Panduan Lengkap Liburan Seru di Bali Utara

Panduan Lengkap Liburan Seru di Bali Utara

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Bali, Bali Utara merupakan salah satu kawasan indah yang patut Anda pertimbangkan untuk ditinggali. Bedugul, Lovina, dan Banjar yang berada di kawasan utara Bali menjadi pilihan yang sering dilupakan. Namun keindahan tersebut belum tentu Anda dapatkan di lokasi wisata lain di Bali.

Dari pantai pasir hitam, air terjun, infinity pool di dataran tinggi, hingga persawahan yang indah bisa Anda temukan di Bali Utara. Berikut panduan lengkap buat kamu yang ingin liburan ke Bali Utara!

Alasan Mengapa Kamu Harus ke Bali Utara

Nah, pertama-tama Indonesia adalah negara dengan iklim tropis dengan suhu yang cenderung hangat. Namun di Bedugul, kamu bisa menikmati cuaca yang jauh lebih sejuk. Pada malam hari, suhunya bisa mencapai di bawah 17 ° C.

Lalu, pantai dengan pasir putih ada dimana-mana. Bagaimana jika pantai dengan pasir hitam, itu unik bukan? Tak hanya pasir hitam, di Lovina kamu juga bisa melihat lumba-lumba yang menggemaskan.

Tidak hanya menawarkan pantai yang indah, Bali Utara juga menawarkan air terjun dan pemandian air panas. Lokasinya yang tersembunyi menambah kesan mistis dan religius dari tempat wisata ini.

Last but not least, Bali Utara merupakan tempat yang ideal bagi kamu yang ingin berlibur dan bersantai dalam suasana yang tenang dan sunyi.

Transportasi

Kamu akan jarang menemukan taksi atau angkutan umum di Bali Utara. Oleh karena itu, opsi terbaik yang kami rekomendasikan meliputi:

  • Sewa mobil + supir
  • Sewa mobil saja
  • Sewa sepeda atau motor

Budget yang harus disiapkan untuk menyewa mobil lengkap dengan supir berkisar antara Rp 400.000 hingga 500.000.

Photo by Lauren Cliffe

Klik di sini untuk panduan lengkap sewa motor di Bali!

Bedugul

Bedugul menawarkan banyak pemandangan alam yang indah. Salah satu lokasi terkenal yang sering digunakan dalam sesi foto prewedding adalah Danau Tamblingan.

Pemandangan pegunungan yang diselimuti kabut dan cuaca yang sejuk menambah pesona alam Bedugul yang indah dan menenangkan.

1. Taman Rekreasi Bedugul

Taman Rekreasi Bedugul awalnya merupakan proyek hotel milik putra Presiden ke-2 Indonesia, Soeharto. Hingga 2002, pembangunan hotel terhenti pasca peristiwa Bom Bali.

Selama 14 tahun terakhir, bangunan hotel yang hampir selesai ini telah diabaikan tanpa diketahui banyak orang. Padahal, Taman Rekreasi Bedugul sudah hampir beroperasi. Terlihat dari toilet dan tempat tidur yang sudah terpasang hingga area resepsionis yang terlihat elegan.

Bedugul Ghost Hotel, Bali Utara
Bedugul Ghost Palace Hotel

Kalaupun ada tamu yang menginap di sini, bisa dipastikan mereka bukan manusia alias makhluk halus. Itu sebabnya banyak orang menjuluki tempat ini sebagai “Ghost Palace Hotel”.

Bagi kamu yang mengaku pemberani, silahkan datang dan jelajahi kawasan hotel ini. Segera tantang diri kamu di hotel berhantu ini dan temukan rahasia tersembunyi yang tersimpan di dalamnya!

2. Kebun & Restoran Stroberi

Selain keindahan wisata bahari dan budayanya, Bali juga memiliki daratan yang subur dan asri. Di Bali Utara terdapat sebuah desa dengan keindahan alam pegunungan yang patut untuk dikunjungi.

Kebun Stroberi Bedugul Bali Utara

Di kebun strawberry yang besar ini, kamu bisa memetik sendiri strawberry yang ingin kamu beli dan bawa pulang. Tak hanya pemandangannya yang memanjakan mata, perutmu juga akan dimanjakan di sini!

Bagi penggemar makanan manis pasti akan jatuh hati dengan resto yang menyajikan aneka olahan stroberi seperti strawberry milkshake, es krim stroberi, dan kue berbahan stroberi segar.

3. Danau Tamblingan dan Danau Buyan

Salah satu tempat wisata alam yang indah di Bali Utara adalah sepasang danau kembar yang terbentuk dari letusan gunung berapi. Danau Tamblingan dan Danau Buyan letaknya berdampingan dan hanya dipisahkan satu kilometer oleh hamparan hutan.

danau kembar bedugul bali utara

Kedua danau tersebut merupakan sumber kehidupan alami bagi masyarakat setempat. Di sana, kamu bisa melihat berbagai aktivitas masyarakat sekitar, seperti memancing dengan perahu tradisional. Lokasi terbaik di mana kamu bisa melihat kedua danau sekaligus adalah di puncak bukit di Desa Asah Gobleg.

Bagi kamu yang suka menjelajah alam, menjelajahi kawasan hutan yang mengelilingi kedua danau juga tak kalah menarik. Kamu bisa menemukan ekosistem yang masih sangat alami berupa pepohonan tempat tinggal satwa liar, seperti berbagai jenis burung, tupai dan monyet.

4. Pura Ulun Danu Beratan

Bagi masyarakat Bali, Pura Ulun Danu Beratan merupakan pura utama kedua setelah Pura Besakih. Kuil ini didedikasikan untuk Dewi Danu, dewi yang menguasai danau dan sungai.

Pura Ulun Danu Beratan

Fakta menarik: Menurut teori keseimbangan Rwa Bhineda (Yin-Yang versi Bali), Pura Ulun Danu Beratan mewakili sosok yang feminim, sedangkan Pura Besakih mewakili sosok maskulin.

Lovina

Terletak di pesisir utara Bali, pantai pasir hitam Lovina, laut yang tenang, dan segerombolan lumba-lumba siap membuatmu terpesona! Tapi bukan itu saja yang membuat Lovina istimewa. Suasananya begitu damai dan nyaman sehingga menawarkan pengalaman liburan yang tiada duanya!

1. Tur Lumba-lumba

Salah satu daya tarik utama Lovina adalah perjalanan menonton lumba-lumba secara langsung. Terlalu sayang dan seru untuk dilewatkan!

lumba lumba lovina bali utara

Untuk bisa menikmati keanggunan lumba-lumba langsung di habitatnya, kamu harus bangun pagi-pagi sekali agar bisa langsung mencapai lokasi lumba-lumba sebelum jam 6 pagi.

lumba lumba Lovina

Pemandangan pagi hari akan semakin menakjubkan saat matahari mulai terbit dan laut memantulkan cahaya keemasan. Kamu juga bisa mencoba memberi makan ikan di laut dengan membeli beberapa paket makanan ikan.

2. Agung’s Spa

Bayangkan betapa hebatnya jika kamu bisa merasakan spa tradisional Bali di tengah suasana alam. Dan kamu bisa mendapatkannya di Agung’s Spa.

Agung’s Spa Lovina, Bali Utara

Terletak di pusat Lovina, mereka juga menyediakan layanan antar-jemput yang dapat kamu gunakan. Suasana disini begitu nyaman, sehingga kamu akan merasa lebih rileks. Sambil membaca katalog dan memilih jenis layanan spa, kamu akan disuguhi teh hangat di tengah taman yang hijau.

Di sini, kamu akan dilayani oleh terapis profesional dan terpercaya dengan menggunakan minyak pijat aromatik pilihan. Sebelum pulang, coba telusuri dan beli sarung tradisional Bali murah sebagai oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman.

3. Scuba Diving di Puri Jati

Terletak sekitar 20 menit di sebelah barat Lovina, Puri Jati adalah tempat menyelam yang dikelilingi oleh persawahan. Di dalam kawasan pantai tersedia berbagai fasilitas untuk memanjakan para penyelam, seperti shower dan kafe.

Menyelam di sini, kamu tidak akan disuguhkan dengan keindahan terumbu karang, melainkan sesuatu yang lebih luar biasa dari itu, berbagai makhluk laut yang langka. Jika beruntung, kamu bahkan dapat menemukan gurita yang menyamar yang mahir dalam kamuflase!

Diving Puri Jati Lovina, Bali Utara

Jika kamu suka fotografi bawah air, maka Puri Jati menawarkan banyak objek foto menarik untuk kamu! Di kawasan ini terdapat beberapa diving center, seperti Arrows Dive Center dan Zen Dive Resort, di mana kamu bisa belajar tentang seluk beluk diving.

Baca juga: 15 Tempat Terbaik untuk Snorkeling dan Diving di Bali

Banjar

Terkenal dengan pemandian air panasnya, Banjar adalah area di Bali Utara di mana kamu dapat menemukan kedamaian dan ketenangan.

Yup, di Banjar banyak sekali aktivitas yang tidak hanya memanjakan tubuh tetapi juga menenangkan pikiran dan kerohanian, seperti wisata meditasi.

1. Temukan “Zen” Anda di Brahmavihara-Arama

Brahmavihara-Arama adalah tempat suci terbesar bagi umat Buddha di Banjar. Di sini, kamu dapat berpartisipasi dalam kegiatan meditasi di bawah bimbingan para biksu. Jangan lupa kenakan sarung dan pakaian sopan saat datang ke sini. Kamu dapat menemukan ketenangan batin dan pencerahan sambil mengagumi keindahannya.

Brahmavihara-Arama, Bali Utara

Tidak ada tiket atau tiket untuk masuk ke kawasan Brahmavihara-Arama, tapi kamu bisa berdonasi secara sukarela. Dengan tingkat seni arsitektur yang tinggi, tidak ada salahnya mengunjungi tempat ini sekaligus mengabadikan keindahannya melalui lensa kamera.

2. Pemandian Air Panas Banjar

Jika kamu suka atau pernah menonton Game of Thrones pasti setuju bahwa kami mengatakan bahwa pemandian air panas alami ini sangat cocok untuk digunakan Khaleesi. Dikelilingi oleh taman dan perbukitan yang indah, pemandian ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Nikmati air 37 derajat Celcius yang keluar dari mulut naga. Konon berendam di sini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, meregangkan otot yang tegang, dan mencerahkan kulit.

Pemandian Air Panas Singaraja Bali Utara

Bisa dibilang, ini adalah pemandian air panas terbaik di Bali! Bagi kamu yang ingin kesini dengan tenang dan nyaman sebaiknya datang lebih awal, karena siang hari pengunjung akan semakin ramai.

Air Terjun di Bali Utara

1. Air Terjun Sekumpul

Meski reputasinya cukup terkenal, namun aksesnya yang berat membuat air terjun ini jarang dikunjungi pengunjung. Untuk sampai ke sini, kamu perlu berjalan kaki melintasi sungai dan melintasi medan yang licin.

air terjun Sekumpul, bali utara

Kamu bisa meminta warga sekitar untuk mengantarmu ke air terjun dengan biaya sebagai tanda terima kasih. Mereka akan mengantarmu ke ujung jalan, dan dari sana kamu masih harus menempuh jarak sekitar 50 meter untuk bisa melihat keindahan air terjun ini dari ketinggian.

Total ada 7 air terjun cantik dengan ketinggian bervariasi, dengan yang tertinggi mencapai 50 meter.

2. Air Terjun Aling-Aling

Air terjun lain di Bali Utara yang menurut kami unik adalah Air Terjun Aling-aling yang berjarak sekitar 11 km dari kota Singaraja atau 80 km dari Denpasar. Uniknya, aliran air di air terjun ini terbagi menjadi dua bagian; di dasar, atau di atas, dengan curah hujan yang berbeda.

Aling-Aling Waterfall

Jangan hanya terkesima dengan fotonya, datang langsung untuk menyaksikan keindahan ini dari dekat. Yang membedakan air terjun ini dengan air terjun lain di Bali, di sini kamu bisa mencoba seluncuran alami di aliran yang lebih kecil. Kapan lagi kamu bisa meluncur di air terjun?

Baca juga: 16 Air Terjun Instagrammable yang Tersembunyi di Bali!

Tips Untuk Kamu yang Ingin Mengunjungi Bali Utara

“Berapa lama saya harus tinggal di Bali Utara?”

  • Tergantung jumlah dan lokasi yang ingin dikunjungi, kami sarankan untuk menginap selama 2 – 4 hari,
  • jika hanya ingin melihat lumba-lumba dapat menginap 1 malam di Lovina,
  • jika tertarik untuk menjelajahi Bedugul dan Banjar, bisa menginap 1 – 2 malam, tergantung berapa lama kamu ingin menikmati ketenangan di sana.

“Bagaimana cara melihat lumba-lumba di Lovina?”

  • Lumba-lumba di laut lepas bisa dilihat saat pagi-pagi sekali.
  • Yang terbaik adalah menginap malam sebelumnya sehingga kamu bisa bangun lebih awal untuk tur lumba-lumba.
  • Kami merekomendasikan menggunakan jasa tur lumba-lumba dari Agung Beach Inn karena cukup terjangkau (hanya sekitar Rp 100.000), dan kamu akan dilayani dengan baik.
  • Karena kapal akan berangkat jam 5:30 pagi (matahari terbit jam 6:00 pagi), pastikan untuk bangun paling lambat jam 5:00 pagi!

“Saya ingin mengendarai mobil di Bali Utara.”

  • Perjalanan dari Lovina ke Bedugul sangat menanjak, jadi harus waspada dan hati-hati.
  • Jika kamu kurang pandai mengendarai mobil, sebaiknya gunakan jasa supir atau undang teman yang pandai mengemudi.
  • Pastikan kendaraan dan pengemudi dalam kondisi prima.

“Bagaimana cuaca di Bali Utara?”

  • Suhu di Bali Utara cukup dingin, jangan lupa bawa jaket atau baju hangat.

Nah, sudah siap menjelajahi berbagai keindahan dan keunikan Bali Utara? Lokasi mana yang paling ingin kamu kunjungi? Bersiaplah untuk petualangan seru dan sampai jumpa di Bali, Flokqers!

Avatar

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

4 Komunitas Olahraga Bali & 5 Tempat Nongkrong untuk Dikunjungi

4 Komunitas Olahraga Bali & 5 Tempat Nongkrong untuk Dikunjungi

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tes PCR COVID-19 di Bali

Semua Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tes PCR COVID-19 di Bali

Tips Menemukan Opsi Sewa Jangka PanjangYang Tepat Dan Beberapa Rekomendasi

Tips Menemukan Opsi Sewa Jangka PanjangYang Tepat Dan Beberapa Rekomendasi

Recommended Affordable and Cozy Homes To Rent a Room in Denpasar, Bali

Recommended Affordable and Cozy Homes To Rent a Room in Denpasar, Bali

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *