Yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kost

Banyak pilihan hunian untuk ditinggali, salah satunya ‘kost’. Apa itu kost?

Definisi Kost

Kost adalah salah satu persewaan kamar yang sangat umum di Indonesia. Sebagian besar kost memiliki bangunan induk yang sengaja dibangun untuk sebuah kost. Namun, ada juga kost yang ruangannya berada di bawah rumah milik keluarga, sehingga kamu akan tinggal bersama keluarga pemilik rumah tersebut. Menyewa kost sama dengan menyewa kamar. Ya, kamu hanya akan mendapatkan kamar saja. Tenang, sebagian besar kost memiliki kamar mandi dalam, jadi jangan khawatir jika kamu tidak ingin mandi di kamar mandi bersama.

two girl chatting
Sumber

Semuanya, kecuali kamar mandi dan tempat tidur, di kost digunakan bersama. Seperti ruang bersama, dapur, laundry, dan area parkir. Karena itu, dengan tinggal di sebuah kost, kamu bisa bersosialisasi lebih cepat karena adanya ruang bersama dan dapur. Tapi, ada juga kost elit yang menyediakan TV di setiap kamar.

Baca juga: Kost Terbaik di Sekitar Mega Kuningan

Jenis-jenis Kost

Kos-kosan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis terutama menurut jenis kelamin orang yang tinggal di dalamnya. Karena mayoritas masyarakat Indonesia adalah Muslim konservatif, mereka membenci konsep perbedaan jenis kelamin di rumah atau kamar yang sama, meski tidak sepenuhnya dilarang. Jadi setiap kos-kosan akan dibedakan menurut jenis kelaminnya seperti kost untuk laki-laki, perempuan, atau campuran.

Diferensiasi lainnya didasarkan pada kisaran harga kos-kosan. Tersedia kos-kosan premium atau eksklusif bagi Anda yang ingin menikmati fasilitas lebih dengan harga lebih tinggi. Fasilitas yang disediakan biasanya AC, TV kabel, kamar mandi dalam ruangan, dan terkadang dengan dapur dalam ruangan. Tentunya harganya akan lebih mahal dari kos-kosan biasa yang berkisar di atas Rp1.500.000,00. Jika Anda menginginkan kenyamanan dan fasilitas lebih dengan harga lebih tinggi, pergilah dan coba pertimbangkan untuk menyewa kos-kosan premium!

Umumnya kos-kosan wanita lebih murah daripada kos-kosan pria dengan fasilitas yang lebih baik atau sama. Bisa jadi ada bias di masyarakat mengenai setiap jenis kelamin di mana perempuan lebih rapi dan lebih bersih daripada laki-laki. Namun demikian, kisaran harga untuk setiap kos-kosan hampir sama terlepas dari jenis kelamin tertentu, hanya berbeda jika Anda memilih antara kost normal atau kost premium / eksklusif. Jadi, sebelum memilih mana yang terbaik, sebaiknya cek dulu jenis kelamin anda dan harganya!

Keuntungan Tinggal di Kos-kosan

Keuntungan tinggal di kost adalah harga sewa sudah termasuk semuanya. Internet, TV kabel, air, dan listrik semuanya termasuk dalam satu harga. Tetapi, ada beberapa kost yang tidak menyertakan listrik dalam tagihan mereka, jadi kamu perlu memperhatikannya. Apalagi, kost sudah dilengkapi beberapa furniture, jadi kamu tidak perlu repot! Kamu tidak perlu pergi berbelanja furnitur, karena begitu memasuki kamar, semua furnitur sudah ada di tempatnya.

Tinggal di kost juga jauh lebih murah dibandingkan tinggal di apartemen, namun minimnya dapur dan beberapa fasilitas mungkin menjadi kekurangan jika kamu menginginkan privasi lebih.

ruang tidur kost
Sumber

Kost bukan sekedar tempat tinggal, tetapi bagi sebagian orang merupakan gaya hidup. Di kost, kamu bisa bertemu banyak orang karena adanya ruang bersama, layaknya bertemu teman baru di tempat umum atau bertemu dengan sahabat baru saat memasak untuk sarapan. Beberapa kost dengan keluarga pemilik rumah akan membuatmu merasa seperti anggota keluarga mereka sendiri. Banyak cerita manis datang dari seseorang yang tinggal di sebuah kost dengan keluarga angkatnya yang memperlakukannya seperti anak mereka, makan malam bersama, dan sebagainya.

Jadi, pilihan ada di tanganmu. Apakah kamu ingin tempat tinggal bersama? Maka, mungkin kost bisa menjadi salah satu pilihan, tetapi jika privasi adalah prioritasmu, mungkin kamu harus mempertimbangkan opsi lain yang tersedia. Mudah-mudahan, informasi ini dapat memberikan wawasan lebih lanjut kepada kamu mengenai apa itu kost.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *