok Sendiri

9. Krem

Warna cat dinding yang satu ini cocok untuk kalian yang mencari warna minimalis yang cukup terang dan sedikit mencolok. Untuk kalian yang memiliki bathtub, kalian akan merasakan ketenangan yang akan membuat berendam lebih menyenangkan. Dekorasi warna coklat akan menambahkan aksen warna ini dan memberi rasa hangat di kamar mandi kalian.

Tambahkan pengharum ruangan peppermint untuk memaksimalkan nuansa yang menenangkan di kamar mandi warna krem kalian. Aksen hitam di perabotan juga bisa menjadi tambahan yang menarik untuk palet warna kalian.

10. Light Sage

kamar mandi light sage

Warna yang satu ini termasuk warna pudar yang mungkin cocok untuk kalian yang ingin warna yang lebih modern, minimalis, dan tidak terlalu mencolok. Warna light sage akan cocok dipadukan dengan warna putih atau abu-abu dalam hal campuran warna cat yang akan ada di kamar mandi kalian. Dekorasi kekayuan juga dapat membantu aksen kamar mandi kalian agar terasa lebih homey. Warna putih di dekorasi kalian juga bisa membuat warna pudar kamar mandi kalian lebih terasa menenangkan dan minimalis.

11. Baby Blue

warna cat kamar mandi baby blue

Untuk warna yang bebas dari kesuraman dan keseriusan yang berlebihan, warna baby blue bisa kalian pilih. Memang belum terlalu sering dipakai orang untuk kamar mandi, namun bisa cocok untuk kalian yang lagi-lagi menacri warna kalem dan modern. Kesegaran juga merupakan efek psikologis yang akan kalian dapat jika kalian gunakan untuk kamar mandi kalian. Pastikan juga dekorasi dan perabotan kamar mandi kalian memiliki warna yang kalem untuk dikombinasikan dengan baby blue.

12. Baby Pink

Baby pink

Warna terakhir ini bisa dikombinasikan dengan warna baby blue sebelumnya. Juga memberi kesan kalem, minimalis, dan modern yang lebih ke arah ceria, dan mungkin sedikit feminim, tergantung jenis yang dipilih.

Baca juga: Cara Mengecat Pintu dan Jendela

Merk Cat Dinding Kamar Mandi Terbaik 

1. Dulux

Sejak lama, Dulux dikenal sebagai merk cat terbaik yang menggunakan material berkualitas dan ramah lingkungan. Setiap produk dihasilkan menggunakan teknologi modern yang membuat warnanya terlihat lebih indah. Hadir dalam beragam varian, Anda dapat memilih Dulux untuk menjadi cat dinding kamar mandi Anda. Seperti Dulux AquaShield, yang memiliki sifat anti-bocor, anti-air serta memiliki kandungan bebas jamur, cat ini dapat menjadi pilihan Anda. Apabila Anda menginginkan warna yang tidak tersedia dalam kaleng siap beli, Anda dapat request warna yang siap ditinting langsung di toko. Mulai dari Rp57.000 per 1kg, Anda sudah bisa menghasilkan warna cantik yang tahan lama untuk kamar mandi di hunian Anda.

2. Jotun

Selain Dulux, merk cat tembok lainnya yang popular adalah Jotun. Ia cukup bersaing dengan Dulux, meski untuk di Indonesia merk Dulux lebih dikenal ketimbang Jotun. Cat tembok Jotun punya kualitas baik dan awet, cocok untuk melapisi dinding kamar mandi, salah satunya adalah jenis Jotun Essence Easy Wipe. Jenis ini merupakan cat dengan teknologi anti jamur, rendah bau, dan bisa dibersihkan – sangat cocok untuk digunakan di kamar mandi yang seringkali kotor dan lembab. Dengan kandungan VOC yang rendah, Jotun juga banyak menjadi pilihan karena aman untuk keluarga. Selain itu, Jotun juga menyediakan cat lapisan anti-air dan anti-bocor, yaitu edisi Jotun WaterGuard yang cocok juga untuk melapisi dinding di bagian luar yang lebih rentan terhadap perubahan cuaca. Dengan kualitas setara dengan Dulux, Jotun bisa jadi alternatif dengan harga lebih ringan, hanya dengan Rp125.000 per 3.5kg dan dapat ditemui disini.

3. Nippon Paint

Nama cat Nippon Paint juga cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Ia terhitung sebagai merk cat dengan kualitas baik dan juga lebih dulu dikenal ketimbang dua merk cat di atas. Nippon Paint memiliki keunggulan warna cat yang tidak mudah pudar, cocok sekali untuk tembok di dalam maupun di luar rumah. Untuk cat dinding kamar mandi, Nippon Paint Vinilex dan Nippon Paint Water Repellant Solution dapat menjadi pilihan. Nippon Paint Vinilex mudah dibersihkan dan tahan disikat hingga 1200 kali. Sementara, untuk edisi Water Repellant Solution dapat diaplikasikan menjadi clear coat yang mampu belapisi pori-pori dinding sehingga air tidak mudah menyerap. Cat ini bisa didapatkan disini dengan harga mulai dari Rp40.000 per 1kg, lebih terjangkau dari dua merk cat sebelumnya! 

Demikian warna cat dinding kamar mandi rekomendasi Flokq, beserta tips memilih warna cat dan desain kamar mandi. Pilihlah sesuai dengan keserasian dengan warna rumah kalian secara keseluruhan. Jangan lupa untuk berkonsultasi juga dengan penjual cat dinding untuk hasil yang maksimal. Taruh juga artikel ini di bookmark kalian agar bisa menjadi referensi sewaktu-waktu!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

17 Rekomendasi Film Natal Yang Wajib Kamu Tonton Saat Natal

17 Rekomendasi Film Natal Yang Wajib Kamu Tonton Saat Natal

Playing Victim 101: Kenali, Pahami, Hadapi, dan Hindari

Playing Victim 101: Kenali, Pahami, Hadapi, dan Hindari

Semua tentang Gantungan Sepeda, Macam-macam dan Cara Membuatnya

Semua tentang Gantungan Sepeda, Macam-macam dan Cara Membuatnya

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *