10 Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur untuk Ciptakan Tidur Berkualitas

Tahukah kamu kalau warna cat untuk kamar tidur memiliki peran penting untuk kehidupanmu? Mulai dari segi kesehatan, psikologis hingga tata ruang sedikit banyak dipengaruhi oleh warna cat kamar tidur. Menurut fungsinya, kamar tidur sebagai ruangan untuk tidur atau ruang yang kamu gunakan untuk istirahat. Oleh karena itu, penataan dan nuansa yang tercipta dari kamar tidur dapat mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Warna Cat Kamar Tidur bagi Tubuh

Manusia secara sadar memilih warna cat yang digunakan untuk kamar tidur didasarkan pada warna favorit. Namun ternyata, ada warna-warna yang memiliki manfaat bagi tubuh, dan warna-warna inilah yang sebaiknya dipilih untuk dijadikan sebagai warna cat untuk kamar tidur. Berbagai macam manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh manusia berdasarkan pemilihan warna diantaranya ialah ketenangan, menyegarkan pikiran dan meredakan stress. Bila tubuh merasa tenang, pikiran terasa segar dan tidak merasakan stress, maka tidur pun akan menjadi berkualitas. 

Tips Lainnya untuk Mendapatkan Tidur Berkualitas

anyaknya manfaat dan pengaruh positif dari tidur, membuat kita sebagai manusia dianjurkan untuk selalu memiliki tidur yang berkualitas. Sayangnya, banyak di antara kita yang memiliki masalah serta pola hidup tidak teratur sehingga kesulitan untuk memiliki tidur yang berkualitas. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu manusia menciptakan tidur yang berkualitas, antara lain: memiliki jadwal tidur yang konsisten, melakukan olahraga, mengurangi konsumsi kafein dan alkohol, menenangkan pikiran dan menciptakan suasana kamar yang tenang.

Kamu juga bisa baca tentang Cara Membersihkan Cat Tembok

10 Rekomendasi warna cat kamar tidur yang menenangkan

Untuk mendukung proses menciptakan suasana yang tenang, kamu dapat memulai dengan memilih warna-warna yang berpengaruh baik bagi kesehatan dan memberikan efek menenangkan. Berikut beberapa rekomendasi warna cat untuk kamar tidur kamu guna menciptakan suasana yang menenangkan dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Check this out!

1. Hijau

Kamar tidur dengan cat hijau
Source: Edupaint

Warna hijau seringkali dianggap norak karena terlalu cerah, sehingga jarang digunakan untuk warna cat kamar tidur. Padahal, warna hijau memiliki beberapa kelebihan yang mampu membantu kamu mendapatkan tidur berkualitas. Warna hijau identik dengan warna alam sehingga ruangan akan terasa sejuk, asri dan menyegarkan. Warna hijau dipercaya baik untuk kesehatan mata. Bila kamu yang menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar, mulailah mempertimbangkan warna hijau sebagai warna cat kamar tidurmu. Selain itu, warna hijau juga mampu mendukung stimulasi otak untuk menjadi kreatif.

2. Kuning

kamar tidur dengan cat kuning
Source: voiceproject

Warna kuning bila digunakan sebagai pilihan, akan memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan semangatmu di pagi hari. Cerahnya warna kuning mampu membantu kamu mengurangi penat dan stress, sehingga tubuh akan terasa lebih segar dalam menjalani aktivitas. Perpaduan warna kuning dengan warna pastel, atau menggunakan warna kuning pastel juga merupakan suatu cara untuk menghindari kesan norak pada dinding kamarmu. Disertai dengan perpaduan dari barang-barang lain di kamar tidurmu, dijamin tidurmu akan makin berkualitas.

3. Merah Muda atau Dusty Pink

kamar tidur dengan cat pink
Source: hipwee.com

Penggunaan warna merah muda atau dusty pink sebagai warna cat kamarmu juga merupakan salah satu cara untuk mendapat tidur yang berkualitas. Warna merah muda atau dusty pink dipercaya mampu mengontrol energi sehingga dapat berpengaruh pada menurunnya risiko stress serta depresi. Sensasi lain dari penggunaan warna merah muda atau dusty pink adalah kesan damai yang akan didapatkan.

4. Cokelat Muda

warna coklat untuk cat kamar tidur
Source: idntimes.com

Coklat muda memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh bila digunakan sebagai warna cat kamar tidur. Warna coklat muda mampu menciptakan nuansa dan suasana yang hangat, serta mampu membuat manusia cepat terlelap dalam tidur. Manfaat-manfaat seperti inilah yang membuat penggunaan coklat muda sebagai pilihan disarankan karena mampu mendukung terciptanya tidur yang berkualitas. Di sisi lain, coklat muda diyakini mampu meningkatkan sisi romantis dan nyaman.

5. Biru

warna biru sebagai warna cat kamar tidur
Source: Pexels

Beberapa di antara kalian mungkin mengetahui bahwa warna biru sangat sering dijadikan sebagai warna cat kamar tidur. Atau mungkin kamu salah satu yang memilih warna biru untuk kamar tidurmu? Selain menjadi warna favorit untuk kamar tidur, warna biru memang memiliki beberapa manfaat baik untuk kesehatan dan menciptakan tidur berkualitas.Warna biru mampu menciptakan suasana yang menenangkan bagi pikiran dan hati manusia. Warna biru disarankan untuk digunakan sebagai warna cat kamar tidur bagi para penderita insomnia, sebab bila kamar menggunakan warna biru, tinggi kemungkinan tidurmu akan berkualitas.

6. Abu-abu Muda

kamar tidur dengan cat abu-abu muda
Abu-abu Muda

Warna abu-abu muda sebagai warna cat kamar tidur memiliki kesan modern yang tinggi. Warna abu-abu muda membantu terciptanya suasana lapang dan sejuk, yang kemudian akan memberi pengaruh baik yaitu membantu pikiran untuk rileks, membantu tidur menjadi lelap, dan membantu terciptanya istirahat yang nyaman. Setelah lelah berkegiatan seharian, istirahat di kamar dengan cat abu-abu muda dapat memberikan kenikmatan, untuk kemudian menciptakan tidur yang berkualitas.

Selain dari segi kesehatan, warna cat juga mempengaruhi segi tata ruang. Beberapa warna bila digunakan sebagai warna cat kamar tidur memberi kesan yang luas, sehingga cocok untuk ruangan yang sempit. Kamar tidur dengan kesan luas mampu memberi ketenangan dan menciptakan tidur berkualitas.

7. Putih

kamar tidur dengan cat putih
Warna putih

Warna putih menjadi cat kamar tidur yang paling cocok untuk memberikan kesan luas untuk ruangan sempit. Penggunaan warna putih pada kamar tidur mampu membuat ruangan terasa lebih luas. Hal ini disebabkan karena warna putih mampu memantulkan cahaya sehingga ruangan terasa cerah. Kamar tidur yang menggunakan cat warna putih juga akan terkesan sebagai ruangan yang lebih terbuka dan lapang.

8. Warna-warna Pastel

kamar tidur dengan cat warna pastel
Warna pastel

Warna pastel bila digunakan sebagai warna cat kamar tidur seringkali mampu menarik perhatian dan menciptakan kesan luas sehingga cocok untuk digunakan pada ruangan sempit. Selain itu, warna pastel juga memberi keceriaan dan membuat penghuninya tidak mudah merasa bosan. Efek positif dari penggunaan warna pastel ini mampu menghilangkan stres dan memberi kamu tidur yang berkualitas.

9. Hijau Lemon

kamar tidur dengan warna cat hijau lemon
Warna hijau lemon

Penggunaan warna hijau lemon sebagai warna cat kamar tidur sebaiknya dikombinasikan dengan warna-warna netral seperti putih. Hal ini bertujuan untuk memberi kesan luas yang lebih baik. Warna hijau lemon dapat memantulkan cahaya dengan baik, sehingga kamar tidur akan terasa lebih cerah dan lapang, serta memiliki kesan sebagai ruangan terbuka.

10. Turqoise

kamar tidur dengan cat warna turquoise
Source: Pinterest

Warna turquoise atau yang biasa dikenal dengan warna biru hijau ini juga dipercaya mampu menjadi warna yang memberi kesan luas bagi ruangan sempit. Hal ini disebabkan karena warna turquoise mampu menghadirkan suasana yang sejuk dan segar bagi suatu ruangan.

Itulah dia informasi mengenai rekomendasi warna-warna pilihan untuk kamu gunakan sebagai warna cat kamar tidur. Rekomendasi penggunaan dan manfaat dari warna-warna tersebut di atas, memiliki kondisi yang berbeda pada setiap orangnya. Bila kamarmu belum menggunakan cat warna diatas, segera ganti agar lebih tenang dan produktif!

Lanjut baca tentang Cara Mengecat Tembok Sendiri

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *