Wisata Alam Terbaik di Sekitar Jakarta

Wisata Alam Terbaik di Sekitar Jakarta

Tinggal di Jakarta bisa menjadi melelahkan. Bekerja dari pukul 9 sampai 5 di lingkungan kerja yang monoton, dengan kecepatan kerja yang tiada henti, jadwal yang ketat, dan bahkan lebih buruk lagi perjalanan yang macet dan kerap kali terjadi di kota ini.Untuk tetap waras, terkadang yang dibutuhkan hanyalah menghirup udara segar. Liburan singkat ke alam sesekali adalah suatu keharusan. Hal ini akan menyegarkan pikiran kita dan jauh dari hiruk pikuk kota besar. Mengapa kamu tidak pergi ke wisata alam yang tidak terlalu jauh dari rumah ini? Simak rekomendasi berikut!

Weekend Getaway Destinations Around Jakarta

5 Best Hiking Spots Near Jakarta

1. Ancol Festival Beach

ancol beach jakarta

Berlokasi di kawasan Ancol, Jakarta Utara, destinasi alam ini terletak di sebuah blok rekreasi yang sangat luas bernama Taman Impian Jaya Ancol. Sejak dibukanya Taman Impian Jaya Ancol pada tahun 1966, pantai ini menjadi tempat liburan utama bagi warga Jakarta yang mencari hembusan angin laut yang segar dan suara deburan ombak yang menenangkan.

Festival Beach terkenal dengan suasana pantainya yang tenang dan jajaran perahu nelayan berlatar gedung pencakar langit. Pengunjung biasanya datang ke sini untuk berenang, bersepeda, wisata kuliner, atau sekedar berjalan-jalan di dermaga. Ada banyak restoran yang tersedia di lokasi, tetapi satu lagi adalah restoran dengan pemandangan pantai dan laut yang luar biasa. Terletak tepat di tengah dermaga kayu yang membentang ke air, sangat cocok untuk makan siang santai atau makan malam romantis.

2. Pantai Indah Kapuk Mangrove Forest

Terletak di kawasan perumahan kelas atas, Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) adalah salah satu permata alam. Terletak di dalam blok besar rumah mewah dan mal, hotel ini menawarkan tempat peristirahatan yang damai ke pemandangan hijau garis pantai. Hutan mangrove tersebut berada di dalam kawasan Taman Wisata Alam Angke Kapuk dan dikelola oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakartahutan mangrove pantai indah kapuk nature getaway jakarta

Baca juga: One-Day-Food-Hunt in Pantai Indah Kapuk

Sebagai destinasi ekowisata, Mangrove Forest menyuguhkan lahan konservasi lengkap dengan fasilitas rekreasinya. Di sini, kamu bisa berkeliling hutan sambil berfoto-foto dengan latar belakang pepohonan rindang atau lahan mangrove yang asri. Jika kamu ingin menikmati pengalaman yang lebih seru, cobalah naik perahu dayung di danau untuk berkeliling hutan.

Bagi yang ingin tinggal lebih lama di sini, kamu bisa memilih rumah kayu di atas air untuk akomodasi bermalam. Alternatif lain, kamu dapat menyewa tempat perkemahan di hutan mangrove ini. Merupakan wisata alam yang menarik di tengah kota.

3. Suropati and Menteng City Park

Taman Suropati nature getaway jakartaSource: Google Maps

Di antara semua taman kota di tengah gedung-gedung tinggi di Jakarta, ada beberapa taman kota yang menghiasi lingkungan kota dengan sentuhan hijau dan alam. Bersembunyi di kawasan elit kota, taman kota ini terlihat asri dengan pepohonan dan tertata rapi dengan beberapa benda artistik dan penerangan jalan. Keindahan Taman Suropati ditambah dengan banyaknya karya pahatan dari negara anggota PBB di Asia Tenggara. Di sisi lain, Taman Menteng memiliki ikon rumah kaca tempat banyak orang berfoto untuk acara-acara khusus, seperti sesi foto prewedding.

Saat sore dan malam hari, taman menjadi tempat bersantai bagi warga ibu kota. Sebagian besar pengunjung datang ke sini untuk bersantai, berfoto, atau menikmati kemeriahan kuliner jajanan pinggir jalan tradisional di pinggir jalan taman. Jika datang pada malam hari atau di akhir pekan, kamu bisa menikmati alunan musik dari artis yang kerap datang menghibur para pengunjung. Tempat ini bahkan memiliki komunitas yang memberikan kelas musik gratis untuk alat musik gesek seperti biola dan sesekali menyelenggarakan orkestra mini. Luar biasa, bukan?

4. Kepulauan Seribu (The Thousand Islands)

thousand island jakarta

Berbicara tentang destinasi wisata alam di Jakarta, kepulauan kecil yang terletak di utara Jakarta ini sayang untuk dilewatkan. Kepulauan Seribu merupakan destinasi wisata bahari terbaik di Jakarta. Kapal feri lambat menuju Kepulauan Seribu berangkat dari pelabuhan Kali Adem di kawasan Muara Angke Jakarta.

Tempat memiliki sejumlah situs wisata yang indah dan belum tersentuh, seperti pantai yang indah dengan banyak kegiatan untuk dilakukan. Dari sebelas pulau kecil di gugusan pulau ini, banyak di antaranya yang menjadi “pulau wisata”. Jika kamu memiliki budget lebih, cobalah wisata bahari di Pulau Bidadari dan Pulau Putri.

Sedangkan untuk kamu yang memiliki budget terbatas bisa mengunjungi Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Pulau Macan, atau Pulau Untung Jawa. Di sana, kamu dapat berenang ke air yang menyegarkan, snorkeling, menyelam scuba, berkumpul di sekitar api unggun, naik perahu di sekitar pulau, atau aktivitas pantai yang menyenangkan yang dapat kamu pikirkan. Sempurna untuk liburan musim panas.

5. Setu BabakanSetu Babakan nature getaway jakarta

Source: Google Maps

Setu Babakan yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan ini merupakan sebuah desa Betawi yang resmi menjadi pusat pelestarian budaya asli Jakarta, Betawi. Di sini, kamu bisa menikmati danau luas yang indah di mana kamu bisa duduk-duduk dan bersantai sambil mengamati permukaan air yang tenang. Di samping tempat penampungan air terdapat hamparan sawah yang dipenuhi berbagai tanaman buah dan sayur. Selain bisa menikmati keunikan budaya Betawi, pengunjung Setu Babakan juga bisa merasakan kesegaran alam dengan menaiki perahu angsa mengelilingi danau. Sambil menikmati alam, pastikan kamu juga mencicipi aneka kuliner khas Betawi di sini.

Jadi, masih memungkinkan menemukan tempat liburan alami di tengah hutan beton seperti Jakarta. Semoga bisa menjadi agenda kalian selanjutnya di akhir pekan mendatang (atau mungkin hari kerja). Jangan lupa untuk membawa perlengkapan penting untuk liburan akhir pekan dan bersenang-senanglah!

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Coworking Space Terbaik di BSD

Coworking Space Terbaik di BSD

Apartemen Murah untuk Sewa Bulanan di Jakarta

Apartemen Murah untuk Sewa Bulanan di Jakarta

Coworking Space Terbaik di Sekitar Kuningan

Coworking Space Terbaik di Sekitar Kuningan

Untung Rugi Bekerja di Coworking Space

Untung Rugi Bekerja di Coworking Space

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *