Yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kontrakan di Jakarta

Yang Perlu Kamu Ketahui tentang Kontrakan di Jakarta

Mungkin kamu pernah tinggal di suatu tempat, tetapi hanya sebentar? Mungkin kamu ingin tinggal di rumah dengan anggaran terbatas? Inilah solusi agar kamu bisa tinggal di rumah dengan harga terjangkau di Jakarta. Ya, kontrakan!

Kamu bisa tinggal di kontrakan yang ada di Jakarta. Rumah kontrakan adalah rumah yang disewakan dengan waktu tertentu. Orang bisa menyewa rumah atau apartemen selama satu bulan atau lebih. Orang bisa membayar sewa secara berkala. Biasanya dibayar di muka atau dibayar pada akhir bulan atau tahun tergantung kesepakatan dengan pemilik rumah. Rumah kontrakan bisa menjadi pilihan ideal bagi masyarakat yang menginginkan fleksibilitas dan gaya hidup sementara membeli rumah pribadi bisa menguras banyak tabungan dan membutuhkan banyak komitmen.

Membeli rumah pribadi akan mengikatmu ke properti dalam jangka panjang dan kamu akan bertanggung jawab atas perbaikan, pembayaran pajak dan asuransi, serta biaya lainnya. Menyewa akan membuatmu seperti memiliki rumah dengan lebih sedikit beban kepemilikan rumah.

Ada banyak motif orang menyewa rumah atau kontrakan. Berikut daftar motif mereka:

1. Anggaran yang Terbatas

rented house Jakarta budget

Saat ini, generasi milenial akan menikah dan memulai keluarga baru. Hal itu membuat permintaan rumah meningkat dan harga semakin melambung tinggi. Sehingga, banyak orang yang kesulitan mencari rumah dengan harga terjangkau.

Baca juga: Situs Web untuk Rental Jangka Pendek Terbaik di Jakarta

Orang menyewa rumah atau apartemen karena mereka membutuhkan tempat tinggal tanpa menghabiskan banyak biaya. Meskipun membeli rumah membutuhkan lebih banyak uang, menyewa rumah atau apartemen memungkinkan untuk membayar lebih sedikit dan menabung lebih banyak. Menyewa juga membantu menghindari beberapa pengeluaran besar, seperti perbaikan untuk pemeliharaan, dll.

2. Tinggal untuk Liburan

rented house jakarta for vacation

Sebagai turis, kamu perlu mempertimbangkan tempat menginap selama liburan. Bila kamu berlibur bersama keluarga dan teman-teman, kamu bisa memilih menyewa rumah atau apartemen daripada hotel.

Hotel biasanya tidak mengizinkan tamu untuk membawa banyak orang dalam satu kamar dan mengharuskanmu menyewa beberapa kamar lagi yang menyebabkan adanya kelebihan anggaran. Dengan menyewa rumah atau apartemen, kamu bisa menghemat lebih banyak karena semakin banyak rombongan, semakin rendah biaya per kepala.

3. Untuk Pelajar dan Karyawan

student

Jika kamu seorang mahasiswa atau karyawan, kamu mungkin ingin menyewa rumah atau apartemen untuk tinggal sementara. Mahasiswa biasanya menyewa rumah atau apartemen di dekat kampus, sementara karyawan biasanya menyewa di kawasan pusat bisnis untuk akomodasi yang mudah.

Mahasiswa atau karyawan biasanya hanya tinggal beberapa bulan, jadi mereka tidak perlu membeli rumah pribadi.

Apa yang Harus Dipersiapkan?

rented house jakarta

Banyak sekali kontrakan sesuai dengan kebutuhanmu di Jakarta. Penghuni bisa memilih rumah atau apartemen yang sesuai dengan selera dan preferensi mereka. Dalam memilih kontrakan, kamu perlu mempertimbangkan dan mempersiapkan beberapa hal untuk memastikan bahwa itu adalah tempat yang tepat untuk ditinggali.

Anggaran

Pertama, kamu perlu menyiapkan anggaran. Rumah kontrakan di Indonesia umumnya menawarkan dua sistem pembayaran, yaitu per bulan dan per tahun. Silahkan pilih rumah dengan anggaran paling sesuai yang sudah dipersiapkan.

Jika kamu hanya tinggal untuk sementara, sebaiknya pilih sistem pembayaran bulanan. Sedangkan jika pindah ke rumah kontrakan dalam jangka waktu yang lama, ada baiknya memilih sistem pembayaran tahunan.

Lokasi

Kedua, periksa lokasinya. Pilih tempat yang lokasinya dekat dengan kawasan bisnis, kantor, atau kampus. Kamu juga bisa memilih lokasi yang dekat dengan berbagai fasilitas umum untuk mempermudah akomodasi.

Kisaran rumah kontrakan di Jakarta bervariasi tergantung lokasi dan fasilitas yang disediakan. Harga rata-rata berkisar antara Rp 3.5 juta – Rp 6 juta per bulan. Harganya akan lebih mahal jika dekat pusat kota.

Kondisi

Ketiga, periksa kondisi rumah atau apartemen. Selain menawarkan skema pembayaran yang berbeda, rumah kontrakan menawarkan fasilitas yang berbeda. Kamu harus memeriksa detail furnitur untuk menghindari biaya tambahan untuk setiap perbaikan setelah kontrak selesai.

Plus, kamu harus menanyakan syarat dan aturan yang berlaku untuk rumah kontrakan. Kamu bisa bertanya kepada pemilik rumah mengenai fasilitas dan aturannya. Terkadang rumah kontrakan melarang membawa hewan peliharaan, merokok, dll.

Perjanjian Sewa Menyewa

Keempat, perhatikan perjanjian sewanya. Perjanjian sewa akan memberikan kenyamanan bagi pemilik dan penyewa. Cermati masing-masing poin yang disebutkan dalam perjanjian, jangan sampai salah satu poin tersebut berpotensi merugikanmu.

Furnitur

Kelima, siapkan furnitur. Meskipun tinggal di kontrakan yang menawarkan fasilitas lengkap, terkadang hanya ada beberapa furnitur di dalamnya. Jadi, kamu harus membeli yang lain untuk menunjang aktivitas sehari-hari di rumah, seperti televisi, kulkas, alat masak dan makan, perlengkapan mandi, sprei, dan tirai.

Baca juga: Apartemen Berfurnitur Murah di Jakarta

Selain itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan mesin cuci mengingat biaya yang dikeluarkan untuk laundry akan sangat tinggi. Meskipun harus mengeluarkan biaya tambahan, barang elektronik yang kamu beli akan bisa digunakan untuk jangka panjang dan bisa dipindahkan ke tempat baru setelah masa kontrak berakhir.

Itu dia! Itulah hal-hal yang perlu diketahui dan persiapkan jika ingin tinggal di kontrakan di Jakarta. Kamu bisa menemukan informasi itu melalui situs web atau bertanya kepada kerabat. Ingat, tidak ada yang lebih penting dari rumah yang baik, aman, dan terjamin. Jadi, pilihlah hunian dengan bijak!

Penasaran dengan tipe hunian lain di Jakarta? Klik di sini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *