Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

Konsisten Zero Waste Lifestyle untuk Selamatkan Bumi

Meski disebut Zero Waste Lifestyle (Gaya Hidup Tanpa Pembuangan), konsep ini lebih mengarah sebagai prinsip hidup yang menggunakan produk sekali pakai dengan sadar dan bijak. Dengan demikian, Anda akan lebih mengutamakan produk-produk yang dapat dipakai berkali-kali agar mengurangi jumlah sampah dan dampak buruknya bagi lingkungan.

Zero waste lifestyle dipraktikkan dengan 5R, yakni:

  • Refuse (menolak menggunakan produk sekali pakai)
  • Reduce (mengurangi penggunakan produk sekali pakai)
  • Reuse (menggunakan produk kembali)
  • Recycle (mendaur ulang)
  • Rot (membusukkan sampah)

Gaya hidup zero waste bukan mengenai ‘dosa’ dalam menggunakan produk sekali pakai, namun lebih mengarah pada pengendalian diri atas tanggung jawab diri pada lingkungan setelah konsumsi produk. Gaya hidup ini dilakukan secara perlahan dan konsisten karena zero waste lifestyle bukan sekedar trend sesaat. Zero waste lifestyle juga merupakan komitmen terhadap tanggung jawab Anda.

Manfaat Zero Waste Lifestyle:

1. Menghemat Biaya

source: Menghemat Pengeluaran

Dengan komitmen Anda terhadap zero waste lifestyle, Anda akan lebih cenderung membeli barang-barang yang dibutuhkan ketimbang membeli secara impulsif. Anda juga dapat membeli barang-barang pre-loved yang masih berkualitas dengan lebih murah, sehingga mengurangi pengeluaran Anda untuk tiap barang yang Anda beli.

2. Mengasah Kreativitas

source: Mengasah Kreativitas

Dalam mendaur ulang produk, Anda juga melatih kreativitas Anda. Mulai dari mendaur ulang wadah plastik minuman menjadi mainan anak-anak hingga DIY level tinggi seperti mengubah ban bekas menjadi meja tamu. Baju-baju lama Anda dapat didaur kembali menjadi keset kaki, dan jika Anda mulai kehabisan ide, YouTube selalu penuh konten-konten menantang yang dapat Anda coba!

3. Peluang Penghasilan Tambahan

source: Peluang Penghasilan Tambahan

Setelah Anda mengasah kreativitas Anda, Anda perlahan akan terbiasa menciptakan produk baru dari daur ulang. Keahlian ini kemudian dapat Anda kembangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual produk-produk Anda.

4. Konsumsi Sehat

source: Makanan Sehat

Berkomitmen dengan zero waste lifestyle berarti mengurangi penggunaan produk sekali pakai, seperti kemasan makanan siap saji. Dengan demikian, Anda akan lebih terdorong untuk memasak makanan sendiri, yang tentunya lebih sehat dan tidak menggunakan produk pengemasan.

Cara Memulai Zero Waste Lifestyle

1. Gunakan Kembali Produk Anda

source: Gunakan Kembali Produk Anda

Saat membuang sampah, pastikan untuk memisahkan antara produk yang masih dapat Anda gunakan kembali dan tidak. Bahkan limbah dapur seperti makanan busuk masih dapat didaur kembali menjadi penyubur tanaman, dan botol-botol plastik dapat Anda gunakan kembali menjadi wadah penyiram tanaman atau pot gantung.

2. Bijak Belanja Makanan

source: Belanja Makanan

Usahakan untuk tidak berbelanja makanan saat lapar karena Anda akan cenderung membeli berdasarkan imajinasi Anda, bukan kuantitas yang dapat Anda konsumsi. Dengan bijak membeli makanan, Anda juga akan mengurangi kemasan yang akan Anda buang.

3. Belanja dengan Sadar

source: Belanja Bijak

Salah satu strategi marketing adalah penggunaan diskon dengan batas waktu agar Anda terdorong untuk membeli banyak barang dalam satu waktu. Anda dapat mengurangi godaan tersebut dengan memikirkan kembali apakah Anda benar-benar membutuhkan barang tersebut, apakah masih ada ruang untuk menyimpan barang tersebut, sampai kapan barang tersebut dapat bertahan, dan sebagainya sebelum membeli.

4. Pilah Sampah Anda

source: Pilah Sampah Anda

Anda dapat membantu mengurangi sampah dengan mengolah pembuangan sesuai dengan jenisnya. Baik secara organis-anorganik ataupun B3.

Zero waste lifestyle mungkin terdengar mustahil, namun hal ini bukan alasan untuk tidak memulai hidup ramah lingkungan. Gaya hidup ini sebenarnya adalah proses, bukan tujuan. Jadi mari bersama bijak mengurangi sampah dan melestarikan lingkungan!


Butuh lebih banyak tips gaya hidup ramah lingkungan? Kunjungi laman ini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

Membuat Ruang Sholat Keluarga yang Nyaman dalam 7 Langkah

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

4 Cara Mudah Untuk Memperbaiki Keran Bocor

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

12 Rekomendasi Anime Romantis: Dari Komedi hingga Tragedi, Sediakan Cemilan dan Tisu Anda!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *