10 Tempat Joging Terbaik di Jakarta

10 Tempat Joging Terbaik di Jakarta

Olahraga teratur sangat penting jika kita ingin tubuh dan pikiran kita tetap sehat. Setelah bekerja dari rumah atau di kantor, tubuhmu akan terasa pegal karena banyaknya pekerjaan dan stres yang menumpuk selama hari kerja. Namun, tinggal di Jakarta cukup sulit mencari udara segar. Apalagi mencari ruang terbuka tempat untuk joging yang nyaman. Hal ini menjadi tantangan yang harus dihadapi setiap penyuka kesehatan di hiruk-pikuk kota metropolitan. Untuk alasan ini, banyak yang lebih memilih pergi ke gym daripada pergi ke tempat-tempat joging di Jakarta. Berikut kami rekomendasikan trek joging dan lari paling populer di Jakarta yang bisa kamu coba.

1. Gelora Bung Karno (GBK) Sports Complex, Senayan

gbk jogging tracks jakarta

Gelora Bung Karno adalah pusat olahraga terkemuka yang merupakan tempat populer untuk joging dengan beberapa lintasan lari yang terletak di jantung kota Jakarta. Kompleks olahraga besar memiliki jalur yang luas dan datar yang dirancang untuk lari yang dibuka sejak fajar menyingsing dengan pelari yang datang paling cepat pukul 5 pagi. Jalur utama mengelilingi stadion sepak bola utama yang besar. Ini memberikan ruang yang bagus bagi pelari yang santai atau serius untuk fokus pada latihan mereka. Selain itu, kompleks olahraga ini tidak hanya menawarkan tempat joging, tetapi juga fasilitas lain dari stadion sepak bola, lapangan baseball dan panahan, hingga aquatic center. Sehingga menjadi tempat favorit para atlet Indonesia untuk berlatih.

Ingin tahu lebih banyak tentang komunitas olahraga di Jakarta? Klik di sini!

Alamat: Jl. Pintu Satu Senayan, Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270 

Jam Operasional: –

(setiap fasilitas memiliki jam buka yang berbeda)

2. Ancol Loop, Pademangan

ancol loop jogging tracks jakarta

Terletak di Jakarta Utara, Lingkaran Ancol menawarkan suasana santai untuk joging pagi atau sore di sepanjang tepi pantai. Jalur lari sepanjang 7 kilometer menawarkan panorama pantai ditambah dengan bau laut dan suara ombak yang pecah, benar-benar merupakan level lain dari lari santai. Jika kamu ingin menghindari keramaian, disarankan untuk berlari pagi-pagi sekali, tetapi jika kamu ingin melihat pemandangan matahari terbenam, kamu bisa pergi setelah jam 5 sore. Bagi mereka yang memiliki pasangan, bawa mereka ke Lingkar Ancol untuk joging sore yang romantis, atau berjalan-jalan di pasir halus pantai sambil menunggu matahari terbenam.

Alamat: Jl. Lodan Timur No. 7, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14430 Indonesia

Jam Operasional:

  • 10.00 – 18.00 (Senin – Jumat)
  • 10.00 – 20.00 (Sabtu – Minggu)

3. Menteng Park, Menteng

menteng park jogging tracks jakarta

Instagram: Taman Menteng Jakarta

Terletak di jantung kawasan pemukiman Menteng, Taman Menteng merupakan sebuah taman yang asri, bersih, dan terawat dengan berbagai fasilitas yang bisa kamu nikmati. Salah satunya adalah tempat joging beraspal yang mengelilingi taman seluas 30 hektar yang menyediakan lebih dari cukup ruang untuk jalan santai atau pelatihan untuk maraton se-kota berikutnya. Taman mungkin ideal untuk berlari, tetapi tempat ini menawarkan lebih banyak hal: rumah kaca yang instagramable, lapangan futsal dan basket yang lengkap, taman bermain anak-anak, dan bahkan sudut pameran. Selain itu, Wi-Fi gratis disediakan di setiap sudut taman, sehingga kamu dapat mengalirkan daftar putar lari kamu dan mendapatkan lebih banyak energi saat berolahraga.

Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.3/RW.5, Menteng, Kec. Menteng, Jakarta Pusat,  DKI Jakarta 10310.

Jam Operasional: 05.00 – 23.00 (Minggu – Senin)

4. Suropati Park, Menteng

suropati park

Taman Suropati merupakan salah satu taman di Menteng yang menyediakan jalur joging yang ideal di Jakarta. Dibangun pada tahun 1920, taman ini menghirup udara segar di tengah bangunan beton Jakarta. Taman ini merupakan ruang hijau yang terencana dengan baik dengan pepohonan rindang yang berjejer di tingkat dan jalur joging yang luas. Tak hanya dipenuhi pelari, Taman Suropati juga menjadi spot populer bagi pemilik anjing. Karena ruang terbuka yang luas di taman, ini merupakan lokasi yang ideal untuk membawa hewan peliharaan mereka berjalan-jalan. Jika kamu berencana ke taman suropati disarankan untuk berangkat pada pagi hari karena pada malam hari jalanan di sekitar kawasan tersebut bisa ramai, bahkan kamu bisa saja terjebak kemacetan dalam perjalanan pulang.

Alamat: Jl. Taman Suropati No.5, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat, , DKI Jakarta 10310

Jam Operasional: 24 Jam

5. National Monument Complex, Gambir

monas jogging tracks jakarta

Meski sebenarnya bukan joging track, Monumen Nasional atau biasa disebut penduduk setempat, Monas adalah salah satu spot joging favorit di Jakarta. Di pagi hari, baik pada hari biasa di akhir pekan orang banyak berkumpul di area untuk joging pagi yang sehat atau jalan-jalan santai bersama keluarga. Taman ini lebih dari sekadar sebagai rute lari, jalan setapak yang lebar dan beraspal baik memungkinkan sekelompok orang untuk joging dengan nyaman.

Baca juga: Healthy Routine in Jakarta

Kompleks seluas 80 hektar ini menjadikannya salah satu taman kota terbesar di Asia. Ada juga area olahraga khusus dengan peralatan gym sederhana. Jadi, kamu tidak akan bosan berolahraga di sini. Belum lagi, saat kamu mengelilingi kompleksmu akan dihibur oleh pemandangan taman yang indah dan bahkan mungkin melihat beberapa rusa sedang merumput di padang rumput.

Alamat: Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam Operasional:

  • 04.00 – 20.00 (Selasa – Minggu)
  • (Hari senin tutup untuk perawatan)

6. Cattleya Park, Palmerah

cattleya park jogging tracks jakarta

Taman Cattleya merupakan sebuah taman kota yang hijau dilengkapi dengan kolam buatan yang indah dan jalur joging di Jakarta. Lintasan joging yang terawat dengan baik terbentang di area seluas 3 hektar ini memberikan tempat berolahraga yang memuaskan bagi semua orang. Terletak jauh dari jalan utama, ini adalah tempat yang cocok bagi mereka yang lebih suka lari di alam dengan damai. Taman yang dikelilingi pepohonan hijau dan rindang memberikan keteduhan bagi yang melewatinya. Oleh karena itu, lingkungan taman yang sejuk dan lapang sangat ideal untuk berlari. Baik itu pagi atau sore hari

Alamat: Jl. Anggrek Neli Murni, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Kec. Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11480

Jam Operasional: 7.00 – 21.00 (Minggu – Senin)

7. Pluit Lake Park, Penjaringan

pluit lake

Rimbunnya ruang hijau di tengah kota ini mengelilingi danau buatan manusia Pluit di Jakarta Utara. Lintasan lari trotoar yang datar memungkinkan orang untuk berlari dengan nyaman sambil menikmati pemandangan salah satu danau di Jakarta. Sementara itu, ruang terbuka yang luas menjadi tempat yang tepat bagi orang-orang saat mereka ingin beristirahat, menikmati udara segar, dan melepaskan stres. Taman Danau Pluit adalah tempat lari yang bagus bagi siapa pun yang mencari suasana tenang.

Alamat: Jl. Pluit Timur Raya No.12, RT.6/RW.5, Pluit, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14450

Jam Operasional: 24 Jam

8. Lapangan Banteng Park, Sawah Besar

Taman Lapangan Banteng merupakan salah satu tempat favorit di Jakarta untuk joging, lari, dan olahraga lainnya. Taman ini menyediakan lapangan sepak bola, lapangan voli, lapangan basket, dan juga lahan yang biasa digunakan untuk bermain bulu tangkis. Selain itu, Taman Lapangan Banteng juga bisa menjadi tempat kamu menghabiskan akhir pekan bersama keluarga atau teman untuk piknik di bawah terik matahari..

Alamat: Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10710.

Jam Operasional: 5 AM – 10 PM (Senin – Minggu)

9. GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan

GOR Soemantri Brodjonegoro sangat cocok untuk kegiatan olahraga khususnya lari. Hal ini karena GOR Soemantri memiliki lintasan lari yang sangat bagus dan luas serta terletak di Kuningan, Jakarta. Selain lintasan lari, GOR Soemantri juga memiliki lapangan sepak bola yang luas, lapangan basket indoor, dan kolam renang. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang ingin joging setelah bekerja di kawasan Kuningan, ataupun bagi anda yang berdomisili di kawasan Kuningan pada umumnya.

Alamat: Jl. H. R. Rasuna Said No.2, RT.2/RW.5, Karet Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12950.

Jam Operasional: 24 Jam.

10. Ayodya Park, Kebayoran Baru

Taman Ayodya juga bisa menjadi referensimu untuk dijadikan tempat joging atau olahraga keluarga yang lokasinya berdekatan dengan pusat perbelanjaan Blok M, Jakarta Selatan. Meski tidak terlalu besar, namun konsep teater terbuka berhasil membuatnya terlihat cukup luas. Taman ini memiliki jalur joging sepanjang 1.700 meter, sehingga Taman Ayodya cocok untuk yang ingin joging di pagi atau sore hari. Selain jalur joging juga terdapat danau sepanjang 1.500 meter di dalam taman yang membuat suasana semakin asri dan alami.

Alamat: Jl. Lamandau III No.7, RT.4, RT.4/RW.7, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12130.

Jam Operasional: 24 Jam.


Jadi tunggu apalagi? Ambil sepatu larimu, kenakan perlengkapan olahraga, dan cobalah salah satu jalur joging populer di Jakarta.

Mencari teman berlari? Klik di sini: Running Communities in Jakarta.

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

10 Cafe Ubud dengan Suasana Nyaman dan Kopi Lezat!

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

8 Toko Organik di Bali untuk Membantu Anda Menjadi Lebih Sehat

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

Volunteer di Bali: Tips dan Rekomendasi Program

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

6 Taman Kerajaan Bali, Destinasi Wisata Sejarah yang Eksotis

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *