10 Rekomendasi Alat Olahraga Di Rumah: Lebih Sehat dan Bugar

10 Rekomendasi Alat Olahraga Di Rumah: Lebih Sehat dan Bugar

Berolahraga merupakan kegiatan untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Selain itu, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan massa otot dan memelihara kekuatan tubuh. Olahraga memiliki berbagai jenis dan dilakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan tubuh masing-masing individu.

Beberapa orang memilih berolahraga di fitness center yang dekat dari rumah atau di lapangan olahraga terdekat. Sebagian orang lainnya memilih untuk berolahraga di rumah karena lebih mudah dan hemat. Namun, saat pandemi, kegiatan diluar rumah perlu dikurangi terutama berolahraga di luar ruangan.

Tidak perlu khawatir, karena kamu tetap dapat berolahraga di rumah menggunakan alat-alat olahraga. Berikut beberapa rekomendasi alat olahraga di rumah yang dapat kamu gunakan, lebih sehat dan lebih bugar.


baca juga: 8 Rekomendasi Apartemen di dekat Centennial Tower, Jakarta Selatan


1. Tali Skipping

Salah satu rekomendasi alat olahraga di rumah adalah tali skipping. Tali skipping adalah salah satu alat olahraga yang digunakan untuk menguatkan otot kaki, lengan, dan perut. Kamu dapat melakukan lompat skipping selama 30 hingga 150 menit setiap minggunya sesuai kemampuan tubuh kamu.

Selain itu, manfaat melakukan lompat skipping ini adalah dapat membakar kalori, membnetuk massa otot, menyehatkan jantung, mencegah cedera kaki, dan melatih pernapasan. Kamu dapat melakukan beberapa Teknik lompatan sebagai pemula seperti basic jump yaitu dengan melompat dengan lompatan yang tidak terlalu tinggi.

2. Resistance Band

Alat olahraga lainnya adalah resistance band. Alat ini digunakan untuk melatih kekuatan otot seperti bisep, trisep, dan otot punggung. Selain itu, menggunakan resistance band juga mampu melatih fleksibilitas tubuh.

Kamu wajib punya alat ini sebagai pengganti alat yang sering kamu gunakan di fitness center. Harganya relative murah dan dapat kamu temukan di toko-toko olahraga terdekat. Kamu juga dapat melatih otot kaki, paha, dan betis dengan alat ini.

3. Foam Roller

Foam roaller merupakan foam busa yang digunakan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Alat ini juga sering digunakan untung mengurangi nyeri otot. Kamu dapat menggunakan foam roller setiap hari untuk mengecangkan otot-otot kaku di dalam tubuh.

Selain itu, menggunakan foam roller akan membantu mengalirkan darah ke area yang tidak terkena aliran darah. Kamu dapat mengguanakan foam roller selama lima menit sebagai pemanasan sebelum beraktivitas ataupun sebelum melakukan olahraga berat.

4. Matras Yoga

Alat olahraga selanjutnya adalah matras yoga. Matras yoga digunakan untuk mencegah kaki atau tangan tergelincir saat yoga. Selain untuk yoga, matras ini juga dapat digunakan untuk melakukan gerakan olahraga lainnya seperti plank, sit up, push up, dan pilates.

Manfaat lainnya adalah menjadikan bantalan tubuh sehingga tubuh kamu dapat berolahraga dengan nyaman. Dengan demikian, penting untuk memperhatikan ketebalan matras sebelum digunakan.

Matras yoga juga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh karena dengan permukaan yang lembut akan membuat kaki lebih aman dan menyeimbangkan tubuh dengat cepat saat berganti pose yoga.

5. Dumbbell

Selanjutnya adalah dumbbell. Dumbbell merupakan alat angkat beban yang berukuran kecil. Kamu dapat melakukan berbagai Gerakan olahraga hanya dengan menggunakan dumbbell yaitu squat thruster, overhead extention, biceps curl, side raise, dan press-up renegade row kickback.

Dengan menggunakan dumbbell, kamu dapat melatih kekuatan otot dada, tricep dan bicep. Kamu juga melatih keseimbangan tubuh dan meningkatkan kekuatan otot pada bahu. Dan dengan menggunakan dumbbell, kamu tidak perlu khawatir tertimpa ataupun tercekik oleh alat tersebut karena ukurannya yang kecil.

6. Sepeda statis

Sepeda statis merupakan alat yang menyerupai sepeda. Alat ini mampu mengurangi dan mengontrol jumlah kalori dalam badan, sama seperti kamu mengayuh sepeda biasa. Selain itu, kamu juga dapat memperkuat otot-otot dan persendian tubuh.

Dengan sepeda statis, kamu tidak perlu lagi menggunakan sepeda biasa dan mengayuh hingga jarak yang jauh karena kamu juga dapat melihat jarak yang telah kamu tempuh. Kamu dapat mengayuh selama 5 sampai 10 menit sebagai permulaan dan menambah waktu saat kamu sudah terbiasa.  

7. Kettlebell

Ketllebell merupakan alat fitness yang berbentuk bulat. Kamu dapat menggunakan kettlebell untuk meningkatkan kekuatan dan stabilitas inti tubuh. Kamu juga dapat mulai membangun massa otot menggunakan kettlebell.

Kamu juga dapat menurunkan berat badan sengan melakukan gerakan kettlebell swing yang akan membantu kamu membakar lemak secara maksimal. Selain itu, kamu juga dapat melakukan kombinasi Gerakan seperti push-up, squat, dan Gerakan kardio lainnya sesuai kekuatan tubuh kamu.

8. Pull up bar

Pull up bar merupakan salah satu rekomendasi alat olahraga di rumah. Alat ini digunakan untuk meningkatkan massa otot pada bahu dan lengan. Selain itu, alat ini juga biasanya digunakan untuk melatih kekuatan tangan dan menambah tinggi badan.

Berolahraga menggunakan pull up bar juga dapat mencegah diabetes, menjaga kesehatan tulang, meminimalisir nyeri sendi, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan rasa kepercayaan diri karena dapat memperbaiki postur tubuh.

9. Gym Ball

Gym ball merupakan salah satu alat olahraga yang mudah ditemukan. Biasanya bola ini digunakan untuk melatih kelenturan badan dan juga cocok digunakan oleh ibu hamil. Kamu juga dapat mengencangkan otot kamu menggunakan gym ball ini tergantung postur dan gerakan olahraga yang kamu lakukan.

Dengan gym ball, kamu juga dapat melakukan plank, push up, ball crunch, glute bridge, hingga v-sit up. Gym ball ini cukup popular karena dapat digunakan oleh ibu hamil untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh dan mencegah timbulnya ketegangan pada otot.

10. Ab wheel roller

Ab Wheel Roller merupakan alat yang digunakan untuk membentuk massa otot. Jika kamu seorang pemula, kamu dapat melatih kekuatan otot kamu menggunakan alat ini. Kamu juga dapat meningkatkan kekuatan otot pada tubuh bagian bawah.

Gerakan yang dapat kamu lakukan dengan ab wheel roller adalah ab wheel plank, power pikes wheel, ab wheel knee rollout, dan ab wheel v-rollout. Selain melatih kekuatan otot, ini juga dapat mencegah keram otot.


Itulah beberapa rekomendasi alat olahraga di rumah yang dapat kamu gunakan. Sebagai pemula, kamu perlu memperhatikan setiap gerakan olahraga agar tidak mengalami cedera atau kram pada otot. Lakukan pemanasan sebelum berolahraga untuk mengatur pernapasan dan mencegah terjadinya cedera otot.

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

10 Inspirasi Kamar Tidur Dengan Tema Unik, Pasti Betah Di Kamar!

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Rekomendasi Apartemen Dekat RSCM

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

8 Apartemen Mewah di Jakarta Beserta Fasilitasnya, Tertarik?

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *