25 Ide Desain Walk-In Closet dan Panduan Lengkapnya

Walk-in closet mengubah konsep penyimpanan dalam sebuah ruangan di rumah yang telah berubah maknanya belakangan ini. Dulunya dianggap sebagai utilitas sederhana dan sesuatu yang disembunyikan dari pandangan, tetapi belakangan ini, pengaturan penyimpanan baru menyebabkan kehebohan yang baik dalam komunitas arsitektur dan desain. Pada hari ini, walk-in closet yang elegan lebih dari sekadar tambahan sederhana untuk rumah, itu adalah pernyataan.

Kami menyadari bahwa paket penyimpanan yang efisien dapat mengurangi banyak stres dari kehidupan sehari-hari Anda. Tidak mencari kaus kaki atau dasi setiap pagi adalah kemewahan yang hanya dialami sedikit dari kita jika lemari kita diatur dengan benar. Itulah yang membuat penyimpanan menjadi bagian yang signifikan namun diremehkan dari rumah mana pun.

Apa Itu Walk-In Closet?

Seperti namanya, walk-in closet pada dasarnya adalah ruangan kecil atau mungkin besar yang bisa Anda masuki, terdiri dari lemari pakaian Anda mulai dari pakaian, sepatu, hingga aksesoris. Ukuran tipikal walk-in closet adalah 6,5 kaki dari segi kedalamannya, tidak ada batasan untuk ukuran walk-in closet. Sebenarnya para pencinta fesyen selama ini diketahui memiliki lemari ekstra besar yang ukurannya lebih besar dari kamar tidur utama standar.

Berdasarkan penelitian yang kami kumpulkan, mayoritas orang yang memiliki ruang ekstra di rumahnya tidak akan ragu untuk memiliki bilik lemari.

Sejarah Walk-In Closet

Di tahun 1400-an, memiliki kamar tidur adalah hak istimewa dan hanya untuk kelas atas. Kecuali jika Anda sangat kaya, kemungkinan besar Anda akan tidur di lantai atau tinggal di ruangan yang juga berfungsi sebagai dapur, kamar mandi, ruang makan, dan kamar tidur. Karena hanya anggota kelas atas yang dapat membeli kamar tidur, kamar tidur berfungsi sebagai tempat kerja dan tempat untuk kedatangan tamu, dan lemari menjadi tempat di mana Anda dapat pergi untuk mendapatkan privasi. Kata “lemari” berasal dari bahasa Latin “klausum” yang berarti ruang tertutup, selungkup, atau kurungan. Lemari merupakan tempat paling privat di dalam rumah dan dapat digunakan untuk keperluan lain, seperti membaca, menulis, dan berdoa.

Baru setelah tahun 1930, penduduk New York, meskipun sekelompok kecil, mengetahui kehebatan desain lemari besar. 740 Park Avenue di Manhattan adalah salah satu bangunan pertama yang didokumentasikan dengan bilik lemari mewah. Ini adalah titik awal dari bilik lemari modern. Setelah itu, pemilik rumah dengan cepat jatuh cinta dengan gagasan penyimpanan rumah tambahan. Sejak saat itu, permintaan penyimpanan besar terus meningkat dari waktu ke waktu.

Di awal tahun 2000-an, lemari mewah menjadi hit. Itu menjadi bagian penting dari budaya pop. Beberapa selebritas berkeliling melihat lemari mereka dan adegan paling ikonik di Sex and the City di mana Tuan Besar melamar Carrie Bradshaw di lemari pakaian.

Walk in closet design illustration

Di zaman modern, desain lemari pakaian mungkin termasuk ruang ganti dan tempat duduk. Lemari custom kontemporer bukan hanya sebagai tempat menyimpan pakaian dan / atau sepatu, tapi banyak yang menganggapnya sebagai perpanjangan dari rumah.

Baca juga tentang Tips untuk Dekorasi Rumah

Manfaat Walk-In Closet

  • Bisa multifungsi juga sebagai ruang ganti
  • Walk-in closet memudahkan untuk menemukan barang-barang Anda (sepatu, pakaian, perhiasan, dll)
  • Membantu menjaga kamar Anda tetap bersih karena Anda dapat bersiap-siap di dalam lemari dari awal sampai akhir
  • Dengan melakukan penataan rambut dan make-up di dalam lemari, mengurangi tugas merapikan kamar mandi
  • Walk-in closet yang cukup besar bisa memiliki pulau ditengahnya yang bisa digunakan sebagai organizer atau papan setrika.

Jenis Walk-In Closet

Walk-in Closet

Walk in closet design classic

Desain walk-in closet yang umum dan tidak terlalu berlebihan. Anda dapat dengan mudah memajang pilihan pakaian Anda. Walk-in closet sangat cocok untuk Anda jika Anda adalah orang yang modis atau seseorang yang selalu berusaha mengasah gaya terkini.

Reach-In Closet

Reach in closet design

Ini lebih kecil dari walk-in closet. Ini sudah ada cukup lama, dan fungsi utamanya adalah memberi ruang untuk menggantung pakaian dengan tongkat yang disediakan di lemari, dengan rak terbuka di atasnya. Namun, sekarang ini sedikit berbeda. Lemari saat ini setidaknya memiliki panjang satu lengan dengan lebarnya antara 3 hingga 8 kaki. Semuanya dilengkapi dengan partisi, pintu berengsel, mekanisme geser untuk menjalankan pintu, atau bahkan tirai tarik.

Lemari

armoires

Ini adalah lemari besar yang berdiri sendiri tempat orang menyimpan pakaian mereka. Perbedaan utama antara lemari dan lemari pakaian adalah rak yang terdapat didalamnya. Bahkan lebih bagus apabila mencari lemari yang bisa di ubah sekatnya agar lebih fleksibel.

Lemari Linen

linen closet

Pada dasarnya, lemari linen adalah versi yang lebih kecil dari lemari yang bisa dijangkau. Biasanya digunakan untuk menyimpan handuk, seprai, sprei, bantal ekstra dan perlengkapan kamar mandi. Mereka umumnya sempit dan biasanya terletak di lorong antara kamar mandi dan kamar tidur.

25 Ide Desain Walk-In Closet

1. Penyimpanan Diatur berdasarkan Jenis

walk-in closet organized by item’s type
Source: orghome.com

Desain ide walk-in closet ini cocok untuk anda yang memiliki ruangan terbatas dengan banyak barang untuk muat. Anda bisa mencoba menata walk-in closet Anda dengan menata ruang penyimpanan berdasarkan jenis barang Anda. Dengan mengatur barang-barang Anda berdasarkan tipenya, itu akan menciptakan lemari pakaian sederhana namun mewah yang dilengkapi dengan solusi penyimpanan praktis.

Misalnya, Anda dapat mengisi satu sisi lemari Anda dengan ruang terpisah untuk tas dan perhiasan, dan mengisi laci dengan aksesori tambahan. Di sisi lain, Anda bisa menempatkan pakaian dan sepatu agar lebih mudah ditemukan.

2. Rak Rangka Kawat Putih

Anda bisa mencoba membangun walk-in closet dengan ruang terbatas, budget kecil dan rasa kreatif! Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasang rak kawat yang terjangkau, Anda bahkan dapat menyesuaikan ukuran rak dan membuatnya sesuai untuk ruangan Anda.

Untuk menambahkan beberapa sentuhan sederhana dan bergaya, Anda dapat menggunakan kotak karton putih untuk menyimpan barang-barang musiman yang tidak terlalu Anda butuhkan setiap hari. Meja rias kecil atau meja kecil dengan laci akan membuat ruangan lebih luas dan tetap bisa menyimpan banyak barang.

3. Walk-in Closet Minimalis

minimalist walk-in closet
Source: decomg.com

Jika Anda menginginkan walk-in closet yang tidak membuat Anda kewalahan, Anda bisa mencoba untuk hidup dengan walk-in closet minimalis. Untuk menata bilik lemari minimalis, Anda perlu memilah-milah barang Anda dan menyimpan yang penting saja. Ini akan memberi Anda ruang yang segar dan teratur.

Misalnya, Anda bisa mengatur walk-in closet dengan tiga rak dan satu batang lemari. Tambahkan rel baja tahan karat untuk menggantung sepatu dan sweter Anda. Meja sederhana dengan laci merupakan tempat yang tepat untuk menyimpan barang-barang musiman dan pakaian lipat Anda.

4. Memanfaatkan Unit Rak

Dengan memanfaatkan unit rak, akan membantu lemari pakaian kecil Anda untuk lebih berfungsi. Anda bisa menggunakan rak besar untuk meletakkan baju terlipat Anda. Untuk barang tambahan seperti asesoris, Anda bisa menyimpannya di dalam kotak dan meletakkannya di kubus bawah.

Cara ini cocok untuk bilik lemari kecil Anda karena hanya dengan satu atau dua batang lemari dan beberapa unit rak, Anda bisa menjaga barang-barang Anda tetap rapi dan bersih.

5. Rak berbentuk Kotak Custom

boxes for walk-in closet
Source: pinterest.com

Rak berbentuk Kotak adalah desain yang simple dan mudah untuk walk-in closet anda. Jika Anda menyukai hal-hal DIY, ini adalah pilihan yang sempurna untuk Anda. Bahan utama untuk proyek ini adalah papan kayu lapis birch. Anda juga membutuhkan beberapa perkakas termasuk gergaji dan bor listrik.

Dengan membuat ruang penyimpanan dari kotak kayu, bilik lemari Anda akan terasa alami. Meskipun Anda masih dapat mengatur item Anda dengan cara yang mudah ditemukan. Bilik lemari semacam ini berfungsi dan indah pada saat bersamaan.

6. Lemari Pakaian Sesuai Kebutuhan Spesifik

walk-in closet filled with essentials need
Source: containerstore.com

Desain walk-in closet yang bisa anda coba adalah menatanya sesuai dengan kebutuhan anda. Cara ini akan memberi Anda perasaan bahagia setiap kali Anda masuk ke lemari pakaian Anda. Karena Anda bisa melihat semua barang favorit Anda dan barang keperluan sehari-hari ditempatkan dengan baik di tempat penyimpanan yang rapi.

7. Penyimpanan Dua Kali Lipat dengan Dua Walk-In Closet

Jika Anda kebetulan memiliki ruang yang dapat digunakan untuk dua walk-in, Anda dapat mengaturnya tersebut dengan cara yang cerdas. Misalnya, Anda dapat mengoptimalkan ruang vertikal dengan penyimpanan praktis, menumpuk sepasang sepatu, dan menggantung pakaian Anda di bilik kamar tidur utama.

Sedangkan untuk walk-in kedua, Anda dapat memanfaatkannya sebagai tempat untuk menyimpan koleksi sneaker Anda, menggantung gaun Anda, dan meletakkan item serta aksesori musiman di cubbies atau laci di kedua sisi walk-in. Untuk menambah kesan indah kamar, Anda bisa mengatur pintu lemari geser dengan cermin berukuran penuh.

8. Gandakan Ruang Gantung

double hanging clothes in walk-in closet
Source: realsimple.com

Mengatur lemari dengan ruang gantung ganda adalah cara cerdas dan mudah untuk menata pakaian Anda. Karena menggantung lebih efisien daripada rak terutama untuk pakaian yang digunakan sehari-hari, ada baiknya Anda menambahkan ruang gantung dan memberi ruang untuk pakaian Anda. Katakan tidak lagi untuk melipat dan menumpuk pakaian!

9. Walk-in dengan Warna Biru

Desain walk-in closet ini hanya mengecat kamar Anda dengan warna teal yang cantik. Setelah selesai, Anda dapat mengatur walk-in closet dengan mengukur dinding dan menandai stud dinding, dilanjutkan dengan memasang bagian pipa baja. Langkah terakhir adalah menambahkan rak kayu bernoda.

10. Memanfaatkan Sudut

Karena Anda mungkin ingin menghemat ruang di walk-in closet, satu hal yang dapat Anda lakukan adalah memanfaatkan sudut ruangan. Anda bisa meletakkan rak sudut custom sederhana yang bisa menjadi tempat yang cocok untuk tas atau sepatu Anda. Rak sudut ini juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan interior ruangan Anda.

11. Membuat Step-in Terasa Seperti Walk-in

Salah satu cara untuk memaksimalkan ruangan kecil Anda dan membuatnya terasa seperti walk-in closet adalah dengan meletakkan lemari yang bisa dijangkau dan menyimpan barang-barang Anda di sana. Lemari ini memungkinkan Anda menempatkan pakaian, sepatu, aksesoris, dan bahkan barang musiman.

12. Memilih Lemari Pajangan

display cabinets for walk-in closet
Source: decorpad.com

Menggunakan pajangan di bilik lemari akan membantu ruangan Anda terasa kurang sesak. Alih-alih menampilkan ruangan yang terkesan pengap, lebih baik gunakan lemari pajangan dan buat walk-in closet Anda lebih cerah dan lebar. Ditambah lagi, transparansi secara alami akan memaksa Anda untuk menjaga barang-barang Anda tetap rapi dan bersih.

13. Walk-In Elegan dengan Pulau Penyimpanan

Pulau penyimpanan yang besar di tengah akan membuat bilik lemari Anda terlihat cerah, teratur, dan elegan. Pulau penyimpanan ini tidak akan memakan terlalu banyak bagian dari kamar Anda. Bahkan, akan menghemat beberapa ruang di walk-in closet Anda karena pulau ini mampu melakukan banyak hal seperti pakaian lipat, perhiasan dan aksesoris, dan hal-hal kecil lainnya.

14. Walk-In Closet Kontemporer

Desain walk-in closet kontemporer memungkinkan Anda memiliki walk-in closet yang mengagumkan dengan tetap menjaga proporsi, garis yang bersih, dan pencahayaan yang tepat. Desain lemari pakaian walk-in ini tidak akan membuat ruangan Anda terasa sempit atau berantakan, dan memudahkan Anda menemukan pakaian yang akan dikenakan karena menggunakan pencahayaan yang disengaja.

15. Walk-In Closet Yang Berfungsi Sebagai Home Gym

Siapa bilang Anda tidak bisa memasang walk-in closet bersama dengan barang-barang fungsional lainnya di sebuah ruangan? Anda pasti bisa! Siapkan ruangan dengan penyimpanan epik, laci dan rak built-in, dan meja rias di sekeliling ruangan. Bagian tengah ruangan ini bisa dijadikan tempat peralatan home gym seperti sepeda spinning.

16. Walk-In Setting di Bawah Tangga

 a walk-in closet under stairs
Source: stairsideas.com

Anda dapat memanfaatkan bagian bawah tangga sebagai bilik lemari. Cukup susun lemari dan meja rias di dalamnya, oleh karena itu Anda bisa meletakkan barang Anda di dalam lemari dan meja rias. Menerapkan desain walk-in semacam ini, pasti akan menghemat ruang di rumah Anda.

17. Lofted Space Walk-In

walk-in closet under loft bed
Source: clubhousebarberini.com

Cara kreatif untuk menata bilik lemari adalah dengan membuat ruang santai bergaya loteng, Anda dapat mengubah bagian bawah untuk bilik lemari. Tata letak sederhana mudah dibuat ulang menggunakan papan, rak, dan batang lemari.

18. Walk-in Closet di Dinding

Punya ruangan terbatas tapi ingin membangun walk-in closet? Anda dapat membuat bilik lemari palsu. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah dinding kosong menjadi bilik lemari. Tirai yang memperpanjang panjang ruangan membantu menjaga agar tidak terlihat.

19. Cermin Tiga Panel

Membuat tiga panel untuk lemari Anda adalah salah satu cara untuk membuat ruangan Anda terasa lebih luas. Walk-in closet semacam ini akan membantu Anda menemukan apa yang akan dikenakan karena Anda akan dapat melihat pakaian Anda dari setiap sudut.

20. Tambahkan Runner               

Jika bilik lemari Anda sempit tapi panjang tanpa jendela, Anda dapat menambahkan cara hangat ke kamar Anda dengan menggunakan bangku built-in yang menyediakan tempat duduk tanpa menggunakan ruang lantai ekstra.

21. Gunakan Keranjang

baskets used for walk-in closet
Source: crazy-wonderful.com

Letakkan beberapa keranjang anyaman di sisi atas rak Anda di walk-in closet akan membantu barang-barang Anda tetap rapi dan teratur dan menempatkan fokus ruangan pada koleksi cantik Anda. Hal plus lainnya untuk ditambahkan adalah keranjang penyimpanan akan menyelipkan apa pun yang tidak sedap dipandang.

22. Pasang Lampu Mewah

Selain membuat kabinet built-in, Anda bisa menggunakan rak dinding terbuka sebagai cara alternatif untuk memasang walk-in closet Anda. Memasang pencahayaan mewah akan membantu koleksi yang Anda tempatkan bersinar terang sebagai dekorasi ruangan Anda.

23. Tambahkan Sekat pada Rak

As a way to maximize the limited shelf space, you can set up a shelf dividers. This way will make folding and stacking your clothing easier and steady as the dividers will keep your things in place. Shelf dividers come in different sizes, so measure your clothes first to get the right dividers for your needs.

24. Walk-In Closet untuk yang Sering Bepergian

Selain menempatkan barang-barang penting Anda sehari-hari di walk-in closet, Anda dapat membuat ruang khusus untuk barang-barang yang bisa dibawa pergi. Letakkan beberapa keranjang atau rak yang akan menjaga barang-barang Anda tetap rapi, teratur, tetap bersih dan siap dibawa.

25. Simpan Sepatu di Pintu Lemari

store shoes on the closet door
Source: pinterest.com

Untuk membantu Anda menemukan sepatu favorit dengan lebih mudah, mulailah menempatkan sepatu yang paling sering Anda gunakan di bagian dalam pintu lemari Anda. Tidak hanya agar lebih mudah ditemukan, ini juga cara cerdas untuk menghemat ruang di lemari Anda.

Lanjut Membaca tentang Memaksimalkan Lemari Pakaian Kecil

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

5 Apartemen dengan Lapangan Bola: Cocok untuk Penggemar Sepak Bola

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

8 Rekomendasi Menu Burger King Terbaik, Enak dan Harganya Sepadan!

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

10 Tempat Makan dan Hangout Dekat Apartemen Sudirman Park

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

15 Daftar Toko Furnitur di Bali dengan Plihan Perabot Terbaik

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *