Ini 10 Cara Membuat Ruangan Lebih Sejuk Tanpa AC

Jika merasa udara terasa panas dan gerah, pasti kamu akan mencari sesuatu yang sejuk untuk mengantisipasinya, kan? Baik itu minuman dingin yang segar atau ruangan yang dingin. Nah, bagaimana kalau tidak punya AC atau ingin menghemat listrik dengan mengurangi pemakaian AC? Tenang, kamu bisa memiliki ruangan yang lebih sejuk walau tanpa AC, kok. Selain menggunakan kipas angin, berikut ini 10 cara lain yang bisa membuat ruangan terasa lebih sejuk.

1. Menggunakan lampu dengan hemat

Kamu pasti sudah tau tips yang satu ini. Mematikan lampu memang bisa mengurangi hawa panas dalam ruangan. Jadi, matikanlah lampu ruangan yang tidak perlu, terutama di siang hari. Kalau kamu tidak suka gelap di malam hari, bisa menggunakan lampu meja yang agak redup dan watt kecil, ya. Selain hemat listrik, cara ini bisa membantu ruangan menjadi lebih adem.

2. Memasang exhaust fan (kipas exhaust)

sumber: pixabay

Cara membuat ruangan lebih sejuk selanjutnya adalah dengan memasang exhaust fan. Kamu bisa memasang exhaust fan di ruang dapur dan kamar mandi. Benda ini berfungsi untuk menarik udara ke luar rumah saat mandi, dan menarik udara panas yang dihasilkan setelah memasak. Dengan exhaust fan, udara panas yang membuat gerah di ruanganmu akan berkurang!


Baca juga: Cara Memasang Wallpaper Sendiri di Rumah


3. Memasang gorden yang tebal

Untuk menghalau sinar matahari berlebihan masuk ke dalam ruangan, pasanglah tirai atau gorden yang tebal. Dengan berkurangnya cahaya matahari yang masuk, suhu ruangan pun akan menurun secara alami. Untuk memberi efek terbaik, pilihlah tirai berwarna netral dengan pelapis plastik putih. Tirai seperti ini diklaim mampu mengurangi panas sampai 33 persen, lho.

4. Menggunakan cat warna cerah untuk dinding

Cara membuat ruangan lebih sejuk tanpa AC lainnya adalah dengan menggunakan cat warna yang cerah untuk dinding. Warna cerah pada ruangan akan membawa efek yang lebih sejuk. Kamu bisa memilihh warna cerah seperti seperti putih, kuning, atau pastel. Berbeda dengan warna gelap, warna-warna cerah akan memantulkan cahaya matahari sehingga ruangan tidak terasa begitu panas.

5. Membuat “AC buatan”

Kamu ingin merasakan udara berhembus yang dingin seperti udara dari AC? Nah, ada cara sederhananya, lho. Kamu membutuhkan kipas angin, es batu, dan wadah yang luas. Letakkan banyak es batu di wadah luas, kemudian letakkan di depan kipas angin. Nyalakan kipas angin dan kamu akan merasakan sensasi udara dingin yang menyejukkan di ruanganmu!


Baca juga: 8 Tips Dekorasi Rumah yang Mudah


6. Hindari barang yang terlalu banyak dalam ruangan

sumber: pexels

Cara ini bisa diterapkan bukan hanya untuk membuat ruangan lebih sejuk, tetapi juga membuat ruangan terlihat rapi dan luas. Jangan menumpuk terlalu banyak barang dalam ruangan, ya! Ruangan yang penuh dengan barang akan membuatnya terlihat sempit dan sumpek. Tidak hanya itu, debu yang menempel pada tumpukan barang juga bisa mengganggu pernapasan. Supaya ruangan semakin sejuk dan tidak sumpek, hanya simpan barang yang kamu perlukan dan singkirkan barang yang tidak terlalu penting.

7. Mengganti seprai dan sarung bantal-guling

Nah, cara yang ini bisa diterapkan di kamarmu. Cobalah mengganti seprai dan sarung bantal dengan bahan yang lebih adem, contohnya katun. Sama seperti baju, bahan katun lebih mudah ‘bernapas’ sehingga bisa menjaga permukaannya tetap dingin. Selain itu, coba gunakan bantal yang berisi kulit ari gandum atau buckwheat, karena bantal jenis ini tak akan menahan panas tubuh kamu.

8. Menaruh tanaman indoor

Selain memperindah ruangan rumah, tanaman indoor juga bisa menjadi cara untuk membuat ruangan kamu jadi lebih sejuk loh. Seperti yang diketahui, tanaman akan menghasilkan oksigen untuk kita hirup. Maka dari itu, ruangan akan terasa lebih sejuk jika kamu menaruh tanaman indoor di dalam ruangan. Nah selain itu, tanaman juga bisa menyerap racun-racun yang ada di ruangan. Jadi, dengan adanya tanaman indoor ruangan juga akan menjadi lebih sehat.

9. Menanam pohon di sekitar rumah

membuat ruangan jadi sejuk dengan menanam pohon di sekitar rumah
Sumber: pexels

Selain tanaman indoor, menanam pohon di sekitar rumah juga bisa membuat ruangan kamu menjadi lebih sejuk. Hal ini merupakan cara yang paling alami untuk membuat ruangan lebih terasa lebih sejuk tanpa bantuan AC. Tanamlah pohon dengan daun yang rimbun dan lebat agar dapat menghalau sinar matahari. Nah, ketika matari telah terhalau maka udara pun akan terasa lebih sejuk.

10. Buka jendela saat udara luar sejuk

Untuk membuat ruangan sejuk, sirkulasi udara merupakan peran penting. Bukalah jendela ketika udara di luar sedang sejuk, seperti pada sore hari atau malam hari. Dengan membuka jendela seperti ini kamu bisa mengganti udara panas yang ada di ruangan dengan udara sejuk dari luar. Namun, hindari membuka jendela di siang hari ya. Karena pada saat itu matahari sudah mulai tinggi dan udara sudah mulai panas.


Itulah 10 cara sederhana untuk membuat ruangan terasa lebih sejuk walaupun tanpa AC. Bagaimana? Mudah, kan? Kamu bisa menerapkannya di rumah, apartemen, atau kost. Semoga ruanganmu semakin adem ya, walaupun cuaca di luar panas.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

5 Rekomendasi Warna yang Cat Rumah Sejuk & Tips Memilih

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

Panduan Lengkap Anggur Merah atau Amer khas Indonesia

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Apartemen Dekat Thamrin City dengan Fasilitas Lengkap

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *