Bajaj, Transportasi Terkenal dari Jakarta

Jika kamu suka menjelajahi bagian-bagian pedesaan di daerah Jakarta, kamu akan melihat bahwa Jakarta memiliki banyak transportasi khusus yang mungkin tidak kamu temukan di tempat lain. Transportasi ini merupakan ciri khas dari Kota Jakarta, yang tidak dapat kamu temukan di tempat lain. Dengan warna oranye atau biru cerah dan suara gas yang keras, kamu akan menemukan bajaj sebagai transportasi yang sesuai dengan deskripsi di atas. Sebenarnya bajaj mengambil konsep asli dari kendaraan becak kemudian menyesuaikannya dengan budaya dan sejarah Jakarta. Untuk mendapatkan pengalaman selayaknya warga lokal, kami sarankan kamu mencoba menggunakan alat transportasi yang menyenangkan ini setidaknya sekali. Kami telah mengumpulkan semua informasi yang harus kamu ketahui sebelum kamu mencoba transportasi dengan bentuk yang unik dan menyenangkan ini.

Bagaimana Awal Mula Bajaj?

Singkatnya, bajaj adalah becak bermotor roda tiga yang berperan sebagai transportasi umum. Meskipun bajaj sangat populer di Jakarta, bajaj tidak berasal dari Indonesia. Seperti yang diketahui banyak orang, bajaj merupakan transportasi asal India, baru datang ke Indonesia sekitar tahun 70-an. Desain unik dari bajaj  merupakan produk dari PT Bajaj Auto, yang telah menjadi produsen utama Bajaj.

Karena popularitasnya di kalangan penduduk setempat, beberapa Acara TV membangun kehidupan orang-orang yang menjadi pengemudi bajaj, seperti Bajaj Bajuri dan Si Bajaj. Dulu hanya ada satu versi bajaj yang memiliki cat berwarna oranye. Namun, dalam pertumbuhan dan perkembangannya, bentuk lain dari bajaj telah muncul dan dicat biru. Bajaj yang berwarna biru menandakan bahwa bajaj ini menggunakan bahan bakar gas, bukan minyak biasa.

Penggunaan bajaj sebagai transportasi umum sangat populer khususnya di tahun 90-an, dimana bajaj merupakan versi yang lebih maju dari kendaraan becak. Becak adalah bentuk lain dari transportasi lokal, namun dioperasikan oleh manusia sebagai penggerak kendaraan tersebut. Sedangkan Bajaj menggunakan mesin untuk menjalankannya, karenanya pelanggan dapat berkeliling dengan kecepatan tinggi.

Bagaimana Cara Bajaj Beroperasi?

How It Operates

Dibandingkan transportasi modern yang lain, bajaj cenderung merupakan kendaraan konvensional. Masih banyak bajaj yang dapat kamu temukan dengan mudah di seluruh Jakarta, terutama di daerah perkampungan di Jakarta seperti Jakarta Utara dan Jakarta Timur. Bajaj lebih mudah ditemukan di tempat-tempat yang ramai secara konsisten. Bajaj biasanya ditemukan di depan stasiun kereta api atau pasar tradisional, di mana pengemudi akan berbaris dan menunggu pelanggan untuk naik bajaj mereka.

Setelah kamu memutuskan untuk menaiki bajaj, kamu bisa memberi tahu kepada pengemudi mengenai tempat yang ingin kamu kunjungi. Yang harus kamu ingat sebenarnya tidak ada harga yang pasti jika menaiki bajaj, jadi kamu harus mengeluarkan kemampuan terbaik dalam tawar menawar dengan supir bajaj. Ketika naik bajaj, kamu akan mendapatkan keseruan yang menyenangkan. Supir bajaj terkenal dengan dengan kecepatan mengendarainya yang tinggi, belum lagi suara nyaring mesin yang seakan mengumumkan bahwa kamu benar-benar sedang dalam perjalanan. “Santai” bukan kata terbaik yang mendeskripsikan pengalaman naik bajaj. Nikmatilah perjalanan dengan angin sejuk yang mengenai wajah-mu dari jendela yang terbuka.

Seperti saat menaiki angkutan umum apapun, kamu harus memperhatikan ke arah mana kamu pergi saat berada di perjalanan. Jika kamu tahu jalan pintas di sana-sini, kamu bisa memberi tahu pengemudi ke mana harus pergi. Karena suara mesin bajaj yang cukup keras, kamu mungkin perlu berbicara lebih keras dari biasanya. Ketika kata-kata tidak cukup, kamu juga bisa memukul perlahan bahu pengemudi sejajar dengan arah yang ingin kamu tuju. Kamu juga bisa sambil mengatakan ‘kiri / kanan, Bang!’ agar apa yang kamu maksud lebih jelas untuk dimengerti.

Pro dan Kontra

Setelah puncak kepopulerannya yang tinggi di tahun 90-an, jumlah orang yang mengendarai bajaj saat ini telah berkurang secara signifikan dari tahun ke tahun. Perubahan terus-menerus terjadi pada banyak aspek di Jakarta, termasuk penggunaan transportasi. Hal tersebut memicu banyak percakapan mengenai pertanyaan besar “apakah hal baru selalu lebih baik?”. Bajaj sampai saat ini merupakan bagian dari budaya Jakarta. Orang yang tumbuh di Jakarta mungkin akan selalu ingat pengalaman menaiki bajaj yang ikonik. Kendaraan ini sangat bermanfaat terutama jika kamu pergi ke suatu tempat dengan tergesa-gesa, karena para pengemudi biasanya selalu menunggu di tempat yang sama secara konsisten. Kamu juga bisa melaju lebih cepat daripada ketika menaiki mobil biasa, namun lebih aman daripada mengendarai sepeda motor.

Beberapa pengemudi bajaj akan meminta kamu untuk menjadi pelanggan tetap, karena mereka sudah tahu tujuan yang menjadi kebiasaan. Sebagai pelanggan tetap, biasanya pengemudi akan memberimu harga yang lebih bersahabat. Pengemudi bajaj dikenal sangat berani di jalanan, jadi kamu tidak akan terlambat ke tempat tujuan. Meskipun begitu, beberapa orang ada yang tidak terlalu suka dengan laju perjalanan bajaj dan tarifnya yang tidak menentu.

Tarif yang tetap merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang di Jakarta biasanya memilih taksi online dan ojek online untuk bepergian di Jakarta. Selain itu, ketika kamu memesan taksi atau ojek online, kamu sudah menyepakati harga yang diberikan untuk perjalanan. Belum lagi, memesan kendaraan dari aplikasi jauh lebih mudah daripada pergi ke luar, ke tempat-tempat tertentu untuk mencari kendaraan umum seperti Bajaj. Kamu akan dijemput oleh pengemudi, bukan sebaliknya. Namun, bisa saja akan terjadi kesalahan pada GPS yang kamu miliki, sehingga jarak antara kamu dengan pengemudi tidak sedekat yang diharapkan. Inilah yang menjadi lika-liku keseruan berkendara di Jakarta.

Keberadaan bajaj akan selalu menjadi bagian dari Jakarta. Wahana bajaj yang legendaris ini akan menunjukkan betapa menarik dan cepatnya perkembangan Kota Jakarta. Apalagi ditambah dengan penduduk setempat yang sibuk dan selalu tergesa-gesa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Kami harap, tulisan ini bisa menambah pengetahuan kamu tentang bajaj dan selamat jalan-jalan menggunakan bajaj!

Baca Juga: A Guide to Commuting in Jakarta

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

8 Rekomendasi Apartemen Terbaik Dekat UMN!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *