7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pasar Sukawati, Bali

7 Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang Pasar Sukawati, Bali

Liburan di Bali tidak lengkap rasanya tanpa berburu oleh-oleh khas Bali. Berkunjung tempat wisata memang berkesan, namun membeli oleh-oleh untuk orang tersayang juga menjadi kenangan yang menyenangkan. Salah satu tempat oleh-oleh khas Bali yang terkenal adalah di Pasar Sukawati di kawasan Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar. Pasar Tradisional Sukawati juga merupakan pasar seni yang terkenal di dunia. Di sini, Anda bisa menemukan baju pantai, kaos oblong, dan baju batik. Ada juga koleksi seni yang bermacam-macam seperti patung, berbagai aksesoris, sandal, gantungan kunci, lukisan, dan banyak lagi! Sudah penasaran? Di sini kami memiliki 7 hal yang perlu Anda ketahui tentang Pasar Tradisional Sukawati.

1. Lokasi

Lokasi pasar ini berada di Jalan Raya Sukawati, Desa Sukawati, Kabupaten Gianyar. Pasar Sukawati memiliki banyak pengunjung baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali ke pasar seni Sukawati akan memakan waktu kurang lebih 50 menit. Misalkan Anda berada di sekitar kawasan wisata Kuta Bali, seperti pantai Kuta; itu akan membawa Anda 46 menit untuk mencapai pasar. Seminyak juga merupakan kawasan wisata yang populer, dan akan memakan waktu 50 menit untuk sampai ke pasar. Pasarnya sendiri terdiri dari 3 tempat berbeda, yaitu Pasar Sukawati satu, dua, dan tiga. Pasar-pasar tersebut berdekatan satu sama lain.

2. Jenis Souvenir

Pasar tradisional Sukawati dikenal dengan menjual berbagai macam bentuk pakaian. Item pakaian meliputi; baju, sarung, dan kerajinan tradisional Bali dengan harga yang sangat terjangkau. Batik tradisional Bali juga tersedia sebagai ciri khas Bali. Harga baju akan menyesuaikan dengan kualitas kain dan sablon. Selain pakaian, pasar ini juga menyediakan berbagai macam oleh-oleh yang cocok untuk segala usia! Anda dapat menemukan layang-layang tradisional dengan berbagai corak dan warna, lukisan Bali, tas anyaman, aksesoris terutama untuk wanita, peralatan upacara Hindu Bali, bed cover dengan berbagai desain dan warna.

3. Penjual

pasar sukawati

sumber: balipost.com

Sebagai pembeli, kita harus bersikap ramah kepada penjual. Membangun hubungan dekat dengan bersikap ramah dengan penjual juga dapat membantu Anda mendapatkan diskon. Ini juga menambah suasana pasar itu sendiri, yang hangat dan akrab. Anda dapat bersikap ramah kepada penjual dengan menggunakan sapaan atau nama panggilan yang biasa digunakan orang Bali, seperti memanggil “bli” untuk anak laki-laki dan “mbok” untuk anak perempuan. Dengan begitu, penjual akan merasakan hubungan yang bersahabat, dan mereka akan dengan senang hati memberi Anda harga lokal.

4. Survei Harga

Anda akan menemukan kios serupa yang menjual produk serupa di pasar. Sebelum Anda memutuskan untuk berbelanja, ada baiknya Anda menetapkan anggaran untuk pengeluaran Anda. Jika Anda menginginkan harga yang lebih rendah, luangkan waktu untuk melihat-lihat dari satu toko ke toko lainnya. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan harga dengan penjual lain yang menjual barang serupa.

5. Belanja Borong

pasar sukawati

sumber: balipost.com

Cara lain untuk meminimalkan pengeluaran Anda adalah belanja borong. Berbelanja satuan terkadang akan sulit mendapatkan harga yang lebih murah. Anda dapat bertanya kepada penjual apakah Anda akan mendapatkan diskon jika Anda membeli lebih dari satu potong. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda. Misalnya, jika Anda membeli tiga potong barang yang sama, Anda akan mendapatkan harga yang lebih rendah.

6. Tawar-menawar harga

Tips ini juga untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Salah satu keuntungan berbelanja di pasar Sukawati adalah Anda bisa menawar barang yang ingin dibeli. Namun, untuk mendapatkan harga yang lebih murah di pasar, Anda harus memiliki kemampuan menawar. Terkadang, Anda harus menawar dengan diskon hingga 85% dari harga yang ditawarkan. Selama Anda masih sopan dan sabar, tawar-menawar dengan penjual dapat diterima. Tips lainnya adalah Anda harus datang di pagi hari saat pasar baru saja buka. Hal ini terkait dengan kepercayaan Bali. Jika Anda adalah pelanggan pertama ketika mereka membuka, mereka akan dengan senang hati memberi Anda harga yang lebih rendah karena mereka yakin itu juga akan terbuka untuk pelanggan lain.

7. Lokasi Wisata Terdekat

Keunggulan lain dari Pasar Tradisional Sukawati adalah sangat dekat dengan tempat wisata terkenal di Bali. Bali Zoo Park hanya berjarak 15 menit. Anda bisa mengajak keluarga Anda berpetualang melihat berbagai hewan. Misalkan Anda mencari ruang alami, Anda bisa menuju air terjun Terjun Tegenungan Kemenuh yang hanya berjarak 15 menit. Temukan kedamaian dan keindahan alam di ngarai tersembunyi Beji Guwang Sukawati yang hanya berjarak 10 menit.

Karena Pasar Tradisional Sukawati sangat terkenal, sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Bali akan menyempatkan diri untuk menjelajahi Pasar Tradisional Sukawati. Oleh karena itu, banyak penyedia jasa paket wisata Bali menjadwalkan rute wisata ke Pasar Tradisional Sukawati. Bagaimana denganmu? Siap menjelajahi budaya dengan berburu oleh-oleh di Pasar Tradisional Sukawati?

Temukan lebih banyak wisata dan destinasi di Bali disini!

Hello Flokq

Flokq helps people find a great place to live. Explore how you can live your life to the fullest in your city with Flokq!

Related Posts

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

9 Restoran Seafood di Ubud untuk Pengalaman Masakan Bali Terbaik

10 Rekomendasi Private Villa dengan Internet Cepat di Bali

10 Rekomendasi Private Villa dengan Internet Cepat di Bali

Pecinta Pop Daerah Harus Tahu! Ini 15 Lagu Bali Terbaru 2021

Pecinta Pop Daerah Harus Tahu! Ini 15 Lagu Bali Terbaru 2021

Panduan Lengkap Biaya Hidup di Ubud, Bali untuk Pasangan!

Panduan Lengkap Biaya Hidup di Ubud, Bali untuk Pasangan!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *