Berhemat selama WFH

Berhemat selama WFH

Karena pandemi COVID-19 yang telah menyebar ke seluruh dunia, banyak orang terpaksa bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), yang akibatnya mempengaruhi semua orang dalam banyak hal. Kita mungkin tidak bisa keluar dan nongkrong dengan kolega kita, makan malam di luar, atau jogging di taman favorit kita. Kita mungkin juga merasa sulit untuk mengatur waktu kita karena kita menghabiskan seluruh waktu kita di dalam rumah dan beban kerja meningkat. Namun, akan ada percikan cahaya, bahkan di malam yang paling gelap sekalipun. Disadari atau tidak, ada sisi baik dari WFH yang bermanfaat bagi keuanganmu. Berikut ini adalah hal-hal yang biasanya membuatmu menghabiskan banyak uang, tetapi tidak selama periode WFH:

Baca juga: Rutinitas Sehat di Jakarta

WFH jakarta

Biaya perjalanan

Apakah kamu pergi ke tempat kerja atau sekolah dengan transportasi umum atau dengan kendaraan pribadi? Kamu pasti tahu jika kamu menghabiskan banyak uang untuk yang satu ini. Orang yang naik MRT setiap hari menghabiskan Rp 35.000 per hari. Tanpa menaikinya selama sebulan, mereka bisa menghemat Rp 700.000. Masyarakat yang biasanya mengendarai mobil atau mengendarai sepeda motor pribadi untuk bekerja akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar pada masa WFH ini. Jelas mereka akan menghemat bahan bakar, terlebih jumlah mil pada kendaraannya tidak akan bertambah terlalu banyak. Oleh karena itu, mesin tidak akan mudah aus dan robek, karena jarang digunakan sehingga tidak perlu sering diservis. Selain itu, kamu bisa menghemat banyak waktu dan energi saat tidak harus pergi ke suatu tempat.

WFH jakarta

Makan di luar

Pada hari kerja biasa, kamu pasti pernah diundang untuk makan siang di restoran oleh kolega. Setelah makan siang, mereka mungkin akan menyeretmu ke kedai kopi favorit mereka, dan membuatmu membeli secangkir kopi dan kue. Belum lagi akhir pekan, waktu yang tepat bagi kamu untuk pergi keluar bersama keluarga dan teman lama atau memesan meja di restoran mewah di klub golf. Ya, kamu akan merindukan pemandangan saat-saat ini dan rasanya akan sedih, tapi hei! Dengan mengesampingkan semua agenda ini, kamu bisa menghemat hingga jutaan jika tidak makan di luar. Jangan khawatir jika tidak bertemu orang yang kamu cintai, kamu bisa bertemu kembali setelah masa karantina mandiri ini berakhir.

Apa kamu sedang mencari apartemen? Baca lebih lengkap di sini

Biaya belanja pakaian

Memilih pakaian bisa menjadi bahan dilema sehari-hari. Ketika kamu sudah siap untuk pergi, kamu memeriksa arsip Instagram stories dan menyadari bahwa kamu telah mengenakan kemeja dan celana jeans itu minggu lalu. Kemudian, kamu kembali ke lemari pakaian dan membongkar tumpukan pakaianmu untuk menemukan shirtdress yang belum pernah dilihat orang sebelumnya. Kebiasaan ini mengarah pada belanja pakaian impulsif yang akan membuatmu menghabiskan banyak uang. Kamu bisa melupakan dilema ini selama periode WFH. Kamu akan bekerja dalam kenyamanan rumah sendiri, jangan ragu untuk mengenakan apapun yang membuatmu merasa nyaman.

Berada di rumah juga berarti tidak perlu repot-repot merias wajah. Lupakan foundation tebal, blush on, atau lip gloss favoritmu. Tidak ada yang akan melihat kamu kecuali orang-orang di rumah. Sanggul rambutmu, nikmati sweater dan celana jogger favoritmu, dan buatlah secangkir teh untuk menemanimu menyelesaikan tugas. Namun, jika kamu mengadakan konferensi video, kamu mungkin perlu berdandan sedikit. Jangan biarkan atasan dan kolega melihat penampilan ‘baru bangun’mu.

Paket data internet

Jika kamu telah memasang router Wi-Fi di rumah, kamu tidak perlu khawatir untuk membeli paket data internet. Biasanya, orang menghabiskan setidaknya Rp 250.000 sebulan untuk membeli paket data. Sekarang kamu berada di rumah sepanjang hari dengan koneksi Wi-Fi tak terbatas, lupakan semua paket ini! Namun, pastikan Wi-Fi di rumahmu memiliki koneksi yang bagus dan cepat. Jika koneksi sering tidak stabil dan terputus, kamu mungkin ingin mengganti provider penyedia layanan internet. Kamu pasti tidak ingin pekerjaanmu terganggu oleh koneksi yang buruk, kan? Selain itu, dengan menabung dari semua hal yang disebutkan di atas, kamu bisa mengalokasikan penggunaan uang kamu untuk hal-hal yang lebih kamu butuhkan selama periode WFH, seperti biaya Wi-Fi.

WFH Jakarta

Bahan makanan

Tidak makan di luar berarti kamu bisa memasak lebih banyak. Memasak akan terasa membosankan jika kamu cenderung membuat hidangan yang sama berulang kali. Itulah mengapa kamu mungkin ingin menghabiskan lebih banyak uang untuk berbelanja. Membeli bahan makanan jauh lebih murah daripada membeli makanan siap saji. Belilah berbagai macam bahan makanan agar kamu bisa membuat menu yang ingin kamu coba. Ada banyak resep enak yang bisa kamu coba di internet, mulai dari makanan pembuka, hidangan utama, hingga makanan penutup. Jika kamu memutuskan untuk tidak keluar untuk membeli bahan makanan, kamu selalu bisa berbelanja online.

Tinggal di rumah tidak hanya berarti kamu bisa menghemat biaya makan karena memasak sendiri, tetapi kamu akan selalu bisa menyimpan sisa makanan tersebut di lemari es. Kamu mungkin juga ingin membeli kopi dan susu untuk bersantai di rumah. Selama pandemi ini, kamu mungkin perlu membuat rencana makan yang sehat agar tidak kelaparan karena terlalu banyak bekerja dan memutuskan apa yang akan dimakan. Pilih makanan yang bisa meningkatkan energi, konsentrasi, dan kewaspadaan kamu seperti biji labu, cokelat hitam, dan telur. Kamu juga sebaiknya membatasi asupan karbohidrat olahan, makanan olahan, dan minuman dengan kadar gula tinggi.

WFH jakarta

Tagihan listrik

Karena kamu akan lebih sering tinggal di dalam rumah, kamu perlu menyisihkan uang untuk listrik. Kamu akan lebih sering menyalakan lampu, televisi, dan AC. Kamu akan menghabiskan 90 persen harimu di depan laptop dan telepon. Oleh karena itu, baterai mereka akan lebih cepat habis dan kamu akan lebih sering mengisi daya. Jika kamu ingin sedikit menghemat listrik, kamu bisa menjadwalkan kapan kamu perlu menyalakan AC dan jangan lupa mematikan lampu dan televisi saat sedang tidak digunakan.

Jadi, begitulah alasan mengapa bekerja dari rumah bermanfaat secara finansial bagimu! Kami tahu bahwa situasinya sulit dalam banyak hal, tetapi kami harap artikel ini membantumu dan dompetmu merasa lebih baik! Jangan lupa untuk melihat postingan blog kami yang lain!

Cari tahu lebih banyak tentang Etika Sosial di Indonesia

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Hal yang Harus Dilakukan Selama Karantina

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Pelajaran Hidup Tinggal dengan Roommate

Olahraga Mudah di Rumah

Olahraga Mudah di Rumah

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

Tanda- Tanda Saatnya Kamu Mencari Teman Sekamar Baru

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *