Yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Memilih Co-Living

Yang Perlu Kamu Ketahui sebelum Memilih Co-Living

Konsep flat-sharing sudah tidak asing lagi di masyarakat saat ini. Dari transportasi, hiburan, perumahan hingga ruang kerja, konsep berbagi digunakan secara luas karena biaya murah yang konvensional. Konsep co-living menawarkan cara yang lebih murah dan aman untuk menekan biaya hidup, terutama di kota yang padat penduduk. Ada banyak hal yang perlu diketahui tentang co-living, penting untuk dicatat bahwa co-living adalah gaya hidup komunal dimana kamu bisa menemukan orang-orang yang berpikiran sama dan bekerja menuju lingkungan yang interaktif dan menginspirasi untuk semua anggotanya.

Co-living adalah cara hidup yang menyenangkan terutama di kota yang sibuk seperti Jakarta. Tinggal bersama di Jakarta akan menjadi pengalaman yang luar biasa untuk tinggal bersama teman-teman yang disukai keluarga! Tetapi, pasti ada beberapa keraguan sebelum memilih co-living, jadi berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang co-living yang bisa membantumu mempertimbangkan hal-hal sebelum memilih untuk hidup bersama!

1. Apa itu Co-Living?

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah definisi dari co-living itu sendiri. Co-living adalah kependekan dari community living, yaitu tinggal bersama dengan orang lain, dengan berbagi ruang komunal seperti dapur, kamar mandi, ruang makan, atau ruang kerja. Awalnya, konsepnya sangat mirip asrama, dengan operator yang mengontrol setiap aliran tempat tinggal. Jika kamu memiliki keinginan untuk hidup dalam komunitas yang erat yang menawarkan biaya hidup yang ramah secara ekonomi, maka co-living mungkin merupakan jawaban yang tepat.

Lebih jauh, ide dasar dari hidup bersama adalah berbagi pengetahuan dan pengalaman. Artinya kamu berada dalam komunitas yang dibuat oleh orang-orang yang bersedia bekerja sama untuk kepentingan bersama, berupa hasrat, pekerjaan, hobi, tujuan, atau bahkan ideologi. Oleh karena itu, sangat umum untuk menemukan ruang yang didedikasikan untuk menyatukan orang-orang dengan minat yang sama (misalnya pelajar, perancang busana, model, seniman yang menginspirasi, insinyur, dan lain-lain) di mana kamu bisa bekerja sama untuk berkontribusi demi kebaikan komunitas.

Orang-orang juga membaca Bagaimana Co-Living Bisa Membuat Hidupmu Terasa Luar Biasa

2. Bagaimana sistem Co-Living bekerja?

Secara fisik, co-living adalah ruang hidup yang diatur sebagai tempat orang-orang dengan minat, karir, atau cita-cita yang sama berkumpul. Lokasinya tidak masalah, bisa di rumah, di apartemen, atau bahkan penthouse. Perlu kamu ketahui juga bahwa sistem co-living cukup sederhana. Pada dasarnya, penghuni bisa membayar satu kamar dan diperbolehkan untuk memanfaatkan fasilitas atau ruang umum yang tersedia.

Kemudian, ada operator yang bertanggung jawab untuk menagih, mengatur tagihan, layanan kebersihan, mengatur orientasi atau pertemuan untuk grup, dan bahkan ada yang membantumu menemukan teman sekamar! Sebagian besar co-living memiliki sewa yang fleksibel baik mingguan atau bulanan yang paling sesuai untukmu dan teman sekamarmu. Semua biaya dibagi sama rata dengan orang-orang yang tinggal di sana, jadi semakin banyak orangnya, semakin murah harganya. Kamu juga bisa bergabung dengan co-living hanya dalam seminggu. Namun, jika kamu seorang perantau, menyewa per bulan akan lebih menguntungkan.

Baca juga: Tips Menemukan Roommate

3. Apa yang bisa kita harapkan dari Co-Living?

  • Co-living membuka kesempatan untuk menciptakan jaringan karir dan menghemat uang untuk masa depan. Banyak profesional muda yang ambisius lebih suka hidup bersama untuk mengurangi anggaran untuk biaya sewa yang tinggi. Menurut laporan yang dibuat oleh Cushman & Wakefield 2019, co-living akan berkembang dalam 5 tahun ke depan karena preferensi generasi tumbuh untuk menemukan rumah yang memberikan kenyamanan, keterjangkauan, dan komunitas yang dinamis. Secara umum, co-living menawarkan kesempatan untuk bertemu dengan komunitas yang memiliki cita-cita, nilai, minat, dan pengetahuan yang sama yang mungkin bisa membantu membangun karir masa depan atau bahkan bisa memberimu keluarga kedua.

Baca juga! Mengapa Co-Living itu Terjangkau

  • Kegiatan, acara, dan agenda yang menyenangkan! Ide hidup bersama berbeda dari asrama; ini bukan hanya tentang berbagi tempat tinggal. Kamu bergabung dengan sekelompok orang atau komunitas dengan nilai dan minat yang serupa. Co-living dirancang untuk membuat hidupmu lebih nyaman dan membuat interaksi sosial dengan penghuni lain, dengan beberapa aturan yang melibatkan semua orang dalam aktivitas, seperti acara mingguan, pesta, dan banyak lagi!
  • Memiliki ruang pribadi juga memungkinkan! Co-living adalah tentang berbagi dan melakukan banyak hal bersama, tetapi kamu juga bisa memiliki ruang pribadi. Biasanya dalam co-living, kamu memiliki kamar tidur dan area kerja sendiri, jadi kamu tidak perlu khawatir jika membutuhkan waktu untuk diri sendiri.
  • Menjalani proses penerimaan. Kamu juga perlu tahu bahwa untuk memasuki komunitas co-living, kamu harus menjalani semacam proses penerimaan di mana kamu harus mendaftar untuk diterima. Proses penerimaan sangat standar, di mana tujuannya adalah untuk mengenal dirimu, mengapa kamu mendaftar, minat, dan lain-lain. Setelah diterima, kamu akan diminta untuk masuk dan pindah ke komunitas yang sesuai dengan pilihanmu. Setiap perusahaan akan mencoba memasangkan kamu dengan orang-orang yang memiliki minat dan kepribadian yang sama agar merasa nyaman.

4. Keuntungan Co-Living

Jika kamu memilih untuk memulai gaya hidup bersama, kamu perlu tahu bahwa kamu akan memperoleh manfaat yang besar. Berikut beberapa manfaat co-living yang dilaporkan dari temuan Jll di India 2019:

  • Lebih murah daripada menyewa secara mandiri.
  • Perawatan rumah, pembayaran tagihan listrik, perawatan, furnitur dan perlengkapan, pembaruan kontrak sewa mudah.
  • Co-living memberimu kesempatan untuk bertemu dan membangun hubungan dengan orang-orang baru dari budaya dan latar belakang yang berbeda, semua bersedia untuk berbagi denganmu. Kemudian, ada rasa kebersamaan yang kuat, karena kesamaan minat dan nilai.
  • Pekerjaan rumah dibagi dengan teman sekamar!
  • Kamu tidak akan merasa sendiri dan diterima secara sosial! Memungkinkan kamu untuk lebih banyak berinteraksi dengan penghuni lain, daripada menyewa apartemen studio.
  • Selain itu, hidup bersama seringkali menyediakan ruang yang lebih aman dan produktif untuk bekerja dari rumah. Jadi, memungkinkan lebih banyak kenyamanan dalam melakukan pekerjaan tanpa harus khawatir dengan gangguan yang tidak perlu.

5. Risiko Co-Living

Co-living adalah cara ideal untuk hidup di dunia yang semakin padat dan tertutup. Namun, kamu perlu mengenali beberapa risiko yang mungkin harus dihadapi saat tinggal dengan orang lain.

  • Ada kemungkinan kamu tidak cocok dengan semua orang di rumah. Meskipun selektif dan terfilter, kamu mungkin menemukan diri bentrok dengan beberapa orang karena perbedaan kepribadian atau pandangan,

Baca juga: Tips Menjadi Roommate yang Baik

  • Masih ada kurangnya privasi jika teman sekamar melanggar aturan yang dibuat dalam perjanjian. Kamu sebaiknya mengetahui hal-hal ini lebih awal sebelum memilih hidup bersama. Ruang umum seperti dapur dan ruang keluarga, bermanfaat dan merupakan daya tarik hidup bersama. Namun, dari waktu ke waktu orang akan membutuhkan privasi dan waktu pribadi untuk dirinya sendiri.
  • Ada kesepakatan teman sekamar yang harus diikuti. Aturan tersebut penting agar setiap orang bisa memiliki pemahaman yang sama satu sama lain. Mengikuti seperangkat aturan ini mungkin tidak terasa baik, tetapi itulah tanda bahwa kamu peduli dengan orang lain.

Untuk mempermudah hal-hal dengan teman sekamar, baca Hal-hal yang Perlu Didiskusikan dengan Flatmates

Sebagai kesimpulan, kita bisa memahami bahwa co-living lebih dari sekedar menyewakan kamar. Co-living adalah gaya hidup yang mungkin tidak sepenuhnya untuk semua orang, meskipun siapa pun diperbolehkan mencobanya. Saran terakhir kami adalah pastikan untuk memeriksa tempat yang ingin kamu coba. Sangat penting bagi kamu untuk melihat ulasannya. Jadi, kamu memiliki gambaran umum tentang cara kerja co-living di kediaman tertentu sebelum membuat keputusan.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Tempat Untuk Sewa Kost Eksklusif Di Cilandak

5 Tempat Untuk Sewa Kost Eksklusif Di Cilandak

Sharing Apartemen Jakarta: Pengenalan dan Rekomendasi Apartemen Terbaik

Sharing Apartemen Jakarta: Pengenalan dan Rekomendasi Apartemen Terbaik

6 Rekomendasi untuk Sewa Apartemen Bulanan di Kasablanka

6 Rekomendasi untuk Sewa Apartemen Bulanan di Kasablanka

6 Rekomendasi untuk Sewa Apartemen Bulanan di Senayan

6 Rekomendasi untuk Sewa Apartemen Bulanan di Senayan

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *