Film Horor Indonesia

Film Horor Indonesia

Film horor memang memiliki daya tarik tersendiri karena alur dan suasana yang diberikan dapat memicu adrenalin. Ketegangan dan kejutan dari setiap pengambilan gambar maupun efek suara seperti memberikan candu tersendiri bagi para pecinta film bergenre horor. Walaupun genre film horor Indonesia sempat redup di sekitar tahun 2000-2010an karena terlalu banyak yang menjual cerita dengan adegan sensual dan alur cerita kurang berkualitas, kini film horor Indonesia mulai kembali banyak diminati. Pasca ditayangkannya film Pengabdi Setan tahun 2017, menjadi gebrakan kebangkitan film horor Indonesia yang kembali menarik minat dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap genre film ini.

Di Indonesia, cerita film horor biasanya identik dengan budaya mistis dan legenda yang berkembang di masyarakat. Selain itu, hal yang paling ditunggu adalah kemunculan penampakan arwah kematian dengan tampilan yang menyeramkan. Apa kamu pecinta berat film ber-genre horor? Cek daftar film horor Indonesia terbaik dan terseram berikut!

Daftar Rekomendasi Film Horor Indonesia

1. Jelangkung (2001)

Film horor Indonesia yang disutradari oleh Rizal Mantovani ini rilis pada Desember 2001. Mengangkat cerita ritual mistis kuno dari Indonesia menggunakan boneka kayu yang dikenal sebagai ‘jailangkung’, film ini sukses menarik masyarakat hingga tercatat telah ditonton oleh sebanyak 1,3 juta penonton di bioskop. Film ini sangat populer di masanya dengan tagline yang melekat “Datang Tak di Jemput, Pulang Tak di Antar”

Durasi: 102 Menit

Pemain: Winky Wiryawan, Melanie Ariyanto, Rony Dozer, Harry Panca, Ian’s Bahtiar

Sinopsis: Film horor Indonesia satu ini mengisahkan tentang 4 sekawan yang penasaran terhadap pengalaman paranormal dengan bertemu makhluk halus. Karena tidak kunjung menemukan apa yang mereka cari, akhirnya 4 sekawan ini mengunjungi sebuah desa bernama Angkerbatu yang dikabarkan memiliki banyak kasus mistis. Merasa pengalaman yang didapatkan kurang memuaskan, salah satu dari mereka melakukan ritual jailangkung.

Setelah itu, mereka merasa tidak ada pengaruh apapun dari ritual tersebut dan akhirnya memutuskan untuk pulang ke kota asal. Mereka tidak mengetahui sebenarnya ada hal yang telah terjadi atas ritual yang dilakukan. Rentetan peristiwa aneh baru terjadi ketika mereka kembali ke kota.

Skor IMDb: 6,6/10

2. Bangsal 13 (2004)

Film Bangsal 13 ini merupakan salah satu film horor Indonesia yang disutradarai oleh Ody C. Harahap. Rilis pada tahun 2004, film ini memiliki cerita dengan latar belakang rumah sakit dengan mengangkat misteri sebuah kamar atau bangsal di rumah sakit yang menghantui tokoh sebagai penghuni kamar tersebut.

Durasi: 94 menit

Pemain: Endhita, Luna Maya, Lia Candrasari, Bayu Wahyudi, Andika, Bella Esperance.

Sinopsis: Film horor Indonesia ini bercerita tentang 3 orang wanita yang masuk ke rumah sakit karena terjadi kecelakaan. Namun dikarenakan saat itu terdapat banyak pasien yang dirawat, pihak rumah sakit memutuskan untuk membuka Bangsal 13 yang telah lama tidak pernah digunakan selama 20 tahun. Di kamar tersebut terdapat pintu kecil misterius yang mengeluarkan suara ketukan aneh. Akhirnya, Nat sebagai tokoh utama membuka pintu tersebut yang ternyata membawa teror baginya.

Skor IMDb: 6,7/10

3. Rumah Dara (2009)

Rumah Dara merupakan salah satu film horor gore atau jagal yang sukses di skena perfilman Indonesia maupun Internasional. Film yang disutradarai oleh The Mo Brothers ini rilis secara internasional dengan judul Macabre. Meski tidak menampakkan sosok hantu, film ini menyajikan adegan-adegan percobaan pembunuhan sadis yang dapat membuat penonton bergidik ngeri.

Meski rilis resmi melalui penayangan bioskop Indonesia tahun 2010, Rumah Dara atau Macabre telah tayang lebih dulu diberbagai festival Internasional sejak tahun 2008. Karakter Dara juga sudah populer melalui salah satu segmen film antologi (gabungan dari beberapa film pendek yang memiliki kesamaan tema) yang berjudul ‘Takut: Fear of Faces’.

Durasi: 95 menit

Pemain: Shareefa Daanish, Julia Estelle, Ario Bayu, Arifin Putra.

Sinopsis: Bercerita tentang sekelompok pemuda-pemudi yang hendak menuju ke suatu tempat, namun ditengah perjalanan bertemu seorang gadis yang mengaku bahwa ia telah dirampok. Karena merasa kasihan, mereka ingin mengantar gadis tersebut pulang ke rumah. Sesampainya di rumah tersebut, sekelompok pemuda-pemudi menerima jamuan makan malam bersama Ibu dari gadis yang mereka temui. Namun sangat disayangkan, mereka justru terjebak di rumah pembunuh misterius yang sangat sadis.

Skor IMDb: 6,5/10

4. Keramat (2009)

Film horor Indonesia satu ini memiliki konsep dokumenter. Bercerita tentang sekelompok kru film yang ingin membuat film di daerah Yogyakarta. Film yang disutradarai oleh Monty Tiwa ini mengambil sudut pandang sebagai video dokumenter behind the scene saat melakukan pembuatan film. Film ini layaknya sebuah reality show, sehingga adegan yang tampak pada layar seperti kejadian nyata. Fakta menarik dari film Keramat ini pembuatannya tanpa skenario.

Durasi: 82 Menit

Pemain: Popi Sovia, Migi Parahita, Miea Kusuma, Sadha Triyudha, Diaz Ardiawan

Sinopsis: Kisah ini diawali oleh sekelompok kru film yang ingin memproduksi film di daerah Bantul. Sesampainya di daerah tujuan, banyak kejadian mistis yang menganggu proses pra-shooting. Hingga akhirnya, gaya hidup yang dibawa dari kota besar mulai mengusik ‘penghuni’ yang ada di lokasi shooting. Satu persatu setiap kru di ganggu oleh makhluk halus, hingga salah satu kru bernama Migi dirasuki oleh makhluk halus dan hilang tanpa jejak.

Skor IMDb: 6,8/10

5. Pintu Terlarang (2009)

Pintu Terlarang merupakan salah satu karya film horor terbaik Joko Anwar yang mendapat banyak pujian dari kritikus Internasional. Film horor Indonesia ini merupakan adaptasi novel dengan judul yang sama, dan masuk sebagai nominasi Skenario Adaptasi Terbaik Festival Film Indonesia 2009 dan diputar pada International Film Festival Rotterdam tahun 2009.

Durasi: 115 Menit

Pemain: Fachry Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu, Tio Pakusadewo, Henidar Amroe, Atikah Hasiholan.

Sinopsis: Film horor Indonesia ini bercerita tentang tokoh bernama Gambir yang berprofesi sebagai pematung profesional dengan karir yang sukses, istri yang menawan, dan teman-teman yang setia. Selama usia pernikahannya ia belum dikaruniai anak. Suatu hari ia menemukan sebuah pintu tersembunyi di rumahnya yang tidak dapat dibuka. Hal tersebut membuatnya penasaran hingga ia mendapatkan pesan-pesan misterius yang semakin mendorong Gambir untuk mencari tahu jawaban dari misteri yang ia temukan.

Skor IMDb: 6,9/10

6. Pengabdi Setan (2017)

Film Pengabdi Setan yang disutradarai Joko Anwar kali ini merupakan salah satu film horor Indonesia terpopuler saat ini. Pecinta film horor tidak boleh melewatkan film satu ini. Pengabdi Setan merupakan film yang dibuat ulang dari film dengan judul yang sama tahun 1980. Film lawas yang membuat Joko Anwar bergidik dan selalu terbayang ketika keluar dari bioskop usai menonton film tersebut, menjadi motivasinya untuk membuat kembali film Pengabdi Setan.

Pengabdi Setan: Rekomendasi Film Horor Indonesia oleh Flokq

Durasi: 107 Menit

Pemain: Tara Basro, Bront Palarae, Asmara Abigail, Ayu Laksmi, Endy Arfian.

Sinopsis: Film ini menceritakan tentang seorang ibu yang mengalami penyakit aneh selama 3 tahun. Ketika sang ibu meninggal, keluarga yang ditinggalkan mengalami serangkaian kejadian mistis. Kejadian semakin mencekam ketika mereka menyadari bahwa sang ‘ibu’ datang kembali untuk menjemput mereka.

Skor IMDb: 6,6/10

7. Danur: I Can See A Ghost (2017)

Film Danur tidak kalah populer di tahun 2017. Diangkat dari buku karya Risa Saraswati yang ditulis berdasarkan pengalamannya pribadi. Hal tersebut membuat masyarakat tertarik dengan alur cerita yang ditawarkan agar bisa lebih membayangkan dan merasakan pengalaman dari Risa Saraswati. Film horor Indonesia garapan Awi Suryadi ini mendapatkan lebih dari 2,7 Juta penonton di layar lebar.

Danur: Rekomendasi Film Horor Indonesia oleh Flokq

Durasi: 78 Menit

Pemain: Prilly Latuconsina, Sandrinna, Michelle, Shareefa Daanish, Kinaryosih, Indra Brotolaras, Inggrid Widjanarko.

Sinopsis: Seorang anak bernama Risa memiliki kelebihan bisa melihat makhluk halus. Di hari ulang tahunnya yang ke-8 meminta kado seorang teman agar ia tidak kesepian lagi. Ibu Risa suatu hari melihat anaknya bermain dan tertawa sendiri, hingga suatu saat ia menyadari bahwa teman-teman Risa adalah hantu.

Ketika Risa kembali ke rumah neneknya, banyak kejadian aneh terjadi. Bahkan Riri sang adik Risa tiba-tiba menghilang karena ada makhluk halus yang ingin membawanya ke dunia lain.

Skor IMDb: 5,4/10

8. Jaga Pocong (2018)

Film Horor Indonesia ini merupakan karya film horor pertama dari Hadrah Daeng Ratu dengan kualitas yang sangat baik. Berlatar belakang di satu tempat rumah tua, film ini dapat menghadirkan suasana yang sangat mencekam bagi para penonton.

Jaga Pocong : Rekomendasi Film Horor Indonesia oleh Flokq

Durasi: 83 Menit

Pemain: Acha Septriasa, Zack Lee, Aqilla Herby.

Sinopsis: Seorang suster rumah sakit diminta untuk merawat pasien di sebuah rumah. Sesampainya di sana, ternyata ia harus mengurus jenazah yang sudah meninggal, mulai dari memandikan dan memakaikan kain kafan. Saat itu, sang suster harus ditinggal oleh pemilik rumah untuk mengurusi pemakaman dan surat-surat kematian. Baru sebentar, berbagai teror telah menghantui bahkan mengancam nyawa sang suster.

Skor IMDb: 6,9/10

9. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Film horor Indonesia yang disutradarai oleh Timo Tjahjanto mendapatkan jumlah penonton sebanyak 1,1 juta di bioskop di tahun 2018 dan termasuk kedalam kategori film terlaris di tahun tersebut. Sebelum Iblis Menjemput juga sudah tayang diberbagai festival internasional dan menarik berbagai media internasional.

Sebelum Iblis Menjemput: Rekomendasi Film Horor Indonesia oleh Flokq

Durasi: 110 Menit

Pemain: Chelsea Islan, Pevita Pearce, Karina Suwandi, Hadijah Shahab, Ray Sahetapy.

Sinopsis: Bercerita tentang Alfie yang hidup sebatang kara pasca kematian ibunya yang misterius. Alfie memiliki seorang ayah yang memutuskan menikah kembali dengan wanita lain dan membangun keluarga baru. Suatu hari, ayah Alfie yang tadinya merupakan pengusaha sukses jatuh miskin dan tidak lama kemudian meninggal secara misterius. Untuk mengetahui penyebabnya, Alfie mengunjungi villa yang biasa menjadi tempat persinggahan ayahnya. Namun ia justru mendapatkan berbagai kejadian menyeramkan yang meneror dirinya.

Skor IMDb: 6/10

10. Kafir (2018)

Film horor Indonesia yang rilis pada tahun 2018 ini disutradarai oleh Azhar Kinoi Lubis. Dengan menawarkan horor klasik, tampilan penampakan yang membuat jump scare mungkin tidak anyak ditemukan pada film ini, namun penggambaran latar suasana dibuat sangat mencekam.

Kafir 2018: Rekomendasi Film Horor Indonesia oleh Flokq

Durasi: 97 Menit

Pemain: Putri Ayudya, Sujiwo Tejo, Rangga Azof, Nadya Arina.

Sinopsis: Berawal dari suatu malam ketika sedang makan bersama keluarga, tiba-tiba Bapak memuntahkan beling dari mulut dan pada akhirnya meninggal dunia. Pasca kematian Bapak, keluarga tersebut mulai terganggu dengan kejadian-kejadian aneh. Sang Ibu bahkan sering mendapatkan teror hingga membuat sikapnya aneh. Disamping itu, dukun yang terdapat di kampung mereka tiba-tiba meninggal secara misterius dan rumahnya hangus terbakar. Andi dan Dina selaku keluarga mencoba mencari tahu penyebabnya dan berusaha melindungi keluarga mereka.

Skor IMDb: 6,9/10

11. Ratu Ilmu Hitam (2019)

Film yang disutradarai oleh Kimo Stamboel ini di adaptasi dari film horor jadul dengan judul serupa keluaran tahun 1981. Film ini mungkin tidak terlalu banyak memiliki jump scare, namun teror yang terjadi berhasil membuat ngeri penonton.

Durasi: 99 Menit

Pemain: Adhisty Zara, Ratu Firman Hakim, Putri Ayudya, Hannah Al Rashid, Ario Bayu, Ari Irham.

Sinopsis: Film horor Indonesia ini menceritakan tentang keluarga yang berkunjung ke panti asuahan tempat sang ayah di besarkan. Tujuan ia datang adalah untung menjenguk pengasuh panti yang sedang sakit keras. Alih-alih, untuk bernostalgia sambil memberikan penghormatan terakhir pada sang pengasuh, mereka malah mendapatkan teror dan kejadian aneh yang diduga berasal dari seseorang yang memiliki dendam.

Skor IMDb: 6,7/10

12. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Joko Anwar kembali menggemparkan dunia perfilman Indonesia dengan kategori film horor melalui karyanya yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam. Cerita yang mengandung mistisme dalam kebudayaan dan kesenian ini dapat mengantarkan film asal Indonesia lolos seleksi sebagai film panjang internasional terbaik di Academy Awards 2021

Durasi: 106 Menit

Pemain: Tara Basro, Faradina Musfti, Aghniny Haque, Asmara Abigail, Marissa Anita.

Sinopsis: Cerita film ini diawali oleh seorang wanita bernama Maya yang tiba-tiba mendapat serangan dari orang asing. Orang tersebut berhasil melukai paha Maya, namun kemudian ditembak mati oleh polisi. Maya menemukan gulungan kertas yang terdapat di dalam lukanya. Kertas tersebut diduga sebagai jimat. Karena terdesak masalah ekonomi, Maya berniat untuk pulang ke kampung halamanya di Harjosari. Banyak ke keanehan di desa terkutuk tersebut hingga menghadirkan teror bagi Maya beserta teman yang mengantarkannya ke kampung.

Skor IMDb: 6,8/10

Itulah 12 daftar rekomendasi film horor Indonesia versi Flokq! Semoga kamu bisa ikut merasakan keseruan dalam menonton film horor yang berkualitas asal Indonesia ini. Kunjungi situs blog Flokq untuk mengetahui rekomendasi lainnya!

Baca Juga: Film Horor Untuk Halloween

Avatar

Hello Flokq

Related Posts

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

15 Desain Meja Komputer Minimalis dan Modern

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

Cara Membersihkan Laptop yang Tepat, Mudah dan Aman!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Gift Wrapping Ideas: Simple and Easy!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

10 Cara Membungkus Kado Unik, Mudah dan Kreatif!

No Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *