Yang Perlu Kamu Siapkan sebelum Pindah ke Luar Negeri

Yang Perlu Kamu Siapkan sebelum Pindah ke Luar Negeri

Pindah ke tempat baru bisa memberi seseorang perasaan tidak nyaman, bahkan kamu bisa merasakan kecemasan yang berkepanjangan. Orang-orang cenderung cemas dan memikirkannya terus menerus karena hal yang perlu dilakukan dan dipersiapkan sangat banyak. Apalagi, jika kamu pindah ke luar negeri, persiapan yang harus dilakukan bisa menjadi sedikit lebih kompleks dan rentan untuk berjalan tidak sesuai atau salah ketika kamu tidak melakukan persiapan dengan baik. Orang-orang cenderung merasa lebih baik ketika mereka bisa mengontrol perasaan mereka, jadi untuk membantumu mendapatkan kontrol atas dirimu, berikut ini adalah daftar langkah demi langkah yang harus kamu lakukan untuk memastikan bahwa rencana kepindahanmu ke luar negeri berjalan lancar. Ini pasti akan membuat perjalanan kamu lebih mudah!

Baca lebih lanjut: Perusahaan Layanan Pindahan Terbaik di Jakarta

LANGKAH PERTAMA

Beri Tahu Orang yang Kamu Kasihi

Sekarang, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memberi tahu orang yang kamu cintai, entah itu keluarga, teman, atau pasanganmu tentang rencana perpindahanmu. Biarkan mereka tahu di mana kamu akan pindah dan untuk berapa lama. Penting juga bagi mereka untuk mengetahui alasan di baliknya. Mereka pasti mendukung dan membantumu mempersiapkan kepindahanmu! Kamu mungkin akan kesulitan jika melakukannya sendiri.

Tetapkan Timeline atau Jadwal

Buatlah sebuah timeline, setidaknya dalam waktu dekat ini. Membuat timeline merupakan suatu hal yang penting untuk memastikan bahwa kamu punya rencana untuk dijalankan. Kemudian, kamu bisa menyesuaikannya, namun membuat timeline awal sama pentingnya dengan yang telah dibuat sebelumnya.

Pahami Sistem Imigrasi

Terutama jika kamu mengetahui bahwa negara asalmu tidak memiliki hubungan kerja sama yang erat dengan negara tujuanmu (seperti negara-negara Schengen), memahami sistem imigrasi akan sangat membantumu. Belum lagi jika sistem imigrasi mencakup juga masalah-masalah teknis dan administrasi pada izin tinggal dan izin kerja, jadi pelajari itu dengan baik!

KETAHUI DAERAHNYA

Lakukan Riset Mengenai Biaya Hidup dan Biaya Keberangkatan

Langkah selanjutnya, yaitu melakukan riset mengenai biaya hidup. Mengetahui biaya hidup di negara tujuanmu tentu saja sangat penting, karena harus dipersiapkan sebelum kamu tiba di sana, terutama jika kamu memiliki mata uang yang berbeda yang akan membuat perhitungannya jauh lebih sulit. Hitung juga biaya keberangkatan, seperti tiket pesawat, biaya terkait visa, dan biaya izin tinggal jika ada.

Tetapkan Anggaran untuk Sebulan Pertama

Bersamaan dengan biaya hidup dan biaya keberangkatan, hitung juga anggaran untuk bulan pertama jika memungkinkan, yaitu anggaran yang fleksibel untuk sebulan pertama kamu menetap. Ini akan berguna bagi kamu jika menyiapkannya, karena memiliki rencana keuangan yang ketat di negara baru akan memerlukan waktu untuk menyesuaikan.

Selesaikan Semua yang Berhubungan Dengan Visa

Setelah kamu melakukan riset biaya hidup dan menghitungnya, kamu harus menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi warga negara asing. Mulai dari memilih visa yang tepat, masa berlaku yang sesuai, memastikan paspor milikmu masih berlaku selama masa tinggal, dan mengetahui semua biaya termasuk mungkin biaya izin tinggal tambahan.

Temukan Tempat Tinggal

Sekarang setelah kamu menyelesaikan urusan visa, menemukan tempat tinggal akan menjadi masalah lain yang harus kamu selesaikan. Baik itu apartemen, asrama, atau co-living, kamu harus menemukannya sesegera mungkin. Sesuaikan timeline kepindahanmu dan anggaran yang kamu telah persiapkan.

Cari tahu lebih lanjut tentang Tips buat Pindah ke Kota Baru di sini

Pahami Sistem Perbankan untuk Warga Negara Asing

Masalah logistik penting lainnya yang perlu kamu pastikan dan pahami adalah sistem perbankan negara tujuanmu. Izin apa yang perlu kamu dapatkan untuk membuka rekening tabungan, berapa banyak uang yang diizinkan untuk kamu bawa, atau bank mana yang paling mudah digunakan untuk warga negara asing.

Teliti dan Unduh Aplikasi-Aplikasi Penting

Karena mungkin saja terdapat perbedaan kehidupan sosial di negara tujuanmu, kamu perlu mengetahui hal-hal penting yang berkaitan dengan keperluan digital bagi orang yang tinggal di sana. Mulai dari aplikasi untuk layanan darurat, perbankan, komunikasi, dan bahkan media sosial karena yang digunakan di sana mungkin berbeda dari yang kamu gunakan di sini.

Dapatkan Mata Uang Lokal

Segera cari tempat penukaran mata uang asing jika mata uang negaramu saat ini bukan mata uang populer atau mata uang yang diterima secara luas.

Sesuaikan Timeline

Setelah kamu menyelesaikan hal-hal di atas, mungkin sesuatu mengakibatkan rencanamu berjalan lebih cepat atau lambat dari yang direncanakan. Pada titik ini, kamu harus melakukan penyesuaian dan menyesuaikan jadwalmu untuk langkah selanjutnya.

LANGKAH KEBERANGKATAN

Membeli Tiket

Segera dapatkan tiket pesawat atau kereta api yang diperlukan untuk keberangkatan. Tentu saja, sesuaikan dengan anggaranmu dan timeline yang telah kamu ubah.

Kemasi Barang-Barang Kamu

Bahkan ketika perjalanan masih dua minggu lagi, ada baiknya untuk mulai berkemas. Kamu masih bisa menyelesaikannya mungkin dua hari sebelum keberangkatan, tetapi mengemas barang-barangmu lebih awal bisa membantumu mengingat barang atau hal apa yang mungkin saja terlewatkan.

Hubungi Kolega di Negara Tujuan

Karena jadwal keberangkatan semakin dekat, segera kabari orang-orang di negara tujuanmu jika perlu. Beri tahu mengenai detail dan tujuan perjalananmu.

Berpamitan untuk Mengucapkan Selamat Tinggal

Idealnya, mengatur acara kumpul-kumpul kecil akan membuat orang-orang terdekatmu memiliki pengalaman yang tak terlupakan sebelum kamu pindah. Itu akan membuat keseluruhan rencana terasa lebih berarti dan kamu bisa mengurangi rasa kesepianmu saat pindah.

Cek Ulang dan Selamat Tinggal

Terakhir, periksa barang-barang milikmu dua kali, tiga kali, empat kali, lima kali. Kamu tidak bisa mengambil risiko secara mendadak karena kesalahan tertentu. Akhirnya, kamu siap untuk pergi dan berangkat!

moving abroad

BEGITU KAMU DI SANA

Hubungi Orang yang Kamu Cintai

Pastikan untuk memberi tahu mereka bahwa kamu sampai dengan selamat!

Tukarkan Mata Uangmu

Jika mata uang negaramu adalah mata uang yang sulit ditemukan dibandingkan dengan mata uang lokal negara barumu, jangan lupa untuk menukarkannya segera setelah kamu sampai di sana!

Hubungi Tuan Rumah dan Bongkar Barang-Barang Kamu

Orang berikutnya yang harus kamu hubungi adalah tuan rumah atau pemilik apartemen yang kamu sewa, mereka adalah orang yang akan memberikan semua kebutuhanmu saat pindah ke apartemen. Setelah kamu menyelesaikan urusanmu dengan tuan rumah, silakan taruh barang bawaanmu, dan mulailah membuat tempat barumu nyaman dan terasa seperti rumah sendiri.

Dapatkan Izin Tinggal

Sebelum akhirnya menetap, pastikan bahwa semua masalah administrasi mengenai perpindahanmu telah terselesaikan untuk tidak mempersulit kamu nantinya.

Dapatkan Nomor Telepon dan Bank Lokal

Untuk menyelesaikan persiapanmu secara finansial dan dari sisi komunikasi, dapatkan nomor telepon dan bank setempat. Lebih cepat lebih baik.

moving abroad

Cari Kenyamanan dan Nikmati Pemandangan Baru

Meskipun kami kemungkinan besar melewatkan beberapa langkah yang mungkin spesifik untuk perjalananmu, kami berharap bahwa panduan di atas tetap membantumu. Tambahkan atau hapus langkah-langkah tertentu jika kamu perlu atau pahami daftar ini hanya sebagai pengingat. Yang terpenting, kami harap perjalanan kamu aman dan menyenangkan!

Baca lebih lanjut tentang Tips Pindah ke Jakarta

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

Rekomendasi Apartemen Dekat Kokas yang Siap Dihuni

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

10 Ide Desain Dinding untuk Menyegarkan Tampilan Ruangan Anda!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

5 Jenis Tanaman Bonsai Indoor dan Tips Memeliharanya!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *