Mulai Karirmu di Bali: Panduan Utama untuk Pekerjaan untuk Ekspat di Bali

Tinggal di Bali untuk liburan jangka pendek terkadang terlalu sedikit, sementara Anda telah jatuh lebih dalam pada pesona Bali. Anda mungkin sudah mulai berpikir untuk pindah dan memulai hidup baru di Bali sebagai cara Anda untuk lebih menjelajahi Bali. Anda dapat memulai awal baru hidup Anda di Bali dengan mencari pekerjaan di Bali. Lihatlah artikel ini untuk memahami tentang pekerjaan Bali untuk ekspatriat dengan lebih baik.

Jenis Pekerjaan Apa yang Tersedia di Bali?

Mencari pekerjaan Bali Anda bisa dimulai dengan mengetahui bidangnya terlebih dahulu. Karena Bali terkenal dengan pariwisatanya, ada banyak sekali lowongan pekerjaan di Bali yang cocok untuk ekspatriat seperti manajer hotel atau chef. Selain area pariwisata, pekerjaan di Bali juga memungkinkan Anda untuk bekerja di sektor lain seperti pendidikan yang dapat dilakukan sebagai guru bahasa Inggris atau sebagai instruktur untuk hal-hal yang Anda kuasai.

Jenis pekerjaan lain yang tersedia di Bali untuk ekspatriat adalah sektor konstruksi, bisnis dan sektor IT, dan hiburan di mana Anda dapat bekerja sebagai musisi atau artis dan ikut serta dalam festival atau acara tahunan di Bali. Ekspatriat yang ingin bekerja di Bali akan menemukan lebih banyak peluang di perusahaan internasional dengan budaya kerja yang beragam.

Mencari pekerjaan setelah Anda berada di Bali biasanya lebih rumit daripada memiliki pekerjaan sebelum Anda pindah ke sana, terutama dalam hal visa dan izin. Oleh karena itu kami sangat menyarankan Anda untuk memulai pencarian pekerjaan jauh sebelum tanggal pindah yang Anda inginkan.

Apa Persyaratan untuk Bekerja di Bali?

Sebagai orang asing yang ingin bekerja di Bali, Anda perlu mengetahui persyaratannya terlebih dahulu agar tidak ada masalah. Sebelum mulai bekerja, Anda harus mendapatkan izin kerja dengan bantuan dari pemberi kerja yang mempekerjakan Anda. Memastikan bahwa perusahaan memiliki badan usaha resmi di Bali dan diperbolehkan mempekerjakan orang asing. Ini adalah bagian penting, karena dipekerjakan tanpa izin kerja adalah ilegal.

Ada dua pilihan jika Anda ingin memperoleh visa kerja ke Bali. Salah satunya adalah visa bisnis, yaitu visa yang diberikan kepada orang yang tertarik melakukan negosiasi bisnis atau mengerjakan proyek dengan perusahaan Bali. Visa ini hanya berlaku hingga 60 hari.

Selain visa bisnis, ada beberapa ekspatriat yang telah memperoleh izin kerja yang memungkinkan mereka untuk memperpanjang masa tinggal mereka di Bali. Bagian ini membutuhkan bantuan dari majikan Anda di mana mereka harus mengajukan KITAS yang merupakan kartu izin tinggal sementara, berlaku selama 6 hingga 12 bulan.

Perusahaan yang mempekerjakan Anda perlu menyediakan dokumennya sendiri. Anda juga perlu memberikan beberapa dokumen pribadi Anda seperti CV, paspor, asuransi kesehatan, salinan gelar Anda, surat keterangan kerja dan foto diri Anda.

Mungkin perlu waktu beberapa bulan, setelah prosesnya selesai, Anda akan diminta untuk pergi ke kedutaan Indonesia setempat untuk mengajukan visa kerja Anda. Setelah itu, Anda harus mendapatkan NPWP, yaitu nomor pajak yang mungkin perlu Anda gunakan untuk hal-hal seperti membuka rekening bank dan mendapatkan SIM.

Pilihan lain bagi Anda adalah menghubungi agen imigrasi Indonesia untuk membantu Anda mendapatkan pekerjaan dan mengurus semua dokumen untuk Anda. Beberapa agen tenaga kerja memiliki agen imigrasi yang bersedia dan mampu membantu Anda dalam mencari pekerjaan di Bali yang membutuhkan biaya tambahan.

Cara Mencari Pekerjaan sebagai Ekspat di Bali

Mencari pekerjaan di Bali sebagai ekspat mungkin membutuhkan waktu, tenaga, dan uang. Banyak kasus terjadi di mana majikan enggan menanggung biaya untuk mendapatkan izin kerja bagi ekspatriat yang dipekerjakan. Terlepas dari kendala tersebut, Anda tetap dapat melakukan yang terbaik untuk memulai pekerjaan Anda di Bali. Berikut adalah beberapa informasi tentang cara mencari pekerjaan sebagai ekspat di Bali.

1. Networking

LinkedIn as networking way
Sumber: Unsplash

Jaringan dapat membantu Anda mencari pekerjaan di Bali dengan lebih mudah. Dengan jaringan, Anda mungkin menemukan atau mendapatkan tawaran pekerjaan dengan bantuan referensi. Salah satu cara agar Anda dapat membangun jaringan profesional untuk pekerjaan Anda adalah dengan memanfaatkan sumber daya online yang tersedia, seperti LinkedIn dan Facebook. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah bergabung dengan forum atau menghadiri konferensi dan acara yang sesuai dengan minat Anda.

2. Job Boards                                        

Papan pekerjaan adalah cara yang sangat mudah bagi Anda untuk mencari pekerjaan yang Anda minati. Dengan memanfaatkan papan pekerjaan, Anda juga dapat mengatur pemberitahuan pekerjaan dan memberi tahu melalui email setiap kali ada pekerjaan yang tersedia yang cocok dengan minat Anda. Kegiatan ini bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun layaknya Anda berselancar di internet.

3. Menghubungi Bisnis Secara Langsung

Dengan menghubungi pelaku usaha secara langsung, akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan di Bali. Anda dapat memeriksa situs web mereka dan melihat halaman karier mereka untuk posisi pembukaan saat ini. Kegiatan ini akan memungkinkan Anda untuk mengirimkan CV Anda sebagai aplikasi Anda ke perusahaan.

4. Surat Kabar

Mungkin terdengar tradisional, tapi surat kabar juga merupakan pilihan tepat yang bisa Anda lakukan untuk mencari pekerjaan di Bali. Luangkan waktu untuk melihat dan membaca tentang lowongan pekerjaan di koran seperti The Bali Times untuk melihat peluang yang sesuai dengan minat dan kualitas Anda.

Mempersiapkan Etiket Bisnis Lokal

Memahami etika bisnis lokal penting untuk Anda ketahui sebelum memulai pekerjaan Anda di Bali. Bisa untuk keperluan sehari-hari atau pertemuan khusus. Misalnya, mengingat hari raya dan festival berdasarkan kalender Hindu dan Muslim yang berlaku di Bali. Ini penting agar Anda tidak mengatur pertemuan bisnis pada tanggal-tanggal ini.

Selain itu, ada beberapa poin kunci etiket bisnis di Bali, seperti mengenakan pakaian bisnis yang dianggap sebagai tanda hormat, jabat tangan kanan sebagai cara menyapa yang tepat, menyapa mitra bisnis dengan gelar mereka, membagikan bisnis kartu selama pertemuan pertama, dan Anda dapat mencoba menyusun ulang kalimat mitra bisnis Anda untuk menghindari kesalahpahaman.

Baca juga tentang Rekomendasi Coliving Space di Bali

8 Rekomendasi Pekerjaan Terbaik untuk Ekspat di Bali

Terakhir, kami memiliki daftar 8 pekerjaan terbaik yang sering dianggap sebagai pekerjaan yang cocok untuk ekspatriat terutama ekspatriat.

1. Instruktur Selam

Diving pekerjaan di bali
Source: Unsplash

Menyelam adalah aktivitas olahraga air yang populer di Bali karena tersedia banyak tempat menyelam, diikuti dengan banyak pilihan untuk operator dan instruktur menyelam. Menjadi instruktur selam adalah pekerjaan yang sempurna untuk ekspatriat di Bali karena sebagian besar sesi menyelam menggunakan bahasa Inggris. Jika Anda memiliki sertifikasi kursus instruktur, dan Anda bersemangat menjelajahi situs bawah air dengan penyelam pemula, mulailah pekerjaan Anda di Bali sebagai instruktur selam.

2. Guru Bahasa Asing

Sebagai orang asing, Anda bisa bekerja sebagai guru bahasa asing di Bali yang biasanya mengajar di taman kanak-kanak, sekolah menengah, universitas, atau institusi apa pun. Dengan menjadi guru bahasa asing di Bali, Anda akan merasakan wawasan budaya yang berharga melalui interaksi yang erat dengan masyarakat Bali. Mengenai tarif gaji, sekolah internasional membayar paling tinggi, sekolah nasional menempati urutan kedua dan lembaga bahasa Inggris lainnya membayar paling sedikit.

3. Bekerja di Perhotelan

Perhotelan adalah industri yang sempurna untuk menjadi bagian dari komunitas di Bali. Pekerjaan ini akan memungkinkan Anda mempelajari semua tentang tradisi lokal dan bahkan hidangan. Salah satu cara Anda bekerja di bidang perhotelan di Bali adalah dengan bergabung sebagai manajer operasi di vila atau hotel di mana Anda dapat menunjukkan kemampuan Anda untuk memahami kebutuhan pengunjung.

4. Manajer Proyek Konstruksi

Sejumlah besar proyek infrastruktur dan konstruksi terus dikembangkan di Bali, ini adalah peluang besar bagi ekspatriat untuk bekerja di Bali. Pengalaman, kredensial, dan kualifikasi untuk pekerjaan dan keterampilan bahasa dasar untuk mengelola tim akan membantu Anda dipekerjakan sebagai manajer proyek konstruksi di Bali.

5. Instruktur Yoga

Yoga pekerjaan di bali
Sumber: Unsplash

Banyak kota di Bali menawarkan kelas retret yoga yang biasanya merupakan bagian dari fasilitas hotel atau vila. Dengan tingginya permintaan dan popularitas yoga di Bali, bekerja sebagai instruktur yoga juga merupakan pekerjaan menjanjikan yang bisa Anda kejar. Menjadi instruktur yoga akan memungkinkan Anda menikmati kesempatan untuk bertukar pengetahuan dengan para yogi yang berpikiran sama dari seluruh dunia.

6. Seniman

Bekerja sebagai seniman di Bali tersedia dengan banyak pilihan seperti model, fotografer, DJ, penari, musisi, dan banyak lagi. Event pariwisata dan kesenian yang diadakan di Bali setiap tahun akan menjadi kesempatan besar bagi Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman sebagai seniman di Bali.

7. Mulai Bisnis Anda Sendiri

Sebagai ekspatriat, Anda juga memiliki kesempatan untuk memulai bisnis Anda sendiri di Bali. Ini bisa berupa perusahaan konsultan IT, menjalankan restoran, perusahaan ekspor-impor, atau apapun yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. Anda akan meningkatkan keterampilan profesional Anda sambil menjalin hubungan pribadi untuk membantu Anda mencapai lebih banyak.

8. Pengusaha Startup

Dengan gaya hidup Bali, sangat memungkinkan bagi Anda untuk bekerja sebagai pengusaha startup di Bali. Menjalankan startup di Bali akan mencakup kehidupan pribadi dan profesional Anda untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik yang juga akan mempengaruhi sektor ekonomi Bali. Metode populer untuk melakukan ini adalah dengan menulis blog atau perjalanan, dan memulai saluran YouTube dengan pemasaran afiliasi atau influencer.

Dan hanya itu yang perlu diketahui tentang mendapatkan pekerjaan untuk ekspatriat di Bali! Memulai karir baru Anda di Bali pasti membutuhkan banyak persiapan, jadi bekali diri Anda dengan panduan ini dan dapatkan pekerjaan yang sempurna di Bali!


Kamu juga bisa lho tinggal menetap di Bali dengan akomodasi dari Flokq! Akomodasi yang ditawarkan Flokq berkonsep co-living yang bisa kamu sewa dan pastinya seru banget untuk pengalaman baru!

Bali - Find My Home

Ingin tahu lebih lanjut? Hubungi tim Flokq di +62 813-1490-5690 atau klik tombol di bawah ini, ya!

Klik disini untuk lihat unit dari Flokq di Bali

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

5 Rekomendasi Coworking Space Tangerang Terbaik

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

7 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Tangerang

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

10 Rekomendasi Toko Cerutu di Jakarta: Produk Rokok Terbaik

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *