Ayam Geprek: Rekomendasi yang Terbaik dan Terhits di Jakarta

Jika kamu bertanya kepada orang-orang di Indonesia tentang makanan yang paling direkomendasikan saat ini, orang akan menjawabnya Ayam Geprek. Ayam Geprek belakangan ini menjadi makanan yang cukup hype di Indonesia, terutama di kalangan anak muda. Dan anehnya, tidak seperti tren makanan sebelumnya, sepertinya tren makanan yang satu ini masih kuat (kalau mau percaya, lihat saja di Gojek).

Tapi sungguh, apa rahasia di balik fast food Amerika yang diubah menjadi penemuan lokal? Bagaimana perusahaan itu memasuki pasar makanan Indonesia dan mendapatkan pengikut yang dimilikinya sekarang?

Nah, kamu di sini untuk mencari tahu. Dan sementara kami melakukannya, kami juga akan memandu kamu untuk memesan Ayam Geprek seperti seorang profesional.

Lantas, apa sebenarnya Ayam Geprek itu?

Sederhananya, Ayam Geprek adalah ayam renyah yang ditaruh di ulekan dan dihaluskan bersama sambal. “Geprek” adalah bahasa Jawa yang berarti “hancur”, jadi kamu bisa menebak dari mana asal namanya.

Lebih tepatnya resep ini berasal dari Yogyakarta yang mengambil inspirasi dari Ayam Penyet, yaitu ayam yang dihaluskan dengan sambal. Namun, ayam untuk Ayam Penyet menggunakan pasta kuning tradisional. Sedangkan Ayam Geprek hanyalah ayam goreng renyah seperti yang biasa kamu temukan di kedai fast food Amerika.

Perbedaan lainnya adalah sambalnya. Ayam Penyet menggunakan sambal terasi atau sambal tomat yang kebanyakan berwarna kemerahan. Sedangkan Ayam Geprek menggunakan sambal dengan banyak bawang putih dan cabe rawit (lada Thailand). Sambal juga jauh lebih berminyak dan berwarna jingga dibandingkan dengan sambal penyet.

Ini adalah hidangan yang terus berkembang. Dapat memiliki lauk yang berbeda, seperti kemangi, tahu kuning goreng, tempe, dan kembang kol goreng. Kamu bahkan dapat dengan mudah menemukan Ayam Geprek dengan mozarella yang dibakar sekarang!

Ciri khas lain dari hidangan ini adalah harganya yang terjangkau. Mulai dari Rp 14.000, kamu sudah bisa mendapatkan ayam geprek lengkap dengan nasi (dan terkadang juga irisan tomat dan mentimun). Tidak heran jika ini adalah makanan rumahan yang sangat disukai di kalangan mahasiswa, yang selalu mencari makanan hemat di luar mi instan yang biasa.

Faktor lain yang menjadi populer saat ini adalah banyaknya selebritis yang membuka rumah makan Ayam Geprek di seluruh Indonesia. Contoh selebriti Indonesia terkenal yang mencoba-coba bisnis Ayam Geprek termasuk Youtuber Indonesia Ria Ricis dan pembawa acara Ruben Onsu (dan Ayam Geprek Bensu miliknya yang sangat populer).

Ingin tahu tentang makanan Indonesia lainnya seperti Nasi Padang?
Klik di sini!

Yang perlu kamu ketahui sebelum memesan Ayam Geprek

Tidak seperti tren makanan Indonesia lainnya, Ayam Geprek adalah makanan yang cukup sederhana. Namun jika kamu seorang pemula dalam junk food Indonesia (atau makanan Indonesia pada umumnya) ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Pertama, makan ayam geprek dengan tangan adalah hal biasa. Kamu bisa memilih makan dengan sendok atau garpu, tapi makan ayam goreng lebih asyik kalau bisa dibelah. Namun, menggunakan tangan untuk menyantap ayam geprek bisa jadi minyak. Itu sebabnya beberapa rumah makan Ayam Geprek membagikan sarung tangan plastik.

Selanjutnya, makanan ini adalah gerbang menuju makanan pedas. Tentu, kamu dapat meminta tingkat kepedasan nol, tetapi mengapa membatasi diri kamu sendiri? Indonesia adalah surga dalam hal makanan pedas, jadi uji selera kamu lebih baik sampai batasnya bila kamu bisa!

Ketiga, ayam renyah yang dihancurkan. Bergantung pada tempatnya, kamu bisa sangat beruntung mendapatkan potongan besar ayam dengan potongan daging yang tebal, tetapi tempat lain lebih suka fokus pada kulit ayam yang renyah. Apapun yang kamu suka, lebih baik mencari ulasan orang lain sebelum kamu memesan dari tempat tertentu (tentu saja, ketebalan daging juga bergantung pada bagian ayam yang kamu pilih).

Keempat, ketahui jaringan restoran kamu. Ada lusinan restoran berbeda yang menyajikannya, Ada lebih banyak lagi jika kamu menelusuri pilihan di Go-Food atau Grabfood, tetapi kami merekomendasikan keduanya karena popularitasnya.

Kelima, ini bukanlah hidangan mewah. Faktanya, ini cukup populer di kalangan mahasiswa yang mencari makanan murah. Beberapa restoran bahkan memperbolehkan kamu untuk memesan Ayam Geprek secara terpisah dan memperbolehkan kamu menambahkan nasi sebanyak yang kamu inginkan, jadi ini adalah makanan yang cukup enak dan memenuhi anggaran.

Rekomendasi Ayam Geprek untuk Dicoba

Jadi inilah ayam geprek paling recommended di Indonesia untuk kamu coba!

1. Ayam Geprek Bensu

ayam geprek bensu sambal rica-rica

Ayam Geprek Bensu adalah salah satu merek yang populer di Indonesia. Kamu dapat menemukan cabangnya di seluruh kota! Terkenal sebagai salah satu pelopor ayam geprek di Jakarta, mereka menyajikan berbagai jenis ayam geprek dari yang klasik pedas dengan tingkat kepedasan yang bisa kamu pilih dari 1-10. Ditambah lagi, terdapat aneka topping seperti keju, telur asin, dan banyak lagi yang bisa kamu pilih! Kamu bisa mengecek lokasi terdekat di Instagram mereka, @geprekbensu.

Harga: Rp20.000,00 – Rp32.000,00

2. Ayam Keprabon

Ayam Keprabon ayam geprek terbaik Jakarta

Kalau kamu mencari kedai ayam geprek yang punya cabang di mana-mana selain Geprek Bensu, coba Ayam Geprek Keprabon. Walaupun banyak cabangnya, ayam geprek ini tidak pernah sepi dari pengunjung dan menjadi salah satu yang terpopuler di Jakarta. Selain nasi, Ayam Geprek Keprabon juga menyajikan ayam geprek dengan Indomie. Menu favorit di sini adalah Ayam Geprek Blenger, yaitu ayam geprek yang diberi lelehan keju mozarella melimpah. Yang membedakan mozarella di sini dengan tempat lain adalah mozarellanya yang lembut dan tidak keras saat disajikan dalam keadaan dingin. Untuk info lebih lengkap mengenai promo dan lokasi, cek Instagram @ayamkeprabon!

Harga: Rp19.000 – Rp34.000

3. Ayam Gepuk Sambal Bawang Pak Gembus

Ayam Gepuk Pak Gembus

Ayam Gepuk Pak Gembus ini berasal dari Yogyakarta asli dan memiliki cabang lebih dari 400 gerai. Menjadi salah satu merk yang populer, yang menjadi keunikan dari ayam geprek ini adalah sambalnya, sambal bawang kacang. Jadi, mereka menambahkan ulekan kacang mede di sambal untuk menambah rasa gurihnya. Selain itu, terdapat berbagai pilihan menu tambahan yang supernikmat, mulai dari tempe, tahu, kol goreng, sate kulit, usus, hati, dan sebagainya. Jika kamu menginginkan sesuatu yang sedikit berbeda, menu ini adalah salah satu yang bisa kamu coba. Cek Instagram @ayamgepuk_pusat untuk lokasi franchise-nya!

Harga: Rp20.000,00 – Rp30.000,00

4. Ayam Blenger PSP

Ayam Blenger PSP ayam geprek Jakarta

Berbeda dari ayam geprek lainnya di Jakarta, kepedasan di sini lebih tinggi karena mereka memiliki 10 level dan tiap level menawarkan kelipatan 10 cabai! Nah, bagi kamu yang tidak suka pedas, tersedia level 0, kok. Selain sambal biasa, ada pula ayam geprek sambal matah dan juga sambal hijau. Tak hanya itu, mereka juga memiliki salah satu menu favorit yang disebut Ayam Termoz, yaitu ayam empuk dengan telur dan mozarella. Masih ingin tambah lauk? Coba pesan tahu, tempe, usus, atau kulit goreng yang gurih. Cek lokasinya di Instagram @pspayamblenger, ya!

Harga: Rp15.000 – Rp25.000

5. Yago Chicken

Kimchi goreng yagochicken

Jika kamu benar-benar ingin mencoba sesuatu yang unik, kami sangat menyarankan kamu mencoba Yago Chicken! Yago Chicken adalah perusahaan F&B yang dimiliki oleh Samwon Group. Konsepnya adalah Ayam Geprek Korea. Ini menggabungkan kimchi dengan ayam geprek. Rasa unik kimchi sangat cocok dengan ayam geprek berbumbu rahasianya, mereka menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi hanya untuk kamu nikmati! Hidangan yang direkomendasikan untuk kamu coba tentunya adalah Ayam Geprek Kimchi Yago-nya. Itu ayam dengan bumbu legendaris bersama dengan kimchi. Jika kamu ingin memesan yang klasik, kamu bisa memesan Ayam Geprek Yago, yaitu menu ayam geprek klasik. Semua dengan harga yang wajar dan sangat terjangkau yang akan kamu sesali karena tidak mencobanya!

Alamat: Jl. Kembang Kerep Kel No.27, RT.6 / RW.2, Kembangan Sel., Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11610

Telepon: +628118602277

6. Ayam Koplo by Hangry

ayam koplo by hangry

Ayam geprek yang satu ini juga nggak kalah pedas dengan ayam geprek sebelumnya. Ayam Koplo merupakan salah satu restoran dari brand F&B ternama yaitu Hangry Indonesia. Disini, mereka menyajikan ayam geprek yang dipotong dadu dan dicampur dengan sambal khas ayam koplo. Ayamnya juga dicampuri oleh telur orak-arik dan serundeng lalu ditaburi dengan topping kremes yang renyah banget. Ayam koplo mempunyai 3 macam sambal, yaitu sambal original dengen level kepedasan 1-5, sambal matah, dan sambal ijo. Mereka juga punya topping keju mozarella loh. Yuk cek outlet mereka di Instagram @ayamkoplo.id dan langsung coba!

Harga: Rp 23.000 – Rp 30.000

7. Wong Sugih

Nah ayam geprek Wong Sugih juga salah satu ayam geprek terbaik di Jakarta. Wong Sugih mempunyai level kepedasan 0-7 dan selalu menyajikan nasi dengan porsi yang kecil. Jadi, kalo kamu makan ayam geprek disini, pedesnya pasti mantap banget. Yang unik dari Wong Sugih adalah ayamnya yang dimasak ala ayam pop restoran Padang lalu setelah itu digeprek. Menu yang mereka sajikan ada 3: ayam geprek biasa, ayam pop geprek, dan paru geprek. Penasaran sama rasanya? Langsung aja kalian pesan!

Harga: Rp 21.000

Alamat: Jln. Pangeran Antasari No.67J, Cilandak, Jakarta Selatan

8. Sambel Meledug Indonesia (SMI)

ayam geprek sambel meledug indonesia

Restoran yang satu ini sebenarnya tidak hanya menyajikan ayam geprek saja, mereka juga menyajikan bakso, mie, dll. Namun, menu mereka yang populer adalah ayam gepreknya. Ayam geprek mereka sangat terkenal karena sambalnya yang sangat pedas yang bisa bikin bibir kamu panas. Kebayang nggak tuh? Menu andalan mereka adalah ayam geprek telur dan keju dengan kangkung rebus sebagai lalapan. Wah pasti enak banget deh! Kalau kalian tertarik langsung aja kunjungin tempatnya.

Harga: Rp 15.000 – Rp 25.000

Alamat: Jln. Kapten Tendean No.34, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan

9. Ayam Geprek Mas Eko

ayam geprek mas eko

Ayam geprek yang satu ini juga cukup unik loh. Disini mereka sebenarnya tidak hanya menjual ayam geprek saja. Namun, menu andalan mereka yang sering dipesan oleh pembeli adalah ayam geprek mozarella. Menu yang satu ini menjadi favorit karena ayam geprek mereka yang sangat crispy dilimpahi dengan lelehan keju mozarella akan sedikit menghilangkan rasa pedas dari sambalnya. Mereka juga menyediakan beberapa macam topping untuk disajikan bersama ayam geprek mereka, seperti tahu goreng dan jamur crispy. Namun, yang paling unik dari ayam geprek Mas Eko adalah mereka juga menawarkan Samyang untuk menggantikan nasi. Kebayang kan betapa pedasnya ayam geprek kalau dimakan dengan samyang? Nah, kalo kalian penasaran langsung aja kunjungi salah satu outlet mereka.

Harga: Rp 19.000 – Rp 43.000

Alamat:

Jln. Tanjung Duren Utara 4 No.223B, Jakarta Barat

Jln. Rawa Belong, Jakarta Barat

Jln. Prof. DR. Satrio No.249, Setia Budi, Jakarta Selatan

10. Ayam Geprek Master

ayam geprek master

Ayam geprek yang terakhir ini juga salah satu ayam geprek yang populer di Jakarta. Mereka menyajikan banyak macam menu ayam geprek mulai dari ayam geprek original, ayam geprek keju, dan ayam geprek mozarella. Selain ayam geprek dengan nasi, mereka juga menyajikan indomie sebagai pengganti nasi loh. Menu tambahan mereka juga gak kalah menarik, ada kol goreng, tahu crispy, jamur crispy, dan terong crispy. Nah, untuk level kepedasan sambal mereka menyediakan dari level 1 hingga level 10. Mantap kan? Kalau kamu ingin coba, langsung aja cek outlet yang terdekat dengan kalian di Instagram page mereka @ayamgeprekmaster

Harga: Rp 15.000 – Rp 33.000

Tips memesan ayam geprek

Jadi, apakah kamu sudah siap memesan ayam geprek pertama dalam hidup kamu? Untuk membantu kamu memulai, berikut adalah beberapa tip untuk memesannya bagi pemula:

1. Ketahui sistem pemesanan restoran

Restoran yang berbeda memiliki sistem pemesanan yang berbeda. Untuk menyelamatkanmu dari kebingungan atau rasa malu, kamu harus bertanya bagaimana cara memesan dari pelayan atau teman yang akrab dengan restoran tersebut. Dengan begitu, kamu tidak akan bingung menunggu pesanan kamu sampai. Beberapa restoran bahkan meminta kamu untuk mengambil pesanan kamu dari konter.

2. Ketahui paket pesanan kamu

Biasanya datang dalam bentuk paket tergantung pada topping dan harga. Namun, beberapa restoran juga mengizinkan kamu memesan nasi dan ayam geprek sebagai bahan dasar dan menambahkan lebih banyak bumbu sesuai dengan preferensi kamu. Jadi, tanyakan jika kamu tidak tahu apa isi menu tertentu.

3. Pilih tingkat kepedasan kamu

Inilah bagian yang menyenangkan: kamu dapat memilih tingkat kepedasan kamu sendiri! Mereka bisa mulai dari 0 (tidak pedas) hingga 10 (ekstra panas). Untuk pemula, kami menyarankan kamu memesan Ayam Geprek level 2 atau lebih rendah — bahkan level 3 dan level 4 mungkin sudah terlalu panas untuk ditangani!

4. Siapkan minuman

Kami merekomendasikan untuk menyiapkan minuman kamu karena ayam geprek kamu bisa sangat pedas, jadi pastikan kamu sudah memiliki cukup air untuk menurunkan panasnya! Beberapa kedai menawarkan minuman aliran bebas, jadi gunakanlah untuk keuntungan kamu.

5. Cobalah berbagi dengan teman

Hal lain yang suka dilakukan orang adalah memakan ayam dan lauk bersama teman-teman kamu kamu piring terpisah dan makan bersama. Ini agak tidak biasa, tetapi ini adalah cara untuk mendekatkan kamu dan teman kamu (atau bahkan orang penting lainnya)! Atau kamu bisa memesan sendiri sepiring ayam geprek dengan rasa sambal yang berbeda dan bertukar dengan teman-teman kamu.

Penasaran dengan kuliner kaki lima lokal lainnya seperti “gorengan”?
Klik di sini untuk mengetahui lebih lanjut!

Nah, itulah rekomendasi ayam geprek terbaik di Jakarta versi kami. Kalau kamu mencoba salah satu ayam geprek di atas, jangan lupa untuk memberikan ulasan, ya. Jangan lupa juga untuk cek artikel kuliner kami yang!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

8 Tips Traveling Terbaik Yang Perlu Kamu Ketahui!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Ini Dia Apartemen Mewah di Jakarta Di Bawah Rp 10 Jutaan!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

Top 10 Restoran Korea di Jakarta, Dijamin Bikin Ngiler!

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

10 Apartemen Murah Di Jakarta Selatan, Bikin Nyaman Di Dompet

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *