8 Fakta dan Pilihan Tempat Wisata di Sekitar Pasir Putih PIK 2

8 Fakta dan Pilihan Tempat Wisata di Sekitar Pasir Putih PIK 2

Sudah tahu mau kemana weekend ini? Kalau belum, Anda harus coba datang ke Pantai Pasir Putih PIK 2. Meski termasuk dalam Pantai Utara Tangerang, tempat ini telah menjadi lokasi wisata dan kuliner baru selain Ancol di Jakarta Utara.

Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 sejatinya merupakan pulau reklamasi yang dikelola oleh pengembang Agung Sedayu Group. Kawasan PIK 2 juga mempunyai Pantai Pasir Putih buatan yang letaknya agak terpisah dari pulau-pulau reklamasi.

1. Lokasi Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai Pasir Putih berada di jalur Pantura Tangerang yang terhubung dengan jembatan PIK 2. Rute untuk sampai kemari terbilang mudah. Bagi Anda yang datang dari Jakarta Pusat, Anda dapat membawa kendaraan melintasi Jalan M.H. Thamrin, kemudian masuk ke Tol Cawang Grogol.

Setelah melewati Jalan Tol S. Parman, tetap di Jalan Prof. DR. Sedyatmo kemudian masuk ke Jakarta Outer Ring Road. Anda akan menyebrangi Jembatan Pulau D sampai bertemu bundaran PIK 2. Lewati Jembatan PIK 2, maka Anda akan tiba di Pantai Pasir Putih PIK 2.

2. Jam Operasional Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai buatan yang berbentuk memanjang ini memang berbeda dari pantai kebanyakan yang berpasir krem atau hitam.Tak heran, Pantai Pasir Putih PIK 2 sudah banyak dibicarakan wisatawan sejak tahun 2020.

Pantai PIK 2 ini buka setiap hari untuk umum mulai pukul 15.00 sampai 19.00 WIB. Masuk kemari pun tidak dikenakan biaya alias gratis. Namun, selama pandemi Covid-19, pantai kadang tutup untuk menghindari lonjakan pengunjung. Kalau berwisata kemari, jangan lupa untuk tetap menerapkan 3M, ya!

3. Garis Pantai yang Instagrammable

Garis Pantai PIK 2 atau White Sand Beach terbilang cukup panjang, yaitu 4 kilometer. Dulu tempat ini disebut Pulau C sebelum diubah jadi tempat wisata.

Di sini, Anda dapat menemukan banyak pohon palem di pantai berpasir putih. Meskipun pohon palem baru ditanam, tapi cukup untuk mengurangi terik matahari.

Pantai ini tergolong cukup sepi pada hari biasa. Suasana di sini terasa seperti pantai di luar negeri, lho. Dengan pemandangan yang cantik, Anda bisa berfoto ria sambil menunggu matahari terbenam!

Pantai ini juga cocok jadi tempat piknik bareng keluarga atau sahabat. Cukup duduk di atas pasir atau alas duduk sendiri, Anda bisa menyantap makanan yang Anda bawa dari rumah. Asyik, bukan?

Mau olahraga sambil menikmati udara pantai? Nah, pantai PIK 2 dikenal sebagai lokasi jogging dan bersepeda yang nyaman. Sebab, ada jalur khusus bagi pengunjung yang ingin berolahraga.

sumber foto: Pixabay/StockSnap

4. Pusat Kuliner Baru

Kawasan Pantai Indah Kapuk memang dikenal lama sebagai surganya kuliner. Mulai dari masakan Indonesia sampai mancanegara, semua ada di sini. Area PIK 2 juga memiliki banyak ragam kuliner yang tak kalah dari PIK, lho.

Selain punya pasir putih yang bagus, kawasan wisata PIK 2 disebut-sebut sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di Jakarta Utara. Kalau sudah lelah berkeliling pantai, Anda bisa langsung berkunjung ke Food Street yang terletak di tengah pulau.

Dengan konsep food court terbuka, tempat ini dipenuhi oleh restoran dan kafe dengan menu beragam. Sebanyak lebih dari 50 outlet makanan dan minuman dapat Anda temukan di sini. Di antaranya adalah Nasi Uduk Bu Djum, Bakmi Jogja, Gorilla Steak & Fries, dan Tarachick Nusantara Chicken.

Anda juga bisa menyantap Chinese food di PIK 2. Datanglah ke Pantjoran PIK, sebuah area kuliner dengan konsep Tionghoa. Saat sampai di tempat ini, pengunjung akan disambut oleh arsitektur bangunan ala China. Mulai dari dim sum sampai liang teh, dapat Anda cicipi di sini.

Kalau Anda singgah di PIK 2, Anda tak akan kesulitan mencari restoran yang menghadap ke laut. Restoran Umaqita, misalnya. Di sini, pengunjung dapat menikmati sajian khas Nusantara sambil menunggu matahari terbenam.

Berhubung PIK 2 terletak tidak jauh dari PIK, Anda pun bisa ‘nyebrang’ dengan mudah untuk mencari tempat kuliner yang enak di PIK!

5. Taman Mangrove dekat PIK 2

Plesiran ke Pantai Indah Kapuk 2 bukan hanya bisa jajan dan jalan-jalan di pantai saja, lho. Anda pun bisa mengajak teman, pacar, atau keluarga untuk berkunjung ke Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk.

Hanya berjarak 15 menit dari Pantai Pasir Putih PIK 2, taman mangrove yang satu ini adalah tempat yang pas untuk ‘sembunyi’ dari panasnya pantai Jakarta Utara. Tak hanya itu, konservasi ini menawarkan udara bersih di tengah polusi Jakarta yang tinggi.

mangrove pik dekat pantai pasir putih pik 2

sumber foto: jakartamangrove.id

Anda bisa datang kemari mulai dari pukul 08.00 sampai 16.00. Selain menyediakan trek yang nyaman untuk berolahraga, tempat ini juga punya resort yang buka setiap saat. Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk belajar soal tanaman bakau atau berkeliling dengan perahu.

Kawasan konservasi mangrove seluas 99,82 hektar ini berada sangat dekat dari Pantai Indah Kapuk. Untuk sampai ke sini, Anda dapat mengakses tol dalam kota, JORR, ataupun menggunakan bus TransJakarta.

6. Dekat dengan Pusat Perbelanjaan

Pasir Putih PIK 2 terletak tidak jauh dari kawasan pusat perbelanjaan hits di Jakarta Utara. Salah satu yang paling lengkap adalah PIK Avenue.

Di tempat ini Anda bisa belanja barang bermerek favorit Anda atau hanya sekadar melihat-lihat. Mencari restoran enak? Jangan khawatir, PIK Avenue juga mempunyai banyak pilihan kuliner untuk Anda yang lapar.

Dari pantai PIK 2, Anda juga bisa mengakses Pluit Village Mall, Emporium Pluit Mall, atau Baywalk Mall yang berada di Pluit, Penjaringan.

7. Dekat dengan Lapangan Golf

Bermain golf di area dekat pantai? Why not? Pantai Pasir Putih PIK 2 berada cukup dekat dengan sejumlah pusat bermain golf favorit di kawasan Pantai Indah Kapuk. Di pulau reklamasi Golf Island, Anda dapat melepas lelah dengan menjajal permainan golf bersama teman-teman.

Anda juga dapat menemukan Sedayu Indo Golf di sini. Bergeser sedikit ke kawasan PIK, ada Damai Indah Golf – PIK Course yang terletak di lokasi strategis dekat tol.

8. Banyak Pilihan Apartemen

Kalau Anda suka suasana pantai, tinggal di dekat Pantai Pasir Putih PIK 2 akan terasa sangat menyenangkan. Di sekitar kawasan Jakarta Utara, Anda bisa menyewa apartemen mulai dari yang murah sampai berkelas premium. Apartemen ini juga mudah diakses dari Pantai PIK 2.

Untuk harga sewa bulanan Rp10 juta ke bawah, Anda bisa melirik apartemen Green Bay Pluit atau Ancol Mansion. Sebuah apartemen dapat Anda sewa mulai dari Rp3 juta-an.

Bagi Anda yang lebih suka tinggal di apartemen mewah, ada Gold Coast Apartment yang terletak di tepi pantai. Ada juga apartemen Regatta yang bisa disewa mulai dari Rp15 juta-an.


Selain punya banyak tempat wisata, PIK 2 juga mudah diakses dari banyak tempat-tempat penting, ya. Tak sulit untuk menemukan mall, sekolah, perkantoran, sampai akses jalan tol.

Nah, daripada harus berkendara jauh untuk sampai ke pantai PIK 2, mendingan sewa apartemen di Flokq aja! Flokq punya banyak rekomendasi apartemen murah di Jakarta Utara untuk Anda. Cek di beranda Flokq, ya!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

8 Tempat Makan Kebab Terbaik di Jakarta yang Harus Kamu Coba!

15 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Coba

15 Rekomendasi Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Coba

10 Restoran Baru di PIK dengan View Laut 2021

10 Restoran Baru di PIK dengan View Laut 2021

Minum Anggur Putih (Ternyata) Juga Banyak Manfaatnya

Minum Anggur Putih (Ternyata) Juga Banyak Manfaatnya

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *